10 Anime Gundam Terbaik Sepanjang Masa

Serial Gundam, dibuat pada tahun 1979 oleh Yoshiyuki Tomino, dan digarap Studio Sunrise, adalah salah satu waralaba media terlaris sepanjang masa.

Bukan hanya melahirkan banyak serial TV, film, manga, dan video game, tetapi juga industri action figure yang dikenal sebagai Gunpla (Gundam plastic).

Gundam juga bertanggung jawab atas pemahaman modern tentang mecha atau robot raksasa. Itu adalah inspirasi bagi banyak seri lain, bukan hanya anime di Jepang.

Baca juga: Mecha: Kecintaan Jepang Pada Robot Raksasa

Gundam memiliki begitu banyak serial anime yang dicintai dalam kanonnya, saya hanya menyusun beberapa anime Gundam terbaik.

1. Mobile Suit Gundam

Mobile Suit Gundam
  • Rilis: 1979-1980
  • Episode: 43

Ini adalah awal dari semua Gundam yang akan datang. Mobile Suit Gundam memicu era baru dalam anime mecha.

Plotnya sebagian besar berfokus pada persaingan antara Amuro pilot Earth Federation dan Char pilot Principality of Zeon.

Keduanya adalah pilot terbaik dalam faksinya dan mereka memiliki hubungan ikonik yang akan ditiru beberapa seri Gundam yang akan datang.

Seri aslinya memiliki 43 episode, tetapi ada juga trilogi film sebagai ringkasan dengan kualitas audio yang ditingkatkan untuk bisa dinikmati para penggemar.

Ini adalah awal untuk memulai seri Gundam dalam linimasa Universal Century.

2. Mobile Suit Zeta Gundam

Mobile Suit Zeta Gundam
  • Rilis: 1985-1986
  • Episode: 50

Salah satu dari sedikit contoh sekuel yang melampaui serial pertama, Mobile Suit Zeta Gundam mengambil apa yang membuat seri aslinya hebat dan membuatnya lebih baik.

Berlatar tujuh tahun setelah One Year War, Zeta Gundam mengikuti protagonis baru Kamille Bidan, dengan berbagai karakter dari seri sebelumnya.

Zeta Gundam menangani subjek abu-abu yang sulit seperti antara yang baik dengan yang jahat, dan konsekuensi dari perang.

Ini adalah salah satu anime Gundam terbaik sepanjang masa. Sangat disarankan untuk melihat seri sebelumnya sebelum melompat ke sekuel ini.

3. Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team

Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team
  • Rilis: 1996-1999
  • Episode: 12

Berlatar hanya sebulan setelah awal seri Gundam asli. Mengikuti eksploitasi unit darat Earth Federation selama peristiwa One Year War. Konflik utama adalah perang gerilya antara Earth Federation dan Principality of Zeon.

Shiro, komandan baru dari Tim Mobile Suit ke-08 mendapat perintah untuk membasmi markas Zeon. Tapi dia segera mengetahui bahwa harapan terakhir Zeon adalah seseorang yang dia kenal, dan mereka berdua harus memilih apa yang lebih penting.

Entri unik ke dalam linimasa Universal Century, The 08th MS Team menawarkan kepada penggemar kisah yang lebih personal dan karakter yang menarik.

4. After War Gundam X

After War Gundam X
  • Rilis: 1996
  • Episode: 39

Mungkin salah satu seri Gundam yang paling underrated. Padahal judul ini membawa banyak ide baru yang menarik untuk serial Gundam.

After War Gundam X menampilkan Bumi pasca-apokaliptik yang berlatar dalam garis waktu setelah One Year War.

Setelah perang yang menghancurkan, mobile suit telah sampai ke tangan sipil dan nasib dunia diserahkan pada beberapa orang tak disangka-sangka untuk menjaga planet ini agar tidak jatuh ke dalam kekacauan sekali lagi.

5. Mobile Suit Gundam Wing

Mobile Suit Gundam Wing
  • Rilis: 1995-1996
  • Episode: 49

Gundam Wing mungkin adalah paparan pertama yang dimiliki kebanyakan orang di luar Jepang terhadap serial Gundam.

Judul yang menemukan kesuksesan yang jauh lebih besar di mata internasional daripada di Jepang dan merupakan entri yang mempopulerkan Gundam.

Mengikuti pemberontak kolonial yang meluncurkan “Operasi Meteor,” mengirim lima mobile suit yang kuat ke Bumi untuk membalas dendam.

Satu Gundam, yang pilotnya Heero Yuy, terpaksa melakukan pendaratan darurat ke laut dan ditemukan oleh Relena Peacecraft, putri seorang politisi pencari perdamaian. Pertemuan ini akan memiliki dampak besar pada kehidupan mereka, serta kehidupan di Bumi dan di koloni luar angkasa.

Penulisan ceritanya mungkin agak lain dengan seri Gundam yang lebih klasik, tetapi tetap menjadi salah satu anime Gundam terbaik dan favorit banyak penggemar.

6. Mobile Suit Gundam Seed

  • Rilis: 2002-2005
  • Episode: 50, 50 (Destiny)

Gundam Seed adalah upaya modern untuk mencontoh kesuksesan dari Gundam Wing yang populer dan seri Gundam klasik.

Sayangnya, sekuelnya Destiny gagal memenuhi potensi ini. Namun, Gundam Seed sendiri tetap menjadi pemenang soal animasi.

Gundam Seed adalah tempat yang bagus untuk penggemar baru yang mencari judul Gundam yang berdiri sendiri.

7. Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00
  • Rilis: 2007-2008
  • Episode: 25 (Season 1), 25 (Season 2)

Gundam 00 berpusat pada organisasi paramiliter Celestial Being. Mereka adalah satu-satunya yang memiliki Gundam dan berusaha menggunakan kekuatan itu untuk memberantas perang di tingkat global.

Serial ini menampilkan kualitas animasi tingkat atas, juga merupakan seri Gundam pertama yang dianimasikan dalam definisi tinggi.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an

Mendapat penerimaan kritis yang positif untuk visual dan ceritanya, Gundam 00 sering disebut sebagai yang terbaik dan merupakan judul yang bagus bagi penggemar baru untuk bergabung dengan seri.

8. Gundam Unicorn

Gundam Unicorn
  • Rilis: 2010-2014
  • Episode: 7

Awalnya sebuah novel yang ditulis oleh Harutoshi Fukui, Gundam Unicorn diadaptasi menjadi serial anime. Merupakan entri terakhir ke garis waktu Universal Century ketika serial asli tahun 1979 terjadi.

Cerita terjadi 16 tahun setelah One Year War saat manusia mulai benar-benar menguasai ruang angkasa. Sebuah kelompok anti-Federasi menghancurkan stasiun luar angkasa pemukiman.

Kemudian Banagher Links, seorang anak laki-laki yang tampaknya normal, memasuki konflik ketika dia menyadari hubungannya dengan barang berbahaya bernama Laplace’s Box.

Gundam Unicorn memiliki nilai produksi tertinggi di seluruh waralaba dan menjadikannya tontonan yang layak dinikmati sebagai salah satu anime Gundam terbaik.

9. Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphan

Iron Blooded Orphan anime gundam terbaik
  • Rilis: 2015-2017
  • Episode: 25 (Season 1), 25 (Season 2)

Iron Blooded Orphans adalah salah satu entri yang lebih gelap dan merupakan anime Gundam terbaik. Membahas tema-tema berat seperti perbudakan, tentara anak-anak, dan neo-kolonialisme.

Tiga ratus tahun setelah konflik yang dikenal sebagai Calamity War, Mars dijajah oleh manusia. Namun, banyak negara Mars hidup dalam kemiskinan dan sepenuhnya bergantung pada kekuatan Bumi.

Plot dimulai ketika wanita bangsawan Mars Kudelia Bernstein menaikkan sebuah perusahaan keamanan untuk mengangkutnya ke Bumi, di mana dia berharap untuk menegosiasikan kemerdekaan bangsanya Chryse. Namun militer Bumi menyerang mereka.

Semuanya tampak putus asa sampai sang protagonis, yatim piatu bernama Mikazuki Augus, memasuki pertempuran dengan mengendarai Gundam kuno yang telah diperbaiki. Laju aksi yang cepat dan alami serta pemeran karakter disukai membuat yang Gundam ini patut dicoba.

10. Mobile Suit Gundam Hathaway

Mobile Suit Gundam Hathaway anime gundam terbaik
  • Rilis: 2021-
  • Episode: 3 Film

Judul paling baru dari serial Gundam, yang termasuk dalam semesta Universal Century.

Berlatar dua belas tahun telah berlalu sejak berakhirnya Neo Zeon War kedua dalam Char’s Rebellion.

Dunia masih dalam situasi kacau ketika konflik militer terus-menerus pecah. Pemerintah Earth Federation lebih korup dari sebelumnya, dan pemerintahannya tak hanya mempercepat polusi Bumi, tetapi juga menerapkan kebijakan “Man Hunting” yang tidak manusiawi.

Organisasi pemerintah anti-Federasi Mafty, telah mengambil sikap menentang korupsi yang terjadi. Mafty melakukan aksi terorisme yang ganas, membunuh pejabat tinggi pemerintah Federasi satu demi satu, tetapi mendapatkan dukungan dari masyarakat yang semakin menentang pemerintah Federasi.

Orang yang menyebut dirinya “Mafty” dan memimpin organisasi ini adalah Hathaway Noa, putra Bright Noa, seorang perwira Pasukan Earth Federation yang pernah berpartisipasi dalam One Year War.

Dengan pengetahuan langsung tentang cita-cita dan ideologi Amuro Ray dan Char Aznable, ia telah menjadi seorang yang mengikuti jejak mereka, dan berencana untuk membuka jalan ke depan melalui perlawanan bersenjata.

Nasibnya, berubah secara drastis saat ia bertemu dengan perwira Pasukan Federasi Kenneth Sleg dan seorang gadis cantik misterius bernama Gigi Andalucia.


Berbagai anime Gundam terbaik bisa kamu tonton secara gratis dan legal lewat saluran resmi GundamInfo di YouTube.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

3 Comments

  1. The Best Gundam menurut gue dari segi cerita 0079, 0080, Hathaway. Nggak terlalu panjang ceritanya tapi bagus.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *