10 Serial Anime 1980-an Terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir anime baru saja booming, dengan anime hit baru datang silih bergantian.

Bagaimana kalau mencoba anime yang keluar dari era yang lebih ketat? Terutama tahun 1980-an yang ajaib, kamu tahu dengan animasi tradisional dan semua gerakan tarian yang aneh itu?

Benar sekali, hari ini kita akan melihat serial anime 1980 terbaik yang keluar pada masa penuh nostalgia itu (meski belum lahir pada waktu itu)!

Saya sendiri menonton beragam anime ini antara akhir 1990-an sampai awal 2000-an karena waktu itu masih ditayangkan di saluran tv swasta nasional. Beberapanya saya tonton setelah mengenal internet.

1. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa anime 1980

“Bola adalah teman.”

Captain Tsubasa begitu besar di tahun 80-an sehingga benar-benar punya efek di dunia nyata.

Saat Captain Tsubasa ditayangkan, sepak bola belum sebesar itu di Jepang. Meski begitu, anime ini berhasil menemukan kesuksesan.

Tsubasa nantinya bahkan menginspirasi orang untuk mencoba olahraga ini, tak hanya dari Jepang. Beberapa pemain sepak bola Amerika Latin pernah menyebut kalau salah satu inspirasinya jadi pemain profesional adalah karena sang kapten.

Sejauh menyangkut anime 1980-an itu sendiri, Captain Tsubasa seperti anime sport modern kebanyakan yang lebih kencang.

Kita mendapatkan cerita persahabatan, kita mendapatkan tendangan super sesekali, tetapi sebagian besar waktu itu adalah sepak bola dengan banyak penumpukan emosional di baliknya.

Versi asli 80-an dari anime ini berjalan selama lebih dari 120 episode, jadi ada banyak hal di sini untuk membuat kamu terus terpikat dengan Captain Tsubasa.

2. Ranma ½

Ranma ½

Sekarang ini adalah salah satu anime yang membuktikan betapa liarnya orang-orang di tahun 80-an, dilihat dari segi konsepnya.

Ini seperti kita menempatkan protagonis bernama Ranma dan membuatnya mahir dalam seni bela diri. Kemudian dia dan ayahnya jatuh ke sungai dan Ranma akhirnya dikutuk, tentu saja.

Tapi kutukannya adalah setiap kali Ranma bersentuhan dengan air dingin, dia berubah menjadi seorang gadis, dan hanya bisa kembali setelah menyentuh air panas.

Bagaimana itu bukan salah satu konsep terbaik untuk komedi slice of life yang pernah kamu dengar?

3. Mobile Suit Zeta Gundam

Mobile Suit Zeta Gundam

Ini adalah sekuel dari franchise Gundam, dan sering disebut oleh banyak penggemar telah melampaui pendahulunya.

Kisahnya terjadi tujuh tahun setelah peristiwa One Year War dalam prekuelnya dan sangat cepat untuk membawa kita ke dalam aksi khas anime Gundam.

Konsensus utama yang saya temukan tentang anime 1980-an ini, dan mengapa Zeta Gundam dianggap luar biasa, adalah tak adanya antagonis sentral, jadi rasanya sedikit lebih realistis.

Char Aznabel yang kharismatik sekarang ada di pihak protagonis, dan punya banyak waktu tampil.

Ada perang politik, jadi kita mendapatkan berbagai drama dan pengkhianatan.

4. Saint Seiya: Knights of the Zodiac

Saint Seiya: Knights of the Zodiac

Awas ini peringatan, ada banyak darah dan kematian dalam Saint Seiya!

Para Dewa berlomba-lomba ingin menyapu bersih alam dunia dan seisinya, siapa lagi kalau bukan umat manusia. Jadi tugas Athena dan ksatria zodiaknya untuk memastikan itu tak terjadi.

Para dewa berasal dari mitologi Yunani, sehingga bakal ada Poseidon dan Hades yang keren untuk muncul di beberapa titik. Berkat anime 1980-an ini saya jadi lebih hafal dewa Yunani ketimbang Asmaul Husna.

Aksinya sangat bagus, meski artstyle mungkin terlihat kocak buat ditonton hari ini. Jadi, jika kamu menginginkan aksi mendidih ala shounen, cobalah Saint Seiya.

5. Legend of the Galactic Heroes

Legend of the Galactic Heroes

Bagi para penggemar anime elitis (bukan saya, ya), Legend of the Galactic Heroes pasti akan direkomendasikan sebagai anime terbaik yang pernah ada. Untungnya, itu ada benarnya.

Ini adalah peringkat 5 anime terbaik sepanjang masa di MyAnimeList. Kok bisa begitu sih?

Nah, bayangkan mengawinkan Star Wars dengan Game of Thrones, tambahkan musik klasik secukupnya dan voila!

Kamu mendapatkan tontonan dengan lusinan karakter, yang semuanya kamu kenal dalam plot yang tak kamu bayangkan. Dan kamu perlahan-lahan menyadari bahwa plot armor belum ditemukan di anime 1980-an ini.

6. Dragon Ball

Dragon Ball anime 1980

Menonton Dragon Ball sejujurnya hanya ledakan nostalgia dari masa lalu pada saat ini.

Karena serial shonen ini telah melahirkan banyak judul dan film kemudian, seperti Goku di luar angkasa, anaknya, cucunya yang muncul dari masa depan dan berbagai karakter aneh warna hijau yang semuanya super kuat.

Jadi menonton serial aslinya ketika Goku hanya seorang anak kecil dengan awan kinton kuningnya, dan Krilin yang penakut, itu sangat menyegarkan.

Jika kamu seorang penggemar Dragon Ball Z tetapi tak pernah menonton versi asli tahun 80-an, cobalah ini.

7. Macross

hikaru macross anime mecha 1980

Macross adalah anime tentang teknologi, mecha, ruang angkasa, senjata dan sebenarnya ada lebih dari itu!

Hal yang membedakan Macross dengan Gundam adalah dunianya tidak sepenuhnya suram.

Memang, umat manusia tidak berada di tempat terbaik yang pernah ada. Tapi itu tidak menghentikan cinta untuk berkembang.

Kapal dalam Macross bahkan memiliki ekosistem yang dapat dipercaya, karena banyak momen diberikan kepada warga sipil biasa yang tinggal di kapal dan bagaimana mereka beradaptasi dengan kehidupan baru mereka.

Jika Gundam mungkin memiliki senjata yang lebih besar, tetapi Macross mengunggulinya dengan atmosfernya.

Baca juga: Urutan Nonton Macross Series, Anime Mecha Cinta Segitiga

8. Fist of the North Star

Fist of the North Star

Selama era ketika shounen masih dalam masa pertumbuhan, Fist of the North Star melangkah masuk dan memberi kita semua ledakan kepala yang diinginkan seorang lelaki macho.

Jika kamu pernah melihat shounen modern maka kamu sudah mendapatkan intisari umum dari Fist of the North Star.

Ada pria kuat dengan masa lalu misteriusnya yang terungkap sedikit demi sedikit ketika ia bertualan, menendang musuh, memberi beberapa keajaiban plot twist, dan membuat kita semua meneriakkan namanya.

Ini mungkin tampak seperti formula basi, tapi percayalah kamu akan terkesima ketika Kenshirou melakukan akupunktur intens pada musuhnya.

9. Magical Princess Minky Momo

Magical Princess Minky Momo

Saya merasa tak enak jika daftar ini didominasi robot dan aksi, jadi inilah keajaiban magical girl.

Minky Momo termasuk pionir dalam genre gadis penyihir. Dan itu semua yang bisa kamu harapkan.

Ada negeri impian di alam semesta ini yang mulai melayang dari Bumi, jadi Momo harus mengunjungi kita dan memastikan semua orang bersenang-senang.

Dia melakukan segalanya di beberapa titik, menjadi perawat, polisi, pemadam kebakaran, apa saja.

Selain itu, jika kamu menyukai legenda urban, saya sangat menyarankan kamu membaca kisah di balik anime 1980-an ini. Awas bakal sedikit menyeramkan.

Baca juga: 12 Anime Magical Girl Terbaik

10. Maison Ikkoku

Maison Ikkoku anime 1980 romcom

Ini adalah sitkom klasik: sebuah rumah besar, banyak orang yang tinggal di berbagai bagian rumah tersebut, dan tidak satu pun dari mereka yang membosankan atau bisa dibilang waras.

Ini memiliki estetika slice of life dan mengingat anime 1980-an ini berjalan selama 96 episode, kamu dapat bertaruh bahwa kamu bakal tumbuh dengan karakternya.

Maksud saya, total ada enam karakter utama, serta pemeran yang sangat beragam yang semuanya membawa sesuatu yang baru.

Yuusaku Godai, tipikal anak laki-laki mesum dengan hati yang baik dan nilai akademis yang buruk mungkin adalah favorit saya dari pemeran utama.

Kyoko juga cantik, tetapi jika anjingnya mulai berbicara, selesai sudah.

Tinggalkan komentar