Kategori
Uncategorized

Yang Fantasi Seksualmu Ungkapkan Soal Dirimu

Foto: Taras Chernus / Unsplash

Fantasi seksual kita tampaknya mencerminkan, setidaknya sebagian, sifat dan karakteristik kepribadian kita. Dalam mempelajari fantasi seks lebih dari 4.000 orang Amerika dalam buku Tell Me What You Want, ditemukan bahwa Lima Besar faktor kepribadian yakni keterbukaan untuk mengalami, conscientiousness, agreeablesness, extraversion, dan neuroticism semuanya terkait dengan jenis fantasi orang melaporkan memiliki.

Di bawah ini, saya jelaskan secara singkat masing-masing sifat ini dan bagaimana mereka terkait dengan jenis hal yang kurang lebih Anda mungkin bayangkan:

1. Keterbukaan untuk mengalami

Sifat ini melibatkan memiliki rasa ingin tahu intelektual yang tinggi dan imajinasi yang aktif. Orang yang keterbukaannya tinggi cenderung mau mencoba hal-hal baru secara umum. Mungkin tidak mengherankan, bahwa orang-orang yang tinggi keterbukaannya memiliki variabilitas paling dalam konten fantasi mereka – mereka lebih berfantasi tentang hampir semuanya, dari yang konvensional ke yang nyeleneh.

2. Conscientiousness

Sifat ini melibatkan sifat sangat detail dan terorganisir. Individu yang teliti juga cenderung menjadi konformis – mereka memiliki keyakinan dan sikap yang lebih konvensional dalam banyak hal. Saya menemukan bahwa orang yang teliti cenderung memiliki fantasi seksual yang lebih rinci. Secara khusus, mereka lebih fokus pada pengaturan di mana seks terjadi. Mereka juga memiliki lebih sedikit fantasi BDSM dan tabu, mungkin karena kecenderungan mereka untuk menyesuaikan diri dengan norma, baik secara seksual maupun sebaliknya.

3. Extraversion

Sifat ini persis seperti apa kedengarannya; itu melibatkan keluar dan ingin berinteraksi dengan orang lain. Ternyata orang-orang yang berkecimpung dalam kehidupan nyata cenderung juga berkhianat dalam fantasi mereka. Secara khusus, mereka memiliki lebih banyak fantasi tentang jenis kelamin kelompok dan nonmonogami (mis., Menjadi poliamor atau memiliki beberapa jenis hubungan terbuka secara seksual). Mereka juga berfantasi tentang mencoba hal-hal baru, tetapi lebih sedikit tentang kegiatan tabu.

Baca juga: Ragam Gaya Seks dalam Istilah Sunda

Introvert memiliki lebih banyak fantasi tabu, mungkin karena kesulitan interaksi sosial membuat orang tertarik pada bentuk-bentuk ekspresi seksual yang tidak biasa ketika mereka tidak dapat membangun jenis hubungan intim yang mereka inginkan.

4. Agreeableness

Sifat ini ditandai dengan memperhatikan orang lain. Orang-orang yang ramah dan perhatian dan ingin membuat orang lain bahagia. Orang-orang yang suka setuju cenderung memiliki fantasi seks prososial, yang berarti fantasi mereka tidak mungkin mencakup unsur-unsur di mana persetujuan bersama, keamanan, dan / atau kesenangan tidak jelas. Untuk itu, saya mengamati bahwa orang-orang yang ramah cenderung berkhayal tentang perselingkuhan dan tindakan tabu (terutama yang non-konsensual, seperti pedofilia). Orang yang ramah juga cenderung berfantasi tentang seks tanpa emosi dan BDSM – tindakan di mana mungkin tidak mudah untuk menentukan apakah pasangan mereka menikmati kegiatan tersebut.

5. Neuroticism 

Sifat ini melibatkan memiliki tingkat ketidakstabilan emosional yang tinggi dan waktu yang sulit menangani stres. Saya menemukan bahwa orang-orang neurotik memiliki sedikit fantasi tentang seks kelompok, kebaruan, dan nonmonogami. Mereka tampaknya kurang tertarik pada umumnya dalam mencoba hal-hal baru dan menemukan mitra baru, mungkin karena ada beberapa unsur ketidakpastian di sana, yang bisa membuat stres. Namun, orang-orang yang neurotik melaporkan lebih banyak fantasi tentang hasrat dan romansa, yang mungkin merupakan cara mereka untuk bersantai atau merasa tenang.

*

Penting untuk diingat bahwa orang yang berbeda memiliki kombinasi karakter kepribadian yang berbeda, jadi untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang fantasi yang diberikan seseorang yang lebih atau kurang mungkin dimiliki, penting untuk mengetahui kedudukan mereka pada kelima sifat ini, yang bertentangan dengan melihat sifat tunggal dalam isolasi.

Saat beberapa sifat menunjuk ke arah yang sama, Anda cenderung membuat prediksi fantasi yang lebih kuat. Sebagai contoh, kesesuaian dan kesadaran yang tinggi dipasangkan dengan keterbukaan yang rendah terhadap pengalaman semuanya akan mengarah ke kecenderungan yang lebih rendah untuk fantasi BDSM.

Dengan semua yang dikatakan, pesan yang bisa dibawa pulang dari ini adalah bahwa fantasi seksual Anda mungkin hanya mengungkapkan sesuatu yang unik tentang Anda.
*

Diterjemahkan dari artikel Psychology Today berjudul What Your Sexual Fantasies Reveal About You.

Tinggalkan Balasan