Urutan Nonton Anime Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist adalah salah satu franchise anime yang paling dicintai hingga saat ini. Bagi yang baru mengenal serial ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan keputusan yang harus dibuat sebelum menontonnya.

Adaptasi pertama dari seri manga karya Hiromu Arakawa ini rilis pada tahun 2003 dengan judul Fullmetal Alchemist. Pada saat ini manga masih dirilis, jadi anime mengambil beberapa kebebasan ketika menyusun ending cerita.

Bertahun-tahun kemudian, serial ini sekali lagi diadaptasi oleh Studio Bones. Kali ini menceritakan kembali kisah yang ditulis oleh pencipta Hiromu Arakawa sampai rampung. Seri ini disebut Fullmetal Alchemist: Brotherhood.

Mengingat ada dua seri yang berbeda, mungkin membingungkan untuk mengetahui mana yang harus ditonton terlebih dahulu atau jika kamu memilih menonton keduanya. Inilah semua yang perlu kamu ketahui tentang menonton Fullmetal Alchemist.

Jika ingin menonton semua yang ada di semesta Fullmetal Alchemist, maka inilah urutan yang kamu inginkan untuk menontonnya:

Fullmetal Alchemist versi Jadul

1. Fullmetal Alchemist (2003)

Fullmetal Alchemist (2003)
Episode51
Tayang2003-2004

Peringkat: 4 dari 5.

Cerita ini berkisah tentang dua bersaudara, Edward dan Alphonse, yang diberkati sekaligus dikutuk dengan karunia alkimia.

Cerita dasarnya hampir sama namun kemudian di pertengahan sampai akhir berbeda, karena manganya sendiri masih berjalan. Ini seperti dari antagonis utama yang bernama Dante, seorang wanita yang mengendalikan tujuh homunculus. Beberapa homunculi juga berbeda identitasnya.

Meski serial ini terbilang jadul, ada beragam animasi atau sakuga aksi yang bahkan bisa menyaingi anime hari ini, dan soundtrack-nya sangat fenomenal, hampir setiap treknya brilian dan membuat setiap adegan berkesan dan mengasyikkan, seperti lagu yang dibawakan L’Arc-en-ciel dan Asian Kungfu Generation.

Adaptasi Fullmetal Alchemist ini juga lebih gelap dan emosional dibanding versi Brotherhood.

2. Fullmetal Alchemist The Movie: Conqueror of Shamballa (2005)

Fullmetal Alchemist The Movie: Conqueror of Shamballa (2005)
Episode1 Film
Tayang2005

Peringkat: 4 dari 5.

Munich, Jerman, 1923. Dua tahun telah berlalu sejak Edward Elric diseret dari dunianya sendiri ke dunia kita, meninggalkan negaranya, teman-temannya dan adiknya, Alphonse.

Dilucuti dari kekuatan alkimia, dia selama ini meneliti peroketan bersama dengan Alphonse Heiderich, seorang pemuda yang menyerupai saudaranya sendiri, berharap suatu hari menemukan jalan pulang.

Upayanya sejauh ini terbukti tidak membuahkan hasil, tetapi setelah membantu seorang gadis gipsi bermasalah, Edward dilemparkan ke dalam serangkaian peristiwa yang dapat mendatangkan malapetaka di kedua dunia.

Sementara itu, di dunianya sendiri, Alphonse Elric menjelajah lebih dalam ke misteri alkimia untuk mencari cara untuk bersatu kembali dengan kakak laki-lakinya.

Fullmetal Alchemist versi Remake

1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood (2009)

Fullmetal Alchemist: Brotherhood (2009)
Episode64
Tayang2009-2010

Peringkat: 4 dari 5.

Bisakah menonton Fullmetal Alchemist Brotherhood tanpa menonton Fullmetal Alchemist versi sebelumnya? Pertanyaan ini membingungkan banyak penonton, terutama jika kamu baru mengenal anime.

Jawabannya ya, kamu dapat menonton FMAB tanpa menonton FMA. Keduanya adalah cerita yang terpisah dengan akhir yang berbeda, jadi menonton yang satu tidak akan merusak peristiwa yang terjadi di yang lain.

Selain perbedaan plot, paruh pertama FMA memiliki daya tarik yang lebih baik dan lebih mudah diakses secara emosional. Di sisi lain, ending Fullmetal Alchemist Brotherhood memiliki kesimpulan yang lebih baik dan lebih memuaskan.

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood Special (2009)

Fullmetal Alchemist: Brotherhood Special (2009)
Episode4
Tayang2009-2010

Peringkat: 4 dari 5.

Koleksi OVA yang berisi beragam episode spesial dengan cerita berbeda berdasarkan manga Fullmetal Alchemist.

Ada yang tentang seorang alkemis buta bernama Jude, yang melayani keluarga Humbergang. Dia pernah melanggar tabu Alkimia.

Kemudian sebuah cerita tentang Riza soal mengapa dia membiarkan rambutnya tumbuh lebih panjang dan Winry soal mengapa dia menindik telinganya dan bagaimana dia mendapatkan antingnya.

Selanjutnya adalah tentang guru Edward dan Alphonse, Izumi Curtis. Lalu ada cerita berpusat di sekitar Roy, yang masih berusia 18 tahun, di kamp pelatihan militer.

3. Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos (2011)

Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos (2011)
Episode1 Film
Tayang2011

Peringkat: 4 dari 5.

Seorang alkemis buronan dengan kemampuan misterius membawa Elric bersaudara ke lembah terpencil yang dihuni oleh Milos, orang-orang yang berjuang melawan eksploitasi birokrasi.

Ed dan Al dengan cepat menemukan diri mereka di tengah pemberontakan yang meningkat, saat Milos yang diasingkan menyerang penindas mereka.

Inti konflik adalah Julia, seorang alkemis muda yang berteman dengan Alphonse. Dia tidak akan berhenti untuk mengembalikan Milos ke kejayaan mereka sebelumnya – bahkan jika itu berarti memanfaatkan kekuatan mengerikan dari Batu Bertuah mitos.


Semoga panduan ini bisa memberi kamu pengalaman menonton yang optimal, dan akan menghilangkan kebingungan yang mungkin kamu alami buat menikmati serial populer yang sering dijuluki salah satu anime terbaik sepanjang masa ini.

Terserah kamu untuk mau memulai dari yang mana, sebab kedua seri ini adalah mahakarya dengan caranya sendiri yang unik.

Jika ingin mengikuti Fullmetal Alchemist bisa tonton secara legal dan gratis lewat Bstation (Bilibili), ya!

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *