Urutan Nonton Anime Berserk

Berserk adalah salah satu serial yang paling lama berjalan, sering mengalami hiatus seperti halnya pada Hunter x Hunter.

Sebagai serial anime seinen, Berserk memiliki banyak tema menarik dengan keseimbangan antara adegan aksi berdarah-darah, pengembangan karakter yang mendalam, dan animasi yang kontroversial.

Berserk didasarkan pada manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kentaro Miura, sebuah fantasi gelap yang berlatar Eropa abad pertengahan.

Baca juga: Kentaro Miura, Berserk dan Warisan Fantasi Berserak

Serial ini merangkum kisah Guts, Pendekar Pedang Hitam yang melakukan pencarian untuk memburu monster aneh yang disebut Apostle dengan pedang besarnya yang perkasa, Dragonslayer.

Perjuangan Guts bukan hanya melawan iblis tetapi melawan takdir itu sendiri. Cerita berputar di sekitar gagasan soal kehendak bebas, pengkhianatan, balas dendam serta kepercayaan.

Urutan Rilis Anime Berserk

Perkembangan animasi makin maju, tapi bagi Berserk, justru animasi lawas tetap yang memiliki kualitas superior. Salah satu anime terbaik pada masanya dan masih dicintai sebagai anime klasik.

Baca juga: 15 Anime 1990-an Terbaik

Terlepas dari animasi dan plotnya, ada rasa nostalgia bagi penggemar anime lama. Jadi, saya rekomendasikan untuk setidaknya menonton anime aslinya dari tahun 1997 itu.

1. Berserk (1997)

Berserk (1997) anime poster
JudulKenpuu Denki Berserk
Episode25
TayangFall 1997
StudioOLM

Peringkat: 4.5 dari 5.

Seorang prajurit pemberani bernama Guts berjuang untuk peruntungannya sebagai tentara bayaran di garis depan. Pertemuan yang ditakdirkan menyatukan Guts dengan sosok pemimpin karismatik dan mematikan bernama Griffith.

Memimpin tentara bayaran yang dikenal sebagai Taka no Dan atau Band of the Hawk, Griffith menggunakan kekuatannya yang luar biasa.

Didorong oleh pencarian status, Taka no Dan mengerahkan kekuatan militer dan sosial yang belum pernah terlihat sebelumnya. Tentara Midland akan gemetar ketakutan saat Griffith dan Guts memulai jalan yang akan membuat dunia bertekuk lutut.

2. Berserk: Golden Age Arc I – The Egg of the King (2012)

Berserk: Golden Age Arc I – The Egg of the King (2012)
JudulBerserk: Ougon Jidai-hen I – Haou no Tamago
Episode1 Film
TayangWinter 2012
StudioStudio 4°C

Peringkat: 3 dari 5.

Ceritanya sama seperti serial anime asli tahun 1990-an sebelumnya, mengangkat awal cerita dari Berserk.

Setelah Guts bergabung dengan Taka no Dan dan hubungan dengan Griffith mulai berkembang, Casca, ahli pedang wanita yang tangguh, berjuang untuk menerima Guts dan pengaruhnya terhadap dunia di sekitarnya.

Sementara kedua pria itu mulai bertarung bersama, Griffith terus naik ke tampuk kekuasaan, semuanya tampaknya untuk mencapai tujuannya yang misterius.

3. Berserk: Golden Age Arc II – The Battle for Doldrey (2012)

Berserk: Golden Age Arc II – The Battle for Doldrey (2012)
JudulBerserk: Ougon Jidai-hen II – Doldrey Kouryaku
Episode1 Film
TayangSummer 2012
StudioStudio 4°C

Peringkat: 3 dari 5.

Taka no Dan yang dikomandoi Griffith terus memenangkan pertempuran demi pertempuran, membuat prestise mereka di seluruh kerajaan Midland tumbuh.

Meski begitu, tugas terakhir mereka adalah yang paling berat karena semua orang yang mencobanya pasti mengalami kegagalan. Tugas itu adalah penaklukan benteng Doldrey yang tak tertembus.

4. Berserk: Golden Age III – The Advent (2013)

Berserk Ougon Jidaihen III: Kourin (2013) anime poster
JudulBerserk: Ougon Jidai-hen III – Kourin
Episode1 Film
TayangWinter 2013
StudioStudio 4°C

Peringkat: 3.5 dari 5.

Satu tahun telah berlalu sejak Guts meninggalkan Taka no Dan dan Griffith dipenjarakan oleh Kerajaan Midland karena pengkhianatan.

Di tengah malam, di perkemahan tempat mereka bersembunyi, Taka no Dan diserang oleh pembunuh Bakiraka yang dipimpin oleh Silat. Ketika keadaan tampak putus asa, Guts kembali dari perjalanannya.

Griffith dipenjarakan di gedung tertua di Wyndham Catle, Tower of the Rebirth. Upaya membebaskan adalah jalan menuju malam jahanam bagi Taka no Dan.

5. Berserk (2016)

Berserk (2016) anime poster
JudulBerserk (2016)
Episode12
TayangSummer 2016
StudioMillepensee, GEMBA

Peringkat: 2.5 dari 5.

Didorong oleh api yang mengamuk di hatinya, Guts melanjutkan pencariannya yang tampaknya tak berujung untuk membalas dendam. Guts harus berhadapan dengan monster yang berlindung di balik topeng gereja.

Guts terus melawan musuh-musuhnya, yang menggunakan kekuatan menjijikkan dan tak manusiawi. Guts hanya mengandalkan tubuh dan pedangnya, kekuatannya sebagai manusia.

6. Berserk 2 (2017)

Berserk 2 (2017) anime poster
JudulBerserk 2
Episode12
TayangSpring 2017
StudioMillepensee, GEMBA

Peringkat: 2.5 dari 5.

Iblis sekarang telah menjadi hal biasa di kerajaan Midland, yang telah jatuh ke dalam kekacauan. Guts masih tidak bisa tinggal di satu tempat lama karena tanda iblisnya.

Dia memang selalu bisa melindungi dirinya sendiri, tetapi sekarang Guts memiliki tantangan tambahan untuk melindungi Casca, yang hilang ingatan.

Mereka tidak pernah beristirahat sejenak dengan ancaman setan, dan mereka membutuhkan tempat di mana Casca akan aman sampai mereka menemukan cara untuk menyembuhkannya.

Muncul elf bernama Puck, menceritakan tentang tanah mistis Elfhelm, yang mungkin bisa menjadi tempat berlindung yang aman bagi mereka, sekaligus harapan untuk menyembuhkan Casca.

7. Berserk: The Golden Age Arc – Memorial Edition (2022)

Berserk: The Golden Age Arc - Memorial Edition (2022)
JudulBerserk: Ougon Jidai-hen – MEMORIAL EDITION
Episode13
TayangFall 2022
StudioStudio 4°C

Peringkat: 3.5 dari 5.

Serial terbaru Berserk ini merupakan versi televisi dari film trilogi arc Golden Age sebelumnya, dengan ratusan adegan baru. Selain itu musik baru yang disusun Susumu Hirasawa dan Shiro Sagisu.

Jadi buat penonton baru bisa memulai dari ini.

Urutan Kronologis Anime Berserk

Trilogi film Berserk pada tahun 2012 mengikuti cerita yang sama dengan versi serial Berserk asli pada 1997, fokus pada Golden Arc. Selebihnya, anime Berserk berjalan secara kronologis.

  • Berserk (1997) // Berserk: Golden Age Arc I – The Egg of the King (2012), Berserk: Golden Age Arc II – The Battle for Doldrey (2012), Berserk: Golden Age Arc III – The Advent (2013) // Berserk: The Golden Age Arc – Memorial Edition (2022)
  • Berserk (2016)
  • Berserk: Recollections of the Witch (2017)

Sementara untuk urutan cerita berdasarkan arc dari manga asli adalah:

  1. Black Swordsman
  2. Golden Age
  3. Conviction
  4. Millennium Falcon
  5. Fantasia

Serial Berserk masih menggantung sebab sang pencipta Kentaro Miura meninggal dunia pada Mei 2021.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari blog Kearipan soal anime dan beragam informasi menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

14 Comments

  1. movienya itu sebenernya semacan isi lebih medalam yang ada di 1997, jadi cuman memperjelas scence yang mungkin kurang jelas di Berserk 1997

  2. Coy info donk gua abis nonton Berserk 1997 nah gw skip ketiga movie itu gpp kan? Langsung ke berserk 2016? Smpek ke memorial edition?

    • Bisa banget, Berserk 2016-2017 ceritanya ngelanjutin setelah arc Golden Age. Sebenarnya yg Memorial Edition itu sama kayak cerita di tiga film cuma dijadiin serial, sama ada tambahan adegan dan musik baru.

    • Bingung maksudnya S2 yg mana soalnya beda-beda studio. Kalau mau ngelanjutin habis Golden Age setelah Griffith ngebantai itu ada arc Conviction antara chapter 95-176 atau volume 14-21. Ini yg cerita lawan gereja.
      Selanjutnya arc Millenium Falcom itu 177-307 atau volume 22-35. Terakhir ada arc Fantasia yang masih on going tapi mangakanya keburu meninggal.

  3. Sangat disayangkan untuk 2016 sama 2017 berganti studio,CGI nya sumpah ganggu mata banget,berasa lagi main game,gak kaya waktu memorial edition itu CGI nya masih nyamana dimata,kalo ini engga bngt meskipun udh beberapa kali maksa buat nonton pun masih tetep

    • Iya sayang banget, emang ga ada yg bener studio yg garapnya.

      Berserk itu dipuji salah satunya karena visual manga yang keren. Pake CGI malah kesannya ga menghormati secara artistik yang bikin Berserk dicintai. Meski pake CGI boleh2 aja, ini animasinya ga banget terkesan asal-asalan.

      • Jujur sedih liat CGI nya yang tahun 2016&2017. Kayak bukan nonton anime berserk:(

      • Saya mau nonton nih anime beserta manganya, untuk rekomendasi, episode apa aja yg harus ditonton biar speed run, tapi ga ketinggalan sedikit pun ceritanya?

        • Bisa langsung yg terbaru aja yg judul “The Golden Age Arc – Memorial Edition” yg 13 episode. Atau kalau suka anime jadul, Berserk tahun 90an itu tetep yg paling rekomen sih. Ceritanya sama aja.

          Untuk selanjutnya mending lanjut baca manga dari chapter 95.

  4. Semoga aja Berserk Memorial Edition masih ada kelanjutan nya lagi perbaikan anime lanjutannya yg 2016 & 2017 yg pake cgi 3d itu ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *