Kategori
Uncategorized

Ketika Bahasa Gaul Masuk KBBI

dictionary
Foto: Pisit Heng / Unsplash

Kamus Besar Bahasa Indonesia sering dijadikan rujukan untuk mengetahui apakah suatu kata sudah sesuai kebakuan atau belum. Namun, coba cek kata “gue” dan “nggak” di KBBI. Ternyata kata-kata gaul itu ada di KBBI. 

Berarti kata gaul itu sudah jadi kata baku, ya? Nah, yang perlu diluruskan justru adalah bahwa KBBI bukanlah kamus baku Indonesia. Tak semua kata dalam KBBI merupakan kata yang baku.

Jika kita cermati di KBBI daring, misalnya, kita akan menemukan label cak dalam kata-kata gaul tersebut. Label ini kependekan dari cakapan. Ragam bahasa cakapan ini adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggap kawan bicara yang sepantaran, lebih muda, atau lebih rendah statusnya atau jika dalam perbincangan yang bersifat santai atau tak resmi. 

Ragam bahasa cakapan ini tidak baku. Ada pula beberapa kata lain dengan labek cak di dalam KBBI yang berasal dari bahasa gaul yakni:

Alay

Artinya anak layangan, atau gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian. Pengertian atau makna ini hampir sama dengan arti yang sebenarnya dalam bahasa gaul saat ini. Alay, yaitu gaya anak-anak muda yang berlebihan, norak, kampungan untuk cari perhatian.

Kepo

Rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Dalam Bahasa gaul anak jaman kekinian, artinya juga sama. Kepo menunjukkan sifat seseorang yang bawaannya ingin tahu saja urusan orang.

Lebay

Artinya berlebihan, tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya. Kata lebay ini, baik dalam bahasa gaul maupun KBBI sama artinya.

Kece

Menurut KBBI, kece artinya cantik. Namun dalam pergaulan sehari-hari, istilah kece tak hanya sekedar cantik, bisa juga sesuatu yang menarik, asyik dan keren.

Doi

Menurut KBBI, Doi bisa berarti pacar, uang atau dia (laki-laki). Dalam bahasa gaul sehari-hari, Doi berarti Dia yang maknanya lebih mengarah pada pacar, kekasih atau pasangan.

Bokek

Soal apa arti bokek, pasti sudah pada tahu. Antara KBBI dan bahasa gaul sehari-hari sama artinya, bokek itu kondisi tak punya duit.

Bokep

Ini adalah sesuatu yang disembunyikan tapi sebenernya dikunjungi kalau lagi butuh. Menurut KBBI bokep itu artinya film porno. Dari asal katanya bokep ini dari singkatan BF atau Blue Film yang diplesetkan ala bahasa gaul tahun 80-90-an.

Kicep

Kicep artinya diam karena takut atau gelisah, diambil dari Bahasa Betawi. Padahal dalam Bahasa Sunda, kicep sendiri berarti mengedipkan mata.

Agan

Menurut KBBI, Agan berarti juragan atau goda. Agan adalah kependekan dari kata Juragan. Kata ini biasa digunakan sebagai sapaan yang sifatnya menghormat. Juragan bisa berarti majikan, tuan, atau nyonya. Kata agan ini sering dipakai di Tatar Sunda. Kata sapaan ini sering juga digunakan anak Kaskus.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Tinggalkan Balasan