Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Diserang Sapi?

Setiap hari raya Idul Adha, tampaknya selalu ada insiden sapi kabur atau sapi ngamuk yang kemudian menyerang orang. Bahkan ketika orang tersebut sebenarnya berperilaku biasa saja, tapi disalahpahami oleh si sapi sebagai bentuk ancaman.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar kita dijauhi dari ancaman dari para calon yang akan disate atau digulai:

  • Jangan berperilaku dengan cara yang dapat dianggap agresif oleh sapi. Jangan mencoba menakut-nakuti mereka agar menjauh dari kita dengan melambaikan tangan, berteriak, atau bersikap antagonis.
  • Berjalanlah sejauh mungkin dari mereka, ikuti jalan setapak yang sudah ada; sapi akan terbiasa melihat orang berjalan pada jalur ini, dan karenanya menganggap perilaku kita sebagai hal yang dapat diprediksi dengan aman.
  • Anjing sering terlibat dalam insiden agresif dengan sapi. Jaga agar anjing tetap terkendali setiap saat karena sapi akan sering menjadi agresif jika seekor anjing mencoba mengejar
  • Pastikan untuk menjauhi anak sapi, atau hindari memasuki lapangan jika ada anak sapi. Pertemuan agresif sering melibatkan induk yang melindungi anak sapi. Jangan mencoba untuk membelai atau menyentuh anak sapi, tidak peduli betapa menariknya penampilan mereka.
  • Hindari berjalan langsung melalui kawanan sapi jika memungkinkan, tetapi jika kita merasa perlu berjalan melewatinya, cobalah untuk tetap berada di jalur yang sudah ada. Bicaralah dengan suara yang tenang untuk mendorong sapi-sapi itu menyingkir dan bergerak perlahan dan damai.
  • Evaluasi medan di sekitarnya dengan hati-hati jika menemukan sapi di area yang tidak memiliki jalur yang ditentukan. Jangan membahayakan diri kita saat mencoba menghindari sapi jika kita kemudian terkena tebing atau medan terjal dan terbuka lainnya.
  • Pastikan sapi melihat kita saat kita mendekat, sehingga kita tidak mengejutkan mereka. Karena lokasi mata mereka, sapi tidak memiliki garis pandang yang lurus, jadi pastikan mereka merespons suara kita dan menyingkir sebelum kita terlalu dekat.
  • Jika sapi datang ke arah kita sebagai kelompok, mereka mungkin penasaran. Tetap tenang dan terus berjalan dengan tenang dan cepat, mencoba melewati mereka tanpa membuat gerakan yang mengejutkan. Sapi kemungkinan besar akan meninggalkan kita sendirian begitu mereka menyadari bahwa kita bukan ancaman.
  • Jika kita mendeteksi sapi yang agresif atau sekelompok sapi yang mengancam, tetaplah bergerak dengan tenang dan jangan melakukan kontak mata langsung. Jaga tubuh kita menghadap sapi; jangan membelakanginya atau lari.
  • Jika diserang, pukul hewan itu langsung di hidung untuk mencegahnya.

2 pemikiran pada “Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Diserang Sapi?”

  1. aduh, ngeri deh kalau udah insiden sapi ngamuk. auto kabur jangan deket-deket.
    tapi kalo panitia kurban sih, kudu nangkep yaa jangan sampe kabur.. hehe

    Balas
  2. biasanya sapi keganggu kalau ada gerakan tiba-tiba dari belakang
    soalnya itu tanda bahaya level 4 buatnya
    ngeri juga si liat sapi2 pada ngamuk

    Balas

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang.