Kategori
Anime

10 Anime Shoujo Pilihan

Dengan beragam fanservice yang sering ditampilkan, anime terkesan merupakan tontonan buat cowok. Terlepas dari bias ini terhadap demografi maskulin, banyak penggemar perempuan yang doyan nonton anime. Banyak dari mereka yang mungkin mendapatkan batu loncatan ke dunia anime lewat shoujo.

Shoujo pada dasarnya ditujukan untuk demografi remaja perempuan, dan dapat mencakup berbagai gaya naratif dari drama sejarah hingga fiksi ilmiah. Sering kali, meski tidak selalu, berfokus pada hubungan romantis dan emosi internal karakter.

Berikut beberapa anime shoujo pilihan, yang secara rating tinggi di MyAnimeList, dan saya coba urutkan berdasarkan tahun rilis.

1. The Rose of Versailles

lady oscar rose of versailles anime
  • Episode: 40 (1979-1980)
  • Genre: Drama, Historical, Romance

Berdasarkan manga dari Riyoko Ikeda yang diakui secara kritis, Rose of Versailles menggambarkan pertemuan penting Marie Antoinette dan Oscar, yang akan memengaruhi sejarah dan mengubah kehidupan orang-orang dalam melewati Revolusi Prancis.

Pada 1755, Marie Antoinette lahir di keluarga kerajaan Austria dan dibesarkan dalam kemewahan. Namun, nasib calon ratu Prancis itu sudah ditentukan — di usia muda 15 tahun, dia harus meninggalkan keluarganya dan menikah dengan putra mahkota Prancis.

Pada saat yang sama di Prancis, seorang gadis lahir di keluarga Komandan Pengawal Kerajaan. Kesal karena tidak memiliki ahli waris laki-laki, ayahnya memutuskan untuk membesarkannya sebagai laki-laki dan menamai gadis itu Oscar. Oscar dilatih sejak usia muda untuk menjadi pemimpin Pengawal Kerajaan, tetapi dia belum memahami bahwa keinginan ratu terkadang tidak sama dengan kebaikan rakyat.

The Rose of Versailles, atau sering dikenal dengan judul Lady Oscar, pernah tayang di RCTI.

2. Shoujo Kokumei Utena / Revolutionary Girl Utena

Revolutionary Girl Utena
  • Episode: 39 (1997)
  • Genre: Comedy, Drama, Fantasy

Sejak kecil Utena Tenjou bercita-cita ingin menjadi seorang pangeran, meski dia perempuan. Sebab seorang pangeran memberi Utena sebuah cincin bertuliskan lambang mawar yang aneh dan janji bahwa dia akan bertemu dengannya lagi suatu hari nanti.

Beberapa tahun kemudian, Utena masuk Akademi Ootori, ketika dia terlibat dalam permainan berbahaya. Para pemain dengan cincin yang sama seperti milik Utena bersaing untuk mendapatkan hadiah unik: Anthy Himemiya, yang dijuluki “Rose Bride” dan kekuatan misteriusnya.

Ketika Utena memenangkan Anthy dalam duel, dia menyadari bahwa jika dia ingin membebaskan Anthy dan menemukan rahasia di balik Akademi Ootori, dia hanya punya satu pilihan: merevolusi dunia.

Shoujo Kakumei Utena memadukan citra dan ide surealis dengan beragam alegori dan metafora yang kompleks untuk menciptakan kisah futuristik yang unik dengan tema meliputi idealisme, ilusi, kedewasaan, dan identitas.

3. Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura
  • Episode: 70 (1998-2000)
  • Genre: Comedy, Magical Girl, Fantasy

Sakura Kinomoto adalah siswa kelas empat kelas pada umumnya, sampai suatu hari, dia menemukan sebuah buku misterius yang berisi satu set kartu.

Sayangnya, dia hanya memiliki sedikit waktu untuk memahami apa arti kartu tersebut karena secara tak sengaja datang hembusan angin ajaib dan secara tidak sengaja menyebarkan kartu tersebut ke seluruh dunia. Tiba-tiba muncul makhluk imut bernama Keroberos, yang memberitahu Sakura bahwa dia telah merilis Clow Card.

Kartu-kartu itu bukanlah mainan biasa. Masing-masing memiliki kekuatan luar biasa, dan karena mereka suka bertindak sendiri-sendiri, Clow Reed menyegel semua Kartu di dalam buku. Karena setiap Kartu lepas, mereka menimbulkan bahaya besar bagi dunia, dan Sakura harus bertindak.

Menunjuk Sakura dengan gelar “Cardcaptor” dan memberinya Kunci Segel, Keroberos menugaskannya untuk menemukan dan merebut kembali semua Kartu. Bersama sahabatnya Tomoyo Daidouji, dan dengan bimbingan Kero-chan, Sakura harus belajar untuk menyeimbangkan tugas rahasia barunya dengan masalah sehari-hari seorang gadis muda yang melibatkan cinta, keluarga, dan sekolah, sambil terbang dalam petualangan magisnya.

4. Fruits Basket

fruits basket tohru kyo
  • Episode: 24 (2000) | 25 (S1 – 2019), 25 (S2 – 2020), 25 (Final – 2021)
  • Genre: Comedy, Romance, Supernatural

Ketika mencoba menghentikan Yuki dan Kyo, Tohru Honda secara tak sengaja akhirnya mengetahui bahwa keluarga Soma memiliki rahasia mereka sendiri yang dijaga dengan baik: setiap kali mereka dipeluk oleh lawan jenis, mereka berubah menjadi hewan dalam Shio atau Zodiak Cina.

Tooru Honda selalu terpesona dengan kisah Shio yang diceritakan oleh ibu tercintanya. Tohru menemukan bahwa tinggal bersama Souma adalah petualangan tak terduga yang dipenuhi dengan tawa, romansa dan tragedi di baliknya.

Fruits Basket pernah diadaptasi anime pada tahun 2000 dengan beberapa perbedaan dari manganya dan belum tuntas. Pernah tayang di Trans TV saat itu. Pada 2019, Fruits Basket kembali dibikin anime, dan tetap jadi tontonan yang masih menyenangkan bagi saya.

5. Ouran High School Club

Ouran High School Host Club
  • Episode: 24 (2006)
  • Genre: Comedy, Harem, Romance

Haruhi Fujioka adalah kandidat beasiswa cerdas tanpa pangkat atau gelar untuk dibicarakan — spesies langka di Akademi Ouran, sekolah elit untuk siswa dengan silsilah kelas atas.

Ketika membuka pintu Ruang Musik # 3 agar bisa menemukan tempat yang tenang untuk belajar, Haruhi tiba-tiba bergelut dengan Host Club. Dipimpin oleh Tamaki Suou, yang anggotanya termasuk “Raja Bayangan” Kyouya Ootori; si kembar Hitachiin yang nakal, Kaoru dan Hikaru; Mitsukuni Haninozuka yang kekanak-kanakan, dan pelindungnya yang kuat Takashi “Mori” Morinozuka. Ini adalah tempat para pria tampan yang memiliki terlalu banyak waktu luang menghibur para gadis di akademi.

Dalam upaya untuk melepaskan diri, Haruhi akhirnya memecahkan vas senilai delapan juta yen dan dipaksa menjadi pelayan kelompok eksentrik itu untuk membayar hutangnya yang sangat besar. Namun, berkat penampilan maskulinnya yang meyakinkan, wataknya yang alami dan ramah terhadap perempuan, dan status orang biasa yang mempesona, ia segera dipromosikan menjadi host penuh waktu. Dan tak lama kemudian, Haruhi terjun ke dalam pusaran cosplay yang rumit, makanan yang kaya, dan kejahatan menarik yang hanya bisa dilakukan oleh Host Club yang sangat kaya raya ini.

6. Nana

Nana anime
  • Episode: 47 (2006-2007)
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life

Nana Komatsu adalah seorang gadis berusia 20 tahun yang tidak berdaya, naif, yang mudah jatuh cinta dan menjadi tergantung pada orang-orang di sekitarnya. Meskipun dia merawat impian ambisius untuk melepaskan dirinya dari akar provinsial dan menemukan panggilan sejatinya, dia akhirnya bepergian ke Tokyo dengan alasan sederhana untuk mengejar pacarnya.

Nana Osaki, di sisi lain, adalah vokalis punk rock yang penuh kebanggaan dan penuh teka-teki, dari latar belakang pedesaan yang serupa, yang memupuk keinginan untuk menjadi penyanyi profesional. Menempatkan karirnya dengan band yang cukup populer di belakangnya, dia naik kereta yang sama ke Tokyo dengan Nana Komatsu.

Melalui pertemuan yang menentukan dalam perjalanan mereka menuju kota metropolitan, dua perempuan muda dengan nama yang sama ini dipertemukan, memicu rangkaian peristiwa yang akhirnya mengakibatkan mereka berbagi apartemen.

Saat persahabatan mereka semakin dalam, keduanya berusaha untuk mendukung satu sama lain. Kehidupan mereka yang saling terkait penuh dengan romansa, musik, tantangan, dan patah hati yang pada akhirnya akan menguji ikatan mereka yang tampaknya tidak bisa dipatahkan.

7. Skip Beat!

Skip Beat! anime
  • Episode: 25 (2008-2009)
  • Genre: Comedy, Drama, Romance

Kyouko Mogami, 16 tahun, cerdas, rajin, tapi naif, bekerja keras untuk mendukung karier dan impian teman masa kecilnya, ikon pop yang sedang naik daun, Shoutarou Fuwa.

Bekerja keras tanpa henti di kedai burger dan upacara minum teh, Kyouko yang polos tetap tidak menyadari hari demi hari, semua usahanya yang tak kenal lelah telah diambil begitu saja, sampai, suatu hari, dia menemukan kenyataas atas Shou yang dicintainya.

Terkejut, patah hati dan marah, dia bersumpah untuk membalas dendam pada bintang rookie itu dengan memasuki dunia hiburan yang kejam itu. Saat dia memasuki kehidupan baru ini, Kyouko menghadapi tantangan baru serta orang-orang yang akan mendorongnya keluar dari zona nyamannya.

Berdasarkan manga shoujo laris oleh Yoshiki Nakamura, Skip Beat menampilkan pertumbuhan seorang gadis muda yang perlahan-lahan melupakan bagaimana bekerja keras untuk kepuasan orang lain dan sebagai gantinya mengambil masa depan dengan tangannya sendiri.

8. Kamisama Kiss

Kamisama Kiss Tomoe nanami
  • Episode: 13 (2012)
  • Genre: Comedy, Romance, Supernatural

Nanami Momozono memiliki beberapa masalah akhir-akhir ini, dimulai dengan ayahnya yang terbelit dalam hutang yang sangat besar sehingga mereka kehilangan segalanya. Tertindas dan luntang-lantung, dia bertemu dengan seorang pria. Setelah membantunya, Nanami menjelaskan situasinya, dan yang mengejutkan, dia menawarkan rumahnya untuk Nanami.

Namun ketika dia menemukan bahwa rumah tersebut adalah kuil kumuh, Nanami mencoba untuk pergi; Namun, Nanami ditangkap oleh dua roh kuil dan seekor rubah bernama Tomoe. Mereka salah mengira dia adalah pria tadi yang diselamatkan Nanami, yang ternyata dewa tanah. Menyadari kalau dirinya dikirim sebagai dewa pengganti

Ketimbang kembali menjadi gelandangan, Nanami membenamkan dirinya dalam tugas-tugas sucinya. Namun agar Nanami bisa menjaga semuanya berjalan lancar, dia butuh bantuan si rubah itu. Dalam usahanya yang gagal untuk mencari Tomoe, dia mendapatkan masalah dan akhirnya menandatangani kontrak dengannya.

Sekarang keduanya harus melintasi jalan spiritual bersama sebagai dewa dan familiar; Namun itu tidak akan mudah, karena ancaman baru muncul dalam bentuk youkai yang ingin melahap gadis itu, seekor ular yang ingin menikahinya, dan perasaan tak terduga Nanami sendiri terhadap familiar barunya.

9. Natsume Yuujinchou

Natsume yuujinchou
  • Episode: 13 (S1 – 2008), 13 (S2 – 2009), 13 (S3 – 2011), 13 (S4 – 2012), 11 (S5 – 2016), 11 (S6 – 2017)
  • Genre: Drama, Supernatural, Slice of Life

Jika ragu karena melihat banyaknya season yang ada, nasihat saya segeralah menonton Natsume Yuujinchou. Jika telah menonton saya jamin episode segitu masih terasa kurang.

Mengikuti Takashi Natsume, seorang bocah lelaki yang bisa melihat youkai. Natsume dan pengawalnya Madara, yang dijuluki Nyanko-sensei, melanjutkan pencarian mereka untuk melepaskan youkai dari kontrak mereka dalam Yuujinchou atau “Buku Pertemanan”, yang dibuat nenek Natsume.

Natsume menyadari kemampuannya untuk melihat youkai dan berhenti menganggapnya sebagai kutukan. Saat dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman manusia dan youkai, dia menyadari betapa dia menghargai keduanya dan memutuskan dia tak harus memilih antara dunia roh dan dunia manusia untuk bahagia.

10. Banana Fish

banana fish anime
  • Episode: 24 (2018)
  • Genre: Action, Adventure, Drama

Aslan Jade Callenreese, yang dikenal sebagai Ash Lynx, adalah pelarian yang dipungut dari jalanan New York dan dibesarkan oleh ayah baptis mafia yang terkenal, Dino Golzine. Sekarang berusia 17 tahun dan bos gengnya sendiri, Ash mulai menyelidiki “Banana Fish” yang misterius — dua kata yang sama yang diucapkan oleh kakaknya, Griffin, sejak dia kembali dari Perang Irak.

Namun, pertanyaannya terhalang ketika Dino mengirim anak buahnya mengejar Ash di bar bawah tanah yang dia gunakan sebagai tempat persembunyian. Di bar, Skip, teman Ash, mengenalkannya pada Shunichi Ibe dan asistennya, Eiji Okumura, yang merupakan fotografer Jepang yang melaporkan tentang geng jalanan Amerika.

Namun, percakapan mereka terputus ketika Shorter Wong, salah satu sekutu Ash, menelepon untuk memperingatkannya tentang Dino. Segera, anak buah Dino menyerbu bar, dan dalam kekacauan berikutnya menculik Skip dan Eiji. Sekarang, Ash harus menemukan cara untuk menyelamatkan mereka dan melanjutkan penyelidikannya atas Banana Fish.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang