Kategori
Uncategorized

10 Film Terinspirasi Alice in Wonderland

milla jovovich resident evil 2002

Dongeng Alice in Wonderland karya Lewis Carroll menjadi satu karya fiksi yang dari narasi, struktur, karakter, dan imajinya sangat berpengaruh dalam budaya populer, terutama dalam genre fantasi.

Selama lebih dari satu abad, ambiguitas dan kompleksitas cerita ini telah mengundang berbagai seniman, mulai dari sutradara film dan teater hingga penata mode, penari, fotografer, dan penulis lainnya, dalam menawarkan interpretasi mereka sendiri tentang kisah Caroll.

Lihat: Alice di Negeri Ajaib dan Pop Culture

Berikut beberapa film yang memakai metafora lubang kelinci dan penjelajahan berbagai dunia fantasi yang terinspirasi dari dongeng yang tercipta saat era Victoria itu.

1. The Red Balloon (1956)

the red balloon 1956 mubi

The Red Balloon adalah sebuah drama yang subtil dan penuh humor tentang kecerdikan seorang anak dan simbol yang melambangkan mimpi-mimpi sekaligus kekejaman mereka. Kedua cerita ini memadukan yang nyata dan yang tak disadari, dalam hal ini sebuah balon punya pikirannya sendiri, dan ancaman berbahaya dari pengganggu. Seperti karya Carroll, film pendek ini menawarkan rasa harapan dan kebebasan untuk karakter utamanya.

2. Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971)

Willy Wonka & the Chocolate Factory 1971

Charlie and the Chocolate Factory adalah novel anak-anak 1964 karya pengarang Inggris Roald Dahl. Cerita ini menampilkan petualangan Charlie Bucket muda di dalam pabrik cokelat pembuat cokelat eksentrik Willy Wonka. Meski film ini berangkat dari sana, tetap elemen narasi Carroll terasa. Dunia Wonka penuh dengan zat-zat dismorfik yang bikin pikiran bengkok, dan Charlie, seperti halnya Alice lolos dari keberadaannya yang tak bahagia, tetapi tetap setia pada dirinya sendiri dalam perjalanannya meski Negeri Ajaib begitu menggoda.

3. Labyrinth (1986)

labyrinth 1986

Sarah berusaha menyelamatkan adik laki-lakinya dari teka-teki dan perangkap labirin yang memusingkan, dan dari Raja Goblin, yang diperankan David Bowie. Sarah berjuang dalam transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa. Ini adalah frustrasi dan trauma yang sama dengan yang disentuh oleh kisah Carroll, tentang hilangnya kepolosan dan perubahan fisik.

4. The Matrix (1999)

matrix 1999

Meski dengan latar cyberpunk, The Matrix penuh dengan beragam referensi kepada kisah Carroll. Apa Wachowski bersaudara baca Carroll dulu sebelum membuat film ini? “Penggemar berat!” sebut mereka dalam sebuah wawancara soal blockbuster sci-fi ini. “Itu adalah buku yang brilian. Banyak tema yang kami coba gemakan di The Matrix.”

5. Resident Evil (2002)

resident evil 2002 milla jovovich

Sebagai adaptasi dari video game zombie apocalypse populer, dua novel Carroll banyak dirujuk dalam film Resident Evil. Anderson menginstruksikan para aktor untuk memahami peran mereka lewat karakter di dongeng Carroll. Selain karakter utama yang bernama Alice, film ini sarat dengan referensi lain seperti korban pertama yang dipenggal di dalam koridor laser Ratu Merah.

6. Pan’s Labyrinth (2006)

pans labyrinth 2006 del toro

Pada 1944 Falangist Spanyol, seorang gadis, terpesona dengan dongeng, dikirim bersama ibunya yang hamil untuk tinggal bersama ayah tirinya yang baru, seorang kapten tentara Spanyol yang kejam. Pada malam hari, dia bertemu dengan seorang peri yang membawanya ke faun tua di tengah-tengah labirin. Dia diberitahu kalau dirinya seorang putri, tetapi harus membuktikan diri dengan tiga tugas yang mengerikan. Jika dia gagal, dia tidak akan pernah membuktikan dirinya sebagai putri sejati dan tidak akan pernah melihat ayah kandungnya lagi. Sebuah petualangan Alice dalam dunia fantasi gelap dan teror fasisme.

7. Coraline (2009)

coraline 2009

Coraline, karakter dari novel Neil Gaiman, seperti Alice merangkak melalui jalan masuk tersembunyi untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-harinya. Di dalamnya, Coraline menemukan alam semesta alternatif yang dihuni oleh “Other Mother” dan “Other Father.” Keduanya tampak sempurna dan penuh perhatian, segala sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang tua kandungnya. Bentuk nyata “Other Mother” akhirnya terungkap, tak berbeda dengan Queen of Hearts brutal dalam kisah Carroll, satu-satunya orang di jantung kekacauan batin Alice yang harus dia hadapi untuk memecahkan teka-teki dari dunia ajaib yang aneh.

8. Sucker Punch (2011)

sucker punch 2011

Bertempat di tahun 1950-an, seorang gadis muda dirumahsakitkan oleh ayahnya dan membuatnya menyerah ke dunia fantasinya sendiri untuk mengatasi kengerian itu. Garis yang menghubungkan karya Zack Snyder dengan Carroll cukup jelas. Snyder sendiri bahkan menggambarkan film ini sebagai Alice dengan senapan mesin.

9. Marx Reloaded (2011) 

marx reloaded 2011

Film ini adalah semacam propaganda deretan kelas berat dalam filsafat Marxis. Setelah kita menyadari bahwa kita telah jatuh ke dalam lubang kelinci Marxis, film memecah kemonotonan dengan menyelingi dengan kartun Trotsky yang menavigasi Marx melalui Matriks ide-idenya sementara tetap memparodikan Alice in Wonderland.

10. Red Kingdom Rising (2012)

red kingdom rising 2014
Sutradara indie Navin Dev menyajikan sebuah kisah menyeramkan. Belum dua menit menuju Negeri Ajaib yang mengerikan, kita sudah melihat seekor makhluk meninju perut mereka untuk mencabut sejenis monster Cthulhu yang menggeliat. Kisah suram mengikuti Mary Ann, seorang gadis yang kembali ke rumah masa kecilnya saat dia menghadapi teror yang ia lupakan. Dipenuhi dengan perlengkapan okultisme dan setiap sudut tampaknya memicu ingatan yang lebih mengganggu. Selain domba jantan, lilin, dan pentagram, dia akhirnya memiliki kebangkitan yang gelap ketika dia mendengar nyanyian iblis.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Tinggalkan Balasan