Kategori
Anime

10 Anime Kyoto Animation Besutan Sutradara Yasuhiro Takemoto

Yasuhiro Takemoto bergabung di Kyoto Animation sejak 1996 dan hampir seluruh karir animasinya berada di studio ini. Sayang, karirnya harus terhenti akibat tragedi pembakaran Kyoto Animation pada 2019.

Kyoto Animation menjadi salah satu studio anime paling berpengaruh dan paling dicintai. Memenangkan beragam pujian atas gaya ekspresif dan penceritaannya yang penuh nuansa, sekaligus kualitas visualnya yang selalu di atas rata-rata.

Telah lama bergelut di industri anime sejak 1980-an sebagai studio pembantu, tapi baru debut dengan anime produksi sendiri lewat Full Metal Panic? Fumoffu! pada 2003. Kyoto Animation makin populer dengan anime hit dari franchise Haruhi Suzumiya, yang membuatnya makin melejit.

Kedua anime tersebut digarap oleh satu sutradara penting bagi Kyoto Animation: Yasuhiro Takemoto.

yasuhiro takemoto

Takemoto bergabung di Kyoto Animation sejak 1996 dan hampir seluruh karir animasinya berada di studio ini. Lulusan dari Yoyogi Animation Institute, sebuah akademi animasi khusus yang berlokasi di Shibuya, Tokyo. Sayang, karirnya harus terhenti akibat tragedi pembakaran Kyoto Animation pada 2019.

Selama karir penyutradaraannya di Kyoto Animation, banyak anime menarik yang tercipta. Berikut 10 anime pilihan besutan Yasuhiro Takemoto.

1. Full Metal Panic? Fumoffu!

full metal panic fumoffu kyoto animation
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Comedy, School
  • Tayang: 2003

Sangat berbeda dengan musim pertamanya yang digarap Studio Gonzo. Fumoffu! lebih menyorot aspek komedi dari Full Metal Panic! dan berfokus pada ketegangan romantis yang kocak antara Sousuke Sagara dan Kaname Chidori.

Tak ada pertarungan mecha atau intrik politik, yang menjadi ciri khas dari Full Metal Panic! Sekaligus tak ada plot, tiap episode bisa ditonton acak, meski ada dua episode bersambungan.

Meski merupakan spin-off, anime ini didasarkan dari light novel aslinya. Fumoffu! sering memparodikan dirinya sendiri dan stereotip anime. Satu-satunya referensi untuk aspek mecha dari Full Metal Panic! adalah Bonta-kun, maskot taman hiburan yang digunakan Saousuke untuk menyamar dan merupakan salah satu parodi paling menonjol di anime ini. Takemoto juga menunjukkan bakatnya dalam humor surrealis.

Shoji Gatoh, penulis light novel Full Metal Panic! ikut terlibat, dan di tahun-tahun mendatang duet antara Takemoto dan Gatoh ini akan banyak menghasilkan anime-anime menarik.

2. Full Metal Panic! The Second Raid

full metal panic sousuke kyoani
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Mecha
  • Tayang: 2005

Jika Fumoffu! murni parodi, maka The Second Raid ini lanjutan sungguhan dari Full Metal Panic!

Sersan Sousuke Sagara dari Mithril dan Kaname Chidori kembali ke kehidupan sekolah menengah yang normal. Sousuke melanjutkan upayanya agar bisa berasimilasi dengan penduduk sipil dan tetap mengelola misinya di medan perang pada saat yang sama.

Namun, saat kehidupan mereka tenang, masalah baru mulai muncul. Kehadiran organisasi teroris independen yang dikenal sebagai Amalgam dan konflik internal dalam Mithril mengancam dan menjadi serangkaian kegagalan dan pengkhianatan. Model-model Arm Slave yang baru dan kuat makin memperburuk situasi ketika perdamaian dunia dipertaruhkan.

Di tengah-tengah pertarungan yang mengancam jiwa, antara Kaname dan Sousuke harus juga menghadapi pertempuran batin mereka sendiri.

Visualnya makin meningkat, dan penganimasian gerakan aksinya begitu luwes. Mungkin banyak yang tak menyangka bahwa Kyoto Animation yang sekarang lebih dikenal lewat cerita kalemnya pernah menggarap anime mecha, dan bisa dibilang berhasil. The Second Raid ini masuk anime mecha favorit saya.

