Urutan Nonton Anime .hack Series

Jauh sebelum Sword Art Online dan Re:Zero, serial anime .hack sangat terinspirasi oleh mekanisme video game terutama RPG fantasi, dan ini menjadi fondasi untuk anime Isekai modern.

Dirilis pada tahun 2002, seri .hack mengambil langkah berani dalam hal pembangunan dunia dalam genre Isekai. Sayang sekali anime ini tertimbun di lautan anime musiman dan tak terlalu dikenal di kalangan penonton anime modern.

Soundtracknya indah dan memiliki bisikan disonansi dan nostalgia yang konstan, menguraikan nada gelap anime dengan sangat menawan.

Animasinya cukup bagus dan berisi pertempuran bos yang menarik. Meski ceritanya mungkin tampak klise pada awalnya, .hack harus ditonton!

1. .hack//Sign (2002)

.hack//Sign anime
Episode26
TayangSpring 2002

Peringkat: 4 dari 5.

Seorang wavemaster muda, hanya dikenal dengan alias Tsukasa, terbangun dalam MMORPG bernama The World, dengan amnesia.

Di The World, dia dicurigai sebagai hacker Crimson Knights, karena dia terlihat menemani karakter tweak berupa kucing. Tidak dapat log off dari permainan, dia berkeliaran mencari jawaban, menghindari para ksatria dan pemain lain yang dia temui di sepanjang jalan.

Saat Tsukasa menjelajahi The World, ia menemukan benda ajaib yang menjanjikan perlindungan dari semua bahaya.

Subaru, pemimpin Crimson Knights, bersama dengan beberapa pemain lain yang berkenalan dengan Tsukasa, berangkat untuk menyelidiki mengapa Tsukasa tidak dapat keluar, dan berusaha untuk menyelesaikan masalah sebelum makin rumit.

2. .hack//Liminality (2002)

.hack//Liminality
Episode4
TayangSummer 2002

Peringkat: 3 dari 5.

Saat memainkan MMORPG yang baru dirilis ‘The World’, Minase Mai dan Tomonari Kasumi pingsan di dunia nyata dan dikirim ke rumah sakit setelah mendengar suara misterius.

Hanya Mai yang pulih sementara temannya Kasumi mengalami koma misterius. Mai kemudian didekati oleh pencipta ‘The World’, Tokuoka Junichiro.

Ia mengungkapkan kepadanya bahwa seperti temannya, enam pemain lain di seluruh negeri juga pingsan saat bermain ‘The World’ dan sekarang dalam keadaan koma yang misterius.

Apa sebenarnya ‘The World’ itu, suara misterius apa yang terus didengar Mai, dan mengapa orang-orang mengalami koma dari game ini?

Minase, Junichiro dan kenalan mereka berangkat untuk menyelesaikan masalah ini sebelum kerusakan lebih lanjut terjadi.

3. .hack//Legend Of The Twilight (2003)

.hack//Legend Of The Twilight
Episode12
TayangWinter 2003

Peringkat: 3 dari 5.

Memenangkan karakter legendaris “Kite” dan “Black Rose” dari sebuah acara yang diadakan oleh pencipta MMORPG ‘The World’, Shugo dan saudara kembarnya Rena melangkah ke ‘The World’.

Bersama-sama mereka menyelesaikan acara dan pencarian, bersama dengan teman baru mereka Ouka, Mirelle, Hotaru dan Sanjuro.

Segera setelah itu, monster misterius muncul, dan kematian oleh monster ini menyebabkan pemain mengalami koma di dunia nyata.

Hanya Shugo dan Rena yang dapat menyelesaikan masalah ini, tetapi mengapa mereka menjadi sasaran, dan rahasia apa yang disembunyikan game tersebut?

4. .hack//Roots (2006)

.hack//Roots
Episode26
TayangSummer 2006

Peringkat: 3 dari 5.

Setelah penghancuran “The World” pada tahun 2015, CC Corporation membangun kembali game tersebut menggunakan data dari apa yang sebelumnya menjadi game lain.

“The World R:2” kemudian dirilis pada tahun 2016. Seorang pendatang baru dalam permainan, Haseo, langsung di-PK dan kemudian dihidupkan kembali oleh seorang pria misterius yang dikenal sebagai Ovan.

Dengan masalah PK yang menempati permainan, Haseo segera menerima bantuan dari Harvest wanita yang dikenal sebagai Shino.

Di tengah rasa ingin tahu dan kebingungan, Haseo dituntun untuk bergabung dengan guild yang dikenal sebagai Twilight Brigade. Guild yang mencari benda legendaris yang dikenal sebagai “Key of the Twilight”.

Berlatar sebelum permainan .hack//G.U.

5. .hack//G.U. Returner (2007)

.hack//G.U. Returner
Episode1
TayangWinter 2007

Peringkat: 3 dari 5.

Karakter dari game .hack//G.U. sebelumnya dan .hack//Roots menerima email dari Ovan. Dia meminta mereka untuk pergi ke Festival Terlarang Tersembunyi di mana diadakan festival musim panas yang misterius.

Di sana mereka menemukan AIDA Chim Chim yang ingin hidup berdampingan secara damai dengan para pemain The World lainnya.

Itu kemudian berubah menjadi kata “Pengembalian”, sehingga mereka menganggap itu berarti bahwa Ovan akan kembali ke The World.

6. .hack//G.U. Trilogy (2008)

hack//G.U. Trilogy
Episode1 Film
TayangSpring 2008

Peringkat: 3 dari 5.

Film anime CGI ini berlatar di jalan cerita masing-masing trilogi game .hack//G.U..

Ceritanya mengikuti Haseo, seorang pemain MMORPG online bernama The World: R2 pada awalnya digambarkan sebagai PKK (Player Killer Killer) yang dikenal sebagai “Terror of Death”, mantan anggota guild Twilight Brigade yang dibubarkan.

Haseo bertemu Azure Kite (percaya dia menjadi Tri-Edge dan menyalahkan dia atas apa yang terjadi pada Shino) tapi putus asa kalah.

Azure Kite dengan mudah mengalahkan Haseo dan melakukan Data Drain, mengurangi levelnya dari 133 menjadi 1 dan meninggalkannya tanpa item, senjata, atau alamat anggota. Dia dibiarkan dengan misteri di tangannya tentang sifat Data Drain dan mengapa Azure Kite memiliki keterampilan seperti itu.

Akhirnya Haseo mendapatkan “Avatar” dari Skeith. Memperoleh kemampuan untuk memanggil Skeith dan menggunakan kemampuannya, seperti Data Drain. Dengan Skeith sebagai kekuatannya, Haseo memulai pencarian cara untuk menyelamatkan Shino.

Dia terlihat mencari PK (Player Killer) yang dikenal sebagai Tri-Edge, yang korbannya diduga tidak dapat kembali ke Dunia setelah dia PK mereka.

Teman Haseo, Shino, diserang enam bulan sebelum peristiwa permainan oleh Tri-Edge, dan pemain itu sendiri, Shino Nanao, mengalami koma.

7. .hack//Quantum (2011)

.hack//Quantum
Episode3
TayangWinter 2011

Peringkat: 3 dari 5.

Tobias, Mary, dan Sakuya menantang “The One Sin” yang tak tertembus, tetapi mereka tersesat di labirin dan secara tidak sengaja menjebak anggota guild lainnya.

Seekor kucing misterius mengawasi kesalahan mereka. Apakah itu karakter pemain lain atau NPC?

8. .hack//The Movie: Sekai no Mukou ni (2012)

.hack//The Movie: Sekai no Mukou ni
Episode1 Film
TayangWinter 2002

Peringkat: 3 dari 5.

Pada tahun 2024, jaringan komputer berlaku sepanjang kehidupan sehari-hari.

Sora Yuuki adalah seorang gadis berusia 14 tahun. Suatu hari, dia diundang ke game online “The World”. Setelah kecelakaan dalam permainan, dunia nyata mulai berubah bentuk.


Secara garis besar, serial .hack berputar di sekitar permainan bernama “The World.”

Semua musim sebelum .hack//Gift (OVA) berlatar di dunia yang sama, sedangkan musim setelahnya, didasarkan pada revisi selanjutnya dari “The World.”

Semua judul mengikuti petualangan berbagai karakter yang memainkan permainan, dan menyelesaikan berbagai pencarian.

Selamat menonton ya, bagi yang punya pertanyaan atau ingin berdiskusi boleh di kolom komentar.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *