Kategori
Anime

Maria, Rose dan Sina: Tembok Besar di Attack on Titan

Seratus tujuh tahun yang lalu, dikatakan bahwa manusia berada di ambang kepunahan di tangan para Titan. Menanggapi hal ini, manusia yang selamat membangun Tembok besar untuk melindungi benteng terakhir mereka. Di awal serial Attack on Titan, cerita ini yang hanya kita ketahui.

Namun sejarah sebenarnya berbeda. Tembok raksasa itu dibangun oleh Raja Eldia ke-145, Karl Fritz, seabad yang lalu menggunakan Colossus Titan yang tak terhitung jumlahnya. Mereka menghentikan negara-negara lain untuk menyerang Paradis, di bawah ancaman palsu bahwa Raja Fritz akan melepaskan para Titan di dalamnya.

Sejarah Tiga Tembok Besar Titan

Selama ratusan tahun, berbagai keluarga dalam Kerajaan Eldian terus-menerus terlibat konflik antara satu sama lain untuk menguasai delapan Titan, meskipun kekuatan Founding Titan mempertahankan ketertiban di Kekaisaran Eldian selama berabad-abad.

Namun, ketika Founding Titan diwarisi oleh Karl Fritz, Raja Eldian ke-145, dia memilih untuk meninggalkan konflik Eldian dan memindahkan ibu kota ke Pulau Paradis di sebelah timur daratan.

Perang Besar Titan dan Pemberontakan Bangsa Marley

titan war

Kerajaan Eldian berada dalam siklus konspirasi dan pengkhianatan yang tak ada habisnya. Di tengah konflik, bangsa Marley berhasil mendapatkan kekuatan tujuh dari Sembilan Titan yang memegang dominasi di Eldia, secara dramatis mengubah gelombang perang menjadi keuntungan mereka.

Lihat: Alasan Titan Memakan Manusia di Shingeki no Kyoujin

Titan pertama yang mendukung pemberontakan Marleyan adalah War Hammer Titan, yang dipegang oleh keluarga Eldia Tybur. Tak diketahui berapa lama Perang Titan Besar dilancarkan, tetapi selama konflik Marley berhasil mengklaim hampir semua wilayah yang sebelumnya menjadi milik Kerajaan Eldia.

Raja Karl Fritz memutuskan untuk mengakhiri Perang Titan Besar dan pertempuran di dalam Kekaisaran Eldian dengan menarik diri ke Pulau Paradis, membawa sebanyak mungkin rakyatnya bersamanya sebanyak yang dia bisa.

Pembangunan Tembok Titan dan Kota Utopia di Balik Distopia

Raja Fritz kemudian mengurung diri dalam tiga Tembok konsentris, yang akan dinamai mengacu pada tiga putri Ymir Fritz; Sina, Rose, dan Maria. Setelah Marley mulai mengirim Titan ke pulau itu, bangsa Eldia di dalam tembok diajari bahwa mereka adalah manusia terakhir yang membangun benteng raksasa itu untuk menjaga diri dari para Titan.

Pembangungan tembok Titan di Paradis Island di masa Raja Fritz.

Dalam upaya untuk mengisolasi rakyatnya dan menciptakan utopia damai untuk mereka selama mungkin, Karl Fritz mengatakan kepada dunia bahwa setiap upaya untuk menyerang Tembok akan mengakibatkan dia melepaskan jutaan Colossus Titan untuk meratakan bumi.

Kemudian, untuk memastikan Founding Titan tidak akan pernah digunakan untuk perang, Raja Fritz bersumpah untuk meninggalkannya, dan wasiatnya diturunkan ke semua keturunannya.

Raja Fritz menyadari bahwa ini akan membuat orang-orangnya tidak berdaya, tetapi memutuskan bahwa jika Marley ingin memusnahkan semua Eldia, mereka harus menerimanya karena betapa berat kejahatan Kerajaan Eldia terhadap dunia. Namun sampai hari itu, Raja Fritz berharap rakyatnya memiliki surga tanpa konflik.

Struktur Tembok Besar Titan

Tinggi Tembok mencapai sekitar 50 meter dari bawah ke atas dan sangat kuat secara substansi. Female Titan dapat merusak bagian dari Tembok Sina ketika dia mencoba untuk memanjatnya, dan Beast Titan mampu menghancurkan beberapa bagian Tembok Rose dan melemparkannya.

Tembok itu terlalu panjang untuk dijaga secara keseluruhan. Bagian atas Tembok dilapisi dengan meriam yang dipasang di rel yang bisa menembak saat Titan mendekat; Namun, meriam-meriam itu tidak terlalu efektif karena kemampuan regenerasi Titan.

Untuk menjelaskan hal ini, setiap Tembok memiliki empat kota di pinggirannya yang dikenal sebagai “distrik”. Karena para Titan tertarik pada konsentrasi besar orang, dapat memfokuskan pertahanannya di distrik-distrik ini dan mengusir para Titan dengan lebih efektif. Distrik-distrik tersebut dianggap sebagai tempat terburuk untuk hidup karena mereka berisiko lebih besar terhadap invasi Titan.

Hanya sedikit orang yang tahu tentang Titan di dalam Tembok, atau bahwa tembok raksasa itu diciptakan dari Titan. Survey Corps mengetahui keberadaan mereka ketika Female Titan merusak permukaan Tembok Sina, memperlihatkan wajah Titan yang sangat besar. Menteri Nick, anggota terkemuka dari sekte yang menganggap Tembok itu suci, tahu tentang para Titan di dalamnya tetapi tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut – bahkan ketika diancam dengan kematian oleh Hange Zoe. Tidak diketahui seberapa umum pengetahuan ini di dalam Church of the Walls.

1. Tembok Maria

Tembok Maria adalah Tembok terluar. Seperti Tembok lainnya, Tembok Maria tingginya kurang lebih 50 meter. Distrik Shiganshina berada di sini.

Pada 845, tembok ini dibobol oleh Colossus Titan dan Armored Titan dan wilayahnya porak poranda. Enam tahun kemudian wilayah ini dapat dihuni kembali, setelah lubang di Distrik Shiganshina disegel oleh Eren Yeager dan semua Titan di dalam Tembok terbunuh.

2. Tembok Rose

Rose adalah Tembok terluar kedua setelah Tembok Maria. Pernah dibobol oleh Colossus Titan pada tahun 850, tetapi kerusakan tersebut kemudian ditutup oleh Eren Yeager dengan bantuan dari militer. Kemudian dianggap telah dibobol lagi setelah beberapa Titan muncul lebih dari sebulan kemudian, tetapi Titan ternyata muncul dari sumber lain, dari tembok itu sendiri.

Di dalam Tembok Rose terdapat beberapa distrik, yaitu:

  • Distrik Utopia (utara)
  • Distrik Karanes (timur)
  • Distrik Trost (selatan)
  • Distrik Krolva (barat)

3. Tembok Sina

Tembok Sina adalah Tembok terdalam yang melindungi kerajaan tempat raja dulu tinggal bersama dengan bangsawan lainnya. Kota-kota dalam Tembok Sina dilindungi oleh Polisi Militer yang bertugas di bawah Rod Reiss pada saat itu.

  • Distrik Orvud (utara)
  • Distrik Stohess (timur)
  • Distrik Ehrmich (selatan)
  • Distrik Yarckel (barat)
  • Mitras (tengah)

Selain distrik-distrik tersebut, yang didominasi keluarga kaya, ada wilayah bawah tanah yang lebih miskin dan lebih rentan terhadap aktivitas kriminal.

Ada Berapa Titan dalam Tembok?

Dalam analisis Rikao Yanagita tentang manga Attack on Titan, dia memperkirakan jumlah Titan dalam tembok. Menggunakan dimensi yang diberikan dalam Attack on Titan: Before the Fall, Rikao memperkirakan bahwa, jika Wall Titan tingginya kira-kira 45 meter dengan lebar bahu proporsional 13 meter dengan semua Titan berbaris bahu-membahu, ada sekitar 246.000 Colossus Titan di dalam Tembok Maria dan total 585.000 Titan di dalam ketiga Tembok jika digabungkan.

Ini bertentangan dengan informasi yang diberikan kemudian dalam manga di chapter 86, ketika ultimatum Raja Fritz diberikan kepada Marley menyatakan bahwa ia akan melepaskan “puluhan juta Titan yang tidur di dalam Tembok” jika perang diumumkan melawan Eldia.

Tidak diketahui apakah klaim Raja Fritz itu akurat untuk angka Wall Titan atau itu cuma hiperbola untuk menakuti musuhnya.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang