Kategori
Fotografi

Top 10 Kamera Analog Favorit di Indonesia

Kadang kita perlu melewati jalanan terjal berliku dan berlubang untuk mendapatkan sesuatu. Maka saya percaya dengan memakai kamera film analog bikin kita banyak paham soal fotografi, utamanya soal segitiga exposure: aperture, shutter speed dan ISO.

Bagi yang ingin tampil gaya, kamera analog ini dijamin bikin kada pede kita meningkat kalau lagi hunting foto. DSLR mah udah pasaran, sementara kamera analog tampilannya retro unik-unyu gitu, mirip-mirip kamera mirrorrless kekinian.

Nah, bagi kalian yang masih bingung mau memulai dengan kamera apa, berikut 10 kamera analog paling pasaran di Indonesia dan cerita dari para penggunanya. Hasil rekapan dari Jelly Playgroundone stop service-nya segala kebutuhan kita atas fotografi analog.

1. Nikon FM2

2. Canon Canonet QL17

3. Yashica FX Super 2000

4. Nikon FM10

5. Olympus Mjuii

6. Yashica 35 GSN

7. Canon AE1

8. Pentax K1000

9. Olympus Trip 35

+10. Fujica M1

Akan selalu ada mereka yang mencintai hal-hal ketinggalan zaman. Baik itu orang konservatif yang nggak peduli terhadap kecanggihan dan menikmati kekolotan. Mungkin juga para manusia modern yang merasa bosan dengan kecanggihan, sehingga memilih menilik kembali hal-hal β€˜retro’ dan β€˜vintage’.

Untuk cara mudah memperoleh kamera analog ini adalah lewat forum jual beli di internet, atau jika ingin yang terpercaya mah lewat beberapa akun Instagram penyedia kebutuhan fotografi film analog. Yang saya rekomendasikan sih Jelly Playground, Hipercatlab, Socca, Morninggiant Shop, dan Funalogue.

Ingat, sesungguhnya setiap hobi itu adalah penghamburan duit. Apalagi fotografi analog ini.

65 tanggapan untuk “Top 10 Kamera Analog Favorit di Indonesia”

Harga kamera-kamera ini betul yang ada di dalam kurung itu, Mas? Kalau benar, wah, relatif terjangkau ya, kalau dibandingkan dengan DSLR-DSLR termutakhir yang digit harganya banyak :hehe.
Hm, membaca semua testimoni di atas, kok ya saya ikutan penasaran dengan kamera analog… di mana saya bisa mendapatkannya, kalau seandainya saya berminat?

Iya harganya kisaran segitu. Kalau buat dapetinnya bisa ke jongko kamera jadul, di Jakarta dan Bandung sama-sama lokasinya sekitar Pasar Baru.
Kalau mudahnya sih cari di forum jual beli kayak Kaskus, atau yg banyak mah di akun-akun Instagram kayak JellyPlayground tadi, rekomendasi akun yg lain ada Hipercatlab, Socca, morninggiantshop, dsb.

Balas

Di sentra kamera lantai 3.
Atau bisa juga ke tempat yg lagi ngehits Pasar Santa, di sana juga ada toko Shutter Button. Buat konsul keperluan fotografi analog. πŸ˜€

Balas

kamera analog tuh keren, tapi lebih keren kalo foto pemakainya juga keren(imho)
bukannya gak tertarik, cuma skg lebih milih yang simpel & otomatis dulu aja.
yang di jepret bisa langsung upload.

Mungkin ntar suatu saat saya bisa nyobain make analog
hehehe

Nah suka kamera analog ini karena liat hasil foto-fotonya yg serasa ada kesan nostalgianya.
Ayo bang cobain, ya minimal dipake buat bikin foto camera porn lah. 😎

Balas

Muncul kok bang, mungkin karena pake javascript kudu nunggu rada lama, atau kudu direfresh dulu. Mungkin juga perlu diupdate dulu extension browser-nya. πŸ˜€

Balas

Tergantung selera, ini sebenernya daftar rekomendasi kamera yg harganya terjangkau.
Tips buat yg baru nyemplung dalam kamera analog sih mending pilih yg harganya di bawah gope, untuk SLR bisa pilih Yashica fx 3 atau Pentax K1000 biasanya lengkap udah sama lensa.
Buat yg terjangkau banget mah ya Fujica M1. 😎

Balas

Gue baru aj beli canonet ql17 Giii, dan sama sekali awam makeny gmn, load filmny gmn, batterai ny ap, sumpah pemula bgt. Mungkin ad tips and trick nya bg. Hehe thanks

Belajar cara load film dulu, ini yg paling penting mah.
Canonet G-III QL17 Review and Manual >>> https://www.youtube.com/watch?v=j8NBsM3foBQ

Terus belajar Sunny 16, lalu belajar cara ngebidik kamera rangefinder. Bingung juga sih harus ngejelasin yg mana dulu, kalau pengen lebih jelas ikutan komunitasnya, atau kalau pengen nanya-nanya lebih jauh ke saya bisa bantu lewat Line: yeaharip

Balas

Hai..mau tanya donk saya pny kamera yashica fx3 super 2000 simpenan babeh dulu. Nah ini mw di coba jeprat jepret amunisi asa 200 udh siap. Mw tanyanya adlah bagaimana settingan supaya hasilnya bagus di siang atw sore hari. Mhon petunjuk..mksh

Itu lightmeter-nya masih idup? Kalau enggak bisa pakai aplikasi lightmeter di hape, donlot aja, tapi tetep akhirnya pake insting juga.
Atau kalau mau maen aman, pake rumus Sunny 16: karena pake asa 200 maka setel shutter speed di 200 juga, kalau lagi berawan/rada gelap mau sore pake aperture 5.6-8, kalau cerah bisa antara 8-16. Saya biasanya kalau moto satu objek tiga kali jepret pake settingan beda, sambil dicatet angka shutter sama bukaannya. Nah, asyiknya pake kamera analog tuh ya ini, ngelatih insting kita.
Hasil foto FX3 2000 tuh soft, karakternya moody gitu, apalagi kalau pake lensa bukaan gede, bokehnya lembut.

Balas

kang mau nanya kalau ricoh KR-5 Super reviewnya gimana kang? apa termasuk setara dengan nikon F10 kituh? hehe hatur nuhun

Yg selevel FM10 itu KR-5 Super II, soalnya shutter speed max 2000. KR-5 Super mah sama kayak Pentax K1000, ricoh lensanya juga pake mount k. Saran sih, kalau bisa Nikon ya mending ambil Nikon buat kamera film mah.

Balas

kang mau tanya, saya ga begitu paham tentang fotografi, baru suka aja, apalagi kamera analog, saya dikasi kado kamera pentax k1000, tapi mirrornya ga turun, nah itu gimanain yah kang?

Kang mau tanya dong, tempat service kamera daerah bogor atau jakarta dimana ya? Kalo ada minta alamatnya hehe makasih

nih om tante bang adek..siapa tau para photographer atau kolektor berminat (YASICA FX-3 super 2000) lensa YASHICA 50mm Vivitar UV Haze japan & lensa YASHICA 70-200 cozo uv 55mm japan (minus lensa harus dibersihin dari jamur)..yg minat monggo ditawar aja atau call (081270984842) BATAM.

bang kalau nikon fm10 itu ada light meternya gak dan lensanya bisa masuk ke body nikon dslr gak?

Ada, yg perlu ditanyain ke penjualnya paling apa si lightmeter masih nyala. Soalnya banyak yg udah rusak.
Bisa langsung masuk tapi kamera harus diset di Manual. Terus buat yg tipe ulir dan model lama harus pake adapter.

Balas

Mas saya ada kamera minolta hi matic 7s bagus ga ya itu? Saya krg ngerti karena itu peninggalan ayah saya

Kamera rangefinder, bagus kok buat coba2. Karena shutter speed cuma sampe 1/500 motonya jangan pas lagi terik, atau bawa filter buat ngakalinnya. Apalagi kamera warisan, pasti lebih berkesan.

Balas

Saya pakai QL17 dan hasil test shot pertama hasilnya berantakan pas di fokus objek dekat (1-3 meter), walaupun sudah diset fokus ke objek utama.
Saya harus ikuti fokus patch (yang malah bikin foto saya nggak fokus) atau tulisan meter di lensa ya?
Adakah yang punya pengalaman begini?

Saya selama ini pake ql17 atau kamera rangefinder biasanya pake metode zone focusing (liat tulisan meter di lensa dan kira-kira jaraknya), lihat fokus cuma buat komposisi. Soalnya patch kuning kameranya pada burem juga. Tapi kalau udah pake zone focusing, dan masih berantakan, mungkin kudu diservis kameranya.

Balas

Wah gitu ternyata. Semoga sih fokus lensanya masih sehat, soalnya pas pakai infinity atau shooting objek jauh hasilnya bagus.
Saya punya ini path-nya agak shift vertikal ke bawah, nggak akan pas sama objek di viewfinder. Udah diservis tapi masih renggang sedikit jadi agak pusing pas focusing.
Makasih ya Arip!

saya pakai Nikon fm10 udah 3x cuci, hasilnya selalu kosong, pdhl pemasangan filmnya udah bener, kira2 kenaapa ya gan?

Udah coba tanya ke tempat cucinya? Banyak faktornya sih, kudu diteliti langsung. Cek shutter click-nya udah bener atau rusak, coba di body belakang kamera pas tutup filmnya dipake lakban hitam, atau mungkin filmnya yg jelek.

Balas

filmnya ada beberapa space yg kosong ada yg keliatan dikit, terus yg diawal2 hitam gitu, tapi kayaknya gk mungkin kebakar soalnya udah di tempat gelap masangnya sih

Atau coba cek lensa sama tirai di kameranya apa ketutup sempurna, kalau gitu kejadiannya sih biasanya ada celah/kebocoran. Sama ngeluarin filmnya di tempat gelap juga kan? Biasanya juga pas film habis dan ngegulungnya ga sampe beres terus kebuka bisa bikin filmnya banyak space kosong gitu.

Balas

Tinggalkan Balasan