Kategori
Cacatnya Harianku

OOTrad Padjadjaran ke-6

ootrad 6 unpadMinggu pagi. Harinya buat Jalan Djuanda Dago bebas dari gilasan kendaraan berknalpot. Harinya para manusia tumpah ruah di jalanan. Dan untuk CFD kali ini (03/11/13), ada sekitar ratusan mahasiswa Unpad turun ke jalan. Tapi bukan mau aksi ikut-ikutan kaya para buruh loh ya. πŸ˜‰

Ya, dalam rangka memperingati dies natalis yg ke-56, Unpad kembali menggelar Olimpiade Olahraga Tradisional (OOTrad) di area kampus Dipati Ukur. Kegiatan tahunan yg rutin dilakukan sejak 2008 ini digelar sebagai upaya konsistensi Unpad dalam melestarikan dan menjaga budaya lokal, apalagi kalau bukan budaya Sunda mah. Sekaligus juga buat ajang silaturahmi antar civitas akademika juga.

Nah, rangkaian acara pertama dimulai dengan arak-arakan yg diikuti oleh kontingen dari semua fakultas, unit kerja, dan mitra di lingkungan Unpad. Arak-arakan, atau dalam bahasa Sundanya “aleut-aleutan” ini melewati jalur CFD Dago. Dan sayangnya, karena ngaret datang, saya ketinggalan ga ikutΒ ngaleut.

Dia: Euh, telat! Kamana wae? (Huh telat! Kemana aja?)

Saya: Ieu sasapedahan heula (Ini sesepedahan dulu)

Dia: Eits gaya lah ngagowes

Saya: Enya, naek sapedah motor. Macet di jalanna (Iya, naik sepeda motor maksudnya) :mrgreen:

Semenjak Bandung punya walikota baru, ngegowes jadi makin populer aja. Dan curcol aja, saya belum punya sepeda. πŸ™

Balik lagi ke OOTRAD. Dalam gelaran kali ini, ada 14 kegiatan yg diselenggarakan, lebih banyak dari tahun kemarin. AdaΒ Pawai Alegoris Padjadjaran, Rengkenek Bandung, Tutunggulan/Nabeuh Lisung, Galah Asin, Perepet Jengkol, Engrang, Panahan, Sumplit, Sorodot Gaplok, Panggal (gasing), U-Camaintian, Sapta Lomba, Eksibisi Korfball (bola keranjang), dan Festival Kuliner.

Piala bergilir Kujang Padjadjaran
Piala bergilir “Kujang Padjadjaran”

Setiap fakultas saling bersaing untuk berebut piala bergilir “Kujang Padjadjaran”.Β Dan berikut klasemen akhir OOTRAD 6 kemarin, maaf cuma sampe juara harapan tiga aja.

  1. FIB
  2. FTG
  3. Fapet
  4. FPIK
  5. LPPM
  6. FKEP 😎

Alhamdulillah. Meski dapet juara harapan tiga juga bersyukur mah wajib.

Sebenernya pengen banget nampilin jepretan-jepretannya, tapi malu euy. Cuma fotograper pemula, dan parahnya engga didukung sama kamera profesional. Tapi ga apa-apa deh, berikut beberapa hasil dokumentasi saya. :mrgreen:

Oh iya, untuk variasi lomba di tahun ini emang lebih baik ketimbang yg kemarin. Tapi, ada dua hal yg tahun kemarin ada, dan sayangnya untuk OOTRAD 6 ini hilang.

ootrad 2012 dangdutan
OOTRAD 2012: Ada dangdutan jadi bisa joget. Ya, meski pasangan jogetnya sama bapak-bapak.
ootrad 2012 photo wall
OOTRAD 2012: Ada photo wall. Narsis mah kan wajib.

Dan sialnya lagi, kalau OOTRAD tahun kemarin dapat doorprize tiket nonton gratis, untuk yg sekarang mah harus pulang dengan tangan kosong. Gara-gara ngaret dateng tadi, ga kebagian kupon doorprize. πŸ™

Ya, sukses aja buat OOTRAD tahun depan, kalau bisa lebih diperbanyak lagi lombanya, saran sih ucing sumput (petak umpet) masukin. Dan untuk evaluasinya, mungkin pelatihan wasitnya harus lebih ditingkatkan. Yg pasti FKEP harus juara umum. πŸ˜€

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

36 tanggapan untuk “OOTrad Padjadjaran ke-6”

Muhun, unggal bulan November weh. Rangkaian acara dies natalis. Da rektor nu ayeuna mah emang ngadukung pisan, soalna pas mahasiswa keneh teh tos jadi pendiri lingkung seni Sunda Unpad. πŸ˜€

Balas

Tinggalkan Balasan