3. The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Haruhi Suzumiya kyoto animation
  • Episode: 14, 14
  • Genre: Comedy, Mystery, School, Supranatural
  • Tayang: 2006-2009

Kyon, siswa sekolah menengah biasa, telah lama melepaskan kepercayaannya pada hal-hal supernatural. Sampai kemudian dia bertemu Haruhi Suzumiya yang begitu meminati hal-hal supranatural dari alien, penjelajah waktu, dan esper.

Haruhi kecewa karena tak ada klub yang menarik minatnya. Kyon kemudian mengusulkan agar ia membentuk klubnya sendiri. Dari sana, terbentuklah Brigade SOS, sebuah klub yang berspesialisasi dalam semua yang bersifat supranatural.

Kyon, bersama dengan Yuki Nagato seorang kutu buku pendiam, Mikuru Asahina yang pemalu, dan Itsuki Koizumi yang selalu tersenyum, direkrut sebagai anggota. Ketiganya adalah yang dicari Haruhi, meski harus dirahasiakan. Cerita serial anime ini mengikuti petualangan gila yang dialami grup ini di bawah pemimpin aneh mereka, Haruhi.

Kisah yang didasarkan pada light novel karya Nagaru Tanigawa yang sudah sukses secara komersial. Dalam penulisan skrip animenya, Gatoh juga ikut terlibat. Menjadikan adaptasi ini sama menariknya, bahkan lebih. Serial anime Suzumiya Haruhi tentunya tontonan wajib.

Lihat: 15 Anime Adaptasi Light Novel

4. Lucky Star

lucky star anime kyoto animation
  • Episode: 24
  • Genre: Comedy, School, Slice of Life
  • Tayang: 2007

Lucky ☆ Star mengikuti kehidupan sehari-hari empat gadis sekolah menengah yang lucu: Konata Izumi si otaku pemalas, si kembar Hiiragi, Tsukasa serta Kagami, dan Miyuki Takara yang cerdas sekaligus santun.

Ketika menjalani kehidupan di sekolah dan di luar, mereka mengembangkan persahabatan yang eksentrik dan membuat pengamatan lucu tentang dunia di sekitar mereka. Baik itu tradisi Jepang, seluk-beluk budaya otaku, sekolah, atau cara yang benar dalam menyiapkan dan makan berbagai makanan. Tak ada subjek yang aman dari observasi mereka.

5. Nyoron Churuya-san

nyoron churuya san anime
  • Episode: 13
  • Genre: Comedy, School, Slice of Life
  • Tayang: 2009

Sebuah adaptasi anime dari manga strip 4-panel: Nyoron Churuya-san. Berdasarkan karakter sampingan dalam Suzumiya Haruhi: Churuya.

Churuya adalah seorang gadis dengan hasrat yang kuat pada keju asap. Namun Kyon dan yang lainnya tahu ini, dan mereka memanfaatkan kelemahannya. Mereka membuatnya melakukan segala macam hal dengan mengiming-imingi keju asap sebagai hadiah.

Namun Churuya tidak menyadari plot jahat ini, jadi dia mempertahankan usahanya demi keju. Setiap hari adalah perjuangan untuk mendapatkan keju asap yang dicintainya, tetapi jauh lebih sulit daripada yang bisa dia bayangkan!

6. The Disappearance of Haruhi Suzumiya

haruhi suzumiya kyoto animation
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Comedy, Mystery, Romance, School, Supranatural
  • Tayang: 2010

Suatu hari Natal yang dingin, Kyon menuju ke sekolah dan perayaan liburan Brigade SOS, hanya untuk menyadari bahwa Haruhi Suzumiya tampaknya telah menghilang.

Selain Kyon, tak ada yang mengingat Haruhi atau Brigade SOS. Mikuru Asahina tak tahu apa-apa, dan Itsuki Koizumi juga hilang. Klub Sastra, yang hanya diisi oleh Yuki Nagato yang pendiam seperti biasanya, sekarang menempati ruang klub SOS.

Lihat: Sebuah Dunia Tanpa Haruhi Suzumiya

Suzumiya Haruhi didasarkan pada novel ringan keempat dari seri Haruhi yang berlatar setelah peristiwa di serial animenya. Kyon harus berurusan dengan seluruh hidupnya yang sekarang terbalik.

Ini menjadi film anime pertama yang dibesut Takemoto, dan menjadi penutup yang manis bagi serial Suzumiya Haruhi.

7. Hyouka

hyouka kyoto animation
  • Episode: 22
  • Genre: Mystery, School, Slice of Life
  • Tayang: 2012

Berdasarkan seri light novel Koten-bu yang berarti Klub Sastra, Hyouka menunjukkan bahwa kehidupan normal dapat penuh dengan misteri, baik itu sejarah keluarga, film amatiran buatan siswa, atau bahkan bunga layu yang membentuk cerita hantu. Hyouka adalah tentang memecahkan misteri, terutama misteri yang levelnya kesehariaan.

Siswa sekolah menengah yang super hemat energi, Houtarou Oreki, mendaftar ke Klub Sastra Klasik atas perintah kakak perempuannya. Dengan penuh keragu-raguan, Oreki terseret ke dalam penyelidikan tentang misteri berusia 45 tahun yang mengelilingi ruang klub.

Lihat: 10 Karakter Kabayan dalam Anime

8. Amagi Brilliant Park

amagi brilliant park kyoto animation
  • Episode: 13
  • Genre: Comedy, Drama, Fantasy, School, Slice of Life
  • Tayang: 2014

Seiya Kanie, seorang siswa sekolah menengah yang cerdas dan sangat narsis, dipaksa diajak kencan oleh siswa pindahan Isuzu Sento ke sebuah taman hiburan bernama Amagi Brilliant Park.

Taman ria itu sangat mengecewakan, terlantar dan banyak fasilitasnya yang rusak. Tanpa disangka, Sento mempertemukan Kanie dengan Putri Latifa Fleuranza, pemilik taman hiburan, yang kemudian memintanya untuk menjadi manajer baru taman tersebut. Amagi Brilliant Park hanya punya waktu kurang dari tiga bulan untuk memenuhi kuota 500.000 tamu, atau taman itu akan ditutup untuk selamanya dan tanah itu akan dibangun kembali oleh perusahaan real-estate.

Amagi Brilliant Park bukanlah taman hiburan biasa; banyak dari karyawannya berasal dari Maple Land, dunia penuh sihir. Dipercayakan dengan harapan dan impian tanah ajaib yang jauh ini, Kanie sekarang harus menggunakan keahliannya untuk membawa Amagi Brilliant Park kembali berdiri, atau melihatnya hancur.

Anime yang diangkat dari light novel karya Shoji Gatoh, yang juga menghadirkan kembali si boneka maskot Bonta.

9. High Speed! Free! Starting Days

high speed free starting day
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Comedy, Drama, School, Slice of Life, Sport
  • Tayang: 2015

High ☆ Speed!: Free! Starting Days terjun ke masa lalu anggota Klub Renang Iwatobi bersama rekan perenang dan pesaing mereka.

Haruka Nanase dan Makoto Tachibana sudah mulai sekolah menengah dan harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Jika Makoto cocok dengan teman-teman sekelasnya dan tetap positif tentang berenang, maka Haruka berjuang untuk berteman dengan yang lain atau bergabung dengan klub renang sekolahnya, karena masalah sebelumnya mengganggunya.

Menjauhkan diri dari teman-teman sekelasnya serta klub renang, dia kesulitan menentukan klub mana yang akan diikutinya. Teman-teman sekelasnya yang lain, termasuk Makoto, juga ragu-ragu untuk bergabung dengan klub mana. Setelah perdebatan membuat mereka bergabung dengan klub renang, mereka berusaha mengasah keterampilan mereka, menyelaraskan gaya berenang mereka, dan memperbaiki perasaan mereka yang saling bertentangan.

10. Miss Kobayashi’s Dragon Maid

Kobayashi Dragon Maid kyoto animation
  • Episode: 13
  • Genre: Comedy, Fantasy, Slice of Life
  • Tayang: 2017

Ketika Kobayashi membuka pintu apartemennya, kepala naga menatapnya dari seberang balkon. Naga tersebut segera berubah jadi gadis muda yang imut dan energik. Dengan mengenakan pakaian pelayan, ia memperkenalkan dirinya sebagai Tooru.

Ternyata Kobayashi bertemu dengan naga itu pada malam sebelumnya. Saat mabuk dan menemuinya di sebuah pegunungan. Karena binatang mistis itu tak punya tempat untuk tinggal, Kobayashi menawarkan untuk tinggal di rumahnya. Jadi, Tooru menerima tawaran itu, membayar kebaikan penyelamatnya dengan bekerja sebagai pelayan pribadinya.

Meski sangat efisien dalam pekerjaannya, metode sang naga pelayan itu sering berakhir dengan lebih banyak masalah bagi Kobayashi. Selain itu, Tooru menanggung berbagai emosi dan kenangan menyakitkan. Kehadiran Tooru akhirnya menarik beberapa makhluk mistis lainnya ke rumah Kobayashi. 

2 tanggapan untuk “10 Anime Kyoto Animation Besutan Sutradara Yasuhiro Takemoto”

Tinggalkan Balasan