Kategori
Anime

7 Anime Tentang Menjelajahi Waktu

Dalam anime perjalanan waktu, terlepas dari keberadaan putaran waktu, linimasa yang stabil serta dimensi paralel, sebenarnya hanya ada dua jenis perjalanan yang dapat dicapai: dari masa kini ke masa lalu atau masa depan, dan dari masa lalu atau masa depan ke masa kini.

Dari segi plot, kedua jenis anime perjalanan waktu tadi dapat dibagi lagi menjadi dua subkelompok: yang pertama ketika setiap tindakan memiliki konsekuensi besar, dan yang lainnya ketika perjalanan waktu hanya merupakan alat untuk mengomentari era yang sedang ditelusuri sang protagonis, yang tak akan memengaruhi alur waktu.

Sebagai aturan praktis, yang kedua cenderung tak rumit dan tak meninggalkan kita dengan rasa pahit yang menyakitkan. Namun anime perjalanan waktu, apa pun konsepnya, cocok ditonton bagi yang menyukai mekanisme narasi yang rumit. Daftar ini berisi keduanya.

1. Steins;Gate

steins gate anime
  • Episode: 24
  • Tayang: 2011

Mengklaim dirinya sebagai ilmuwan gila, Rintarou Okabe, menyewa kamar di lantai dua bangunan di Akihabara sebagai laboraturium. Tempat itu ia jadikan sarana menekuri hobinya menciptakan “gadget masa depan” bersama anggota lab lain.

Ada Mayuri Shiina, teman cewek masa kecilnya, dan Hashida Itaru, seorang hacker mesum yang dijuluki “Daru”. Ketiganya menghabiskan waktu dengan mengutak-atik alat mereka yang paling menjanjikan, sebuah mesin yang dijuluki “Telepon Microwave”. Teknologi yang menyulap pisang jadi tumpukan gel hijau.

Meski fenomena itu tidak memberikan sesuatu yang konkret dalam pencarian Okabe untuk terobosan ilmiah. Sampai anggota lab didorong untuk beraksi oleh serangkaian kejadian misterius sebelum akhirnya mengarah pada kesuksesan yang tak terduga: Telepon Microwave. Teknologi yang dapat mengirim pesan teks ke masa lalu, dan mengubah aliran sejarah.

Diadaptasi dari novel visual karya 5pb dan Nitroplus yang diakui kritis, Steins; Gate membawa Okabe melintasi alur yang berbeda dari masa lalu dan sekarang. Okabe harus memikul beban karena memegang kunci ke dunia waktu.

Episode awal-awal memang terkesan lambat dan agak bercanda, tapi ketika sampai pertengahan kita akan tahu alasan kenapa Steins; Gate sering disebut sebagai anime unggulan.

2. The Girl Who Leapt Through Time

The-Girl-Who-Leapt-Through-Time anime
  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2006

Makoto Konno berada di tahun terakhir sekolah menengahnya, tetapi mengalami kesulitan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan masa depannya. Kehidupan Makoto tiba-tiba berubah ketika dia secara tak sengaja menemukan dirinya mampu melompati waktu.

Baca juga: Kenapa Sekolah Menengah Sering Jadi Latar Anime?

Toki wo Kakeru Shoujo atau The Girl Who Leapt Through Time mengikuti Makoto saat dia bermain-main dengan kekuatan barunya. Namun, dia segera belajar dengan cara yang sulit bahwa setiap pilihan memiliki konsekuensi. Bahwa waktu jauh lebih rumit daripada yang terlihat.

3. Mirai Nikki

mirai nikki Future-Diary anime
  • Episode: 26
  • Tayang: 2011

Siswa sekolah menengah yang kesepian, Yukiteru Amano, menghabiskan hari-harinya menulis buku harian di ponselnya. Amano juga bercakap-cakap dengan dua teman yang tampaknya imajiner Deus Ex Machina, yang adalah dewa waktu dan ruang, dan Murmur, pelayannya.

Mengungkap dirinya sebagai entitas yang sebenarnya, Deus memberi Amano sebuah buku harian. Buku yang menunjukkan catatan yang sangat deskriptif berdasarkan masa depan. Sekaligus memaksanya masuk ke pertempuran berdarah dengan 11 pemegang buku harian masa depan yang sama kuatnya.

Orang terakhir yang selamat akan ditunjuk sebagai dewa waktu dan ruang yang baru. Amano harus menemukan dan membunuh 11 lainnya untuk bertahan hidup. Dia enggan bekerja sama dengan penguntitnya yang obsesif, Yuno Gasai. Namun ada yang lebih dari gadis itu, karena dia mungkin punya rencana lain untuk cintanya yang tak terbalas.

4. Erased

Erased Boku dake ga Inai Machi
  • Episode: 12
  • Tayang: 2016

Ketika tragedi akan terjadi, Satoru Fujinuma menemukan dirinya dikirim kembali beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi. Mangaka berusia 29 tahun telah memanfaatkan fenomena kuat sekaligus misterius ini. Ia sebut “Revival,” dan digunakannya untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, ketika ia secara salah dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi. Kali ini ke tahun 1988, 18 tahun di masa lalu. Segera, ia menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya, Kayo Hinazuki. Gadis penyendiri dan misterius. Ini adalah kesempatannya untuk memperbaikinya.

Boku dake ga Inai Machi mengikuti Satoru dalam misinya untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun yang lalu. Sekaligus mencegah kematian teman sekelasnya sekaligus melindungi mereka yang dia pedulikan di masa sekarang.

5. Occult Academy

occult academy anime
  • Episode: 13
  • Tayang: 2010

Ceritanya berkisar pada Maya, putri mantan Kepala Sekolah Akademi Waldstein, dan agen perjalanan waktu Fumiaki Uchida. Pada tahun 2012, dunia telah diserbu oleh alien. Kemudian penjelajah waktu dikirim kembali ke tahun 1999 untuk menemukan dan menghancurkan Kunci Nostradamus. Yang dinubuatkan oleh Ramalan Nostradamus sebagai apa yang akan menyebabkan kiamat.

Serial ini kemudian beralih ke tahun 1999, ketika Maya kembali ke Akademi dengan maksud menghancurkan Akademi dengan menggantikan posisi mendiang ayahnya sebagai kepala sekolah. Rencananya terputus ketika dia bertemu Fumiaki dan mengetahui kehancuran yang akan datang. Meskipun tidak mempercayai Fumiaki, mereka membentuk perjanjian untuk mencari Kunci Nostradamus.

Untuk menemukan Kunci Nostradamus, agen waktu diberikan ponsel yang dibuat khusus. Ketika seorang pengguna menemukan objek yang menarik, dengan berpikir untuk menghancurkannya dan mengambil foto, dan jika gambar yang dihasilkan adalah dunia yang damai, maka subjeknya adalah Kunci Nostradamus. Sebaliknya, jika subjeknya bukan Kunci Nostradamus, maka foto tersebut menampilkan kehancuran. Dengan menggunakan telepon, Maya dan Fumiaki menyelidiki kejadian gaib ini.

6. Puella Magi Madoka Magica

Puella Magi Madoka Magica
  • Episode: 12
  • Tayang: 2011

Tampak seperti magical girl lucu-lucuan, tapi anime ini menawarkan kisah yang benar-benar tragis.

Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah gadis sekolah menengah biasa dengan kehidupan biasa. Namun semua itu berubah ketika mereka bertemu Kyuubey, makhluk ajaib seperti kucing, dan Homura Akemi, siswa pindahan baru.

Kyuubey menawarkan untuk mengabulkan satu keinginan mereka. Sebagai gantinya, mereka harus menjadi magical girl, mendapatkan kekuatan yang cukup untuk memenuhi impian mereka. Namun, Homura Akemi, seorang gadis penyihir, mendesak mereka untuk menolak tawaran itu, menyatakan bahwa semuanya tak seperti yang terlihat.

Sebuah kisah tentang harapan, keputusasaan, dan persahabatan. Mahou Shoujo Madoka ★ Magica berurusan dengan kesulitan menjadi magical girl dan harga yang harus dibayar untuk membuat mimpi menjadi kenyataan.

7. Orange

orange anime
  • Episode: 13
  • Tayang: 2016

Hari pertama Naho Takamiya dari tahun keduanya di sekolah menengah adalah awal yang tak menyenangkan. Setelah bangun terlambat, dia menerima surat aneh yang ditujukan padanya. Namun, surat itu dari dirinya sendiri, 10 tahun di masa depan!

Pada awalnya, Naho skeptis terhadap catatan tersebut. Namun, setelah menyaksikan beberapa peristiwa yang digambarkan terjadi, dia menyadari bahwa surat itu sebenarnya berasal dari dirinya yang berusia 26 tahun.

Catatan itu merinci bahwa kehidupan masa depan Naho dipenuhi dengan penyesalan. Dia berharap bahwa dirinya yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan yang dibuat di masa lalu. Surat itu juga memperingatkan dia untuk mengawasi murid pindahan yang baru, Kakeru Naruse.

Naho harus sangat berhati-hati dalam membuat keputusan yang melibatkannya, karena Kakeru tidak ada di masa depan. Dengan surat itu sebagai panduannya, Naho sekarang memiliki kekuatan untuk melindungi Kakeru sebelum dia menyesal sekali lagi.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

2 tanggapan untuk “7 Anime Tentang Menjelajahi Waktu”

Bener banget, Steins;Gate itu di awal kok bikin bosan, tapi ratingnya salah satu yang tertinggi. Sampe sekarang baru nonton 2-3 episode, itu pun 2 tahun yang lalu. Hahah.

Erased, pertama nonton adalah live actionnya, gak selesai karena merasa agak gelap karena ada adegan pembunuhan, terakhir nonton semua episode animenya, menarik. Hanya menurut saya ending yang gantung. Saya ingin tahun kondisi temannya itu.

Yang lain belum nonton, karena sebenarnya genre anime kayak gini gak terlalu favorit, lebih suka yang beneran slice of life gitu. haha.

Memang ini yg sering jadi keluhan buat Steins; Gate, episode awal-awalnya emang asli ngebosenin, saya juga hampir mau drop tapi terus dilanjut karena masih penasaran kenapa sering disebut dan dipuji. Ternyata emang baru terasa pas masuk pertengahan, harus lewatin sekitar 10 episode awal yg bikin boring (tapi nantinya ini bakal terasa seperti pembangunan semesta anime ini), Steins; Gate emang terbukti anime mantap.

Slice of life juga salah satu genre favorit saya.

Balas

Tinggalkan Balasan