Kategori
Celotehanku

Saya dan Generasi Y

generasi y

Generasi Y, yg disebut juga generasi Millenial, merupakan generasi yg muncul setelah Generasi X.

Ga ada waktu spesifik kapan generasi ini dimulai dan berakhir. Ada yg berpendapat kalau Gen Y merupakan orang yg lahir antara awal 1980 sampai 2000, ada juga yg mengatakan antara 1977-1997.

Gen Y sangat terdidik, menyukai musik, teknologi dan kebebasan. Generasi anak-anak muda ini adalah wajah dunia masa depan, bercita-cita tinggi, kaya ide, ketagihan perubahan, berani dan seolah mampu melakukan apa  saja. Mereka tak menolak untuk bekerja, namun tak mau menjadikan pekerjaan sebagai inti kehidupan. Life is about enjoyment, itulah motto Gen Y.

Generasi millennium yang tumbuh seiring dengan berkembangnya komunikasi massa dan internet. Cenderung tidak sabaran, menuntut, serta buruk dalam berkomunikasi dengan sesama, namun jangan ditanya soal energi dan semangatnya.

Dan inilah saya, Arif Abdurahman, seorang generasi Y. Homo sapiens pos-modernis yang lahir pada 10 Jumaddil Awal 1414 H. Yang muncul ke dunia penuh kefanaan ini berkat hasil persetubuhan halal dua insan dari Generasi X. Warga semesta yang secara geografis ditakdirkan tumbuh dan berkembang di Bandung coret. Di lingkungan yg Islamis dan Sundanis.

Pendidikan formal yg terkesan konservatif dari SD, SMP, sampai SMA dilalui begitu saja. Sekarang masih tercatat sebagai mahasiswa keperawatan tingkat 3 di sebuah PTN di antah berantah Jatinangor nun jauh di sana. Masa-masa sekolah memang saya habiskan di Bandung.

Sebagai generasi Y, saya menganggap sekolah bukan hanya sebagai tempat menempa ilmu, tapi lebih ke arah pendidikan karakter dan sebagai sarana menggaet pengalaman. Menjadi tenaga kesehatan tentunya satu profesi paling besar kans-nya bagi saya, tapi saya seorang opurtunis. Wallahu alam.

+

***

writing challenge 1

 

Yeah you also can found another version of this post in English here.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

47 tanggapan untuk “Saya dan Generasi Y”

Tinggalkan Balasan