Elfen Lied: Anime Seinen yang Menginspirasi Stranger Things

Stranger Things telah mengumpulkan banyak sekali penggemar di seluruh dunia, dan mereka dengan putus asa menunggu Musim 5 yang entah kapan diluncurkan. Menariknya, sebagian dari ceritanya terinspirasi oleh anime klasik, dan ini adalah pertunjukan yang sempurna untuk ditonton sambil menunggu kesimpulan mendebarkan Stranger Things mendarat di Netflix.

Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan Daily Beast, pencipta Stranger Things yakni Matt dan Ross Duffer berbicara tentang apa yang memengaruhi serial populer tersebut.

Matt Duffer mengatakan bahwa dia “telah melihat anime berjudul Elfen Lied” dan mencatat bahwa itu terinspirasi oleh Akira, film anime 1980-an klasik.

Duffer kemudian menambahkan bahwa, “Ada banyak hal di sana yang sangat saya sukai dan yang masuk ke dalam pertunjukan, terutama yang berkaitan dengan karakter Eleven.”

Baca juga: 15 Serial Anime Seinen, dari Aksi Brutal Sampai Komedi Romantis

Elfen Lied: Inspirasi Eleven dan Stranger Things

elfen lied seinen anime

Elfen Lied, yang ditulis oleh Lynn Okamoto, dimulai sebagai manga di Weekly Young Jump pada tahun 2002. Pada tahun 2004, diadaptasi menjadi anime dengan Mamoru Kanbe mengambil peran sutradara dan Arms menangani animasi.

Elfen Lied menceritakan kisah Lucy, yang merupakan Diclonius. Ini adalah spesies baru yang bukan manusia meski sekilas terlihat seperti mereka. Namun, mereka juga memiliki benda seperti tanduk di kepala mereka dan kemampuan untuk mengendalikan Vector.

Vector pada dasarnya adalah lengan tak terlihat telekinetik yang memungkinkan Diclonius untuk memanipulasi sesuatu dengan cara yang tidak bisa dilakukan manusia.

elfen lied lucy

Pada awalnya, Lucy ditahan di fasilitas pemerintah di mana mereka menjalani tes dan eksperimen yang mengerikan. Akhirnya dia mengamuk, membunuh para penculiknya dan melarikan diri dari fasilitas itu.

Selama pelarian, Lucy terluka dan mengembangkan kepribadian kedua. Kepribadian ini kekanak-kanakan dan polos, dengan kapasitas bicara yang terbatas dan timbul amnesia dari dirinya yang lain.

Dua siswa, Kouta dan Yuka, menemukan gadis itu dan, menjuluki Nyu-nya, memilih untuk menolongnya dan mencoba merawatnya hingga sembuh. Namun, ini tanpa sadar menempatkan mereka di tengah konspirasi besar-besaran pemerintah ketika berbagai kelompok mencoba untuk merebut kembali Lucy.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana Elfen Lied mengilhami karakter Eleven di Stranger Things, karena dia juga ditahan di fasilitas rahasia pemerintah karena kekuatan spesialnya.

eleven stranger things netflix series

Seperti Lucy, Eleven melarikan diri dan dibawa oleh orang yang tidak dikenal. Kedua pertunjukan juga mengeksplorasi gagasan tentang kekuatan dunia lain yang aneh yang mencoba menyerang dan akhirnya melenyapkan umat manusia untuk tujuan misteriusnya sendiri, mengubah dunia yang sebelumnya biasa menjadi medan perang yang mengerikan.

Gagasan tentang anak muda yang mencoba menyeimbangkan masalah sehari-hari dan ancaman eksistensial sudah lazim, dengan Kouta dan Yuka harus menjalani kehidupan dan romansa sambil juga menghindari agen pemerintah.

Meski Elfen Lied dan Stranger Things menampilkan tema serupa, anime ini lebih gelap, lebih kejam, dan lebih bersedia untuk menjadi sangat kejam terhadap karakternya. Hal ini menyebabkan beberapa momen yang akan membuat perut penonton bergejolak dan melekat dalam ingatan lama setelah pertunjukan selesai.

Baca juga: 8 Anime Gelap di Balik Tampilan Lucu

elfen lied lucy

Elfen Lied juga menanyakan apa artinya menjadi manusia baik dalam arti biologis maupun filosofis. Programnya sangat berbeda secara estetis, karena Elfen Lied menggunakan media anime untuk efek yang fantastis, menciptakan beberapa adegan yang tidak mungkin ditiru dalam aksi langsung.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana Elfen Lied membantu menginspirasi Stranger Things dan banyak cerita lainnya.

Meski keduanya memiliki tema yang sama, keduanya mendekati dan menanganinya dengan cara yang sangat berbeda, baik secara estetis maupun tematis. Ini membuat Elfen Lied layak ditonton, karena ini adalah pertunjukan yang fantastis dan mencekam.

Penonton baru yang ingin menyelam sekarang akan memiliki apresiasi yang sama sekali baru untuk Stranger Things, dan pemahaman yang lebih besar tentang mengapa Matt dan Ross Duffer menangani Eleven sebagaimana mereka melakukannya.

Anime Elfen Lied tersedi untuk streaming di Amazon Prime Video.

Tinggalkan komentar