Kategori
Uncategorized

Alasan Sword Art Online Dibenci dan Kenapa Saya Tetap Mencintainya

sword art online hate

Saya pikir baik kekurangan dan popularitas Sword Art Online adalah yang menyebabkannya menarik begitu banyak kebencian atas anime ini.

Sword Art Online punya premis yang kuat, tetapi sebagian besar dari paruh pertama musim pertama terdiri dari klise: Seorang karakter penyendiri dengan harem penuh gadis-gadis, bahkan dapat istri (online) yang punya persona tsundere. Arc Dance Fairy dan yang selanjutnya memang standar, tapi tak buruk-buruk amat. Saya pikir Sword Art Online menerima begitu banyak kebencian karena ia jadi anime mainstream dan mendapatkan kepopuleran.

Saya menyukainya saat saya menonton SAO. Banyak orang membencinya dan mereka punya alasan. Ada yang bilang Kirito terlalu kuat, ada yang bilang pengembangan karakternya terlalu standar, semua cewek jatuh cinta padanya sehingga muncul elemen harem, dan lain-lain. Itu memang logis, saya pun mengakuinya.

Baca juga: 10 Anime Fantasi Video Game Mirip Sword Art Online

Namun, sebelum lebih banyak mengkritiknya, mari kita benar-benar melihat plot anime ini: Orang-orang terjebak dalam permainan, ketika mereka mati dalam kehidupan nyata jika mereka mati dalam permainan dan mereka harus mengalahkan permainan untuk menghindarinya.

Bagi orang-orang yang mengatakan Kirito terlalu kuat, itu karena dia adalah seorang beta tester, tentu saja dia banyak berlatih untuk sampai ke sana dan dia harus bertahan di sana. Jika kita tidak menyemangati diri dan menjadi kuat, bagaimana kamu berharap tetap hidup di sana? Apa bedanya Kirito dengan Saitama di One Punch Man, misalnya, atau dengan banyak protagonis utama lain yang overpowered sejak awal?

Bagi orang-orang yang mengatakan pengembangan karakter Kirito terlalu mendasar, jangan lupa bahwa dia terjebak dalam permainan VR, itu bukan kehidupan nyata sehingga dia harus menunjukkan banyak emosi dan hal-hal seperti itu, dia mungkin akan melalui depresi, histeria, siapa tahu. Maksud saya jika saya terjebak dalam permainan ketika saya bisa mati kapan saja, lalu apa alasan saya tidak harus kehilangan emosi dan menjadi lunak.

Sementara untuk elemen harem ketika gadis-gadis jatuh cinta padanya, itu memang klise, tapi bagi saya menghibur.

Lihat: 7 Protagonis Anime Harem Terbaik

sword art online harem

Ketika orang-orang benci sesuatu, mereka cenderung lebih keras dan lebih vokal daripada mereka yang menyukai hal yang sama. Semakin banyak perhatian dan kesuksesan suatu produk tercapai, semakin banyak kebencian yang akan menarik sebagai hasilnya.

Jadi, jika kamu suka anime ini saya senang, jika kamu membenci anime ini maka saya tak masalah, hanya saja jangan menyebar kebencian seenaknya.

Tinggalkan Balasan