10 Anime Isekai 1990-an, Permata Tersembunyi dan Terlupakan

Coba pikirkan anime dengan cerita kalau protagonis utama pindah ke dunia lain, baik itu fantasi atau virtual, saya yakin kamu dapat menyebutkan lebih dari beberapanya. Dalam sepuluh tahun terakhir, beberapa anime paling populer adalah isekai. Ini termasuk anime seperti Sword Art Online, Re:Zero, dan Tensura.

Melihat rilis anime selama beberapa tahun terakhir, orang-orang tampaknya cukup muak dengan dunia. Mungkin itu sebabnya mereka terus mengkhayal agar bisa pergi ke dunia yang baru. Booming anime isekai tak menunjukkan tanda-tanda melambat. Pada tahun 2016, sebuah kontes cerita pendek populer yang diadakan di Jepang bahkan melarang entri isekai karena jumlahnya yang sangat banyak.

Meski sulit untuk menentukan awal yang tepat dari genre pada umumnya, dekade terakhir tentu saja telah memperkenalkan lusinan kisah fantasi yang membuat ketagihan ini, dengan setiap musim baru membawa kumpulan judul baru lainnya.

Tema protagonis yang dipindahkan ke dunia lain bukanlah hal baru. Faktanya, film seperti The Wizard of Oz dan Alice in Wonderland cocok dengan model ini. Meski istilah isekai dalam genre anime belum muncul sampai tahun 2000-an, banyak dari seri ini muncul sebelumnya.

Tahun 1990-an membawa kisah-kisah soal pindah ke dunia lain yang mengesankan, banyak di antaranya sayangnya terlewatkan. Maka saatnya untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, dan bertualang ke dunia alternatif saat kamu melakukannya.

1. Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth anime isekai 1990
Episode12
TayangFall 1994
StudioTokyo Movie Shinsha

Peringkat: 4.5 dari 5.

Magical girl lucu dengan elemen RPG tersapu ke tanah ajaib untuk menyelamatkan Putri yang diculik, dan menyelamatkan dunia menggunakan robot raksasa? Sulit untuk menentukan bagian mana dari kalimat itu yang paling kita sukai.

Meski seri fantasi dari CLAMP ini terlihat manis dari luar, ini sedikit lebih gelap dari yang kamu harapkan, dengan gadis jagoan ini tidak hanya menikmati kemampuan baru mereka, tetapi membawanya sebagai beban berat sepanjang petualangan tak terduga mereka. Harapkan beberapa krisis eksistensial dan kisah menarik yang tidak akan segera kamu lupakan.

Magic Knight Rayearth ini adalah anime jadul yang pernah ditayangkan di RCTI. Saya masih ingat lagu pembukanya dalam dub Indonesia, “Hembusan angin ikuti langkahku, pilu mendengar doa Putri Emerald.”

Hikaru Shido, Umi Ryuzaki, dan Fuu Hooji adalah tiga siswi biasa yang bertemu saat karyawisata ke Tokyo Tower. Tiba-tiba mereka diliputi oleh cahaya terang dan melihat penampakan Putri Emeraude yang memohon bantuan mereka.

Setelah itu, mereka tiba-tiba diangkut ke dunia Cephiro di atas punggung seekor ikan terbang raksasa. Di sana, mereka diberitahu oleh Master Mage Clef bahwa mereka harus menyelamatkan Emeraude dengan menjadi Ksatria Sihir.

Setelah itu, para gadis berangkat untuk menyelamatkan sang putri sambil mempelajari rahasia kekuatan baru mereka.

Baca juga: 12 Anime Magical Girl Terbaik Sepanjang Masa

2. Himiko-Den (Legend of Himiko)

Himiko-Den (Legend of Himiko)
Episode12
TayangWinter 1999
StudioGroup TAC

Peringkat: 4.5 dari 5.

Bangsa Yamatai diserang oleh kerajaan Kune. Dalam upaya untuk menyelamatkan bangsa mereka, orang-orang Yamatai mengirim enam calon ratu ke seluruh negeri.

Orang-orang yang bertanggung jawab untuk memilih ratu bersembunyi di liontin ajaib. Liontin ini ditempatkan di leher seorang gadis yang baru lahir bernama Himiko dan dia dikirim ke masa depan untuk hidup relatif aman.

Bertahun-tahun kemudian, saat berkeliaran di sekitar penggalian arkeologi, liontin Himiko aktif. Ini mengirim dirinya dan temannya, Kutani, kembali ke Jepang kuno. Saat keduanya menemukan rahasia liontin itu, mereka berangkat untuk menyatukan kembali enam kandidat ratu dan menyelamatkan kerajaan.

3. Fushigi Yugi

Fushigi Yugi anime isekai 1990
Episode52
TayangSpring 1995
StudioPierrot

Peringkat: 4 dari 5.

Dua sahabat Miaka Yuuki dan Yui Hongo menemukan sebuah buku Cina kuno yang aneh di perpustakaan Tokyo.

Membuka buku itu membawa kedua gadis itu ke dunia yang asing. Setelah pertemuan menakutkan dengan beberapa bandit, mereka diselamatkan oleh penyelamat misterius bernama Tamahome. Setelah itu, Yui tiba-tiba dibawa kembali ke dunia nyata.

Masih terdampar di tanah yang tidak dikenal, Miaka meminta Tamahome untuk membantunya menemukan jalan pulang. Dan setelah mengalami masalah, pasangan itu bertemu dengan kaisar negeri itu, Hotohori.

Hotori memberi tahu Miaka bahwa dia adalah pendeta yang diramalkan dari dewa pelindung kerajaan Suzaku, dan bahwa dia harus menemukan tujuh Prajurit Surgawi milik dewa. Dan melalui petualangan mereka, romansa pemula berkembang antara Miaka dan Tamahome.

Serial anime Fushigi Yugi yang digarap Studio Pierrot ini pernah ditayangkan di TPI (kini MNCTV).

4. Vision of Escaflowne

Episode26
TayangSpring 1996
StudioSunrise

Peringkat: 4.5 dari 5.

Bahkan jika kamu belum pernah melihat puncak cerita fantasi ini, namanya mungkin sudah tidak asing lagi. Perpaduan shojo dan mecha yang hebat, ceritanya mengikuti Hitomi, seorang siswa sekolah menengah yang diangkut ke planet Gaea setelah bertemu dengan Van yang misterius.

Dilemparkan ke tanah yang dilanda perang, dia mendapati dirinya dipenuhi dengan kekuatan meramal, menjadikannya kunci untuk membantu menyelamatkan dunia dari kekaisaran Zaibach yang jahat. Jika robot ajaib raksasa dan karakter membumi adalah milik kamu, tidak ada alasan untuk melewatkannya.

Meski dibuat pada tahun 1996, gaya animasinya yang cair garapan Studio Sunrise bertahan hingga hari ini, dengan latar belakang yang begitu dinamis, kamu akan berpikir bahwa kamu benar-benar menjalani fantasi isekai Anda.

Hitomi Kanzaki, siswi berusia 15 tahun, dunianya terbalik pada malam seorang anak laki-laki bernama Van Fanel tiba-tiba muncul dari langit. Sayangnya, seekor naga ganas mengikuti bocah itu, dan dia berhasil membunuh naga itu setelah mengikuti firasat dari Hitomi.

Segera terungkap bahwa Van adalah pangeran dari Kerajaan Fanelia. Dan bersama-sama, Hitomi dan Van melawan pasukan penyerang dari kerajaan jahat Zaibach.

Baca juga: 10 Anime Mecha 1990-an Terbaik

5. El Hazard

El Hazard anime isekai jadul 1990
Episode26
TayangFall 1995
StudioAIC

Peringkat: 4 dari 5.

Tiga siswa sekolah menengah dan guru Sejarah mereka secara misterius berpindah ke dunia El-Hazard. Di sana, mereka menemukan diri mereka dilemparkan ke dalam konflik antara bangsa manusia dan suku insektoid.

Anehnya, masing-masing dari empat orang dari bumi menerima kemampuan khusus yang membantu mereka menavigasi dunia.

Dengan kekuatan ini, keempat protagonis menemukan diri mereka memainkan peran sentral dalam konflik yang mengganggu dunia.

6. Ima, Soko ni Iru Boku (Now and Then, Here and There)

Ima, Soko ni Iru Boku (Now and Then, Here and There)
Episode13
TayangFall 1999
StudioAIC

Peringkat: 3.5 dari 5.

Jika kamu mencari anime isekai paling gelap dalam daftar ini, Now and Then, Here and There jauh dari cerita yang menyenangkan. Faktanya, ini mungkin satu-satunya dunia isekai yang tak ingin kamu masuki.

Protagonis kita yang menginspirasi dan pemberani Shu adalah apa yang kamu inginkan dalam karakter utama, siap untuk tantangan dan tidak pernah ada kata mundur. Tapi setelah menyelamatkan seorang gadis misterius bernama Lala-Ru dalam perjalanan pulang dari sekolah, dia terbangun di dunia gurun yang suram yang dipenuhi dengan tentara anak-anak yang berjuang untuk bertahan hidup.

Saat mencoba untuk campur tangan, Shu secara tidak sengaja diangkut ke gurun yang aneh dan dipenjara di kapal perang. Shu dipukuli dan diinterogasi berulang kali dan ini hanyalah awal dari mimpi buruknya yang baru.

7. Elf wo Karu Mono-tachi (Those Who Hunt Elves)

Elf wo Karu Mono-tachi (Those Who Hunt Elves) anime isekai 1990
Episode12
TayangFall 1996
StudioGroup TAC

Peringkat: 3.5 dari 5.

Jika kamu mencari fanservice dan komedi, Those Who Hunt Elf adalah antidepresan yang sering dilupakan. Mengikuti tiga karakter utama unik yang mencoba kembali ke Jepang setelah berpindah ke dunia yang tidak dikenal.

Seorang pendeta Elf memiliki kemampuan untuk mengirim mereka pulang, tetapi sihirnya terganggu, memimpin pahlawan manusia kita untuk melintasi negeri itu, mencari bagian dari mantranya yang hilang.

Untungnya, sebuah tank diangkut bersama mereka. Jadi trio petualang berangkat untuk melacak fragmen mantra itu. Sepanjang jalan, mereka bertemu dengan pelaku kejahatan yang mengganggu pencarian mereka.

Fanservice terletak pada mantra sang elf, yang memiliki kecenderungan untuk melekatkan dirinya ke dalam kulit elf. Artinya sangat perlu untuk membuat setiap elf yang mereka temukan menjadi telanjang. Ya, benar-benar.

Ada fakta menarik soal Those Who Hunt Elves yaitu ini adalah salah satu dari 38 pertunjukan yang merupakan bagian dari larangan anime 2015 oleh China.

8. Digimon Adventure

Digimon Adventure anime isekai 1990an
Episode54
TayangSpring 1999
StudioToei Animation

Peringkat: 4 dari 5.

Yang ini mungkin menekan tombol nostalgia untuk beberapa orang, meski Digimon sayangnya mendapat ejekan karena dianggap sebagai rip-off Pokemon. Namun, terlepas dari perbandingan negatif ini, Digimon Adventure adalah anime isekai yang solid dari tahun 1990-an.

Bahkan, dapat dikatakan bahwa Digimon Adventure telah bertahan jauh lebih baik selama bertahun-tahun.

Digimon Adventure mengikuti tujuh anak yang berpindah dari perkemahan musim panas mereka ke dunia lain bernama Digital World, di mana mereka bertemu “Digimon.” Anak-anak memulai perjalanan dan penemuan diri saat mereka berusaha menemukan jalan pulang.

9. NG Knight Ramune & 40

NG Knight Ramune & 40 anime isekai
Episode38
TayangSpring 1990
StudioAshi Productions

Peringkat: 3.5 dari 5.

Lamune yang masih kelas 4 suka bermain video game. Setelah hari yang berat di sekolah, dia membeli game yang disebut “King Scasher” dari seorang gadis misterius dalam perjalanan pulang.

Setelah mengalahkan permainan, gadis misterius yang sama muncul, meminta bantuannya, dan mengungkapkan dirinya sebagai Putri Susu. Lamune juga menemukan bahwa dia adalah kerabat darah dari pahlawan Lamuness.

Dia segera setelah diseret ke dunia Hara-Hara untuk menyelamatkannya dari Don Harumage yang jahat. Untuk melakukan ini, dia harus menghidupkan kembali Ksatria Penjaga.

10. Monster Rancher

Monster Rancher anime isekai
Episode48
TayangSpring 1999
StudioTMS Entertainment

Peringkat: 3.5 dari 5.

Monster Rancher adalah anime isekai 1990-an lainnya dengan elemen video game, dan punya elemen ala Pokemon.

Ceritanya mengikuti seorang anak laki-laki bernama Genki Sakura, yang merupakan pemain kunci dari video game Monster Rancher. Setelah memenangkan turnamen yang diselenggarakan oleh pembuat game, Genki memenangkan CD khusus yang dapat ia gunakan untuk membuka kunci monster khusus dalam gimnya di rumah.

Namun, setelah menggunakan disk ini di konsol gimnya, ia menemukan dirinya berpindah ke dunia monster seperti dalam. Di sana, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Holly dan teman monsternya Suezo, yang sedang mencari piringan batu berisi Phoenix legendaris yang akan menyelamatkan negeri itu dari tirani penguasa jahat bernama Moo.

Setelah mencoba menggunakan disk yang Genki menangkan untuk mencoba dan melepaskan monster itu, mereka memunculkan monster yang berbeda, yang Genki beri nama Mocchi. Ingin membebaskan tanah dari kekuasaan Moo, Genki, Holly, Mocchi, dan Suezo berangkat untuk menemukan Phoenix.

Batu Ajaib membawa mereka ke Golem, Tiger, dan Hare, yang masing-masing memiliki motivasi untuk bergabung dengan grup dalam perjalanan mereka untuk menemukan Phoenix.

Monster Rancher merupakan anime yang pernah tayang di SCTV.


Nah itu tadi beragam anime isekai era 1990-an yang bisa masuk daftar tontonan kamu selanjutnya.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dan menarik dari Kearipan, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *