10 Anime Mecha 1990-an Terbaik

Sangat keren melihat robot-robot dalam anime mecha 1990-an ini dan pilotnya di layar bertarung, dalam pertempuran epik untuk mengeksekusi gerakan taktis mereka yang brilian.

Seri anime mecha cukup populer pada tahun 1990-an. Membuat dampak besar bagi komunitas anime dan konsep robot super, cyborg, humanoid, dan apa pun di antaranya telah menjadi kesenangan besar bagi banyak penggemar anime.

Setelah franchise legendaris Voltes V, Daimos, dan Mazinger dari tahun 1970-an hingga 1980-an, banyak sekali seri mecha yang mengikuti resep yang sama. Anime mecha 1990-an memberikan getaran nostalgia yang kuat dengan kisah-kisah indah dan karakter ikoniknya, dan dengan daya tarik animasi klasik mereka.

Bersiaplah untuk mengendarai robot raksasa dan alami petualangan mecha paling fantastis. Nah, berikut sepuluh anime mecha 1990-an yang bisa memicu nostalgia kamu.

1. Mobile Suit Gundam 08th MS Team

mobile suit gundam 08th ms team

Tentu saja, kamu akan melihat beberapa seri Gundam di daftar ini, sesuatu yang tak bisa dihindari.

Gundam 08TH MS Team adalah seri OVA 12-episode yang sempurna untuk pendatang baru. Meski termasuk dalam linimasa Gundam Universal Century, tapi tak terlalu rumit dan tak tergantung pada seri utamanya.

Masukan Gundam ke dalam blender dengan kisah Romeo & Juliet, dan bumbui dengan ide soal perang gerilya di hutan tropis ala Perang Vietnam, dan terciptalah Gundam 08th MS Team.

Serial ini berlangsung selama One Year War dan mengikuti Shiro Amada, komandan Tim Mobile Suit ke-08 di tengah Asia Tenggara, berperang melawan pasukan Zeon. Dalam perjalanan ke Bumi ia bertemu Aina, dari sisi Zeon, dan saling jatuh suka lalu karenanya mulai mempertanyakan motivasinya untuk berperang. Mengapa tidak lari dan hidup bahagia dengan musuh saja? Ini adalah contoh sempurna dari pergeseran anime mecha 1990-an: karakter kompleks yang mendorong pertunjukan, bukan robot itu sendiri.

Apa yang membuat seri ini menonjol adalah penekanannya pada realisme. Tidak ada pilot NewType atau pilot berusia 15 tahun yang mampu sendirian memusnahkan setengah armada, bahkan jika seri ini memang memiliki beberapa desain mecha terbaik di seluruh Gundam. Itu hanya karakter yang bisa diterima dalam drama perang, mungkin versi paling murni dari apa yang diinginkan Gundam asli.

Baca juga: 6 Alasan Harus Nonton Mobile Suit Gundam 08th MS Team

2. Patlabor

mobile police patlabor anime mecha

Meski dimulai sejak akhir 1980-an, Patlabor masih bisa dimasukan sebagai anime mecha 1990-an. Patlabor terasa seperti puncak dari apa yang dimulai Mobile Suit Gundam ketika menciptakan subgenre Real Robot dari mecha.

Di dunia ini, robot raksasa digunakan untuk segalanya, mulai dari konstruksi bangunan hingga penegakan hukum, dan Patlabor mengikuti divisi polisi pilot robot. Karakter utama bukanlah pahlawan aksi atau pilot ace yang luar biasa, mereka adalah tipe orang yang bisa kamu temukan di pekerjaan apa pun.

Mereka menghabiskan banyak waktu untuk mencoba menangkis kebosanan seperti yang mereka lakukan untuk menghentikan kejahatan, tetapi komedi dan kesederhaan serial ini menjadikan Patlabor salah satu seri mecha terbaik sepanjang masa.

Jangan lewatkan film anime Mobile Police Patlabor 2: The Movie (1993) yang bakal menampilkan kepiawaian Mamoru Oshii.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Patlabor

3. Mobile Suit Gundam Wing

top anime mecha 1990 gundam wing

Sebuah serial anime terkenal oleh studio Sunrise, Gundam Wing adalah salah satu judul terbesar di antara mecha klasik. Mengikuti cerita di masa depan yang jauh di mana perang antara koloni luar angkasa dan United Earth Sphere Alliance telah dimulai.

Sementara Aliansi ini memiliki lebih banyak kekuatan untuk mendominasi, koloni mencari jalan menuju perdamaian. Bertahun-tahun kemudian, para ilmuwan telah mengirim lima pilot muda untuk mengoperasikan mobile suit berukuran super yang disebut Gundam.

Anime ini berfokus pada lima remaja laki-laki, Heero, Duo, Trowa, Quatre, dan Wufei saat mereka menerbangkan suit mereka untuk melawan Organisasi Zodiac.

Gundam Wing adalah judul mecha yang sempurna jika kamu menginginkan nuansa nostalgia yang berat. Menawarkan formula mecha yang hebat di awal 90-an, tidak diragukan lagi mengapa itu masih menarik perhatian penggemar baru Gundam.

Serial ini menunjukkan robot super yang sangat lengkap dan dirancang dengan baik yang sangat menarik untuk ditonton dan sangat dihargai oleh banyak penggemar mecha. Adegan aksi di antara mobile suit ini luar biasa dan menyenangkan untuk ditonton. Walaupun secara keseluruhan suasananya cukup gelap, anime ini menyuguhkan keindahan animasi klasik.

Ada beberapa intrik politik yang terlibat, memiliki beberapa sisi dramatis dari cerita, dan menawarkan sedikit romansa muda.

Baca juga: 10 Anime Gundam Terbaik Sepanjang Masa

4. Neon Genesis Evangelion

neon genesis evangelion

Sebagai salah satu acara anime paling ikonik di antara anime klasik, Neon Genesis Evangelion bahkan mungkin melebihi hype fandom anime retro mana pun.

Mengikuti nasib tak terduga Shinji Ikari saat ia dipilih untuk mengemudikan robot super, Evangelion Unit-01, melawan monster raksasa yang dikenal sebagai Angel. Meskipun menjadi pilot yang tidak terampil, umat manusia memiliki keyakinan dalam petualangan heroiknya.

Ada banyak hal yang bisa diapresiasi dalam anime klasik ini. Selain aspek sci-fi yang patut diperhatikan, ini juga melibatkan drama dan keterikatan psikologis yang sangat menarik untuk ditonton, terutama jika kamu menyukai genre campuran ini.

Penuh dengan momen yang menggugah pikiran, aksi yang menakjubkan, dan dialog yang sentimental. Animasi klasik yang spektakuler itu luar biasa, dan patut mendapat perhatian luas di kalangan penggemar mecha. Jika kamu adalah tipe penonton yang menikmati plot yang digerakkan oleh karakter, maka kamu pasti telah terserap oleh perjuangan Shinji Ikari di dunia yang paling menghancurkan yang tidak ia harapkan untuk ditinggali ini.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Neon Genesis Evangelion

5. Vision of Escaflowne

Vision of Escaflowne anime mecha 1990

Jika ingin menonton anime isekai yang tak biasa, maka jangan cari anime paling baru, cobalah Vision of Escaflowne ini yang hadir jauh sebelum genre isekai jadi pasaran.

Hitomi Kanzaki, seorang gadis berusia lima belas tahun yang memiliki minat dalam meramal. Suatu hari, dia tiba-tiba bertemu dengan Van Fanel yang datang dari dunia yang berbeda. Setelah dia menyelamatkan pria itu dari seekor naga dan berkat firasatnya, Hitomi dipindahkan ke dunia misterius Gaea.

Nasibnya yang menyedihkan dimulai di sini. Dia segera menemukan bahwa Van adalah seorang pangeran dan pilot Escaflowne, alat yang ampuh untuk melawan kerajaan jahat Zaibach.

Selain franchise Gundam, Vision of Escaflowne adalah anime mecha spektakuler lainnya dari studio Sunrise. Meskipun berada di bawah garis waktu pertengahan 90-an, animasi menjadi cukup terkenal dan memuaskan, dan suasana klasiknya membangkitkan banyak nostalgia.

Vision of Escaflowne menawarkan nuansa unik sebagai anime mecha 1990-an karena tak terlalu banyak mengandalkan adegan pertarungan. Penuh dengan cerita indah dan pengembangan plot yang mendalam. Elemen fantasi berpadu sempurna dengan aksi mecha dan petualangan seru.

Yang juga menarik dari anime ini adalah romansa indah ala drama shojo yang semakin menambah warna keseluruhan cerita. Dengan alur cerita dan trope karakternya yang bagus, Vision of Escaflowne ini layak ditonton bahkan sampai sekarang.

6. Mobile Fighter G Gundam

Mobile Fighter G Gundam

Judul lain dalam franchise Gundam, Mobile Fighter G Gundam adalah anime mecha 1990-an yang hebat.

Seri mecha ini sebagian besar berfokus pada pertempuran robot di antara koloni yang berbeda di luar angkasa. Khas seperti yang terlihat, ini membawa kamu ke ujung nostalgia yang paling menarik.

Ceritanya mengikuti Domon Kash, pejuang perwakilan Neo-Japan, yang bergabung dengan Pertarungan Gundam ke-13 untuk mendominasi seluruh koloni. Ia memiliki misi untuk menemukan saudaranya yang diyakini terlibat dalam hilangnya senjata ampuh bernama Devil Gundam.

Mobile Fighter G Gundam penuh dengan pertarungan aksi tanpa akhir antara robot super. Meskipun anime mungkin tampak begitu sederhana, itu akan menjadi pengalaman hebat menonton seri untuk nada santai dan desain robot yang menyenangkan. Ini menawarkan nuansa nostalgia yang menyenangkan.

7. Macross 7

Macross 7 basara nekki

Beberapa orang mungkin ingat Macross asli karena Robotech. Sejak saat itu, ini bakal menjadi sebuah franchise mecha dengan elemen robot super besar, musik dan drama cinta segitiga.

Macross 7 adalah serial televisi yang ditayangkan secara eksklusif di Jepang selama tahun 90-an, membuatnya menjadi tontonan yang sedikit lebih sulit diakses. Sayang juga, karena Macross 7 bekerja dengan baik sebagai seri yang berdiri sendiri atau sekuel langsung dari serial Macross aslinya.

Serial anime mecha 1990-an ini mengikuti karakter utama Basara Nekki dan bandnya Fire Bomber berurusan dengan Protodeviln, ras alien yang bertahan dengan mencuri kekuatan hidup, sampai mereka menemukan diri mereka berubah dengan mendengar musik Basara dan bandnya.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Macross Series

8. Martian Successor Nadesico

Martian Successor Nadesico anime mecha 1990

Martian Successor Nadesico adalah opera ruang angkasa dengan banyak hal yang ditawarkan lebih dari sekadar klise mecha yang sedang beraksi. Ini adalah kisah seorang anak muda bernama Akito Tenkawa yang pernah menjadi penduduk Mars.

Setelah kehancurannya dibawa oleh ras penjajah asing yang disebut Jovian Lizards, dia tiba di Bumi tanpa ingatan tentang bagaimana dia sampai di sana. Takdir datang ke perjalanannya saat ia menjadi pilot robot tempur humanoid, salah satu Aestivalis Nadesico. Lebih dari itu, dia dikelilingi oleh gadis-gadis manis yang jatuh cinta padanya. Segala sesuatu dalam seri ini sangat menyenangkan.

Anime mecha 1990-an ini dikemas dengan adegan aksi yang hebat, elemen sci-fi, dan yang mengejutkan, ini adalah sumber kelegaan yang lucu. Segala sesuatu tentang anime ini menyenangkan untuk ditonton, dan kamu tidak akan pernah bosan dengan nuansa dinamis dan nada ringannya.

Martian Succesor Nadesico memiliki banyak pertempuran luar angkasa yang bagus dengan gaya animasi klasik yang hebat. Meski tidak memiliki pengembangan plot yang baik, itu membuat dampak besar dari pertengahan hingga akhir era 90-an.

Jika kamu menginginkan pertunjukan mecha yang tak terlalu serius, Martian Succesor Nadesico tidak akan pernah gagal untuk mencerahkan hari kamu. Sangat direkomendasikan untuk seseorang yang ingin merasakan nostalgia manis.

9. The King of Braves GaoGaiGar

The King of Braves GaoGaiGar anime mecha 1990an

GaoGaiGar bukan hanya memiliki lagu tema yang hebat, anime mecha 1990-an ini adalah panci mendidih raksasa dari setiap genre yang dapat kamu pikirkan, dikonsep oleh orang-orang yang melahirkan Transformers.

Robot berubah, mereka bergabung dengan robot lain, mereka melawan monster robot alien jahat, dan robot utama adalah perpaduan artistik dari singa, kereta peluru, dan pembom siluman.

Begitu acakadut, dan itulah yang membuatnya menyenangkan untuk ditonton. GaoGaiGar menjadi inspirasi bagi banyak seri mecha yang akan datang, dan seri horor Betterman bahkan terjadi di alam semesta yang sama!

10. Big O

Big O anime mecha

Big O adalah ciptaan yang aneh, dengan nuansa ala Batman yang serius.

Rilis asli anime ini adalah tahun 1999 direncanakan untuk menghadirkan 26 episode, tetapi karena penonton di Jepang sangat rendah, jumlah itu dipotong setengahnya. Namun berkat reaksi positif besar-besaran dari penonton internasional, menyebabkan 13 episode terakhir ditayangkan beberapa tahun kemudian.

Bertempat di negara kota yang aneh dan mengikuti Roger Smith dan android Dorothy-nya, seri ini membawa elemen unik dari tech-noir dan fiksi detektif ke genre mecha, menjadikannya salah satu seri yang lebih berkesan dari dekade ini. Fakta lainnya adalah bahwa penulis utamanya Chiaki J. Konaka, juga menulis seri Serial Experiments Lain.


Nostalgia adalah hal yang indah bagi banyak penggemar anime. Mecha adalah salah satu genre paling menonjol di tahun 90-an yang memberi dampak besar pada medium ini.

Anime-anime mecha 1990-an dalam daftar ini pasti membuat kehidupan masa kecil kamu menjadi lebih istimewa. Saatnya untuk menonton ulang, atau bahkan merekomendasikan judul-judul luar biasa ini kepada pendatang baru komunitas mecha, dan rasakan kembali pengalaman mecha yang luar biasa itu!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *