Kategori
Video Game

Panduan Memasuki Kingdom Hearts

Ketika diluncurkan di PlayStation 2 pada tahun 2002, Kingdom Hearts menyajikan campuran aneh antara karakter kartun Barat dengan skenario fantasi Jepang, juga digawangi oleh trio karakter asli, Sora, Kairi, dan Riku. Kingdom Hearts juga menceritakan dunia berdasarkan film-film Disney yang dilahap oleh kekuatan jahat yang dikenal sebagai Heartless, dan Sora bekerja sama dengan Donald yang menggunakan sihir dan Goofy yang kuat secara fisik untuk mengalahkan mereka. Bagi banyak pengamat pada saat itu, tampaknya Kingdom Hearts akan gagal, atau setidaknya tak jelas.

Sebaliknya, Kingdom Hearts terbukti sukses besar, baik di Jepang dan semakin meningkat secara internasional, ketika Disney makin meroket. Dengan kesuksesan ini datang sekuel langsung, yang dirilis untuk PS2 pada tahun 2005, dan sementara Kingdom Hearts III absen dalam waktu lama, telah hadir hampir selusin video game dari franchise ini yang menceritakan cerita sampingan dan pembangunan semesta, memperluas lore dan latar belakang dunianya.

Untuk game yang sebagian besar merupakan episode crossover aneh antara Disney dan Final Fantasy, Kingdom Hearts sangat padat dengan lore orisinilnya sendiri. Setiap game adalah kanon untuk beberapa alasan, dan ada banyak sekali di antaranya.

https://twitter.com/EpicGames/status/1359941547345739777

Dengan keseluruhan seri hadir ke PC pada 30 Maret 2021, bisa sangat melelahkan mengetahui dari mana kita harus memulai. Sebagai penggemar Kingdom Hearts, saya telah menyiapkan daftar game yang harus dimainkan, yang dapat dimainkan, dan yang mungkin bisa kita lewatkan.

Yang terbaik adalah dengan memainkan game-game ini secara runut mengikuti waktu rilis ketimbang memainkannya secara kronologis. Banyak judul-judul Kingdom Hearts yang mengandalkan konteks dari gim sebelumnya, bahkan jika itu cuma prekuel.

Kingdom Hearts

kingdom hearts sora

Tampaknya ini sudah sangat jelas, judul yang harus dimainkan pertama kali. Meski Kingdom Hearts adalah game pertama yang dirilis, ini sebenarnya bukan game pertama secara kronologis. Birth By Sleep bisa di bilang yang paling awal dalam garis waktu, tetapi jangan tergoda untuk langsung menyelami prekuelnya ini.

Kingdom Hearts melakukan pekerjaan yang bagus untuk mengatur latar, memberi kita gambaran tentang apa sebenarnya serial video game ini. Kisahnya juga jauh lebih ringan, karena narasi yang berbelit-belit baru akan benar-benar berjalan di sekuelnya: jadi ini adalah pengalaman yang akan mudah dicerna bagi pendatang baru.

Kingdom Hearts Re: Chain of Memories

kingdom hearts chains of memories

Re: Chain of Memories menjembatani jurang antara Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts 2. Banyak yang terjadi di sini, dan kita mungkin sedikit bingung pada awal Kingdom Hearts 2 jika melewati game ini.

Gameplay jauh berbeda dari seri lainnya, karena hack-and-slash diganti dengan kartu dan pembuatan dek. Kingdom Hearts 2 memberikan beberapa konteks untuk peristiwa game ini, tetapi layak untuk dimainkan untuk pemahaman penuh.

Mainkan yang ini tepat setelah Kingdom Hearts.

Kingdom Hearts 2

kingdom hearts ii

Dianggap sebagai salah satu game Kingdom Hearts terbaik, dan memang jadi favorit saya. Kingdom Hearts 2 adalah tempat kisah-kisah fantastis benar-benar meningkat. Ada lebih banyak karakter, lebih banyak sub-cerita dan lebih banyak hal yang ditawarkan.

Hampir setiap game spin-off dari sini bercabang dari Kingdom Hearts 2, dan kita akan kehilangan sebagian besar cerita jika kita melewatinya untuk langsung menuju ke Kingdom Hearts 3.

Kingdom Hearts 358/2 Days

kingdom hearts sora 358

Ini mungkin judul dengan sedikit yang bisa dimainkan, dan lebih sebagai tontonan. 358/2 Days telah menghilangkan gameplay-nya, dan merupakan kumpulan teks dan cutscene dari game Nintendo DS aslinya. Latarnya terjadi kira-kira pada waktu yang sama dengan Re: Chain of Memories, antara dua game utama.

Karakter utamanya memang memiliki pengaruh di Kingdom Hearts 3, jadi jika kita punya waktu luang, ada baiknya menjelajahi cutscene hanya untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang para pemeran.

Tonton ini setelah memainkan Kingdom Hearts 2.

Kingdom Hearts Birth By Sleep

kingdom hearts sora birth by sleep

Birth By Sleep dengan mudah adalah salah satu game terpenting yang harus kita mainkan — terutama untuk Kingdom Hearts 3.

Birth By Sleep terjadi sebelum peristiwa Kingdom Hearts asli, dan setiap karakter dari game ini akhirnya mengambil peran yang cukup besar di masa mendatang. Birth By Sleep sangat penting untuk memahami apa yang sedang terjadi.

Idealnya, mainkan ini setelah 358/2 days, tetapi bisa kapan saja antara Kingdom Hearts 2 dan Kingdom Hearts 3.

Kingdom Hearts Re:Coded

kingdom hearts re:coded

Kompilasi cutscene seperti 358/2 days, dan bisa dibilang salah satu game paling membosankan dan paling tidak perlu dalam seri ini.

Memberikan beberapa penjelasan untuk cutscene terakhir Kingdom Hearts 2, tetapi sebenarnya tak ada gunanya menghabiskan sekitar 2-3 jam untuk itu. Kita dapat membaca ceritanya dengan cepat, tetapi itu pun tidak terlalu diperlukan.

Jika ingin menontonnya, tonton kapan saja setelah Kingdom Hearts 2.

Kingdom Heart 0.2 Birth By Sleep – A fragmentary passage –

kingdom hearts sora birth by sleep

Pemberian judul-judul Kingdom Hearts memang agak membingungkan untuk beberapa spin-off. 0.2 Birth By Sleep – A Fragmentary Passage – terjadi setelah peristiwa di Birth By Sleep, dan sebenarnya tak terlalu penting kecuali untuk sedikit pembentukan karakter.

Judul ini boleh dilewati, tetapi karena hanya butuh beberapa jam untuk menyelesaikannya, jadi tergantung pilihan kita. Saya pribadi merekomendasikan untuk melewatkannya, dan sebagai gantinya mencurahkan waktu untuk menyelam langsung ke Kingdom Hearts 3.

Jika memainkan ini, yang terbaik adalah melakukannya sebelum memainkan Kingdom Hearts 3.

Kingdom Hearts 3

kingdom hearts iii

Kingdom Hearts 3 menyimpulkan keseluruhan cerita yang kita lalui. Jika kita berhasil melewati semua game lain, kita akan gila jika tidak melihat kesimpulannya di judul ini.

Kecuali soal grafis, Kingdom Hearts 3 tampaknya salah satu game yang paling lemah baik untuk cerita maupun gameplay. Namun melakukan pekerjaan yang layak untuk mengakhiri cerita Sora.

Kingdom Heart Melody of Memory

kingdom hearts melody of memory

Merupakan rekap ketimbang cerita baru, Melody of Memory sebenarnya adalah gim ritme yang membawa kita melewati semua dunia dari setiap gim.

Ada beberapa cutscene di bagian akhir yang benar-benar baru dan sesuai dengan alur cerita, tetapi selain itu, tidak banyak lagi. Jika kita menyukai permainan ritme dan menginginkan versi cerita yang lebih mudah dicerna, maka mainkan ini.

Bisa dimainkan kapan pun kita mau, meskipun idealnya hindari cutscene terakhir jika kita belum menyelesaikan Kingdom Hearts 3.

*

Semua game akan tersedia di Epic Store pada 30 Maret. Sudah ada halaman seri di situsnya, dan halaman game individu mencantumkan persyaratan minimum sistemnya. Berikut spesifikasi yang direkomendasikan untuk menjalankan Kingdom Hearts 3, yang mungkin paling ditunggu dari seri ini untuk port PC.

  • OS: Windows 10
  • CPU: Intel Core i5 7500 (3.4GHz), AMD Ryzen 3 3100 (3.1GHz)
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: 75GB
  • Grafik: Nvidia GTX 1070 (8GB), Radeon RX Vega 56 (8GB)

Bagi saya sendiri, yang membuat Kingdom Hearts istimewa adalah karena ada Hikaru Utada yang selalu mengisi tiap soundtrack-nya. Selamat bermain!

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang