12 Anime Mecha Romance, Ketika Cinta Mekar di Tengah Kemelut Perang

Mecha dikenal karena dua hal: aksi fiksi ilmiah dan robot raksasa. Karena itu, penggemar anime mecha tahu bahwa subgenre tercinta ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan daripada sekadar aksi.

Bagian dari daya tarik abadi mecha adalah kemampuannya untuk menemukan kembali dirinya sendiri tanpa kehilangan identitas intinya. Ya, akan selalu ada robot pertempuran raksasa dan kejahatan antargalaksi, tetapi di luar itu, alam semesta adalah batasnya.

Ketika kisah cinta diceritakan dengan baik, kerangka genre tidak terlalu penting. Beberapa seri mecha telah menggali romansa, dengan hasil yang bisa dibilang beragam. Meski begitu, mereka yang menyukai cerita mecha mereka yang dibumbui dengan romansa tidak akan kekurangan pilihan.

1. Macross: Do You Remember Love?

Macross: Do You Remember Love? lin minmay

Macross adalah waralaba yang hampir sama tuanya dengan Gundam, hanya beda beberapa tahun. Bisa dibilang anime original Macross ini adalah nenek moyangnya subgenre mecha romance.

Bukan hanya cinta biasa, tapi kemelut cinta segitiga, yang bahkan lebih intens dengan perjuangan umat manusia menolak kepunahan dari serangan monster alien.

Macross adalah franchise mecha dengan robot super besar, cinta segitiga dan musik pop. Romansa antara pilot Hikaru, komandan Misa Hayase, dan diva Lynn Minmay begitu menegangkan.

Baca juga: Urutan Nonton Macross, Anime Mecha Romance

2. Mobile Suit Gundam SEED

Mobile Suit Gundam SEED

Waralaba Gundam pasti memiliki pasangan romantis yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun, dan pasti ada ship favorit penggemar yang ditampilkan dalam seri seperti Z: Gundam. Meski begitu, Gundam SEED tiba pada tahun 2002, tepat pada waktunya untuk era perang ship di internet.

Seri Gundam pertama yang berlatar era kosmik, Gundam Seed berfokus pada konflik yang sedang berkembang antara manusia di bumi dan “koordinator” yang ditingkatkan secara genetik yang telah melarikan diri untuk hidup di antara bintang-bintang.

Baca juga: 10 Anime Gundam Terbaik

Penggemar Gundam terkenal karena kesetiaan mereka pada waralaba, dan ini tampaknya juga berlaku untuk kesetiaan mereka pada berbagai ship.

3. RahXephon

RahXephon

RahXephon sering dibandingkan dengan Evangelion, dan untuk alasan yang bagus. Kedua seri membanggakan palet warna dan pandangan dunia yang lebih suram daripada banyak seri mecha, dan mereka diproduksi dalam satu dekade satu sama lain.

Seperti Evangelion, RahXephon berusaha meningkatkan standar untuk mecha, memamerkan karya seni nostalgia, referensi ke peradaban kuno, alam semesta yang dibentuk oleh kekuatan musik, dan penceritaan yang agak samar.

Tetapi sementara elemen-elemen ini tidak selalu berhasil, elemen-elemen lain membantunya membentuk identitasnya sendiri. Misalnya, ada hubungan romantis yang aneh antara dua pemeran utama, Ayato dan Haruka, yang mungkin sudah saling kenal di kehidupan lain.

4. Genesis of Aquarion

Genesis of Aquarion

Sousei no Aquarion dan sekuelnya, Aquarion Evol, sedikit seri yang lebih optimis daripada banyak judul mecha modern. Terinspirasi oleh pertunjukan robot raksasa yang dipopulerkan di Jepang tahun 70-an dan 80-an, serial ini mencoba memadukan tema nostalgia dengan animasi dan penceritaan modern.

Dalam Genesis of Aquarion, umat manusia diliputi oleh ras makhluk yang disebut Shadow Angels sampai seseorang jatuh cinta dengan manusia dan menggunakan mecha untuk menyelamatkan umat manusia.

Aquarion Evol lebih fokus pada karakterisasi. Dua tim pilot mecha dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, dan percintaan dilarang di antara mereka. Tentu saja, melarang cinta adalah salah satu cara pasti untuk menjamin karakter pasti akan jatuh cinta.

5. Mars Daybreak

Mars Daybreak

Mars Daybreak sebagian besar berfokus tentang bahaya terraforming. Bertempat di Mars yang secara tidak sengaja tercakup dalam lautan besar tempat sebagian besar warga tinggal di kapal kota terapung.

Seri ini mengikuti Gram River, seorang pemuda yang kapalnya dilanda bajak laut kapal selam sebelum dia diselamatkan oleh mekanisme raksasa. Dia mulai bekerja dengan bajak laut sebagai pilot mecha.

Sayangnya, teman masa kecilnya Vess bekerja untuk pemerintah dan tidak senang dengan pilihannya. Sementara romansa antara keduanya tidak pernah menjadi pusat cerita, itu adalah utas konstan yang memotivasi karakter.

6. Full Metal Panic

full metal panic mecha anime

Full Metal Panic! merupakan perpaduan sempurna antara aksi dan humor. Serial anime mecha ini menyeimbangkan semuanya dengan sangat baik. Full Metal Panic! bahkan membuat alur cerita tampak ringan, dengan mengemas anime aksi militer dengan balutan komedi romantis sekolah menengah.

Baca juga: Urutan Full Metal Panic

Premis dari Full Metal Panic! berkisar pada konspirasi Perang Dunia 3 dan Uni Soviet. Seiring dengan persenjataan berteknologi tinggi dan perang gerilya, yang merupakan sesuatu yang akan dinikmati oleh penggemar mecha juga genre militer.

7. Eureka Seven

eureka seven anime

Eureka Seven merupakan perpaduan unik antara budaya surfing dan elemen mecha. Berlatar ribuan tahun setelah umat manusia pergi ke luar angkasa, serial ini mendokumentasikan konflik antara umat manusia dan ras alien yang disebut “Karang Scub”, makhluk hidup yang mungkin mencari koeksistensi dengan manusia.

Ketika Renton Thurston, mengikuti jejak ayahnya, bergabung dengan sekelompok pemberontak yang dikenal sebagai Gekkostate, dia ditemani oleh Eureka, seorang pilot mecha misterius.

Baca juga: Urutan Menonton Eureka Seven

Saat keduanya secara bertahap memahami satu sama lain, cinta mereka terasa sama organiknya dengan yang dibenarkan, berdasarkan rasa saling menghormati dan kasih sayang.

8. Macross Frontier

Macross Frontier

Salah satu elemen yang paling membagi penggemar Macross adalah cinta segitiga terkenal yang berkembang biak di berbagai alur cerita.

Warisan Macross Frontier sebagai seri tampaknya setidaknya sebagian tertanam karena “perang waifu” antara Sheryl dan Ranka yang dipicu di dalam fandom. Dampak Macross pada mecha sulit untuk disangkal, dan itu adalah salah satu yang pertama untuk memadukan berbagai macam tema.

9. Valvrave the Liberator

Valvrave the Liberator

Meskipun menyajikan pandangan yang agak menyedihkan tentang masa depan, Valvrave The Liberator mengumpulkan perhatian yang signifikan dari penggemar romansa.

Berlatar di masa depan yang jauh, serial ini mengikuti Haruto Tokushima dan sekelompok siswa yang menjadi pilot Valvrave dengan mengorbankan kemanusiaan mereka.

Mengemudikan Valvrave berarti kehilangan ingatan dan empati, dan Haruto memutuskan untuk memulai pencarian yang mungkin gagal untuk menjadi manusia murni sekali lagi.

Sementara semua ini sudah tampak sangat gelap, anime ini menyediakan lahan subur untuk semua jenis romansa.

10. Gargantia of the Verdurous Planet

Gargantia of the Verdurous Planet

Gargantia of the Verdurous Planet didasarkan pada kehidupan nyata dan konsekuensi dari mereka yang hidup di masa depan dystopian buatan manusia.

Ketika pilot mecha Ledo jatuh melalui lubang cacing saat melawan alien dan mendarat di planet yang tertutup lautan, dia tidak punya pilihan selain hidup di antara orang-orang Gargantia, pemandangan kota yang terbentuk dari armada kapal.

Perkembangan Ledo sebagai karakter memuaskan, dan pemeran karakter di sekitarnya menyegarkan. Ada banyak alasan untuk menonton anime mecha sebagus ini, salah satunya romansa yang sedang berkembang antara Ledo dan Amy, seorang utusan yang tinggal di kapal Gargantia, sangat bagus.

11. Darling in the Franxx

Darling in the Franxx

Sulit untuk memikirkan seri apa pun dalam beberapa tahun terakhir yang mengecewakan penggemar seperti Darling in the Franxx. Bahkan ketika hype di sekitar seri tumbuh, firasat merasuki fandom saat alur cerita mulai mundur.

Berlatar di masa depan pasca-apokaliptik ketika umat manusia dibagi menjadi makhluk nyata dan buatan, pasangan utama cerita terdiri dari Hiro dan Zero Two, yang bermitra menjadi pilot mecha Franxx.

Baca juga: Kenapa Zero Two Begitu Populer?

Arc terakhir yang sangat mengecewakan membuat seri ini secara keseluruhan sulit untuk direkomendasikan, tetapi romansa di babak pertama menarik banyak penonton ke anime ini.

12. SSS.Dynazenon

SSS.Dynazenon

SSS.Dynazenon merupakan waralaba yang melanjutkan SSS.Gridman.

Memerlukan kerja sama empat orang, sebuah mecha menyeret Gauma, Yomogi, Minami, dan Koyomi Yamanaka ke dalam kokpitnya.

Pertemuan mereka dengan kaiju menandai awal dari keterjeratan mereka dengan ahli eugenika kaiju, pengguna kaiju yang memanipulasi kaiju dengan niat jahat, dan upaya mereka untuk mengeluarkan potensi penuh Dynazenon.

Romansa antara Yomogi dengan Minami jadi salah satu cerita yang memikat, dengan akhir yang bahagia.

Tinggalkan komentar