Kategori
Movie Enthusiast Review

LPJ Tontonan Film Desember 2013

lpj tontonan desember 2013

Akhir bulan! Dan suatu kewajiban bagi seorang Arif Abdurahman untuk membuat laporan pertanggungjawaban tentang film-film yang ditonton selama bulan terakhir di 2013 ini.

Untuk bulan penghujung tahun ini, total ada 12 film, tapi ada dua film udah pernah ditonton di bulan sebelumnya. Sebagian besar film impor, ada dari Hollywood, Korea Selatan, sama Thailand. Untuk genrenya pun beragam, kebanyakan sih drama, tapi ada sedikit action, dan saya nonton juga film dokumenter juga film konser.

#1 I AM. [2012]

Documentary

i am smtown
SMTown Live World Tour in Madison Square Garden

Film dokumenter yang menceritakan perjalanan musisi-musisi besutan SM Entertainment sampai bisa melakukan konser di tempat paling prestisius, Maddison Square Garden.

Dari mulai penyanyi solo BoA, boyband TVXQ yang tinggal menyisakan dua member, Shinee, Super Junior, f(x), dan pastinya SNSD. Setiap member di sini bercerita tentang pahit manisnya perjalan mereka, dari mulai proses latihan yang keras sebelum debut mereka, sampai bisa tampil di panggung tempat para musisi legendaris pernah bermain di sini.

Aripmeter: 80%

#2 The Social Network [2010]

Bioghraphy, Drama

the social network
You don’t get to 500 million friends without making a few enemies. Sumber: Yahoo! Movies

Siapa sih yang ga tahu Facebook hari ini?

Ya, inilah kisah mengenai Mark Zuckerberg yang diperankan Jesse Eisenberg, mahasiswa Harvard yang membuat situs media sosial paling fenomenal hari ini. Beragam lika-liku dihadapinya, dari mulai gugatan atas hak cipta, sampai sahabat sendiri yang menjadi musuhnya.

Film karya David Fincher ini sukses mengantongi 3 piala Oscar.

Aripmeter: 81%

#3 Secret Window [2004]

Mystery, Thriller

secret window
The most important part of a story is the ending. Sumber: deppimpact.com

Film yang ditonton dalam rangka tugas mata kuliah Sistem Neurobehaviour 2, ya film tentang psikosa.

Kisah yang diadaptasi novel berjudul sama karya Stephen King. Menceritakan Mort Rainey yang diperankan Johny Depp, seorang penulis novel sukses yang mendapat ancaman karena dituduh melakukan plagiarisme.

Mungkin karena udah sering nonton film kayak beginian, jadilah film yang berdurasi sekitar 90 menit ini saya anggap ceritanya sangat gampang ketebak.

Aripmeter: 72%

#4 V for Vendetta [2005]

Action, Scifi, Thriller | Top IMDb 250#152

v for vendetta
Freedom! Forever! Sumber: nigeriabusinessweekly

Soekarno. Pramoedya Ananta Toer. Nelson Mandela. Ya, penjara itu menghebatkan para revolusioner besar. Dan tokoh tersebut tergambar dalam sosok V ini.

Berlatar belakang Inggris di era masa depan ketika berada di bawah kepemimpinan rezim yang totaliter fasistik. Semua dikontrol negara, kebebasan sipil dihapuskan. Bahkan juga di dalamnya, memeluk agama lain selain satu agama yang ‘direstui’ oleh pemerintah, dianggap sebagai sebuah kejahatan. Dalam satu bagian, dikisahkan bagaimana seseorang dapat ditangkap hanya karena memiliki Al-Qur’an. Film, buku-buku sastra dan bahkan juga karya-karya seni dilarang. Maka munculah sosok V.

V for Vendetta merupakan hasil adaptasi dari sebuah novel grafis berjudul sama karya Alan Moore dan David Lloyd. Filmnya sendiri disutradarai oleh James McTeigue dan diproduksi oleh Joel Silver dan Wachowski bersaudara. Pemeran utama dalam film ini diperankan oleh Natalie Portman yang berperan sebagai Evey Hammond dan Hugo Weaving sebagai V, Stephen Rea sebagai Finch, serta John Hurt sebagai Sutler

Aripmeter: 90%

#5 30 กำลังแจ๋ว / Fabulous 30 [2011]

Drama, Romance

Fabulous 30 screencap
Sumber: raditherapy

Kisah pelik percintaan Jaa yang diperankan Pachrapa Chaichua, seorang wanita karier sukses, namun di usia kepala tiga masih belum mempunyai pasangan hidup. Datang lelaki yang umurnya jauh lebih muda darinya, dan galaulah Jaa.

Menurut info yang saya dapat sih katanya film ini tuh punya kesamaan cerita dengan First Kiss. Tapi sayanya belum pernah nonton.

Aripmeter: 78%

#6 (500) Days of Summer [2009]

Drama, Comedy, Romance

500 days of summer
This is not love story. This is story about boy meets girl. Sumber: iprime

Mencontek omongan dari narator, katanya film ini bukan tentang kisah cinta. Ya, film ini mengisahkan tentang Tom Hansen yang diperankan si ganteng Joseph Gordon-Levitt, seorang pemuda kesepian yang harus menjalani 500 hari ketika hidupnya kedatangan seorang wanita cantik, Summer Finn yang dibintangi Zoey Deschannel.

Chemistry antara Joseph-Zooey kalau boleh dibilang dapet banget. Sehingga ketika menonton, serasa kisah mereka berdua itu sebuah realita. Selain itu, cara penyajian filmnya sangat menarik, alurnya dibiarkan loncat maju-mundur.

Aripmeter: 89%

#7 Girls’ Generation – Girls & Peace 2nd Japan Tour 2013

Concert

snsd 2nd japan tour screenshot
TAEYEON! SEOHYUN! TIFFANY! YOONA! JESSICA! HYOYEON! YURI! SUNNY! SOOYOUNG!

Seperti yang sebelumnya saya bilang, 2013 tuh tahunnya Jepang dibombardir sama grup idol papan atas Korea Selatan ini. Karena konsernya di negeri sakura, ya kebanyakan lagu yang dibawakan single Jepang.

Aripmeter: 82%

#8 Coldplay: The Mylo Xyloto Tour 2012

Concert

coldplay mylo xyloto tour
CHRIS MARTIN! JONNY BUCKLAND! GUY BERRYMAN! WILL CHAMPION! Sumber: Altsounds

Ya, band rock alternatif favorit nomer satu saya!

Konser yang digelar dalam rangka promosi album Mylo Xyloto mereka. Selain membawakan lagu-lagu dari album terbaru ini, lagu-lagu hit Coldplay lainnya pun turut dipersembahkan.

Aksi panggungnya Chris Martin jangan ditanya lagi, selalu enerjik. Dan permainan pianonya pun bikin merinding disko.

Aripmeter: 86%

#9 หนีตามกาลิเลโอ / Dear Galileo (2009)

Drama

dear galileo
Sumber: enjoythaimovies

Film asal negeri gajah putih dengan latar tempat kota-kota besar Eropa. Kita diajak mengikuti perjalan dua sejoli Cherry dan Noon yang berkeliling benua biru dari London, Paris, dan berakhir di Venisia.

Kisah yang sangat kental dengan unsur persahabatan, dimana dua kawan baik yang mengawali perjalanan dengan manis, harus menemui konflik-konflik dalam rangka beradaptasi hidup berdua selama berbulan-bulan. Saling menyesuaikan kebiasaan dan juga menyatukan persepsi bukanlah hal yang mudah. Jadi inget kisah di The Naked Traveler aja.

Aripmeter: 72%

#10 Cinta Brontosaurus (2013)

Comedy, Romance

cinta brontosaurus
Sumber: Crazy Girl at Cinema

Bukannya saya alergi sama produk Indonesia ya. Meski katanya film ini jadi film terlaris di tahun ini, jujur, film komedi romantis buatan negeri ini belum bisa ngalahin produk Thailand.

Film yang dirilis pada tanggal 8 Mei 2013 ini dibintangi oleh Raditya Dika, Eriska Reinisa, Soleh Solihun, Meriam Bellina, dan Tyas Mirasih. Berkisah tentang Dika, seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan pacarnya setelah sekian lama menjalin hubungan. Semenjak putus cinta ini, dia percaya bahwa cinta bisa kadaluarsa.

Bukannya menjelek-jelekan, tapi kayaknya film produksi Starvision ya gitu deh. 😕

Aripmeter: 68%

NB: Aripmeter itu sumbernya sangat subjektif, jadi jangan dijadikan patokan. Selera orang itu beda-beda. 😀

Dan untuk dua filmnya lainya ada ATM Er Rak Error yang udah saya bahas di postingan ‘Thailand dan Cinta di Februari 2013’ sama Cinta Dalam Kardus yang saya buat postingan khususnya di ‘Malam Minggu Dalam Kardus’.

Kalau juragan-juragan pembaca sekalian nonton apa aja nih? Terus dari film-film yang saya tonton di atas paling suka yang mana nih.

25 tanggapan untuk “LPJ Tontonan Film Desember 2013”

Aku suka banget Secret Window sebagai fans abadi Johnny depp ngga mungkin ngga nonton ini film…he…he…walaupun ceritanya thrillernya kurang tegang dan tricky banget tapi akting abang Depp teteup okeh! 500 days of summer aku sebel ama film ini kenapa orang bilang bagus adegan romantisnya kuraaaaaaang lebay ngga sukaaaa! 😀

Tinggalkan Balasan