Kategori
Celotehanku Islam

Let The Hunger Games, Begin!

ramadhan 1434 h

Mulai hari ini hingga sebulan ke depan, umat Muslim di seluruh dunia harus memblok makanan dan minuman agar tidak masuk ke saluran cerna dari waktu Subuh hingga Maghrib. Ga hanya itu, ada pantangan dan anjuran lain yg harus diamalkan juga.

Yup, selamat datang wahai bulan Ramadhan. Merupakan bulan ke-9 dalam kalendar Islam, waktu wajibnya shaum selama sebulan penuh bagi seluruh Muslim. Bulan penyemangat untuk mengisi baterai jiwa setiap Muslim.

Tahukah kenapa Allah menamai bulan puasa dengan Ramadhan? Nah, berikut saya catut dari kultwitnya Kang Dea (@DeaTantyo), menurut Imam Syaukani, ada 2 arti dan sebab. Pertama, dinamakan Ramadhan karena Allah memerintahkan matahari untuk bersinar lebih panas daripada bulan sebelum dan sesudahnya. Matahari menyengat lebih panas dan membakar. Karenanya banyak orang mampu berpuasa sunnah tanpa sahur, tapi berat jika puasa Ramadhan tanpa sahur.

Kedua, dinamakan Ramadhan menurut Imam Syaukani karena bulan Ramadhan membakar amalan keburukan dengan amalan kebaikan. Membakar dosa dan kemaksiatan. Ga ada bulan yg mampu menghapus dosa kecuali Ramadhan. Allah tetapkan sekali dalam setahun, sebuah bulan yg mampu membakar keburukan dan kemaksiatan.

Okeh untuk penutupnya, sebagai Shahrul Ibadah nih, Ramadhan harus kita maknai dengan pengamalan ibadah yg sempurna. Mau tau aja, juragan pembaca sekalian udah buat rancangan strategi untuk mengisi Ramadhan kali ini ga?

Ramadhan Kareem!

:salaman

Referensi gambar: standup4islam

bojongkunci

25 tanggapan untuk “Let The Hunger Games, Begin!”

Tinggalkan Balasan