5 Film Thriller Suspense Korea Soal Pembalasan Dendam

park chan wook film

Meningkatnya popularitas sinema Korea Selatan bukanlah suatu kebetulan. Kualitas sinematiknya bisa melampaui Hollywood, sekaligus punya keunikan khas Asia. Balas dendam menjadi satu tren dalam sinema Korea kontemporer.

Tak sekedar menawarkan ketegangan, film Korea Selatan ini menawarkan sisi cerita yang kuat. Semua film ini berhasil menciptakan kisah-kisah penuh dengan drama yang menuju inti manusia. Ketika pencarian pamungkas untuk membalas dendam akan memaksa mereka untuk menghadapi iblis dalam diri mereka sendiri.

Dalam daftar berikut ini adalah contoh terbaik dari "film balas dendam" Korea Selatan yang dibesut sutradara beken seperti Park Chan-wook, Kim Ki-duk, Kim Jee-woon, Bong Joon-ho.

1. Pieta (2012)


pieta 2012 kim ki duk

Di Seoul, seorang rentenir brutal (Lee Jung-jin) bertemu dengan seorang wanita (Jo Min-soo) yang mengatakan kalau dia adalah ibu yang telah meninggalkannya ketika dia masih bayi.

Mengikuti premis hubungan ibu dan anak yang disfungsional. Kim Ki-duk mengeksplorasi sisi buruk dari tema tersebut dengan adegan-adegan seksual yang kasar, inses, penyiksaan hewan, kanibalisme dan bunuh diri.

Cerita ini berfokus pada seorang ibu yang memutuskan untuk muncul dalam hidup si anak. Akibatnya, protagonis yang telah lama kesepian memutuskan untuk melakukan serangkaian tes brutal dan aneh sebagai cara untuk balas dendam sekaligus untuk memaafkannya.

2. The Man From Nowhere (2010)



the man from nowhere korea

Seorang lelaki misterius dengan masa lalu yang tragis menjumpai seorang gadis. Tae-shik adalah mantan agen khusus yang meninggalkan masa lalunya setelah kematian istri dan anaknya. Gadis bernama So-mi, yang tinggal di dekatnya, menjadi temannya dan satu-satunya penghubung dengan dunia.

Ketika gadis itu diculik oleh organisasi perdagangan narkoba, Tae-shik memutuskan untuk melakukan segala daya untuk menyelamatkannya, membuatnya menghidupkan kembali bagian dari masa lalu yang kelam.

The Man from Nowhere adalah film thriller aksi Korea Selatan 2010 yang dibintangi Won Bin dan disutradarai oleh Lee Jeong-beom.

3. I Saw the Devil (2010)


I Saw the Devil (2010) korea

Ini sangat dianjurkan bagi mereka yang tertarik dalam film balas dendam berdarah dengan perspektif kesadisan dan seksualitas tentang sifat manusia.

Di jalan yang gelap dan bersalju, supir taksi Kyung-chul (Min-sik Choi) mendapati seorang perempuan yang menepi karena mobilnya mogok. Pria misterius menculik seorang perempuan dan membawanya ke sebuah pondok untuk disiksa dan dimutilasi.

Perempuan tadi adalah tunangan Kim Soo-hyeon (Byung-hun Lee), agen rahasia yang terlatih, menjadi terobsesi untuk memburu pembunuhnya. Begitu dia menemukan Kyung-chul, segalanya menjadi bengkok. Setelah secara brutal memukuli si pembunuh, Kim membiarkannya bebas, dan permainan kucing dan tikus yang gila dimulai.

4. Mother (2009)


Mother 2009

Premis film ini berpusat pada seorang ibu yang mati-matian berusaha membuktikan bahwa putranya tidak bersalah setelah dituduh melakukan pembunuhan.

Do-Joon (Won Bin) adalah seorang pria muda yang mengalami gangguan mental yang tinggal bersama ibunya (Kim Hye-ja) yang terlalu protektif, yang memperingatkannya untuk tidak bergaul dengan seorang lelaki lokal bernama Jin-tae (Jin Goo).

Mother adalah film thriller yang sensitif dan menghipnotis. Melalui hubungan ibu dan anak, Bong Joon-ho memberikan kisah yang kuat yang membuat kita bertanya-tanya sampai sejauh mana yang akan dilakukan seorang ibu untuk anaknya.

5. The Vengeance Trilogy



Lady Vengeance 2005 park chan wook

Park Chan-wook adalah masternya balas dendam; film-filmnya adalah bukti dan ia punya Vengeance Trilogy yang paling terkenal di sinema Korea dan internasional: Sympathy for Mr. Vengeance (2002), Oldboy (2003), and Lady Vengeance (2005).

Ketiga film tersebut terkait secara tematis dan meskipun cerita-cerita itu tidak memiliki hubungan apa pun, tokoh-tokoh dalam ketiga bab ini adalah korban dari serangkaian keadaan yang segera menjadi kumpulan tragedi mereka sendiri.