Urutan Nonton Anime Hunter x Hunter

Hunter x Hunter adalah anime shounen yang diadaptasi dari serial manga karya Yoshiro Togashi yang sudah berjalan lama, yang dimulai pada tahun 1998 dan masih belum berakhir. Keberhasilan manga ini memunculkan adaptasi anime pertama pada tahun 1998 dan satu lagi pada tahun 2011.

Versi 1999 dari serial anime Hunter x Hunter memiliki total 92 episode, termasuk Original Video Animations (OVA), sedangkan versi 2011 ditayangkan hingga 2014 dan berjumlah 148 episode disertai dua film yang merupakan cerita sampingan.

Kedua versi menceritakan kisah yang sama dimulai dari titik yang sama, tidak seperti serial anime Fullmetal Alchemist yang memiliki dua versi yang memiliki perbedaan cerita yang banyak.

Hunter x Hunter Versi 1999

1. Hunter x Hunter (1999)

Hunter x Hunter
JudulHUNTER×HUNTER
Episode62
Tayang1999-2001

Peringkat: 4.5 dari 5.

Ceritanya mengikuti petualangan Gon yang menemukan bahwa ayahnya yang dikatakan sudah meninggal tidak benar-benar mati tetapi adalah seorang Hunter legendaris. Alih-alih merasa sedih, Gon memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya dan menjadi Hunter yang hebat.

Pekerjaan Hunter tidak mudah, dan Gon harus lulus ujian untuk menjadi Hunter resmi. Dia berteman dalam perjalanan ini dengan Killua, Kurapika serta Leorio, dan mereka semua harus saling membantu mengatasi rintangan apa pun.

Adaptasi anime versi 1999 yang digarap Nippon Animation ini memiliki penyajian yang jauh lebih baik dari 2 arc pertama. Seperti khas anime jadul, ada episode filler yang sangat menghibur dan anime secara keseluruhan memiliki nada yang lebih serius daripada versi yang baru.

Serial anime Hunter x Hunter versi ini pernah ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional Indonesia. Salah satu yang paling ikonik adalah lagu opening versi dub yang dibawakan vokalis band Padi.

Baca juga: 21 Anime Jadul yang Pernah Tayang di TV7

2. Hunter x Hunter: Yorknew City (2002)

Hunter x Hunter: Yorknew City
JudulHUNTER×HUNTER OVA
Episode8
TayangWinter 2002

Peringkat: 4 dari 5.

Setelah bertemu kembali dengan Gon dan teman-temannya, Kurapika menjelaskan kepada mereka risiko yang ditanggungnya karena kemampuannya.

Percaya bahwa target balas dendamnya telah mati dan pencarian mata rekannya yang dibunuh benar-benar dapat dimulai, Kurapika segera menerima pesan yang memberitahukan bahwa semua Spider masih hidup.

Setelah banyak diskusi antara teman-temannya, Gon, Kurapika dan teman-temannya memutuskan untuk memburu salah satu anggota Spider yang kemampuannya pada akhirnya bisa mengakibatkan kekalahan dan kematian Kurapika.

3. Hunter x Hunter: Greed Island (2003)

HUNTER×HUNTER: Greed Island
JudulHUNTER×HUNTER: Greed Island
Episode8
TayangWinter 2003

Peringkat: 3.5 dari 5.

Setelah pertempuran dengan Spider, pencarian Ging berlanjut saat Gon dan Killua memutuskan untuk sekali lagi mencoba membeli game langka “Greed Island”.

Namun, Gon datang dengan rencana yang lebih baik, yaitu menjadi sukarelawan untuk menyelesaikan permainan untuk miliarder yang memilikinya.

Tetapi beberapa pelatihan harus dilakukan, karena kemampuan Gon dan Killua masih dalam tahap pengembangan dan “Greed Island” bukanlah permainan yang mudah untuk dimainkan oleh siapa saja.

Ini adalah permainan terkenal yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian seseorang.

4. HUNTER×HUNTER: Greed Island Final (2004)

HUNTER×HUNTER: Greed Island Final
JudulHUNTER×HUNTER G・I Final
Episode14
TayangSpring 2004

Peringkat: 3.5 dari 5.

Melanjutkan petualangan mereka di Greed Island, Gon dan Killua berlatih keras di bawah bimbingan Biscuit untuk persiapan yang lebih baik dalam mencoba permainan.

Dengan kemampuan mereka yang meningkat pesat dan ancaman pembunuh pemain yang mengancam Greed Island, Gon dan rekan-rekannya melanjutkan permainan meskipun ada bahaya yang akan mereka hadapi dengan aktivitas permainan dan pertemuan dengan pemain lain.

Hunter x Hunter Versi 2011

1. Hunter x Hunter (2011)

Hunter x Hunter (2011)
JudulHUNTER×HUNTER (2011)
Episode148
Tayang2011-2014

Peringkat: 4 dari 5.

Adaptasi anime Hunter x Hunter kali ini ditangani studio Madhouse yang banyak dipuji.

Animasi dari serial anime Hunter x Hunter ini begitu halus, menakjubkan dan menjadi lebih baik seiring perkembangan seri. Di versi ini juga menggunakan lebih banyak komedi daripada versi yang lebih lama.

Versi 2011 ini mengikuti lebih dekat ke manga, hampir kata demi kata. Jadi jika kamu lebih suka menonton anime yang paling sesuai dengan manga, versi yang lebih baru adalah yang terbaik.

2. Hunter x Hunter: Phantom Rouge (2013)

Hunter x Hunter: Phantom Rouge
JudulHUNTER×HUNTER: Phantom Rouge
Episode1 Film
TayangWinter 2013

Peringkat: 4 dari 5.

Kurapika menjadi Hunter untuk membalas dendam pada kelompok kejahatan Kelas-A Phantom Troupe yang membantai klannya karena mata mereka yang unik.

Mata klan Kurta berubah merah pada saat marah atau agitasi emosional dan dianggap sebagai harta yang paling indah di dunia.

Kurapika terus mengejar Phantom Troupe tetapi pihak tak dikenal telah mencuri “mata merahnya”. Dengan bantuan Gon, Killua dan Leorio, nyawa Kurapika terselamatkan.

Namun, Phantom Troupe muncul di depan mereka dan menghalangi jalan mereka. Identitas sebenarnya dari seseorang dengan tato laba-laba No.4 akan segera terungkap.

3. Hunter x Hunter: The Last Mission (2013)

Hunter x Hunter: The Last Mission
JudulHUNTER×HUNTER: THE LAST MISSION
Episode1 Film
TayangFall 2013

Peringkat: 4 dari 5.

Hunter terkuat yang pernah ada di Asosiasi Hunter dibagi menjadi “terang” dan “gelap”, dan masing-masing berjalan di jalurnya masing-masing.

Sisi “gelap” mulai bergerak untuk membantai semua Hunter! Tindakan apa yang akan dilakukan Gon ketika banyak kejahatan Netero dan Asosiasi Hunter terungkap?


Berikut ini daftar urutan arc dengan nomor chapter serta perbandingan episode antara anime versi 1999 dengan 2011 sejauh ini:

ArcChapter MangaEps (1999)Eps (2011)
Hunter Exam 1-38 1-31 1-21
Zoldyck Family 39-43 32-36 22-26
Heavens Arena 44-63 37-44 27-36
Yorknew City 64-119 45-70 37-58
Greed Island 120-185 71-9259-75
Chimera Ant 186-318 76-136
Hunter Chairman Election 319-339 137-148
Dark Continent 340-348
Succession Contest349-390

Jadi ada jalan keluar lainnya yaitu dengan menyelesaikan anime versi 1999, kemudian menonton yang versi baru dari episode 75, ketimbang memulai dari awal. Perlu diingat bahwa gaya animasinya sangat berbeda, dan jika kamu kurang menikmati transisi begini, lebih baik tonton saja anime 2011 dari awal.

Saat ini manga Hunter x Hunter masih hiatus, tapi Yoshihiro Togashi lewat Twitter mengabarkan kalau cerita lanjutan sedang dalam proses pembuatan.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *