Kategori
Bandung

Walking Tour Urban Legend Bandung

Bandung sebagai sebuah kota di Tatar Sunda, yang kemudian menjadi melting pot dari berbagai suku bangsa, sejak masa awal berdirinya memiliki banyak legenda yang berkaitan dengan makhluk gaib.

Ada sosok Nyi Kentring Manik yang dipercaya sebagai penguasa alam gaib dan mata air di wilayah Bandung. Kentring Manik ini sering dikaitkan dengan keberadaan mata air atau sumur, seperti dalam cerita Wiranatakusumah II saat pencariaan lokasi Kota Bandung.

Pada sekitar tahun 1910-an, Bandung sempat dilanda wabah kolera yang merenggut banyak korban jiwa terutama anak balita sehingga Bandung sempat memperoleh julukan baru yang menyeramkan, yaitu “kinderkerkhof“, atau kuburan anak. Makam-makam ini berserakan di pekarangan rumah, di ladang, atau di kebun warga. Membuat kota yang sedang giat-giatnya membangun ini suasananya jadi kelam.

Karena sejak awalnya Bandung sudah merupakan semacam kuali pencampuran, maka tak heran bila legenda-legenda modern juga dapat hidup di tengah warga Kota Bandung. Mahluk halus dalam legenda urang Bandung, tidak hanya yang tradisional seperti Kentring Manik, tapi juga datang dari kalangan orang Tionghoa atau Eropa. Contohnya, kisah hantu Hilda Tan atau Nancy.

Bala Keselamatan

bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung

Patung Verbaark Taman Maluku

patung verbaark urban legend bandung
patung verbaark urban legend bandung

Rumah Kentang dan Sejarah Freemasonry

rumah kentang freemason urban legend bandung

SMA 3 dan SMA 5 Bandung

sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung

Taman Musik

taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

6 tanggapan untuk “Walking Tour Urban Legend Bandung”

Lebih ke pengalaman personal atau ke beberapa orang, biasanya baru nyerita kalau udah jauh2 hari setelah tour Urban Legend ini. Dari suasananya aja udah bikin merinding sih.

Ada beberapa orang yg mencar pas di sekolahan, dan ngeliat banyak aktivitas siswa-siswi kayak lagi belajar di situ.

Balas

pernah baca di buku TNTnya mvak trinity tentang tur urband legend ini
ngeri mbak trinitinya sampe sendawa ketempelan jin

tapi kalau rame gitu aku juga pingin si hihi
penasaran aja apalagi yang rumah kentang

Sejauh ini kalau peserta belum sampe kayak gitu, paling ngeliat penampakan2 dikit. Kalau rame2 emang ga terlalu serem, meski ada tegang2nya juga.

Rumah Kentang lagi dibongkar juga, kayaknya bakal dijadiin kafe. Penceritaan di situ sebenarnya lebih soal ngungkapin mitos aslinya dan fokus ke sejarah freemason yg emang bener2 pernah terjadi.

Balas

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang