10 Anime Mecha 2000-an

Ada banyak alasan mengapa seseorang menyukai mecha. Ada yang tertarik karena animasi atau sakuga dalam pertarungan mecha. Ada juga orang yang menyukainya karena mereka menemukan robot besar yang dikemudikan oleh manusia itu mengagumkan.

Beberapa menyukai karena elemen intrik politik, karena sebagian besar acara mecha bersifat politis. Beberapa orang menyukai mecha karena tema yang diangkat biasanya soal perang dan bahwa betapa buruknya perang ini. Tentu saja, dalam anime mecha ada romansa, komedi dan tragedi.

Baca juga: Kecintaan Jepang Pada Robot Raksasa

Ada banyak alasan mengapa orang menyukai mecha. Beberapa menyukai mecha karena alasan nostalgia.

Mecha memang genre yang sangat populer di tahun 70-an, 80-an, 90-an, dan 2000-an, tetapi sekarang terus menurun. Oleh sebab itu, kadang yang menyukai mecha dianggap sebagai penggemar anime veteran, karena biasanya sudah pada menua.

Setelah menonton Mobile Suit Gundam Hathaway (2021) saya malah kangen anime mecha klasik, dan akibatnya lahir tulisan ini. Berikut sepuluh anime mecha di dekade 2000-an yang patut dicoba:

1. Sakura Taisen (Sakura Wars)

Sakura Taisen (Sakura Wars) anime
  • Episode: 25
  • Studio: Madhouse

Serial anime Sakura Taisen ini dulu pernah ditayangkan di SCTV.

Berdasarkan franchise video game populer di Jepang, Sakura Taisen berfokus pada para gadis yang bekerja sama untuk memerangi ancaman iblis dengan mengemudikan mecha. Berlatar pada periode Taisho sekitar tahun 1920-an, mecha yang dimaksud adalah robot steampunk bernama Koubu, yang dikendalikan dengan kemampuan spiritual.

Fokus utamanya adalah karakter Sakura, yang melakukan perjalanan ke ibu kota dengan maksud untuk mempertahankan kota dari kekuatan iblis Black Sanctum Council. Namun, selain harus bertempur menggunakan mecha, dia juga harus tampil di atas panggung karena penyamaran Divisi Bunga adalah teater seni.

2. Hoshi no Koe (Voices of the Distant Star)

Hoshi no Koe (Voices of the Distant Star) makoto shinkai
  • Episode: 1
  • Studio: CoMix Wave Films

Pernahkah membayangkan Makoto Shinkai jadi sutradara anime mecha? Ya, ini adalah Hoshi no Koe, dan merupakan karya pertamanya.

Berlatar tahun 2046, Noboru Terao dan Mikako Nagamine adalah teman dekat yang akan segera lulus SMP. Namun setelah serangan alien, Mikako dipilih untuk ekspedisi luar angkasa militer PBB untuk membalas dendam.

Meski terpisah, Noboru dan Mikako berusaha untuk tetap berhubungan dengan mengirim email satu sama lain dengan ponsel mereka. Hoshi no Koe berkisah tentang hubungan antara pasangan ini saat mereka mencoba untuk tetap terhubung meskipun jarak di antara mereka semakin jauh.

3. Diebuster (Gunbuster 2)

Diebuster (Gunbuster 2)
  • Episode: 6
  • Studio: Gainax

Meski disebut sebagai sekuel dari Gunbuster, anime mecha 1980-an karya Hideaki Anno, gayanya benar-benar berbeda, baik dari cerita dan estetika visualnya.

Diebuster mengikuti seorang gadis bernama Nono yang ingin menjadi Topless, pilot elit luar angkasa. Selama beberapa generasi telah berlangsung perang dengan Space Monster, dan tidak ada yang tahu bagaimana itu dimulai. Umat manusia masih berjuang melawan mereka, mengandalkan para Topless.

Diebuster begitu nyeleneh dan surealis, dengan mecha yang sama anehnya.

4. Fafner in the Azure

Fafner in the Azure anime
  • Episode: 25
  • Studio: Xebec

Tatsumiyajima adalah pulau di daerah terpencil Jepang. Tidak banyak yang terjadi di sana, dan anak-anak muda di pulau itu pergi ke sekolah mengetahui bahwa hidup mereka kemungkinan besar akan tetap damai dan tidak terganggu. Atau begitulah yang telah diajarkan kepada mereka, tetapi kenyataannya berbeda.

Nasib umat manusia dipertaruhkan, dan Tatsumiyajima adalah garis pertahanan terakhir melawan musuh yang tidak dapat dipahami. Di tengah semua itu, berjuang untuk kelangsungan hidup Kemanusiaan adalah mecha yang disebut Fafner.

Untuk animasi disutradarai oleh orang yang sama yang bertanggung jawab atas Mobile Suit Gundam SEED dan Destiny. Jadi wajar saja jika melihat kesamaan antar karakter, misalnya desain karakter protagonisnya yang mirip, dan saya juga dulu kesulitan membedakannya.

5. Full Metal Panic!

full metal panic anime
  • Episode: 24 (Season 1), 12 (Season 2)
  • Studio: Gonzo (Season 1), Kyoto Animation (Season 2)

Dilengkapi dengan persenjataan mutakhir dan pasukan khusus, sebuah organisasi militer swasta bernama Mithril berusaha untuk memadamkan terorisme dunia dan semua ancaman terhadap perdamaian di bumi.

Sousuke Sagara yang berusia tujuh belas tahun, seorang sersan yang bekerja untuk Mithril, telah ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori. Sousuke diperintahkan untuk bergabung dengan kelas sekolah menengahnya dan berada sedekat mungkin dengan Kaname. Disamping melindungi Kaname, Sousuke harus melakukan beragam misi lain dari Mithril.

Full Metal Panic! pernah ditayangkan di TV 7 kemudian di ANTV. Saya sendiri sangat menyukai anime mecha ini, apalagi musim kedua yang digarap Kyoto Animation.

Lihat juga: 10 Anime Kyoto Animation Besutan Yasuhiro Takemoto

6. Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00
  • Episode: 25 (Season 1), 25 (Season 2)
  • Studio: Sunrise

Tentu saja, jika membicarakan anime mecha pasti akan menyebut Gundam. Untuk dekade 2000-an, Mobile Suit Gundam 00 wajib dipilih.

Di masa depan, minyak bumi tak lagi berguna. Berbagai negara telah bersatu untuk membentuk tiga faksi utama. Masing-masing sektor ini memiliki akses ke generator tenaga surya, yang memberi mereka energi tanpa batas.

Selama bertahun-tahun terjadi peperangan dan perselisihan internal akibat kendali energi surya. Di tengah kekacauan ini, sebuah organisasi paramiliter muncul mengidentifikasi diri sebagai “Celestial Being”. Dengan cita-cita untuk mengakhiri semua peperangan melalui intervensi bersenjata dengan menggunakan Mobile Suit misterius dan berteknologi canggih yang dikenal sebagai Gundam.

Mobile Suit Gundam 00 mengikuti kisah dari Celestial Being. Berfokus pada para Gundam Meisters yaitu Setsuna F. Seiei, Lockon Stratos, Allelujah Haptism, dan Tieria Erde. Keempatnya terjun ke dalam pertempuran dahsyat antara tiga faksi negara adidaya untuk mencapai tujuan mereka mengubah dunia.

7. Eureka Seven

eureka seven
  • Episode: 50
  • Studio: Bones

Renton Thurston ingin meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan kelompok paramiliter yang dikenal sebagai Gekkostate. Renton berharap menemukan petualangan, tapi terjebak di antara desakan kakeknya untuk menjadi mekanik seperti dia.

Semuanya berubah ketika benda tak dikenal menabrak garasi Renton: Nirvash typeZERO. Pilotnya adalah seorang gadis muda bernama Eureka, anggota Gekkostate, yang kemudian meminta tune-up untuk Nirvash.

Pertemuan ini memicu awal keterlibatan Renton dengan Gekkostate saat ia lepas landas bersama Eureka sebagai co-pilot Nirvash. Renton dan Eureka adalah salah satu kisah romantis favorit saya.

8. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann
  • Episode: 27
  • Studio: Gainax

Dengan kegilaan serupa Diebuster, Gurren Lagann adalah pewaris Neon Genesis Evangelion dalam bentuk antitesis.

Baca juga: Gurren Lagann Merebut Obor Evangelion

Simon dan Kamina lahir dan dibesarkan di desa bawah tanah yang dalam, tersembunyi dari permukaan bumi yang berbahaya. Suatu hari saat menggali, Simon menemukan kunci kontak artefak perang kuno, yang disebut Lagann. Menggunakan senjata baru tadi, Simon dan Kamina menangkis serangan mendadak dari permukaan dengan bantuan Yoko Littner, gaids berambut merah yang memegang senjata besar.

Simon dan Kamina memulai perjalanan bersama Yoko untuk menjelajahi tanah kosong di permukaan. Segera, mereka bergabung dalam perang melawan “Beastmen”. Meskipun mereka menghadapi beberapa tantangan dan kemunduran, ketiganya dengan berani melawan musuh-musuh baru ini bersama para penyintas lainnya untuk merebut kembal bumi, sambil perlahan mengungkap misteri berskala galaksi.

9. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass: Hangyaku no Lelouch
  • Episode: 25 (Season 1), 25 (Season 2)
  • Studio: Sunrise

Kekaisaran Suci Britannia memantapkan dirinya sebagai negara militer yang dominan, dimulai dengan penaklukan Jepang. Berganti nama menjadi Area 11, Jepang secara gerilya melancarkan perlawanan terhadap para tiran ini dalam upaya untuk mendapatkan kembali kemerdekaan.

Lelouch Lamperouge, seorang siswa asal Britannia, menemukan dirinya terjebak dalam baku tembak antara pasukan bersenjata. Dia mampu melarikan diri berkat kehadiran seorang gadis misterius bernama C.C., yang menganugerahkan kepadanya Geass, “Kekuatan Raja.”

Menyadari potensi besar dari “kekuatan kepatuhan mutlak” yang baru ditemukannya, Lelouch memulai perjalanan berbahaya dengan menyembunyikan identitasnya sebagai Zero, memimpin serangan tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalas dendam.

10. Macross Frontier

Macross Frontier
  • Episode: 25 (Season 1)
  • Studio: Satelight

Seperti Gundam, Macross merupakan franchise mecha yang sudah eksis selama bertahun-tahun.

Macros Frontier belatar setelah perang dahsyat melawan ras raksasa yang dikenal sebagai Zentradi, umat manusia telah melarikan diri menuju pusat galaksi di atas armada kapal kolonial. Saat ancaman makhluk luar angkasa semakin hilang, kehidupan di Macross Frontier berjalan seperti biasa.

Pada tahun 2059, seorang pilot trainee mecha muda bernama Alto Saotome dan rekan-rekannya sedang bersiap untuk melakukan rutinitas pengiring penyanyi terkenal Sheryl Nome, yang datang ke Macross Frontier untuk konser. Selama pertunjukan, spesies alien biomekanik yang dikenal sebagai Vajra tiba-tiba muncul, menerobos batas pertahanan yang mengelilingi kapal dan mendarat di dekat tempat konser, membuat seluruh kota menjadi kacau.

Saat penonton konser mengungsi, seorang gadis muda bernama Ranka Lee tertinggal dan menjadi sasaran Vajra, tetapi dia diselamatkan pada menit terakhir oleh Alto. Setelah peristiwa ini, program Layanan Militer Strategis mencatat keterampilan Alto dalam pertempuran, yang mengakibatkan perekrutannya untuk memerangi ancaman alien baru.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang.