6 Anime Terbaik Karya Mamoru Oshii

Mamoru Oshii menciptakan beberapa karya sci-fi terbaik dengan cerita yang menggugah pikiran dan karakter yang dibuat dengan brilian. Berkat ciptaannya yang imersif dan atmosfir, penggemar anime dapat mengeksplorasi ide-ide baru dan menarik tentang masa depan umat manusia dan apa artinya menjadi manusia.

Mamoru Oshii tak hanya memiliki basis penggemar yang besar tetapi sering disebut sebagai salah satu sutradara anime terpenting sepanjang masa, baik oleh penggemar maupun kritikus.

Sementara banyak dari karyanya mengeksplorasi tema yang lebih dalam dan seringkali sangat emosional, anime Mamoru Oshii juga sangat menghibur diisi dengan beberapa karakter anime paling keren yang pernah ada.

Dia menciptakan beberapa anime psikologis paling gelap namun paling canggih, yang menginspirasi pecinta anime di seluruh dunia.

Nah, berikut beberapa karya-karya terbaiknya:

1. Urusei Yatsura Movie 2: Beautiful Dreamer

Urusei Yatsura Movie 2: Beautiful Dreamer mamoru oshii anime
GenreComedy, Drama, Romance, Sci-Fi
Rilis1984
StudioPierrot

Peringkat: 3.5 dari 5.

Urusei Yatsura adalah komedi sci-fi petualangan dengan salah satu gadis anime bertanduk paling ikonik sepanjang masa. Mamoru Oshii menyutradarai sebagian besar episode dari serial aslinya yang memiliki gaya seni yang penuh warna dan cerita yang kocak. Itu juga salah satu dari sedikit anime klasik dari tahun 1980-an yang di-reboot pada tahun 2022.

Urusei Yatsura mengikuti petualangan seorang anak laki-laki bernama, Ataru, yang terpilih untuk mewakili bumi dalam permainan tag melawan ras alien yang berencana menyerang Bumi. Jika Ataru mampu menang, alien akan pergi dengan damai.

Ketika Ataru pertama kali melihat gadis alien yang seharusnya dia tangkap, dia termotivasi oleh kecantikannya tetapi dengan cepat berkecil hati ketika dia mengetahui bahwa Lum dapat terbang dan memiliki kemampuan manusia super yang kuat lainnya.

Baca juga: 10 Serial Anime 1980-an Terbaik

2. Angel’s Egg

Angel's Egg anime mamoru oshii
GenreDrama, Fantasy, Psychological
Rilis1985
StudioDEEN

Peringkat: 4 dari 5.

Anime Mamoru Oshii yang paling memesona dan kompleks adalah Tenshi no Tamago atau Angel’s Egg.

Kisah fantasi kelam ini membawa pemirsanya dalam perjalanan yang sangat aneh. Ini sempurna untuk para penggemar anime yang menyukai film dan cerita seni yang mengeksplorasi pikiran dan emosi melalui simbol dan alegori, bukan kata-kata.

Kisah Angel’s Egg berlatarkan tanah fantasi atmosfer yang gelap dan memiliki visual yang memukau serta musik yang memukau. Kisahnya mengikuti seorang gadis muda misterius yang berkeliaran di alam terpencil ini sambil membawa sebutir telur besar.

Kita mengikuti perjalanannya untuk bertahan hidup sambil mencoba mencari makanan dan air serta berusaha melindungi telur berharga di balik bajunya.

Baca juga: 10 Film Anime 1980-an Terbaik, Tontonan Wajib Otaku dan Sinefil

3. Maroko

maroko anime mamoru oshii anime
GenreComedy, Sci-Fi, Slice of Life
Rilis1990

Peringkat: 3.5 dari 5.

Maroko adalah salah satu anime terlucu karya Mamoru Oshii dengan art style yang menawan dan cerita yang menyenangkan.

Anime tahun 1990-an ini ditulis dan disutradarai oleh Mamoru Oshii dan merupakan film anime perjalanan waktu yang cocok untuk keluarga dengan momen-momen kocak dan karakter yang bisa dihubungkan.

Maroko adalah pilihan yang sempurna bagi para pecinta anime yang menyukai cerita anime slice-of-life dan ingin menonton anime Mamoru Oshii dengan dunia yang lebih berwarna dan ceria.

Kisahnya mengikuti petualangan seorang gadis muda yang melakukan perjalanan kembali ke masa lalu berkat mesin waktu untuk mengunjungi keluarganya. Meski tidak semua anggota keluarga senang dengan kunjungan tersebut, mereka tetap mengundang Maroko untuk tinggal tanpa curiga akan menimbulkan kekacauan besar.

4. Patlabor: Film

Patlabor: Film anime mamoru oshii
GenreDrama, Mecha, Sci-Fi
Rilis1989
StudioProduction I.G, DEEN

Peringkat: 4 dari 5.

Patlabor: The Movie adalah salah satu anime robot super paling ikonik dengan kisah kriminal yang mendebarkan tentang robot raksasa dan virus komputer yang mematikan.

Anime mecha penuh aksi ini memiliki gaya seni yang indah dan berlatarkan Tokyo futuristik di mana manusia harus menemukan cara baru untuk menghentikan robot besar yang nakal.

Patlabor: The Movie adalah salah satu anime mecha klasik paling dicintai sepanjang masa yang menginspirasi sebagian besar, jika tidak semua pembuat film dan acara mecha modern.

Ceritanya mengikuti anggota divisi khusus kepolisian Tokyo yang harus menyelidiki serangan mendadak yang menargetkan robot konstruksi yang digunakan petugas polisi untuk memerangi kejahatan di Tokyo.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Patlabor

5. Ghost In The Shell

Ghost In The Shell mamoru oshii anime cyberpunk
GenreAction, Psychological, Sci-Fi
Rilis1995
StudioProduction I.G.

Peringkat: 4.5 dari 5.

Ghost In The Shell adalah salah satu anime noir terbaik yang wajib ditonton oleh pecinta anime yang menyukai film otak. Ini adalah salah satu anime psikologis paling populer yang pernah dibuat yang menjadi salah satu anime paling diakui secara internasional sepanjang masa yang menginspirasi pembuat film di seluruh dunia.

Kisah Ghost In The Shell berlatarkan Jepang yang futuristik, dan mengeksplorasi identitas serta masa depan AI dan kemanusiaan. Kisahnya mengikuti petualangan Motoko, seorang polisi wanita cyborg yang tugasnya memburu peretas berbahaya yang dikenal sebagai Puppet Master.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Ghost in the Shell

6. The Sky Crawlers

The Sky Crawlers anime mamoru oshii
GenreDrama, Psychological
Rilis2008
StudioProduction I.G

Peringkat: 3.5 dari 5.

The Sky Crawlers adalah salah satu anime Mamoru Oshii yang bertempo lambat, tetapi secara visual memesona dan sangat atmosfer.

Ini adalah salah satu anime sci-fi paling realistis dengan pembangunan dunia yang hebat dan pertempuran udara epik yang diatur dalam garis waktu sejarah alternatif di mana dunia dalam damai tetapi karena orang terbiasa berperang, pilot pesawat tempur disewa untuk berperang satu sama lain.

The Sky Crawlers adalah salah satu anime Mamoru Oshii yang paling serius dengan cerita unik dan sedih yang mencerminkan kebutuhan manusia akan agresi dan kematian.

Ceritanya mengikuti kehidupan sekelompok pilot pesawat tempur saat mereka melawan musuh mereka dalam pertarungan yang menakjubkan di atas awan.


Nah itu tadi beragam anime terbaik dari sutradara Mamoru Oshii.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Tinggalkan komentar