10 Anime Isekai Terbaik Menurut Penggemar Jepang

Dari anime mecha surealis 1980an karya pencipta Gundam, anime shoujo 1990an, satu film Studio Ghibli favorit, sampai serial terbaru yang merayakan beragam klisenya, daftar anime isekai terbaik ini seakan menampilkan sejarah panjang dan menarik genre ini.

Isekai sebenarnya adalah istilah yang multifungsi. Secara harfiah itu berarti “dunia lain,” tetapi dipakai untuk menggambarkan genre anime isekai ketika karakter utama, umumnya orang biasa dalam realitas kita, dibawa ke dunia fantasi alternatif yang ajaib.

Tentu saja, alasan mengapa isekai mengambil makna khusus anime ini adalah karena ia menjadi salah satu kategori anime paling populer. Tapi genre populer juga genre yang ramai, jadi anime isekai mana yang terbaik dari yang terbaik?

Itulah pertanyaan yang diajukan portal Internet Jepang Goo Ranking kepada penggunanya, mengumpulkan 2.225 suara untuk membuat daftar 10 teratas berikut.

10. Magic God Hero Legend Wataru

Magic God Hero Legend Wataru anime isekai jadul
  • Episode: 45
  • Tayang: 1988-1989
  • Studio: Sunrise

Meskipun seri isekai saat ini lebih populer dari sebelumnya, akar genre sebenarnya berada cukup jauh.

Wataru hadir sebelum ledakan popularitas internasional anime. Meski begitu, Wataru makin populer di luar negeri ketika adaptasi video game-nya mendapat rebranding menjadi Keith Courage in Alpha Zones.

Anime ini bercerita tentang Wataru Ikusabe yang secara ajaib dipindahkan ke alam magis para dewa yang disebut Soukaizan yang harus dia selamatkan. Dalam usahanya untuk menyelamatkan dunia, ia berhasil mengubah patung tanah liat menjadi Robot Super.

9. Aura Battler Dunbine

Aura Battler Dunbine anime isekai mecha
  • Episode: 49
  • Tayang: 1983-1984
  • Studio: Sunrise

Aura Battler Dunbine diadaptasi dari novel The Wings of Rean oleh sutradara Yoshiyuki Tomino, sang pencipta Gundam. Awalnya kisah isekai ini tak menyertakan mecha, namun ditambahkan ke anime atas permintaan sponsor.

Anime isekai jadul ini menceritakan Shou Zama remaja biasa dari Tokyo yang mendapati dirinya dipanggil ke dunia fantasi abad pertengahan Byston Well. Setelah tiba, ia dimasukkan ke dalam layanan di bawah Drake Luft, yang berusaha untuk memperluas kekuasaannya.

Shou yang berasal dari “Upper Earth” memiliki kekuatan aura yang kuat dan diperintahkan untuk mengemudikan “Aura Battler”, mecha berbentuk mirip serangga.

Namun, aliansi Shou dengan cepat berubah ketika dia bertemu Marvel Frozen, seorang gadis muda yang telah memutuskan untuk memberontak melawan agenda politik Drake.

8. Digimon Adventure

Digimon Adventure anime isekai
  • Episode: 54
  • Tayang: 1999-2000
  • Studio: Toei Animation

Mungkin ada ruang untuk perdebatan akademis soal apakah ranah digital Digimon secara teknis memenuhi syarat sebagai isekai.

Ketika sekelompok tujuh anak pergi ke perkemahan musim panas, tiba-tiba salju turun di bulan Juli. Dalam kebingungan yang mengikuti fenomena ini, mereka masing-masing menerima perangkat aneh yang membawa mereka ke dunia lain.

Segera setelah mereka bangun di dunia baru ini, mereka bertemu dengan makhluk aneh yang menyebut diri mereka “Digimon.”

7. Fushigi Yugi

fushigi yugi anime isekai jadul
  • Episode: 52
  • Tayang: 1995-1996
  • Studio: Pierrot

Selama kunjungan ke Perpustakaan Nasional, Miaka Yuuki dan Yui Hongo menemukan sebuah buku tua aneh yang membuat lampu merah, menyedot mereka ke dalam dunia asing. Premis Fushigi Yuugi ini sangat anime isaki, kan?

Meski menghadirkan beberapa adegan yang mengganggu, Fushigi Yuugi disiarkan pada pukul 6 malam selama ditayangkan di Jepang, slot waktu yang sekarang tidak lagi mengizinkan konten seperti itu.

6. Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation

Mushoku Tensei anime isekai
  • Episode: 11 (on going)
  • Tayang: 2021-
  • Studio: Bind

Rudeus Greyrat adalah seorang anak yang dibesarkan oleh pasangan Paul dan Zenith, dalam latar dunia fantasi abad pertengahan.

Sebenarnya anak ini adalah reinkarnasi dari seorang penggangguran yang jarang keluar rumah. Berbekal pengetahuan dari kehidupan lamanya, Rudeus tumbuh tidak seperti anak pada umumnya.

Sekilas Mushoku Tensei seperti anime isekai modern pada umumnya. Tetapi perkembangan karakter dan world building-nya adalah salah satu yang terbaik di antara serial isekai lainnya, dengan sisi komedi yang menyertainya.

5. That Time I Got Reincarnated as a Slime

Tensei shitara Slime Datta Ken
  • Episode: 24 (On going)
  • Tayang: 2018
  • Studio: 8bit

Sama seperti Mushokou Tensei, That Time I Got Reincarnated as a Slime adalah contoh tren isekai era modern ketika orang dewasa pecundang yang terlahir kembali di dunia fantasi.

Sebagai bagian dari transfer mereka ke dunia alternatif, memberi mereka pengalaman baru, mulai menemukan tujuan yang lebih dalam dan memenuhi potensi pribadi mereka yang sebenarnya.

Baca juga: 10 Anime Isekai Overpower

4. Spirited Away

sprited away anime ghibli
  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2001
  • Studio: Ghibli

Seperti halnya Digimon Adventure, film anime dari Hayao Miyazaki ini bukanlah anime yang langsung muncul di benak ketika kebanyakan penggemar mendengar kata “isekai.”

Mungkin itu ada hubungannya dengan lingkungan sekitarnya yang tampaknya tidak cukup besar untuk membentuk seluruh dunia alternatif. Namun, banyak elemen yang diperlukan untuk cerita isekai ada di film Ghibli ini.

Jika kita memasukkan Spirited Away ke dalam genre tersebut, karena sifatnya yang menjadi salah satu anime paling terkenal dengan campuran genre, masuk akal bahwa itu akan mendekati peringkat atas anime isekai terbaik.

3. Gate

gate anime isekai
  • Episode: 12
  • Tayang: 2015-
  • Studio: A-1 Picture

Dalam kebanyakan cerita isekai, hanya karakter utama, ditambah mungkin beberapa teman atau saingan, yang dibawa ke dunia alternatif.

Pemindahan itu sering kali tidak disengaja, dan jika mereka kembali ke dunia kita, mereka kesulitan meyakinkan siapa pun untuk mempercayai cerita mereka tentang apa yang terjadi.

Gate benar-benar berlawanan arah dengan membuat portal terbuka antara Jepang dan dunia fantasi, dan berfokus pada implikasi militer yang akan terjadi pada Pasukan Bela Diri Jepang.

2. The Twelve Kingdoms

twelve kingdom anime isekai
  • Episode: 45
  • Tayang: 2002-2003
  • Studio: Pierrot

Berdasarkan serial novel, The Twelve Kingdoms adalah contoh terbaik dari anime isekai klasik.

Baca juga: 20 Anime Adaptasi Novel

Arc pembukaannya mengikuti seorang gadis sekolah menengah yang berkonflik secara emosional bergulat dengan takdir dramatis yang telah menunggunya di dunia berbahaya yang masih dia perjuangkan untuk dipahami.

Sebuah epik besar, The Twelve Kingdoms memang datang dengan peringatan bahwa cerita anime hanya berhenti daripada berakhir. Serial yang tayang pada 2002 ini hanya mencakup sebagian dari konten novel pada waktu itu.

1. Re:Zero – Starting Life Another World

re zero isekai anime
  • Episode: 25 (On going)
  • Tayang: 2016-
  • Studio: White Fox

Berada paling atas di daftar anime isekai terbaik adalah Re:Zero, yang menawarkan titik plot sentral yang benar-benar memanfaatkan daya tarik “kesempatan kedua” yang merupakan inti dari banyak seri isekai.

Baca juga: Urutan Menonton Anime Re:Zero

Sebagai bagian dari pemanggilannya ke dunia lain, Subaru yang NEET berubah menjadi pahlawan dan memperoleh kemampuan untuk memundurkan waktu kembali ke sebelum kematiannya setiap kali dia terbunuh.

Kemampuan yang membiarkan dia menggunakan kombinasi pengalaman dan pengetahuan sebelumnya untuk melakukan hal-hal yang lebih baik di lain waktu.

Tinggalkan komentar