20 Anime Jadul yang Pernah Tayang di TV7

Masih ingat dengan stasiun televisi swasta nasional ini ketika masih berlogo angka tujuh dengan warna merah dan kuning? Di tahun 2000-an, TV7 terkenal berkat tayangan anime, Liga Inggris dan MotoGP.

Sebelum menjadi bagian Trans Media, sebagian besar saham TV7 adalah milik Kompas Gramedia di bawah Jacob Oetomo. Di masa ini, banyak anime yang dihadirkan. Biasanya diputar pada slot Magrib, dan tayang hampir tiap hari.

Bagi yang ingin nostalgia, berikut beragam anime jadul yang pernah tayang di TV7.

1. Jigoku Sensei Nube

Jigoku Sensei Nube anime
  • Episode: 49
  • Genre: Adventure, Comedy, Horror, Mystery, Supranatural
  • Studio: Toei Animation

Nube adalah guru yang agak canggung, tapi bisa kalem, dan sangat baik, tetapi dia memiliki rahasia di bawah sarung tangan di tangan kirinya.

Pa Guru Nube memiliki tangan iblis, dan dia juga memiliki kemampuan untuk merasakan hantu dan roh jahat. Jadi dia melindungi murid-muridnya yang ia sayangi dari roh-roh jahat ini dengan tangan monsternya, yang terbukti sangat kuat.

2. Gakkou no Kaidan (Ghost at School)

Gakkou no Kaidan (Ghost at School) anime
  • Episode: 19
  • Genre: Horror, Mystery, Supranatural
  • Studio: Pierrot

Bertahun-tahun yang lalu, semua hantu di gedung sekolah lama telah dilenyapkan oleh seorang siswa. Sekarang, mereka kembali dan mereka ingin balas dendam.

Satsuki dan Keiichirou Miyanoshita adalah dua saudara kandung yang kehilangan ibu mereka dengan tragis. Setelah pindah ke kampung halaman ibu mereka, mereka mengetahui bahwa sekolah lokal tempat mereka pindah adalah sebuah bangunan tua, yang konon berhantu.

Meski awalnya menepisnya sebagai rumor konyol, keduanya segera menemukan bahwa hantu memang nyata dan para hantu itu mengejar mereka!

Gakkou no Kaidan adalah kisah menyeramkan tentang kehidupan saudara kandung ini dan teman-teman baru mereka saat mereka mencoba bertahan dari hantu sekolah. Dengan sedikit bantuan dari kucing peliharaan mereka.

3. Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho anime
  • Episode: 112
  • Genre: Action, Comedy, Supernatural, Shounen
  • Studio: Pierrot

Yuusuke Urameshi, seorang siswa bandel berusia 14 tahun dengan masa depan yang suram, mendapat kesempatan ajaib untuk membalikkan keadaan ketika dia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan seorang bocah dari tabrakan mobil.

Pengorbanan terakhirnya sangat tidak sesuai dengan karakternya sehingga otoritas alam roh belum siap untuk membiarkannya meninggal. Koenma, pewaris takhta alam roh, menawarkan Yuusuke kesempatan untuk mendapatkan kembali hidupnya melalui penyelesaian serangkaian tugas.

Dengan bimbingan dewa kematian Botan, Yusuke harus menggagalkan kehadiran jahat di Bumi sebagai Detektif Roh. Untuk membantunya, Yuusuke meminta mantan saingannya Kazuma Kuwabara, dan dua iblis, Hiei dan Kurama, yang memiliki masa lalu kriminal.

Baca juga: 15 Anime 1990-an Terbaik

4. Rave Master

rave master anime
  • Episode: 51
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen
  • Studio: Deen

Lima puluh tahun yang lalu, batu jahat yang dikenal sebagai Dark Brings menyebabkan “Overdrive”, peristiwa bencana yang menghancurkan sepersepuluh dunia. Sekarang, organisasi bawah tanah Demon Card mencari kekuatan Dark Brings itu.

Haru Glory, seorang remaja berambut perak yang belajar pedang, mewarisi gelar Rave Master: orang yang menggunakan kekuatan Rave Stones yang legendaris, artefak yang mampu menghancurkan Dark Brings.

Namun, banyak Rave Stone tersebar di seluruh dunia sebagai akibat dari Overdrive, memungkinkan Demon Card untuk melanjutkan malpraktik mereka.

Groove Adventure Rave mengikuti Haru, anjing anehnya Plue, gadis pirang Ellie, dan pencuri terkenal Musica, saat mereka memulai perjalanan hebat yang akan membawa mereka keliling dunia yang luas, mencari Rave Stone yang akhirnya untuk menggagalkan rencana jahat Demon Card.

5. Hunter x Hunter

hunter x hunter anime
  • Episode: 62
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Shounen
  • Studio: Nippon Animation

Hunter punya spesialisasi dalam berbagai bidang, mulai dari berburu harta karun hingga memasak. Mereka memiliki akses ke dana dan informasi yang memungkinkan mereka mengejar impian dan minat mereka. Namun, menjadi Hunter adalah hak istimewa, hanya dicapai dengan mengambil ujian mematikan dengan tingkat keberhasilan yang sangat rendah.

Gon Freecss, seorang bocah lelaki berusia 12 tahun dengan harapan menemukan ayahnya yang hilang, memulai pencarian untuk mengikuti Ujian Hunter. Sepanjang jalan, ia bertemu tiga teman yang juga bertujuan untuk mengikuti ujian berbahaya itu: Kurapika yang ingin balas dendam, calon dokter Leorio Paladiknight, dan seorang bocah seusia Gon, Killua Zoldyck.

Hunter x Hunter adalah shounen klasik yang mengikuti kisah empat Hunter yang bercita-cita tinggi saat mereka memulai petualangan yang berbahaya, berjuang untuk impian mereka sambil menentang rintangan.

6. Trouble Chocolate

trouble chocolate
  • Episode: 20
  • Genre: Comedy, Romance, Sci-Fi, Shounen
  • Studio: AIC

Cacao, seorang siswa di Micro Grand Academy, bangun pada suatu pagi untuk menemukan seorang gadis yang terbuat dari kayu tidur di kasur bersamanya. Dia adalah Hinano, roh pohon yang merasuki tubuh boneka kayu setelah Cacao mengacaukan mantra guru sihirnya.

Langsung jatuh cinta pada Cacao, Hinano mendaftar di sekolahnya. Di antara Hinano, monster, dua kembar aneh dan tuan kucing bermata empat, seorang bocah iblis, para guru dan siswa yang aneh, dan fakta bahwa Cacao mungkin memiliki potensi untuk menjadi salah satu pengguna sihir terhebat sepanjang masa, kehidupan Cacao tampaknya berubah.

7. Captain Tsubasa

captain tsubasa anime
  • Episode: 128
  • Genre: Sport, Shounen
  • Studio: Tsuchida Productions

Captain Tsubasa adalah kisah penuh gairah seorang siswa sekolah dasar yang pikiran dan mimpinya hampir seluruhnya berkisar pada kecintaannya pada sepak bola.

Tsubasa Oozora yang berusia 11 tahun mulai bermain sepak bola pada usia yang sangat muda, dan meski sebagian besar hanya dianggap olahraga rekreasi untuk teman-temannya, bagi Tsubasa itu berkembang menjadi semacam obsesi.

“Bola adalah teman,” ucapan Tsubasa paling terkenal.

Untuk mengejar mimpinya dengan kemampuan sekolah dasar terbaiknya, Tsubasa pindah bersama ibunya ke kota Nankatsu, yang terkenal dengan tim sepak bola sekolah dasar yang sangat baik.

Tetapi meskipun dia dengan mudah menjadi yang terbaik di kota lamanya, Nankatsu memiliki lebih banyak kompetisi, dan dia akan membutuhkan semua keterampilan dan bakatnya untuk menonjol dari kerumunan baru ini.

Dia bertemu tidak hanya saingan, tetapi juga teman-teman baru seperti gadis cantik Sanae Nakazawa dan kiper berbakat, Genzo Wakabayashi, yang memiliki semangat yang sama dengan Tsubasa, dan akan terbukti menjadi teman berharga dalam membantunya mencapai mimpinya.

Mewakili Jepang di Piala Dunia FIFA adalah impian utama Tsubasa, tetapi dibutuhkan lebih dari sekadar bakat untuk mencapainya.

8. Slam Dunk

slam dunk anime
  • Episode: 101
  • Genre: Comedy, Drama, Sport, Shounen
  • Studio: Toei Animation

Hanamichi Sakuragi, yang terkenal karena temperamennya, tinggi badannya, dan rambut merahnya, mendaftar di SMA Shohoku, berharap akhirnya mendapatkan pacar dan mematahkan rekornya ditolak 50 kali berturut-turut di sekolah menengah.

Suatu hari, seorang gadis bernama Haruko Akagi mendekatinya tanpa mengetahui kalau Hanamichi tukang onar dan bertanya apakah dia suka basket. Hanamichi segera jatuh cinta padanya, melontarkan persetujuan yang kuat, padahal dia sangat benci basket.

Haruko kemudian membawanya ke gimnasium, ketika dia bertanya apakah Hanamichi bisa melakukan slam dunk. Dalam upaya untuk mengesankan Haruko, dia membuat lompatan, tapi overshoot, malah membenturkan kepalanya langsung ke papan.

Ketika Haruko memberi tahu kapten tim bola basket tentang kemampuan fisik Hanamichi yang hampir tidak manusiawi, Hanamichi perlahan-lahan menemukan dirinya ditarik ke dalam persahabatan dan kompetisi olahraga yang sebelumnya dia benci.

9. Whistle

whistle anime
  • Episode: 39
  • Genre: School, Sport, Shounen
  • Studio: Comet

Impian Kazamatsuri Shou selalu menjadi pemain sepak bola profesional, tetapi dia memiliki satu masalah: dia tidak pandai bermain.

Dia diterima di SMP Musashi no Mori yang bergengsi, yang dikenal dengan tim sepak bola kelas atas, tetapi dia tidak pernah bisa naik melampaui peringkat pemain string ketiga.

Setelah pindah ke SMP Sakura Jousui, dia akhirnya bisa bermain sepak bola. Dengan dukungan teman-teman baru dan rekan satu timnya, tekadnya yang kuat, dan banyak kerja keras, keterampilan sepak bolanya berkembang pesat dan menempatkan Shou dengan baik dalam perjalanannya untuk mencapai mimpinya.

10. Mach GoGoGo (Speed Racer X)

Mach GoGoGo (Speed Racer X) anime
  • Episode: 34
  • Genre: Adventure, Sci-fi, Sport, Shounen
  • Studio: Tatsunoko Production

Mach adalah mobil balap dengan mesin baru bernama “X” yang khusus dikembangkan dan dibuat oleh seorang pria bernama Kenich Hibiki yang merupakan seorang pembalap sekaligus seorang insinyur otomotif.

Namun, dalam tes mengemudi yang dilakukan sebelum selesai, ia terlibat dalam kecelakaan dan dinyatakan meninggal. Sementara ayahnya, Daisuke, yang sedang menonton tes mengemudi sepanjang jalan, menemukan mobil yang rusak sebagai kenang-kenangan putranya.

Beberapa tahun kemudian mobil rusak yang dibangun kembali olehnya dihidupkan kembali sebagai Mach baru yang datang untuk berpartisipasi dalam Grand Prix. Namun kali ini untuk melindungi pengemudi dari kemungkinan kecelakaan, mobil baru ini dilengkapi dengan sistem keselamatan yang disebut “Safety Seven” dengan tujuh perangkat pelindung. Juga memakai mesin “X” yang secara ajaib selamat dari kecelakaan tragis tadi.

Sekarang pengemudinya adalah Go, adik laki-laki Kenichi, yang bertekad untuk memenuhi keinginan kakaknya. Bahkan, ia berhasil mengikuti Grand Prix dan terus tumbuh menjadi pembalap papan atas dunia.

11. Final Fantasy: Unlimited

Final Fantasy: Unlimited anime
  • Episode: 25
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Sci-fi
  • Studio: Gonzo

Bertahun-tahun yang lalu, pembukaan portal antardimensi melepaskan dua binatang buas ke langit di atas Laut Jepang, yang terlihat oleh semua negara di sepanjang pantai. Setelah menghancurkan patroli angkatan laut yang dikirim untuk menyelidiki gangguan tersebut, kedua binatang itu kemudian berbalik melawan satu sama lain.

Menyaksikan pertarungan dari Jepang, ilmuwan Joe dan Marie Hayakawa tersedot ke dalam portal. Sekembalinya ke Bumi, mereka menyusun dan menerbitkan temuan akademis dari perjalanan mereka dalam sebuah buku legendaris. Mencoba ekspedisi kedua ke dimensi lain itu dua belas tahun kemudian, pasangan itu belum kembali.

Kembar Ai dan Yu Hayakawa memutuskan untuk berangkat mencari orang tua mereka dan Negeri Ajaib misterius yang mereka pelajari. Di reruntuhan stasiun kereta bawah tanah yang ditinggalkan, keduanya menunggu kereta untuk membawa mereka ke dunia luar.

Di atas kapal mereka bertemu Lisa Pacifist, yang dengan cepat memutuskan untuk membantu keduanya dalam mencari keluarga mereka yang hilang.

12. Cowboy Bebop

cowboy bebop anime
  • Episode: 25
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Sci-fi
  • Studio: Sunrise

Pada tahun 2071, umat manusia telah menjajah beberapa planet dan bulan di tata surya meninggalkan permukaan planet Bumi yang sekarang tidak dapat dihuni. Inter Galactic Police berusaha untuk menjaga perdamaian di galaksi, sebagian dibantu oleh bounty hunter, yang disebut sebagai “Cowboy.” Dua orang di pesawat luar angkasa bernama Bebop adalah orang seperti itu.

Spike Spiegel yang santai dan riang bersama rekan pragmatisnya Jet Black mencari nafkah dengan mengejar buronan dan mengumpulkan hadiah. Terlempar dari jalur dengan penambahan anggota baru yang mereka temui dalam perjalanan mereka.

Ada Ein, anjing Welsh Corgi yang sangat cerdas dan telah direkayasa secara genetik, lalu ada femme fatale Faye Valentine, penipu misterius yang kehilangan ingatan, dan anak jagoan komputer aneh Edward Wong.

Para kru memulai petualangan mendebarkan yang mengungkap masa lalu masing-masing anggota yang kelam dan misterius sedikit demi sedikit.

Dengan aksi dan komedi, Cowboy Bebop adalah sebuah penghormatan untuk genre western sekaligus musik jazz serta improvisasinya yang bernama Bebop.

13. Full Metal Panic!

Full Metal Panic! anime
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Comedy, Mecha, Sci-fi
  • Studio: Gonzo

Dilengkapi dengan persenjataan mutakhir dan pasukan khusus, sebuah organisasi militer swasta bernama Mithril berusaha untuk memadamkan terorisme dunia dan semua ancaman terhadap perdamaian di bumi.

Organisasi ini didukung oleh “Whispered”, individu yang memiliki pengetahuan intuitif dan kemampuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin yang kuat.

Sousuke Sagara yang berusia tujuh belas tahun, seorang sersan yang bekerja untuk Mithril, telah ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori, seorang kandidat Whispered.

Sousuke diperintahkan untuk bergabung dengan kelas sekolah menengahnya dan berada sedekat mungkin dengan Kaname untuk mencegahnya jatuh ke tangan musuh.

Sousuke, yang dibesarkan di medan perang dan memiliki sedikit pengetahuan tentang gaya hidup normal siswa Jepang, harus beradaptasi untuk melindungi Kaname.

Baca juga: Urutan Menonton Anime Full Metal Panic!

14. Azuki-chan

azuki chan anime
  • Episode: 117
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of life, Shoujo
  • Studio: Madhouse

Azusa Noyama adalah siswi berusia 12 tahun, mengambil kelas 5, tetapi semua orang mengenalnya sebagai Azuki-Chan, nama panggilan yang tidak disukainya.

Yuunosuke Ogasawara, seorang siswa baru, bertanya tentang nama panggilannya, mengatakan bahwa dia menyukainya. Azuki jatuh cinta padanya, dan mereka mulai berkencan. Mereka berbagi buku harian, dan pacaran.

15. Hanada Shounen-shi

Hanada Shounen-shi
  • Episode: 25
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of life, Supernatural, Seinen
  • Studio: Madhouse

Ichiro Hanada adalah seorang anak kecil hiperaktif yang tinggal bersama orang tua, saudara perempuan, dan kakeknya di sebuah kota pedesaan. Dia selalu melakukan semacam kenakalan, sering menggoda saudara perempuannya atau membuat komentar kasar kepada orang lain.

Akibatnya, ibunya terus-menerus menegurnya, dan bahkan para tetangga kadang-kadang mengungkapkan gangguan tentang betapa gaduhnya dia.

Suatu hari, setelah melakukan lelucon yang mengerikan, Ichiro berlari ke jalanan saat ibunya mengejarnya. Dia mencuri sepeda terdekat dan mengambil rute berbahaya, akhirnya ditabrak truk.

Ajaibnya, dia selamat dari kecelakaan itu, membutuhkan sembilan jahitan di bagian belakang kepalanya dan botak untuk operasi. Namun, pengalaman mendekati kematian memberinya kemampuan untuk melihat hantu—hal terakhir yang dia butuhkan dalam hidupnya.

Karena Ichiro adalah satu-satunya yang dapat berkomunikasi dengan mereka, beberapa hantu orang yang baru saja meninggal datang kepadanya, mencari bantuan untuk memenuhi keinginan terakhir mereka sebelum mencapai pencerahan.

Setiap petualangan dengan hantu membuat bocah ini mendapat pelajaran berbeda yang secara bertahap membuatnya lebih bijaksana.

16. Ultra Maniac

Ultra Maniac anime
  • Episode: 26
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Shoujo
  • Studio: Production Reed

Fantasi dan keajaiban tidak pernah menarik perhatian Ayu Tateishi, siswa kelas dua yang populer di sekolah menengahnya. Dia puas dengan mempertahankan citranya sebagai orang yang keren dan kalem, semuanya untuk menarik perhatian orang yang disukainya, Tetsushi Kaji.

Masa muda Ayu yang riang terganggu oleh kemunculan Nina Sakura, murid pindahan baru yang ternyata adalah seorang penyihir. Sebagai satu-satunya orang yang tahu tentang kemampuan Nina untuk membaca mantra menggunakan komputer mini, Ayu terpaksa membantu Nina dengan misinya untuk menemukan lima Batu Suci, membuatnya memenuhi syarat untuk menikah dengan pangeran Kerajaan Sihir.

Sayangnya, ketidakmampuan Nina dengan sihir dan kebiasaannya mencampuri kehidupan pribadi Ayu tidak menimbulkan apa-apa selain masalah bagi mereka berdua karena Ayu bekerja keras untuk mempertahankan reputasi baiknya dan Nina berjuang untuk menyembunyikan rahasianya dari mata Hiroki Tsujiai, sahabat Tetsushi.

Ketika pencarian Nina untuk lima Batu Suci membawa sekutu dan penantang dari Kerajaan Sihir, Ayu terseret ke dunia yang bahkan tidak pernah dia impikan.

17. Chicchana Yukitsukai Sugar (Tiny Snow Fairy Sugar)

Chicchana Yukitsukai Sugar (Tiny Snow Fairy Sugar)
  • Episode: 24
  • Genre: Comedy, Fantasy, Slice of Life
  • Studio: J.C. Staff

Peri Musim membuat dan mengontrol cuaca menggunakan alat musik khusus. Mereka membuat angin bertiup, salju turun, matahari bersinar; jika itu sesuatu yang berhubungan dengan cuaca, merekalah yang mewujudkannya.

Sugar, Peri Salju yang masih magang, dan teman-temannya Salt dan Pepper, semuanya ingin menjadi Peri Musim sepenuhnya, dan satu-satunya cara untuk mencapainya adalah dengan mencari dan menemukan “Twinkles” yang akan membuat bunga ajaib mereka mekar. Satu-satunya masalah adalah tidak ada dari mereka yang tahu apa itu Twinkle.

Mereka meminta bantuan Saga, seorang gadis manusia yang bisa melihat Peri Musim. Bersama-sama, mereka mencari Twinkles misterius sambil mencoba menyempurnakan sihir mereka.

18. The Animatrix

The Animatrix anime
  • Episode: 9
  • Genre: Action, Drama, Sci-fi
  • Studio: Madhouse, Studio 4°C

Antologi anime yang berkaitan dengan film sci-fi The Matrix.

The Animatrix adalah salah satu antologi anime terbaik yang pernah diproduksi, kumpulan sembilan film pendek yang disutradarai oleh orang-orang seperti legenda animasi seperti Yoshiaki Kawajiri (Ninja Scroll), Mahiro Maeda (Blue Submarine No. 6), Shinichiro Watanabe (Cowboy Bebop), Takashi Koike (Redline), dan Peter Chung (Æon Flux).

19. Kindaichi Shounen no Jikenbo

Kindaichi Shounen no Jikenbo
  • Episode: 148
  • Genre: Mystery, Shounen
  • Studio: Toei Animation

Penampilan Hajime Kindaichi yang tidak teratur dan sifatnya yang lemah mungkin memberikan kesan siswa sekolah menengah pada umumnya. Kindaichi adalah cucu dari pria yang pernah menjadi detektif terhebat di Jepang, dan dia juga seorang detektif yang luar biasa.

Dengan bantuan sahabatnya, Miyuki Nanase, dan inspektur aneh Isamu Kenmochi, Hajime melakukan perjalanan ke pulau-pulau terpencil, kota-kota yang tidak menyenangkan, laut yang penuh gelombang, dan lingkungan tak bersahabat.

Misi hidup Kindaichi adalah untuk mengungkap kebenaran di balik beberapa misteri paling licik, melelahkan, dan mengganggu yang pernah dihadapi dunia.

20. Kaleido Star

Kaleido Star anime
  • Episode: 51
  • Genre: Comedy, Drama, Fantasy, Shoujo
  • Studio: Gonzo

Panggung Kaleido dikenal di seluruh dunia karena memikat penonton dengan akrobatnya yang menakjubkan, rutinitas inovatif, dan kostum serta set yang mewah.

Ini adalah tempat bagi para tamu untuk percaya pada sihir, dan Sora Naegino ingin menjadi bagian dari sihir itu, dengan menjadi akrobat untuk sirkus terkenal itu sendiri.

Untuk mewujudkan mimpinya, dia melakukan perjalanan dari Jepang ke California untuk mengikuti audisi untuk mendapatkan tempat di grup. Namun, Sora belajar bahwa dia membutuhkan lebih dari bakat alaminya untuk membawa kegembiraan ke wajah orang banyak.

Dia dengan cepat menemukan betapa sulitnya menjadi pemain profesional ketika taruhannya dan aksinya lebih tinggi dan kesalahan berarti bahaya!

Untuk menampilkan pertunjukan yang layak untuk Panggung Kaleido, dia harus menjalani pelatihan yang ketat, tugas yang tidak biasa, persaingan yang ketat, disertai gangguan roh iseng bernama Fool.

2 pemikiran pada “20 Anime Jadul yang Pernah Tayang di TV7”

  1. Nube & Captain Tsubasa adalah anime yang masih terngiang-ngiang sampai sekarang. Selain itu dulu ada juga Flame of Recca…eh tapi itu tayang di mana ya?

    Kalau rave master itu saya nggak pernah lihat anime-nya, tapi ngikutin manga-nya.

    Balas

Tinggalkan komentar