Kategori
Uncategorized

7 Anime Bertema Alice in Wonderland

alice sword art online


Alice in Wonderland oleh Lewis Carroll telah menarik perhatian dan imajinasi kita. Kisah seorang gadis yang jatuh ke negeri ajaib yang dipenuhi imajinasi liar. Tak mengejutkan bagi siapa pun kalau petualangan Alice ini memiliki pengaruh besar pada media pop modern.

Lihat: Alice di Negeri Ajaib dan Pop Culture

Anime telah mengambil banyak hal dari petualangan Alice ini, membawa kita pada berbagai interpretasi menarik. Terkadang anime begitu jelas menampilkan dirinya dipengaruhi oleh dongeng bikinan Carroll ini. Misalnya, dari penamaan Alice, atau varian lain dari karakter itu, kemudian memasukkannya dalam sebuah realitas fantastis. Mungkin bakal ada kelinci putih melompat-lompat, atau kejatuhan mengejutkan yang berakhir di dunia yang berbeda.

Daftar ini mengeksplorasi beberapa anime menarik yang didasarkan pada petualangan Alice di Negeri Ajaib itu.

1. Miyuki-chan in Wonderland

miyuki chan in wonderland

  • Episode: 2
  • Tayang: 1995
  • Genre: Fantasy, Ecchi, Comedy, Yuri

Anime 1990-an dari CLAMP yang menampilkan seorang gadis sekolah menengah yang terlambat masuk bernama Miyuki. Sayangnya, Miyuki tak berhasil tiba di sekolah tetapi malah jatuh ke lubang kelinci, dan memasuki Wonderland yang di dalamnya terdapat pertukaran gender ketika karakter perempuan mengenakan pakaian mini dan lebih tertarik untuk menunjukkan cinta mereka untuk Miyuki. Penuh dengan syut celana dalam dan kostum Playboy Bunny dengan Miyuki sama frustrasinya seperti Alice. Hanya saja dia berurusan dengan beragam perempuan yang penuh birahi.

2. Alice in Cyberland

alice in cyberland

  • Episode: 1
  • Tayang: 1996
  • Genre: Adventure, Fantasy

Petualangan Alice di Negeri Ajaib, tetapi digital. Alice Minazuki dan sekelompok gadis-gadis pejuang di dunia maya yang ceria mengunjungi dunia digital dan memerangi penjahat cyber.

3. Serial Experiment Lain

serial experiment lain

  • Episode: 13
  • Tayang: 1998
  • Genre: Mystery, Psychological, Scifi, Supernatural 

Penulis animenya Chiaki Konaka sebenarnya menarik Alice langsung dari karyanya yang lain, anime di daftar sebelumnya, Alice in Cyberland. Meski sangat jelas kalau Alice adalah referensi ke dongeng Lewis Carroll. Petualangan ke dalam realitas virtual bernama Wired seperti perjalanan masuk ke lubang kelinci. 

Alice Mizuki adalah teman sekelas dan paling dekat dengan sang protagonis Lain Iwakura, dan salah satu dari sedikit orang yang menunjukkan perhatian yang tulus terhadap perilaku anti-sosialnya. Namun, dunia maya mulai menginvasi kehidupan Alice ketika versi alternatif Lain mulai menyebarkan desas-desus tentang Alice dan afeksinya terhadap gurunya.

Serial Experiment Lain mengeksplorasi tema-tema seperti realitas, identitas dan komunikasi melalui filsafat, sejarah komputer, literatur cyberpunk, dan teori konspirasi.

Baca juga: 15 Anime Terbaik dari Dekade 1990-an

4. Alice Academy (Gakuen Alice) 

gakuen alice
  • Episode: 26
  • Tayang: 2005
  • Genre: Comedy, School, Shoujo

Tak ada yang bernama Alice di Alice Academy. Alice adalah sebutan yang diberikan kepada siapa saja yang memiliki kemampuan super. Referensi lainnya adalah para siswa iniberurusan dengan “kelinci”.

5. Pandora Hearts

Alice.Baskerville pandora heart anime

  • Episode: 25
  • Tayang: 2008
  • Genre: Adventure, Fantasy, Mystery, Supernatural 

Pandora Hearts menceritakan kembali petualangan Alice di Negeri Ajaib dengan gelap. Alice adalah karakter sentral, dan anime membuat beberapa kiasan lain yang jelas: ada lubang kelinci yang mendalam yang mengarah ke dunia lain yang disebut Abyss, dan bahkan judul tiap episode merupakan referensi langsung ke karya Carroll.

6. Alice in Borderland

  • Episode: 3
  • Tayang: 2014
  • Genre: Action, Psychological, Supernatural, Thriller 

Ryouhei Arisu adalah siswa sekolah menengah tanpa ambisi dan hanya ingin melarikan diri dari apa yang dia rasakan adalah kenyataan yang tak berarti. Suatu malam ketika dia bersama dua temannya Daikichi Karube dan Chouta Segawa, mereka melihat tembakan kembang api besar yang tak normal ke langit, sebuah peristiwa yang menandakan perubahan permanen dalam hidup mereka.

Dibutakan oleh ledakan yang sangat terang, ketiganya menemukan diri mereka berpindah ke lain dimensi. Satu-satunya penghuni dunia ini adalah peserta dari permainan mematikan ketika tugas-tugas khusus harus diselesaikan jika mereka ingin bertahan hidup. Ketika ketiganya mulai bermain agar bisa kembali pulang, Ryouhei Arisu mendapati dirinya merasa hidup untuk pertama kalinya.

7. Sword Art Online Alicization

sword art online alicization

  • Episode: 24
  • Tayang: 2018-2020
  • Genre: Action, Adventure, Game, Romance, Fantasy

Arc pamungkas Sword Art Online dengan bangga mengakui kalau pengaruh utamanya memang dari dongeng karya Caroll tersebut. ‘Alicization’ dibentuk dari akronim A. L. I. C. E. (Artificial Labile Intelligent Cybernated Existence). Ini adalah proyek untuk menciptakan kecerdasan buatan yang sangat adaptif. Karena merasa teknologi pengobatan dan pertahanan mereka jauh tertinggal dari Barat, pemerintah Jepang bermaksud menggunakan Artificial Intelligence untuk keperluan medis dan militer. Tentu saja, ada Alice, yang menjadi fokus karakter, sekaligus memperpanjang deretan waifu di anime ini.

Lihat: Alice di Sword Art Online

Tinggalkan Balasan