Kategori
Hype

10 Quote Ikonik dari Jose Mourinho dan Pelatih Top Lain di The Playbook

Baru-baru ini Netflix telah menambahkan katalognya pada kategori dokumentasi olahraga dengan menghasilkan lima episode serial The Playbook: A Couch’s Rules For Life.

Premisnya adalah mengumpulkan beberapa pelatih olahraga paling terkenal di dunia dan meminta mereka berbicara tentang strategi mereka, taktik motivasi untuk pemain mereka, dan apa rumus mereka untuk sukses.

Setiap episode berfokus pada legenda tertentu dan, tentu saja, penonton di seluruh dunia telah memuji hasil akhir dari pertunjukan ini.

Netflix tidak selalu melakukannya dengan benar dalam hal serial dokumenter, tetapi yang ini pasti ada dalam daftar yang “dibuat dengan sangat baik”. Lagi pula, siapa yang tidak suka mendengar kisah-kisah inspiratif tentang rintangan dan kemenangan yang dilalui sang juara?

1. “A Good Coach Can Never Be Afraid To Get Fired.” – Patrick Mouratoglou

Patrick Mouratoglou playbook netflix

Mouratoglou memegang semua kesuksesan dalam hal pelatihan tenis dan namanya sejalan dengan pemain tenis terkenal dunia Serena Williams. Dia telah menjadi pelatihnya sejak 2012 dan ini jelas merupakan duo pemenang, atau “duo dinamis” sebagaimana mereka dijuluki.

Gayanya dikenal berfokus pada pengoptimalan bahasa tubuh pemainnya dan menggunakan strategi psikologi saat mereka bermain melawan lawan mereka. Dan dia adalah seseorang yang tidak takut membuat kesalahan karena dia suka mengambil risiko. Karenanya, kutipan yang disorot yang ia nyatakan dalam episode Netflix ini didedikasikan untuk biografinya.

2. “Practice A Million Times, Until It’s Perfect.” – Patrick Mouratoglou

Patrick Mouratoglou playbook netflix

Ini adalah aturan jelas yang diharapkan dari pelatih tenis seperti Patrick Mouratoglou. Dia tahu bahwa “berada di atas” dan bekerja untuk menjadi pemenang itu sulit tetapi di luar pahala. Dan itulah mengapa tidak banyak orang yang bisa menjadi nomor satu, karena tidak terlalu banyak yang mau berlatih terus menerus hingga mencapai teknik dan gerakan yang sempurna. Anehnya, dia adalah buktinya juga.

Dulu ketika dia masih muda, dia tidak bisa mengucapkan sepatah kata pun karena kecemasan. Namun, seiring waktu dan latihan, ia mampu mengatasi ketakutannya. Sejak saat itu, ia telah memukau para penggemar tenis dan pelatih favoritnya, Serena Williams, dengan bangga akhirnya menjadi penerima semua penghargaan. Saat ini, Patrick Mouratoglou adalah pelatih tenis Prancis dan komentator olahraga. Selain Serena Williams, dia telah melatih dan menginspirasi lebih dari 40 pemain sepanjang karirnya yang cemerlang.

3. “You Don’t Win Big Things With Nice Guys.” – José Mourinho

jose mourinho playbook netflix

Selain disebut “The Special One” untuk rekor gelar tim sepak bola terkemuka, José Mourinho dikenal tidak takut membuat pernyataan berani ketika berbicara tentang apa yang memberinya keunggulan. Dia adalah fokus utama pada episode tiga dari serial dokumenter ini dan, tidak seperti orang yang diwawancarai lainnya, Mourinho tidak memuji orang lain atas kesuksesannya. Dia jelas tidak menganggap dirinya “pria yang baik” dan itu mungkin bagian dari formula rahasianya yang telah memecahkan rekor di seluruh Eropa sepanjang karirnya sebagai pelatih.

José Mourinho adalah pelatih sepak bola profesional asal Portugis yang dinobatkan sebagai “Pelatih Terbaik” dalam beberapa penghargaan selama bertahun-tahun, dan dia telah memenangkan lebih dari 25 trofi.

4. “Rules Are Meant To Be Broken.” – José Mourinho

jose mourinho playbook netflix

Salah satu aturan pelatihan tidak konvensional José Mourinho adalah bahwa semuanya dimaksudkan untuk dilanggar. Selama episodenya, Mourinho merinci pengalaman ketika dia harus menyelinap masuk ke dalam stadion saat timnya bermain karena dia telah dilarang dan dihukum karena kesalahan sebelumnya. Beberapa orang mengatakan bahwa orang melihatnya sebagai “anak nakal”.

Dia tidak takut mengambil risiko dan memamerkannya untuk memastikan bahwa dia dan kemenangan timnya dipastikan. Mourinho bertanggung jawab atas tim sepak bola besar seperti FC Porto, Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Manchester United. Mungkin Tottenham Hotspur selanjutnya.

5. “I Don’t Think You Should Run From Pressure…” – Doc Rivers

doc rivers playbook netflix

“… Kamu harus lari melaluinya.” Ini mungkin kutipan paling simbolis Doc Rivers pada episode yang didedikasikan untuknya. Dia menyatakan bahwa merasa tertekan untuk tampil dan menjadi “di atas” adalah hak istimewa karena itu adalah saat kita dipaksa untuk bergerak melampaui apa yang sudah kita ketahui bisa kita lakukan. Dan itu harus menjadi mentalitas seorang pemenang olahraga: untuk menempatkan diri mereka dalam situasi tertekan yang telah dia usahakan dan dapatkan.

Melalui proses itu, langkah selanjutnya membutuhkan kerja keras untuk performa terbaik tim untuk mendapatkan hasil yang diinginkan hingga “balapan selesai”. Glenn Anton, lebih dikenal sebagai Doc Rivers, adalah pelatih bola basket Amerika dan mantan pemain yang pernah menjadi pelatih kepala Orlando Magic, Boston Celtics, dan Los Angeles Clippers, memenangkan Final NBA bersama Celtics pada tahun 2008.

6. “Ubuntu Is A Way Of Life.” – Doc Rivers

doc rivers playbook netflix

Pelatih olahraga sepertinya selalu memiliki kutipan pribadi yang menentukan pekerjaan, gaya, dan strategi manajemen tim mereka. Dan Doc Rivers tidak berbeda. Sebenarnya, dia membawa ini ke level selanjutnya. Dalam serial dokumenter ini, dia melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa “Ubuntu” telah memimpin dia dan timnya untuk memenangkan gelar NBA. Faktanya adalah bahwa selama pengawasan Doc Rivers, Celtics memenangkan kejuaraan NBA pertama mereka dalam 22 tahun.

Pada dasarnya, Rivers menjelaskan dalam episode bahwa dia memiliki pemain superstar seperti Paul Pierce, Ray Allen, dan Kevin Garnett, tetapi perhatian utamanya adalah bahwa mereka semua adalah pemimpin. Dan untuk memenangkan kejuaraan ini, dia memberi tahu para pemain bahwa mereka perlu berkorban dan mengubah gaya mereka: mereka harus benar-benar bermain sebagai bagian dari sebuah tim. Ini adalah inti dari apa yang mendefinisikan “Ubuntu” – sebuah kata/filosofi Afrika kuno yang berarti bahwa “seseorang hanya dapat menjadi seseorang melalui orang lain.” Jadi konsep baru ini akhirnya menyatukan seluruh tim.

7. “I’m Not Coaching To Keep My Job, I Am Coaching What I Believe.” – Jill Ellis

jill elis playbook netflix

Seorang perempuan yang mempengaruhi begitu banyak orang dengan dorongan, semangat, dan keberaniannya untuk melatih tim dengan apa yang dia yakini, Jill Ellis adalah pelatih kepala tim sepak bola wanita untuk AS (2015-2019) dan mengatakan bahwa episodenya menginspirasi meremehkan. Gaya kepelatihannya yang diakui didasarkan pada pengambilan risiko dan memotivasi pasukan pemainnya untuk percaya pada diri mereka sendiri dan tetap fokus pada tujuan akhir.

Ellis menjelaskan bahwa dia selalu termotivasi oleh hasratnya pada sepak bola dan di awal karirnya, dia membuat pilihan yang jelas untuk “mengikuti hasrat daripada gaji.” Meskipun lintasannya tidak hanya terdiri dari kemenangan dan kesuksesan, perjalanannya tentang bagaimana memenangkan Piala Dunia berturut-turut sambil berjuang melawan masalah pribadinya dan memperjuangkan gaji yang sama untuk para atletnya sangat menyentuh.

8. “Mountain Tops Are Small and The Air Is Thin For A Reason…” – Jill Ellis

jill elis playbook netflix

“… Karena kamu tidak seharusnya tinggal di puncak gunung.” Pada satu titik selama episodenya, Jill berbagi bahwa dia memberi tahu timnya bahwa “puncak gunung adalah ruang yang disewa, bukan tempat tinggal.” Ia percaya bahwa seseorang harus bisa berbagi kesuksesannya dan memiliki kegagalannya sendiri.

Namun lebih dari itu, salah satu pemahaman bijak Ellis untuk menjadi pelatih yang baik (dan dalam kehidupan secara umum) adalah untuk mengingatkan para pemainnya bahwa kesuksesan tidak bergantung pada kemenangan Anda karena seseorang selalu mengejar tempat Anda. Jadi, dia tahu bahwa seseorang seharusnya tidak memanfaatkannya, tetapi terus membangunnya.

9. “What Is Delayed Is Not Denied…” – Dawn Staley

dawn staley playbook netflix

“… Terus percaya.” Ketika berbicara tentang tim bola basket wanita terkemuka, semua orang tahu siapa Dawn Staley. Dari kegagalannya sendiri untuk memenangkan kejuaraan sebagai pemain melalui kegigihannya untuk menang sebagai pelatih, kisah Staley dapat diterima dan juga mengesankan.

Kutipan ini menyimpulkan keyakinannya bahwa untuk menjadi pemenang, seseorang harus belajar bersabar dan terus berusaha mencapai tujuannya. Tidak peduli seberapa lambat atau cepat kita ingin tumbuh dan menjadi lebih baik, tim pemain harus percaya pada kemenangan dan berharap yang terbaik.

10. “Growth Takes Place Out Of Your Comfort Zone.” – Dawn Staley

dawn staley playbook netflix

Ketika dia masih remaja berlatih bola basket, Dawn sudah menunjukkan tanda-tanda karier yang menjanjikan. Dia bahkan dinobatkan sebagai pemain sekolah menengah nasional tahun ini. Staley terbuka dan jujur tentang perjuangannya di universitas dan bagaimana, di kemudian hari, dia bahkan tidak ingin melatih tim sejak awal.

Namun satu nasihat yang selalu dia bagikan kepada para pemainnya dan itu telah menjadi motonya sejak dia mendengarnya dari dekan sekolahnya adalah bahwa “terkadang, Anda harus mengambil langkah yang membuat Anda tidak nyaman untuk memahami di mana Anda berada dan di mana Anda inginkan. menjadi.” Pesan ini melekat padanya dan membantu membentuk visinya sebagai seorang pelatih.

Dawn Staley adalah pemain bola basket dan pelatih peraih medali emas Olimpiade Amerika. Dia terpilih untuk membawa bendera Amerika Serikat pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2004.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang