Urutan Nonton Bungou Stray Dogs, Anime Aksi Supranatural

Bungou Stray Dogs adalah anime menyenangkan untuk ditonton. Latarnya yang menarik, dan karakternya berwarna-warni, akan menarik minat kita.

Apalagi bagi penyuka sastra, karena berbagai karakternya mengambil nama dari beragam penulis dunia, sekaligus kemampuan yang diambil dari judul karya mereka.

Bungo Stray Dogs mengikuti anggota Busou Tanteisha atau Armed Detective Agency. Tujuan utama agensi detektif swasta ini adalah untuk melindungi kota Yokohama.

Selain harus menyelesaikan beragam kasus kriminal, Busou Tanteisha juga sering berhadapan dengan sindikat bawah tanah internasional mulai dari Rusia hingga Amerika Serikat.

bungou stray dogs anime

Jika berencana untuk menonton Bungou Stray Dogs, maka tontonlah sesuai urutan ini.

Urutan Rilis Anime Bungou Stray Dogs

Ditulis oleh Kafka Asagiri dan diilustrasikan oleh Sango Harukawa, Bungo Stray Dogs adalah serial manga urban fantasi yang terbit di majalah manga seinen Kadokawa Shoten Young Ace.

Serial ini berfokus pada Atsushi Nakajima, yang bergabung bersama orang-orang yang punya kekuatan supranatural di Busou Tanteisha untuk menyelesaikan berbagai tugas, dari memecahkan misteri sampai menjalankan misi menghadang mafia.

Adaptasi anime Bungou Stray Dogs digarap dengan bagus oleh Studio Bones.

Untuk menonton serial anime Bungou Stray Dogs sebenarnya cukup mudah, karena alur ceritanya berjalan linier maju secara kronologis.

1. Bungou Stray Dogs (2016)

Bungou Stray Dogs (2016)
Episode12
TayangSpring 2016

Peringkat: 4 dari 5.

Saat kelaparan di tepi sungai, Atsushi Nakajami menyelamatkan seorang pria yang eksentrik bernama Osamu Dazai yang tenggelam. Pertemuan yang akan mengubah hidupnya.

Atsushi dipaksa untuk bergabung dengan agensi penyelidik Busou Tanteisha, menyelidiki kasus-kasus tidak biasa yang tidak dapat ditangani polisi, bersama dengan banyak rekan kerjanya yang penuh teka-teki dan kekuatan supranatural.

2. Bungou Stray Dogs 2 (2016)

Bungou Stray Dogs 2nd Season (2016)
Episode12
TayangFall 2016

Peringkat: 4 dari 5.

Guild, sebuah organisasi Amerika, masuk untuk memperkeruh suasana di Yokohama.

Sekarang Busou Tanteisha harus membagi perhatian mereka antara dua kelompok, Guild dan Port Mafia, yang menentang keberadaan mereka sekaligus saling berkonflik.

3. Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu (2017)

Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu (2017)
Episode1 OVA
Tayang2017

Peringkat: 4 dari 5.

Sebuah episode spesial ketika anggota Busou Tanteisha mendiskusikan kandidat yang paling cocok untuk komandan penerus selanjutnya.

Seperti biasa, Doppo Kunikida melakukan tugas resmi seperti yang direncanakan dalam buku hariannya. Tak disangka, insiden terkait bom terjadi, menantang ideal yang selalu dijunjungnya.

4. Bungou Stray Dogs: Dead Apple (2018)

Bungou Stray Dogs: Dead Apple (2018)
Episode1 Film
Tayang2018

Peringkat: 4 dari 5.

Film anime dari Bungou Stray Dogs, dengan latar sebuah bencana skala besar sedang terjadi di seluruh planet ini.

Pengguna kemampuan supranatural ditemukan setelah munculnya kabut misterius, tampaknya telah melakukan bunuh diri, sehingga Busou Tanteisha berangkat untuk menyelidiki kematian misterius ini.

Kasus ini tampaknya melibatkan pengguna kemampuan yang tidak dikenal yang disebut sebagai “Collector,” seorang pria yang bisa menjadi dalang di balik insiden tersebut.

Busou Tanteisha mau tidak mau harus bekerja sama dengan Port Mafia untuk mengatasi kasus ini.

5. Bungou Stray Dogs 3 (2019)

Bungou Stray Dogs 3rd Season (2019)
Episode12
TayangSpring 2019

Peringkat: 4 dari 5.

Flashback Osamu Dazai, yang masih merupakan rekrutan baru, ditugaskan untuk menyelidiki rumor yang berkaitan dengan ledakan misterius yang menghancurkan sebagian kota bertahun-tahun yang lalu.

Karena keadaan di luar kendalinya, ia bermitra dengan Chuuya Nakahara, pemimpin klan saingan yang berbakat namun impulsif yang dikenal sebagai ‘Sheep” untuk mengungkap kebenaran di balik kasus ini dan menyoroti mitos Arahabaki.

Sementara itu, di hari ini, aktivitas seperti biasa sekali lagi untuk Busou Tanteisha. Namun, kedamaian tidak bertahan lama, karena musuh lama dan baru mengumpulkan kekuatan mereka dan bersiap untuk pertempuran berikutnya.

6. Bungou Stray Dogs 4 (2023)

Bungou Stray Dogs 4
Episode13
TayangWinter 2023

Peringkat: 4 dari 5.

Musim keempat anime Bungou Stray Dogs.

Tidak lagi peduli dengan urusan militer, Yukichi Fukuzawa berniat untuk bertindak sebagai bodyguard sewaan, memanfaatkan ilmu pedangnya yang mematikan. Namun, segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana untuk bisnis freelance-nya, dan saat itulah dia bertemu dengan seorang bocah cerewet bernama Ranpo Edogawa.

Meski interaksi awal mereka terkait dengan misteri pembunuhan yang aneh, akibatnya mendorong pembentukan Bushou Tantaisha.

Saat ini, Ranpo menemukan dirinya mengejar individu berbakat dengan kemampuan berbahaya untuk melakukan kejahatan yang sempurna. Tapi saat detektif hebat mengungkap kasusnya, dia segera menemukan plot yang rumit untuk melenyapkan Agensi secara keseluruhan.

Meski diperingatkan sebelumnya tentang jebakan tersebut, Agensi terus mengejar para penjahat, hanya untuk akhirnya dijebak atas kejahatan itu sendiri. Sekarang dicap sebagai teroris yang dicari, anggota yang tersisa harus menemukan cara untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah — bahkan jika mereka harus meminta bantuan musuh bebuyutan.

7. Bungou Stray Dogs 5 (2023)

Bungou Stray Dogs 5 (2023)
Episode11
TayangSummer 2023

Peringkat: 4 dari 5.

Musim kelima Bungou Stray Dogs.

Anggota Bungou Tantesha ditangkap satu demi satu, dan Kamui, pemimpin Tenjin Goshui, mendekati mereka. Akankah mereka bertahan?!

Di Mana Menonton Bungou Stray Dogs?

Saya merekomendasikan menonton anime ini di Bilibili bisa lewat aplikasi Bstation, karena gratis dan legal. Selain itu, ada subtittle Indonesia.

Selamat menonton, kalau ada pertanyaan atau ingin diskusi boleh di kolom komentar. Agar tak ketinggalan tulisan Kearipan terbaru bisa ikuti di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *