Urutan Nonton Anime Grisaia Series, Harem dan Ecchi Menggoda

Serial anime Grisaia merupakan adaptasi dari visual novel harem erotis.

Ketika pertama kali menonton anime ini, tampaknya Grisaia tak lebih dari anime harem biasa, tetapi banyak elemen kunci yang membuatnya menonjol.

Protagonis Grisaia sangat pintar, memiliki selera humor yang luar biasa, dan sedikit mesum.

Para gadis memang mengikuti tipikal tipe kepribadian dere tetapi menyenangkan untuk ditonton ketika mereka berinteraksi dengan protagonis.

Urutan Serial Anime Grisaia

Menonton anime Grisaia series cukup mudah, karena alur kronologis sesuai dengan urutan rilisnya.

Saya hanya memasukan judul cerita utamanya, untuk episode spesial hanya akan disebut selewatan saja.

1. The Fruit of Grisaia (2014)

Grisaia no Kajitsu (The Fruit of Grisaia)
JudulGrisaia no Kajitsu
Episode13
TayangFall 2014

Peringkat: 4 dari 5.

Yuuji Kazami adalah murid pindahan yang baru saja diterima di Akademi Mihama. Dia ingin menjalani kehidupan sekolah menengah biasa, tetapi mimpinya ini mungkin tidak akan terwujud dalam waktu dekat karena Akademi Mihama justru sebaliknya.

Hanya terdiri dari kepala sekolah dan lima siswa lainnya, yang semuanya perempuan, Yuuji berkenalan dengan mereka, menemukan lebih banyak tentang kepribadian mereka karena sosialisasi tidak bisa dihindari.

Perlahan-lahan, dia mulai belajar tentang kebenaran di balik sekelompok kecil siswa yang menempati akademi—mereka masing-masing memiliki pengalaman traumatisnya sendiri yang tersembunyi dari dunia.

Akademi Mihama bertindak sebagai rumah bagi gadis-gadis ini, mereka adalah “buah” yang jatuh dari pohon mereka dan mulai membusuk. Terserah Yuuji untuk menjadi katalis untuk menyelamatkan mereka dari diri mereka sendiri.

2. The Labyrinth of Grisaia: The Cocoon of Caprice 0 (2015)

Grisaia no Meikyuu: Caprice no Mayu 0 (The Labyrinth of Grisaia: The Cocoon of Caprice 0)
JudulGrisaia no Meikyuu: Caprice no Mayu 0
Episode1 Film
TayangSpring 2015

Peringkat: 3.5 dari 5.

Setelah menghadiri Akademi Mihama selama sekitar satu tahun, Yuuji Kazami tampaknya telah menemukan tempatnya di sekolah, tetapi dia tiba-tiba memutuskan untuk mengejar promosi di CIRS.

Setelah berkonsultasi dengan JB tentang niatnya, mereka berdua benar-benar memeriksa dokumen Yuuji dan membedah peristiwa asuhannya untuk menentukan apakah pekerjaan itu cocok untuknya.

Sementara itu, tanpa sepengetahuan keduanya, gadis-gadis Mihama menemukan beberapa dokumen robek di kamar Yuuji. Setelah mengembalikan kertas-kertas itu, mereka menemukan cerita yang telah membentuk — atau mungkin menghancurkan — Yuuji menjadi pria seperti sekarang ini.

Namun, apa yang dianggap sebagai sejarah telah menghantuinya hingga saat ini, dan rantai masa lalu mulai menyeretnya kembali ke kegelapan.

3. The Eden of Grisaia (2015)

Grisaia no Rakuen (The Eden of Grisaia)
JudulGrisaia no Rakuen
Episode10
TayangSpring 2015

Peringkat: 4 dari 5.

Grisaia no Rakuen dimulai tepat di akhir judul sebelumnya, Grisaia no Meikyuu. Kazami Yuuji ditangkap karena dicurigai melakukan terorisme. Sebuah video yang menunjukkan bukti nyata bahwa Yuuji melakukan tindakan ini, dan dia ditahan oleh Ichigaya.

Ichigaya tahu betul bahwa Yuuji tidak melakukan kejahatan yang dituduhkan padanya. Tapi dia gagal membunuh Heath Oslo, yang merupakan pemimpin organisasi teroris dengan senjata yang sangat menghancurkan yang mereka miliki. Sebenarnya, Ichigaya punya rencana sendiri untuk Yuuji.

Tapi semua mungkin tidak hilang untuk Yuuji. Gadis-gadis dari Akademi Mihama tidak akan membiarkan Yuuji digunakan untuk keuntungan politik, dan begitu juga sosok misterius baru yang muncul di hadapan mereka.

4. Grisaia: Phantom Trigger The Animation (2019)

Grisaia: Phantom Trigger The Animation
JudulGrisaia: Phantom Trigger THE ANIMATION
Episode2 Film
TayangWinter 2019

Peringkat: 3.5 dari 5.

Menyusul insiden Heath Oslo, keberadaan organisasi anti-teror AS-Jepang CIRS telah menjadi bahan pengetahuan publik. CIRS telah dibangun kembali dari bawah ke atas, dan fungsi terselubungnya beralih ke agensi baru: SORD (Social Ops, Research & Development).

Tujuan SORD adalah untuk melatih generasi baru koperasi untuk membela negara dari ancaman di masa depan. Untuk itu, organisasi tersebut telah mendirikan sederet sekolah di pelosok tanah air. Akademi Mihama, kurang lebih dibiarkan membusuk setelah penutupan mendadak, telah diberi tujuan baru sebagai salah satu ‘sekolah pelatihan spesialis’.

Inkarnasi baru Akademi Mihama ini adalah rumah bagi beragam kelompok siswa, yang setiap hari bekerja untuk memoles keterampilan mereka yang tidak biasa – terkadang di tempat kerja. Mihama sekarang mempercayakan gadis-gadis yang tidak cocok yang hadir dengan senjata dan peluru tajam.

Tidak memperhatikan keselamatan mereka sendiri, para siswa ini berulang kali terjerumus ke dalam misi ekstra-yudisial yang berbahaya – semuanya demi kebaikan dunia.

Tidak peduli berapa banyak kehidupan menggiling mereka, masa depan apa yang menanti gadis-gadis ini, yang telah memilih jalan pistol sendiri?

5. Grisaia: Phantom Trigger The Animation – Stargazer (2020)

Grisaia: Phantom Trigger The Animation
JudulGrisaia: Phantom Trigger THE ANIMATION – Stargazer
Episode1 Film
TayangFall 2020

Peringkat: 3.5 dari 5.

Kenapa Grisaia Kudu Ditonton?

Di permukaan, Grisaia mengikuti kisah harem yang khas ketika seorang protagonis laki-laki mencoba untuk mengesankan perempuan di sekitarnya. Namun, itu hanya permukaan.

Ceritanya memiliki banyak elemen psikologis yang membuat anime ini unik dan menghibur meskipun arketipenya terlalu sering digunakan.

Meskipun memiliki runtime yang singkat, Grisaia melakukan pekerjaan yang baik dalam menyajikan novel visual dalam bentuk terkompresi.

Karakter dari setiap anime memainkan bagian yang sangat penting, dan kasus Grisaia tidak berbeda. Grisaia memiliki karakter yang sangat unik dan penuh warna dalam arti bahwa kualitas khas yang terkait dengan pemeran tidak mendominasi kepribadian mereka secara keseluruhan.

Mereka memiliki latar belakang cerita yang memberikan kedalaman tertentu kepada mereka dan membuat mereka berkesan dan indah.

anime grisaia series harem ecchi

Apakah Anime Merusak Visual Novel?

Anime adalah versi pendek dari visual novelnya. Meskipun banyak alur cerita yang dieksplorasi di anime, jumlah konten dalam visual novel Grisaia jauh lebih banyak daripada yang kita dapatkan di anime.

Kamu dapat memperlakukan anime sebagai pengantar franchise dan masih bisa menikmati visual novel karena memberikan pandangan yang lebih dalam ke latar belakang setiap karakter dan banyak alur cerita alternatif.


Itu tadi urutan nonton anime Grisaia.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *