10 Anime Ketika Antagonis yang Akhirnya Menang

Di dunia ketika pahlawan dianggap akan selalu menang, membiarkan antagonis atau penjahat yang keluar sebagai pemenang tampaknya jadi tamparan keras bahwa realitas memang begitu kejam.

Ketika dilakukan dengan benar, akhir yang gelap ketika antagonis atau penjahat berhasil mencapai misi atau cita-citanya bisa menjadi luar biasa. Terutama ketika serial tersebut memiliki penjahat utama yang karismatik. Memang ini tidak selalu berhasil, tetapi kita harus menghormati anime yang mengambil risiko ini.

Meski antagonis atau penjahat cenderung akan kalah dalam sebagian besar bentuk hiburan, ada beberapa pengecualian. Lihat saja judul-judul anime ini sebagai buktinya.

1. Yu Yu Hakusho

sensui yu yu hakusho anime

Akhir dari Yu Yu Hakusho adalah ketika semua orang menjadi yang paling jago. Sensui adalah salah satu antagonis yang tujuan akhirnya adalah kematian, seperti Joker akan menang jika dia berhasil membuat Batman membunuhnya, hal yang sama juga berlaku di sini.

Sensui ingin melawan seseorang yang cukup kuat untuk membunuhnya, seseorang itu adalah Yusuke, protagonis dari Yu Yu Hakusho. Pertarungan mereka begitu bittersweet. Sensui berterima kasih kepada Yusuke karena membiarkannya menikmati pertempuran sebelum akhirnya meninggal, yang memang tujuan utamanya.

2. Mobile Suit Gundam Wing

treize Mobie Suit Gundam Wing anime

Treize adalah salah satu penjahat terbaik di seri Gundam. Dia seorang ekstremis, seperti banyak penjahat di Gundam, tapi dia punya niat baik dalam tujuannya.

Treize ingin memulai perang yang lebih besar dan lebih merusak daripada yang terlihat sebelumnya, karena dia merasa itulah satu-satunya cara untuk menciptakan perdamaian yang hakiki.

Treize berhasil melakukan itu dan melakukan semuanya sekaligus mencapai tujuan sekundernya yaitu mati dalam pertempuran.

3. Neon Genesis Evangelion

neon genesis evangelion

Ada alasan untuk pujian kritis yang didapat seri Evangelion ini, dan salah satu faktornya adalah karena tidak takut mengambil risiko dengan akhir ceritanya. Meski ini agak kontroversial.

Ada Seele, komplotan rahasia misterius yang menarik tali di belakang layar, masih mencapai tujuan mereka dengan memicu Human Instrumentality Project. Akhir yang sangat mindblowing.

Baca juga: Urutan Nonton Neon Genesis Evangelion

4. Berserk

femto berserk anime

Adaptasi anime Berserk pada 1997 berakhir dengan Griffith meraih kemenangan penuh dan total. Dia menjadi anggota kelima Godhand, mengesampingkan ikatan apa pun yang pernah dia miliki dengan teman-temannya.

Ini adalah salah satu pengkhianatan terbaik di anime dan salah satu yang paling brutal. Beragam hal yang dia lakukan kepada mantan teman-temannya, terutama Casca, berada di luar pemahaman dan melukiskannya sebagai kejahatan tertinggi.

Sementara manga berlanjut melewati titik itu, anime berakhir di sana, dan sebagian besar adaptasi diakhiri dengan Griffith menang dalam beberapa cara.

Baca juga: Kentaro Miura, Berserk dan Warisan Fantasi Berserak

5. Hellsing Ultimate

the major hellsing ultimate anime

Pada akhir seri Hellsing Ultimate, The Major telah memulai perang besarnya dan berhasil mengalahkan Alucard dengan cara yang paling rumit.

Tidak masalah bahwa Integra akhirnya membunuhnya atau bahwa dia memanggilnya monster karena menjadi lebih seperti mesin daripada manusia. The Major telah mencapai semua yang dia ingin lakukan.

Beberapa dari ini akhirnya ditumbangkan karena Alucard diceritakan hidup kembali, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa The Major mendapatkan apa yang diinginkannya.

6. Speed Grapher

suitengu speed grapher anime

Dari semua antagonis yang telah menjadi yang teratas, tidak ada yang memiliki kemenangan gemilang seperti Suitengu. Dia mengumpulkan semua yen di Jepang menjadi satu gedung, gedung yang juga menampung klub Ropongi.

Dengan semua yang dia butuhkan di bawah satu atap, dia meledakkan bom, membunuhnya dan semua hal lain bersamanya. Jika itu tidak cukup, dia juga berhasil membutakan saingannya, Saiga. Ini adalah kemenangan murni dan total untuk Suitengu.

7. Naruto

orochimaru naruto anime

Meski bukan akhir dari seri secara keseluruhan, Naruto awal bagian pertama dan Shippuden terasa seperti entitas yang terpisah karena time skip. Dalam bagian Naruto ini, seluruh alur cerita sebagian besar berkisar pada ambisi Sasuke untuk membalas dendam dan keinginan Naruto untuk memulangkan temannya itu.

Bisa dibilang, Naruto gagal di bagian ini, karena belum bisa menyelamatkan Sasuke dari cengkeraman pengaruh Orochimaru.

8. Fairy Tail

zeref fairy tail anime

Ini mungkin salah satu momen anime paling tipikal dari kemenangan antagonis, tapi itu karena Zeref belum tentu seorang penjahat. Dia memang melakukan hal-hal buruk, tetapi begitu kita mengetahui latar belakangnya, sulit untuk tidak ingin melihatnya berhasil.

Pada akhirnya, itulah yang terjadi, meski dalam keadaan yang berbeda dari yang dia harapkan. Acnologia dikalahkan, dan kutukannya hilang, memungkinkan dia untuk menjalani hidupnya dengan cinta sejatinya, Mavis.

9. Mobile Suit Gundam Iron-Blooded Orphan

gjallarhorn gundam ibo anime

Ada beberapa nuansa abu-abu, seperti yang sering terjadi pada antagonis dalam seri Gundam, tetapi cukup jelas bahwa Gjallarhorn adalah penjahat dalam situasi tersebut.

Itulah yang membuat akhir Gundam IBO begitu mengejutkan karena Rustal Elion, antagonis utama, mendapatkan semua yang dia inginkan pada akhir musim kedua. Dia menghapus armada Mcgillis, mengakhiri Tekkadan sebagai organisasi, dan mereformasi Gjallarhorn menjadi organisasi Demokrat.

Baca juga: 10 Anime Gundam Terbaik

10. Devilman Crybaby

Devilman Crybaby anime

Devilman Crybaby adalah anime suram yang tidak menahan diri, bahkan tidak pernah memberi kita petunjuk bahwa itu akan berakhir bahagia.

Kita tidak akan mempersiapkan diri untuk salah satu akhir yang lebih gelap di anime ketika tidak hanya sang pahlawan gagal, tetapi seluruh dunia akhirnya dihancurkan setelah Tuhan membersihkan neraka yang dilepaskan di bumi.

Tinggalkan komentar