12 Anime Magical Girl Terbaik

Siapa pun yang pernah menonton anime cukup lama akan bertemu dengan gadis yang ditugaskan untuk menyelamatkan dunia dengan kekuatan magis. Inilah genre mahou shoujo atau magical girl.

Pada intinya, anime magical girl menggambarkan murid cewek yang tampaknya biasa menyeimbangkan kegiatan sehari-hari mereka di sekolah dengan upaya menyelamatkan dunia dari malapetaka.

Meski genre magical girl memiliki beberapa kiasan dan klise, tidak berarti setiap anime persis sama. Beberapa anime terbaik dalam genre ini memperluas konsep ini lebih jauh, menumbangkan ekspektasi, dan menceritakan beberapa kisah yang sangat mencekam.

1. Sailor Moon

Sailor Moon anime

Siapa pun yang membayangkan magical girl dan berpikir tentang seorang gadis berkekuatan super dalam seragam pelaut mungkin harus memuji kiasan ini untuk Sailor Moon.

Baca juga: Urutan Nonton Sailor Moon

Dalam serial ini, siswi Usagi Tsukino menjadi Sailor Moon, sementara teman-temannya menjadi Sailor Soldier yang terkait dengan planet lain.

Usagi dan Sailor Soldier melawan berbagai ancaman intergalaksi saat mereka melindungi Kristal Perak yang didambakan.

Bisa dibilang anime magical girl paling populer yang pernah ada, Sailor Moon cukup banyak mendefinisikan banyak kiasan yang terkait dengan genre tersebut.

Selain seragam lucu, Sailor Moon juga memulai tren menuju adegan transformasi yang mengagumkan.

2. Revolutionary Girl Utena

Revolutionary Girl Utena magical girl

Revolutionary Girl Utena mengeksplorasi petualangan Utena Tenjou, seorang remaja yatim piatu yang ingin memenuhi keinginan masa kecilnya menjadi seorang pangeran.

Keterampilannya dengan pedang dan kekuatannya akan membawanya ke dunia yang penuh dengan saingan dan duel pedang yang sengit.

Dia memulai perjalanan untuk memenangkan tangan Anthy Himemiya, “Pengantin Mawar” yang tampaknya dapat merevolusi dunia.

Seperti anime gadis magis unik lainnya pada masa itu, Utena mendapat pujian dari para kritikus dengan penjelajahannya terhadap berbagai kiasan.

Anime ini terkenal karena mendekonstruksi genre dongeng pangeran dan bahkan menangani topik aneh dan feminisme dengan cara yang unik.

3. Princess Tutu

Princess Tutu anime

Klasik awal 2000-an, Princess Tutu adalah dongeng yang ditulis dengan baik dengan twist. Anime ini mengikuti Ahiru, seekor bebek yang berubah menjadi seorang gadis yang bisa menjadi Putri Tutu yang ajaib.

Alasan keberadaan Ahiru adalah untuk menyelamatkan seorang pangeran, sebuah perjalanan yang jauh lebih rumit daripada kedengarannya.

Princess Tutu adalah pertunjukan unik yang menggabungkan citra surealis, tema kompleks identitas dan kehendak bebas, dan koreografi unik yang berpusat di sekitar balet.

Sementara animasi acara terkadang meninggalkan sesuatu yang diinginkan, cerita dan karakter Putri Tutu yang fantastis lebih dari sekadar menutupi kekurangan apa pun.

4. Magical DoReMi

Magical DoReMi anime

Ketika penggemar anime mendengar gadis-gadis ajaib, mereka sering memikirkan trio siswi yang memiliki kekuatan super dan Magical DoReMi sangat cocok dengan deskripsi itu.

Doremi Harukaze, siswa kelas tiga yang tinggal di kota fiksi Misora, menemukan toko sulap bernama Mahodo. Setelah dia mengetahui bahwa pemiliknya Majo Rika, adalah katak penyihir, yang terakhir menjadikan Doremi muridnya untuk membantunya kembali ke bentuk manusia.

Doremi menemukan sahabat berupa sahabatnya yang juga menjadi murid penyihir. Pada awalnya, ketiganya harus melewati sembilan tes berbeda untuk menjadi penyihir penuh dan mematahkan kutukan pada Majo Rika.

Namun, ketiganya akhirnya menghadapi berbagai ancaman, termasuk magang penyihir jahat, dengan nasib dunia yang dipertaruhkan.

5. Shugo Chara!

Shugo Chara!

Amu Hinamori dari Shugo Chara! mudah dikenali karena rambut merah mudanya yang ikonik dan sikap punk-ishnya. Apa yang teman-teman sekelasnya anggap sebagai penampilan “keren dan pedas” menyembunyikan dirinya yang agak tertutup.

Ketika dia ingin mendapatkan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk memenuhi penampilan luarnya yang populer, dia menemukan tiga telur yang menetas sebagai tiga Karakter Penjaga — Ran, Miki, dan Su.

Sebagai Guardian, Amu dapat meminta bantuan Ran, Miki, dan Su untuk membantunya menemukan dirinya yang sebenarnya.

Seiring perkembangan anime, Amu juga bertemu dengan Penjaga lain, masing-masing dengan Karakter dan kemampuan Penjaga mereka sendiri.

Selain Shugo Chara! memiliki perpaduan tindakan uniknya sendiri, kekuatan terbesarnya terletak pada kisahnya tentang menemukan diri.

6. My-HiME

My-HiME magical girl anime

Bagaimana jika ada sekolah yang mengajarkan gadis-gadis bagaimana menjadi gadis penyihir? My-HiME mengeksplorasi konsep ini secara rinci.

Pusat cerita adalah HiME, atau gadis dengan kemampuan untuk mewujudkan foton, yang berada di Akademi Fuka untuk tujuan rahasia. Tokoh protagonis Mai Tokiha segera menemukan bahwa dia adalah seorang HiME dan terikat dengan seorang Anak, sebuah mecha dengan sifat spiritual.

Mai, bersama 11 orang lainnya, ditugaskan untuk menyelamatkan dunia dari Yatim Piatu, makhluk dengan kemampuan yang mirip dengan anak-anak HiME.

My-HiME banyak berhubungan dengan kepribadian kompleks dari setiap karakter. Seperti manifestasi HiME lainnya di sekitar Mai, berbagai tujuan mereka memengaruhi keinginan mereka untuk melindungi dunia mereka.

Pada akhirnya, Mai dan yang lainnya terjerat dalam takdir yang terikat dengan sifat alami mereka sebagai HiME.

7. Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura

​​​Dalam Cardcaptor Sakura, siswi SD Sakura Kinomo untuk secara tidak sengaja melepaskan kartu magis yang kuat ke dunia.

Setelah dimarahi oleh penjaga kartu imut Kero (Cerberus), dia meminta bantuan Sakura untuk mengambil kartu yang hilang.

Pada gilirannya, Sakura menghabiskan setiap episode menyelidiki fenomena supernatural yang mungkin terkait dengan salah satu dari banyak Kartu Clow.

Baca juga: 10 Karakter Cewek Anime Tipe Deredere

Dengan dukungan dari sahabatnya Tomoyo Daidouji dan saingannya Syaoran Li, Sakura menggunakan berbagai sihir penyegel untuk mengambil Kartu Clow baru.

Terkadang, dia bahkan meminta bantuan mereka untuk mengurangi ancaman Kartu kekerasan lainnya.

8. Magical Girl Lyrical Nanoha

Magical Girl Lyrical Nanoha

Ketika gadis sekolah dasar Nanoha Takamichi menyelamatkan seekor musang yang terluka, dia segera didorong ke dunia misteri dan sihir. Musang ini mengungkapkan dirinya sebagai Yuno Scrya, seorang arkeolog-penyihir dari alam semesta paralel Midchilda.

Yuno mencari bantuan Nanoha dalam mengambil 21 Benih Permata yang dapat mengubah tuan rumah mereka menjadi monster setelah kontak.

Meski Magical Girl Lyrical Nanoha memang memiliki beberapa elemen yang mirip dengan Cardcaptor Sakura, cerita sebelumnya berkembang menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda.

Apa yang dimulai sebagai premis ceria segera berkembang menjadi cerita yang lebih rumit dengan plot twist dan elemen yang lebih gelap.

9. Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth anime

Magic Knight Rayearth dimulai seperti biasa seperti anime gadis penyihir lainnya. Tiga teman di kelas delapan — Hikaru, Umi, dan Fuu — terlibat dalam urusan Cephiro, dunia alternatif yang dipengaruhi oleh keinginan seseorang.

Makhluk Mokona meminta bantuan mereka untuk menyelamatkan Putri Emeraude, Pilar dan penjaga Cephiro, dari Zagato yang jahat.

Melalui bantuan Mokona, ketiganya memperoleh akses sihir berbasis elemen unik untuk membangunkan Rune-Gods yang merupakan mecha yang mereka uji coba untuk mengejar jalan mereka menyelamatkan Cephiro dan dunia.

Perpaduan elemen Rayearth dari gadis penyihir dan genre mecha membuatnya menonjol dari paket sebagai salah satu yang terbaik.

10. Puella Magi Madoka Magica

mahou shoujo madoka magica

Apa yang akan dikorbankan seseorang atas nama menyelamatkan dunia? Di Puella Magi Madoka Magica, penggemar genre magical girl akan melihat premis petualangan yang cukup khas, tapi ini cuma permukaan.

Baca juga: 10 Anime Bikin Depresi Menurut Penggemar Jepang

Madoka Kaname dan teman-temannya di sekolah menengah membuat kontrak supernatural untuk mendapatkan kemampuan magis. Pada gilirannya, mereka ditugaskan untuk memburu Witch dan menyelamatkan dunia. Tapi tidak semua seperti yang terlihat.

Madoka Magica mendapat pujian kritis karena menumbangkan hampir setiap kiasan yang ditawarkan anime magical girl.

Secara khusus, Madoka Magica mengeksplorasi bahaya yang tak terhitung dan pengorbanan yang harus diambil gadis penyihir sebagai imbalan atas kekuatan yang mereka cari.

Penonton akan segera menemukan bahwa anime itu adalah kisah yang jauh lebih memilukan daripada yang mereka bayangkan sebelumnya.

11. Searching For The Full Moon

Searching For The Full Moon anime

Tidak seperti serial gadis penyihir lainnya, Searching For The Full Moon adalah genre yang agak langsung. Anime ini dibintangi oleh Mitsuki Koyama, seorang anak berusia 12 tahun yang ingin menjadi seorang penyanyi.

Sayangnya, sarkomanya membuat mimpinya menjadi tidak mungkin. Untuk memperburuk keadaan, dua Shinigami memberi tahu Mitsuki bahwa dia hanya memiliki satu tahun lagi untuk hidup.

Melihat keinginannya, kedua Shinigami membuat kesepakatan dengannya. Jika dia setuju untuk mati dengan damai setelah satu tahun, dia bisa menjadi 16 tahun untuk mengambil bagian dalam audisi untuk menjadi idola.

Pada gilirannya, Mitsuki mulai memukau penontonnya sebagai Fullmoon yang misterius. Ini hanyalah awal dari kisah yang agak menyedihkan dan menyayat hati yang pasti akan membuat penggemar menonton sampai akhir.

12. Kill la Kill

kill la kill anime

Kill la Kill mengikuti Ryuko Matoi, seorang siswi dalam pencariannya untuk menemukan pembunuh ayahnya, yang membawanya ke dalam konflik kekerasan dalam lingkungan sekolah dengan Satsuki Kiryuin, presiden dewan siswa Akademi Honnouji, dan selanjutnya dengan kerajaan bisnis mode ibunya.

Baca juga: Kill la Kill: Hiroyuki Imaishi Tanpa Filter

Seperti Gurren Lagann bagi anime mecha, Kill la Kill hadir untuk merayakan anime mahou shoujo atau magical girl. Dengan kata lain, keduanya membawa kiasan yang sama dengan genre tersebut, menumbangkannya, dan kemudian membawa mereka ke ekstrim terjauh.

Tinggalkan komentar