Kategori
Video Game

Ingin Memulai Serial Trails/Kiseki? Ini Panduan Memainkannya

Pernah ingin mulai memainkan sebuah serial game tetapi bingung harus mulai dari mana? Terutama soal platform untuk memainkannya, dan ketika serial itu telah berjalan panjang. Seri Legend of Heroes: Trails adalah contoh utamanya, dan menurut saya ini adalah seri yang sayang untuk dilewatkan. Dengan rilis bahasa Inggris terbarunya, Trails of Cold Steel IV, ini waktu yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang serial ini dan melihat apa yang telah kita lewatkan.

Ada RPG yang berjalan di bawah radar dan hidup dalam ketidakjelasan dalam ceruk kecil komunitas fans, menunggu satu keajaiban agar game ini melejit. Inilah serial RPG yang telah banyak terlewatkan sejak 2004, dan tentu saja, saya berbicara tentang seri Trails atau Kiseki.

Dengan Trails of Cold Steel IV yang baru-baru ini dirilis, dan Hajimari no Kiseki yang meski baru ada rilis Jepang, ditambah kabar terbaru soal Kuro no Kiseki, maka saya akan coba bahas asal-usul serial ini, mengapa kita mungkin ingin memainkannya, dan kemudian memberi gambaran tentang urutan permainan dari serial JRPG Trails/Kiseki ini.

Baca juga: Sejarah Awal JRPG, Bermula di PC

Mengenal Serial Kiseki/Trails

Seri Trails dikenal sebagai seri Kiseki dalam bahasa Jepang, karena itulah kesamaan dalam tiap judulnya. Misalnya, Trails in the Sky aslinya adalah Sora no Kiseki, dan Trails of Cold Steel adalah Sen no Kiseki.

Seperti dari judulnya yang panjang, Trails sendiri adalah serial turunan yang terdiri dari beberapa game dalam seri Legend of Heroes (Eiyuu Densetsu), yang merupakan spin-off dari seri Dragon Slayer sebelumnya dari produser Nihon Falcom.

Untuk menjawab pertanyaan yang mungkin bakal banyak ditanya: Tidak, kita tidak perlu memainkan entri sebelumnya dalam seri Dragon Slayer atau The Legend of Heroes untuk memahami serial Trails.

Legend of Heroes: Trails in the Sky

Dikembangkan oleh Nihon Falcom, serial Trails adalah serial RPG berbasis giliran yang diluncurkan di PC saat masa keemasan JRPG pada tahun 2004 dengan Trails in the Sky. Judul lengkap dari game ini adalah The Legend of Heroes: Trails in the Sky.

Game Legend of Heroes sebelum Trails in the Sky tidak memiliki plot atau hubungan karakter dengan game saat ini sehingga bisa diabaikan jika ingin memainkan seri ini.

Namun, game ini belum punya rilis di luar Jepang dalam Bahasa Inggris hingga 2011. Salah satu masalah besarnya adalah soal penerjemahan Trails in the Sky karena saking banyaknya teks. Ada banyak dialog cerita dan hampir semua NPC memiliki hal yang berbeda untuk dikatakan saat cerita berlangsung. Ditambah lagi faktor market JRPG untuk PC yang terbilang kurang menjual ketimbang konsol semacam PlayStation.

Sementara itu, pada tahun 2011, telah ada lima judul game dari serial ini di Jepang dan bagi yang di luar Jepang tentunya ketinggalan. Trails in the Sky Second Chapter, game kedua dalam seri ini, baru ada rilis Bahasa Inggris pada 2015, hampir 10 tahun setelah rilis pertama di Jepang.

Seri Trails terdiri dari beberapa sub-seri, yang semuanya memiliki plot yang menyeluruh dan banyak karakter yang muncul berulang. Apakah kita perlu memainkannya secara berurutan? Belum tentu, tapi ini mungkin adalah cara terbaik untuk mendapat kepuasan paling maksimal.

Seri Trails adalah satu cerita berkelanjutan yang dimulai dari Trails in the Sky dan berlanjut hingga Trails of Cold Steel IV lalu kemudian ada Hajimari no Kiseki, yang baru dirilis pada tahun 2020 di Jepang. Setiap permainan dalam seri berlangsung satu demi satu dalam garis waktu yang terhubung, bahkan beberapa judul saling tumpang tindih dan terjadi pada waktu yang sama.

The Legend of Heroes: Hajimari no Kiseki
Promotional art Hajimari no Kiseki yang menampilkan protagonis dari serial terdahulu.

Beberapa game berakhir dengan cara mengejutkan yang bikin pemain penasaran untuk mencari tahu apa yang terjadi selanjutnya. Hal ini membuat agak sulit bagi pemain di luar Jepang untuk ikut serta dalam serial ini karena penghalang masuknya sangat besar dan masih ada beberapa judul yang belum ada rilis Inggris secara resmi.

Saya di sini akan mencoba untuk mengurangi penghalang masuk itu, membantu semua orang tenggelam masuk ke seri fantastis ini, dan terus berbagi cinta Trails/Kiseki dengan lebih banyak penggemar JRPG.

Semua entri dalam seri utama berlangsung di benua Zemuria, dan plot serta karakter berkembang dengan timeline, dalam urutan urutan rilis awal game di Jepang. Agar lebih mudah untuk diikuti, rangkaian ini dipisahkan menjadi tiga busur berbeda, yang sekarang akan saya jelaskan secara singkat.

Trilogi Trails in the Sky (Liberl Arc)

Ini adalah game pertama dalam serial Trails dan mengikuti petualangan Estelle dan Joshua saat mereka melakukan perjalanan ke seantero Liberl sambil mengejar impian mereka menjadi seorang Bracer senior. Bracer sendiri pada dasarnya petualang yang melakukan pekerjaan sambilan untuk membantu orang-orang.

Di judul kedua, masih bersama Estelle, diperkenalkan Ouroboros, organisasi misterius yang akan jadi antagonis utama di sepanjang serial ini. Untuk judul ketiga, protagonis beralih ke Kevin dan Ries, dan fokus soal Septian Church, berbagai karakter sebelumnya masih muncul di sini dengan cerita tambahan yang lebih mendalam.

Trails in the Sky First Chapter

Trails in the Sky Second Chapter

Trails in the Sky 3rd

Duologi Crossbell

Arc ini terjadi setelah Trails in the Sky the 3rd. Saya menggunakan nama Jepang karena sampai artikel ini diterbitkan, kedua permainan ini belum ada versi Bahasa Inggris. Beberapa penggemar telah menamainya dengan Trails from Zero dan Trails of Azure.

Serial game mengikuti petugas polisi Special Support Section, yang beranggotakan Lloyd Bannings, Elie MacDowell, Randy Orlando, dan Tio Plato dengan petualangan mereka di Crossbell.

Mereka mencoba untuk mencari tahu masalah yang mengganggu keamanan kota ini, berurusan dengan kelompok mafia, dan mengungkap kebenaran di balik kematian misterius kakak laki-laki Lloyd tiga tahun lalu.

Meski lokalisasi resmi belum ada bukan berarti game-game ini tidak bisa kita mainkan. Berkat kerja keras grup Geofront di Zero no Kiseki dan Gurren, Flame, dan Kitsune di Ao no Kiseki, ada terjemahan buatan penggemar dari kedua game tersebut yang layak untuk dimainkan.

Zero no Kiseki

Ao no Kiseki

Tetralogi Trails of Cold Steel

Ini adalah arc seri saat ini dan dapat dipecah menjadi dua duologi, yang pertama adalah Trails of Cold Steel I dan II, berlangsung berbarengan dengan game Crossbell tetapi berlatarkan di negara tetangga Erebonia. Bintang utama game ini adalah Rean Schwarzer dan teman-teman sekelasnya di Class VII Akademi Militer Thors saat mereka mencoba memahami dan menangani ketegangan yang meningkat antara aristokrasi negara dan pemerintah kekaisaran.

Kemudian untuk Cold Steel III dan IV, serial kemudian berlangsung kira-kira satu setengah tahun setelah peristiwa Cold Steel II dan masih mengikuti kehidupan Rean, yang kali sudah menjadi instruktur dengan kelasnya sendiri untuk membimbing melalui kekacauan di kekaisaran Erebonia.

Trails of Cold Steel I

Trails of Cold Steel II

Trails of Cold Steel III

Trails of Cold Steel IV

Timeline Serial Kiseki

trails kiseki series timeline

Oke, jadi bagaimana cara memainkan game-game ini?

Dengan sembilan game yang saling berhubungan, masing-masing menampilkan karakter dan garis plot dari entri sebelumnya dalam seri, mencari tahu di mana untuk memulai bisa jadi membingungkan.

Tentu saja ada opsi untuk bermain dalam urutan rilis. Namun perlu dicatat bahwa ada dua titik awal potensial untuk seri ini, bisa dari Trails in the Sky dan bisa juga mencoba dari Trails of Cold Steel.

Dengan demikian, ada beberapa urutan alternatif untuk dipertimbangkan, terutama jika kita ingin menghindari spoiler untuk game lain. Dua urutan alternatif tersebut adalah:

  1. Trails in the Sky
  2. Trails in the Sky SC
  3. Trails in the Sky the 3rd
  4. Trails of Cold Steel
  5. Trails of Cold Steel II
  6. Zero no Kiseki
  7. Ao no Kiseki
  8. Trails of Cold Steel III
  9. Trails of Cold Steel IV

Atau:

  1. Trails of Cold Steel
  2. Trails of Cold Steel II
  3. Trails in the Sky
  4. Trails in the Sky SC
  5. Trails in the Sky the 3rd
  6. Zero no Kiseki
  7. Ao no Kiseki
  8. Trails of Cold Steel III
  9. Trails of Cold Steel IV

Urutan pertama hampir mengikuti urutan rilis game kecuali untuk memainkan duologi Crossbell setelah Cold Steel dan Cold Steel II. Ini paling masuk akal jika kita ingin menikmati cerita, referensi, dan karakter dari entri sebelumnya yang muncul di game baru sepenuhnya.

Alasan Crossbell bisa dimainkan setelah Cold Steel I dan II adalah karena game-game ini berlangsung berbarengan, tetapi Zero dan Ao membocorkan banyak hal tentang apa yang terjadi di Cold Steel daripada sebaliknya.

Urutan kedua adalah untuk pemain yang menikmati game yang lebih modern agar bisa menikmati serial ini terlebih dahulu. Cold Steel memiliki grafik yang jauh lebih baik daripada game sebelumnya. Trails in the Sky, di sisi lain, adalah JRPG gaya lama dengan sprite yang indah.

Mungkin lebih mudah bagi penggemar JRPG modern untuk memulai dengan Cold Steel karena alasan ini, meskipun kita belum mengetahui semua referensi atau mengetahui siapa karakter yang kembali dalam seri tersebut. Cold Steel I dan II tidak terlalu memberi spoiler soal Trails in the Sky, dan kemungkinan besar kita bahkan tidak akan menyadarinya.

Bisakah memainkan Cold Steel saja dan melewatkan judul lainnya?

Tentu bisa, tetapi saya sama sekali tidak akan merekomendasikannya. Cold Steel sendiri sebenarnya akan menampilkan rangkuman cerita dari judul-judul terdahulu.

Namun pasti sensasinya akan beda, misalnya jika kita sudah akrab dengan duo Estelle-Joshua karena telah memainkan Trails in the Sky dan Lloyd serta grup SSS-nya lewat Zero dan Ao no Kiseki. Kemudian mendapati mereka muncul kembali di Cold Steel.

Cold Steel III bisa diibaratkan dengan Avengers: Infinity War. Di sinilah semua karakter dan cerita dari tujuh game sebelumnya mencapai titik klimaks, dan itu membuat kita menghadapi tantangan besar.

Dan kemudian, tentu saja, Cold Steel IV pada dasarnya setara dengan Endgame. Kita akan menikmati Cold Steel berkali-kali lipat jika kita meluangkan waktu dan memainkan Trilogi Trails in the Sky dan duologi Crossbell terlebih dahulu.

The Legend of Heroes Kuro no Kiseki - Artwork / New Screenshots - YouTube
Teaser artwork Kuro no Kiseki.

Jadi, saya harap saya menjawab semua yang saya bisa tentang seri ini sejauh ini. Seri ini panjang, dan menurut Falcom, baru sekitar 60% selesai, jadi kita bisa mengharapkan beberapa game lanjutan sebelum semuanya berakhir, termasuk Hajimari no Kiseki yang dirilis di Jepang pada 27 Agustus 2020 dan Kuro no Kiseki yang akan dirilis selanjutnya.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang