10 Anime Mirip Bungou Stray Dogs, Antara Fantasi Urban dan Karakter Unik

Bungou Stray Dogs adalah anime menyenangkan. Latarnya yang menarik, dan karakternya berwarna-warni, akan menarik minat kita.

Mengikuti anggota Busou Tanteisha atau Armed Detective Agency, yang harus menyelesaikan beragam kasus kriminal. Tujuan utama Busou Tanteisha ini adalah untuk melindungi kota Yokohama.

bungou stray dogs anime

Selain sering bentrok dengan mafia lokal, agensi detektif swasta ini juga harus berhadapan dengan sindikat bawah tanah internasional mulai dari Amerika Serikat dan Rusia yang mengganggu ketentraman.

Jika butuh tontonan sejenis Bungou Stray Dogs, berikut saya rekomendasikan beberapa anime sejenis:

1. Baccano!

baccano anime
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Comedy, Historical, Supernatural,
  • Studio: Brain’s Base

Baccano! berfokus pada berbagai orang, dari alkemis, pencuri, penjahat, Mafiosi dan Camorristi, yang tampaknya tak terhubung satu sama lain.

Setelah ramuan keabadian diciptakan kembali pada tahun 1930 di Manhattan, para karakter mulai bersinggungan, memicu peristiwa-peristiwa yang semakin lama semakin tak terkendali.

Baccano!, yang merupakan Bahasa Italia yang berarti “keributan”, diceritakan dari berbagai sudut pandang, sebagian besar dibuat dalam semesta fiksi Amerika Serikat selama berbagai periode waktu, terutama era Prohibiton.

2. Kara no Kyoukai

kara no kyoukai shiki ufotable anime
  • Episode: 7 Film
  • Genre: Action, Supernatural, Thriller
  • Studio: ufotable

Berlatar di semesta paralel alternatif ke seri TYPE-MOON lainnya seperti Tsukihime dan Fate/stay night. Di kedua seri itu, kita akan menemukan beberapa referensi untuk Kara no Kyoukai, menjadikannya tontonan yang wajib untuk pemahaman lengkap tentang TYPE-MOON.

Apalagi adaptasi anime dikerjakan oleh Studio Ufotable dengan komposisi musik yang digarap Yuki Kajiura, yang kemudian memunculkan grup vocal Kalafina.

Dengan cerita memikat yang berpusat pada Shiki dan Mikiya Kokutou, Kara no Kyoukai memadukan aksi, misteri, supranatural, dan thriller sehingga menyajikan tontonan komplit.

Baca juga: Urutan Menonton Kara no Kyoukai

3. Durarara!!

durarara
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Comedy, Supernatural
  • Studio: Brain’s Base

Durarara!! atau sering juga disingkat DRRR!! ditulis oleh Ryohgo Narita yang sebelumnya membuat Baccano! sehingga ada beberapa elemen serupa.

Kisah ini diceritakan dari perspektif beragam karakter yang ada di Ikebukuro, satu distrik di pusat kota Tokyo. Ikebukuro menjadi media untuk sebagian besar pengembangan plot dan kekerasan acak yang tercipta di sepanjang seri.

Baca juga: Urutan Menonton Anime Durarara!!

4. K

k anime
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Mystery, Supernatural
  • Studio: GoHand

“King” adalah individu yang telah diberikan kekuatan gaib yang luar biasa dan diberikan kemampuan untuk merekrut orang lain ke dalam klan mereka. Melindungi kehidupan dan kehormatan klan mereka adalah bagian integral dari tugas seorang King.

Setelah video yang menggambarkan pembunuhan keji seorang anggota Klan Merah menyebar secara viral, siswa biasa Yashiro Isana dituduh melakukan pembunuhan.

Sekarang, perburuan sedang berlangsung untuk kepalanya, membawanya ke dalam kontak dengan Kurou Yatogami yang terkenal — seorang pendekar pedang dan seniman bela diri yang terampil bertekad untuk mengikuti keinginan mendiang tuannya, Seventh King.

5. Mirai Nikki (The Future Diary)

mirai nikki
  • Episode: 26
  • Genre: Supernatural, Thriller, Romantic
  • Studio: asread.

Amano Yukiteru adalah penyendiri yang masuk sekolah menengah dan mengamati segala sesuatu dari zona amannya sementara ia menulis buku harian di ponselnya, mencatat semua pengamatan.

Yuki tampaknya tidak memiliki teman tetapi ia sering berbicara dengan teman khayalannya: Dewa ruang dan waktu bernama Deus dan pelayannya.

Betapa mengejutkannya pengalaman Yuki ketika dia mengetahui bahwa Deus adalah dewa yang nyata, membuktikannya dengan memberinya semacam diari yang dapat memprediksi peristiwa masa depan di sekitar Yuki.

Kelihatannya seperti berkah, tetapi hanya sampai dia menemukan bahwa Deus memberikan buku harian itu untuk 11 orang lainnya juga. Tampak tak berbahaya, tetapi sayangnya untuk Yuki, parade membunuh atau terbunuh dimulai karena aturan permainan Deus.

Segera setelah itu, sekutu terkuat Yuki bergabung dengan permainan, seorang gadis berambut merah muda bernama Yuno Gasai yang sangat terobsesi dengan Yuki dan mengaku mencintai dan melindunginya dengan cara apa pun.

6. Tokyo Ghoul

tokyo ghoul ken kaneki
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Drama, Psychological, Supernatural
  • Studio: Pierrot

Kisah ini berlatar di Tokyo dalam realitas alternatif, ketika manusia hidup berdampingan dengan ghoul, makhluk pemakan daging manusia yang tampak sama dengan manusia normal.

Protagonis utama, Ken Kaneki adalah seorang mahasiswa yang sekarat setelah diserang gebetannya yang mengajaknya kencan, yang ternyata seorang ghoul. Kaneki dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi tanpa sadar hanya untuk mengetahui bahwa ia jadi manusia setengah ghoul karena transplantasi organ dari ghoul gebetannya itu.

Kaneki harus menghadapi dan beradaptasi dengan kenyataan baru yang keras. Jika dia ingin bertahan hidup, dia harus berurusan baik dengan manusia maupun ghoul, dan yang paling penting dengan konflik batinnya.

7. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu (Parasyte -the maxim-)

parasyte anime
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Sci-Fi, Horror, Psychological, Drama, Seinen
  • Studio: Madhouse

Suatu malam, Shinichi Izumi yang berusia enam belas tahun sedang tidur nyenyak ketika ras alien parasit turun ke Bumi. Satu parasit menginfeksi Shinichi, mencoba untuk mendapatkan otaknya untuk mengambil alih tubuhnya, tetapi akhirnya terjebak di tangan kanannya.

Tidak dapat pindah ke otak, alien yang bernama Migi, sekarang tidak punya pilihan selain belajar hidup berdampingan dengan Shinichi di tubuhnya agar tetap hidup.

Sayangnya, alien parasit lain tidak begitu bersahabat dengan manusia atau parasit yang gagal menyelesaikan misi mereka.

8. Kekkai Sensen (Blood Blockade Battlefront)

Blood Blockade Battlefront anime
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Comedy, Supranatural, Fantasy
  • Studio: Bones

Kekkai Sensen mengikuti Leonardo Watch di tempat teraneh di Bumi itu bersama rekan-rekannya yang sama anehnya di organisasi itu. Leo awalnya hanya lelaki biasa yang tanpa disadari melihat hidupnya menjadi gila sekaligus luar biasa.

Monyet supersonik, vampir, dan segala macam monster supernatural hidup bersama manusia. Ini telah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Hellsalem’s Lot, yang sebelumnya dikenal sebagai New York.

Ketika gerbang antara Bumi dan Alam Bawah terbuka, penduduk New York dan makhluk dari dimensi lain sama-sama terpaksa untuk hidup bersama.

Ada Libra, organisasi rahasia yang terdiri dari orang-orang eksentrik dan super, yang bertugas menjaga ketertiban di kota itu dan memastikan bahwa kekacauan tak menyebar ke seluruh dunia.

9. Dorohedoro

dorohedoro anime
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Comedy, Supranatural, Fantasy, Seinen
  • Studio: MAPPA

Hole adalah distrik kumuh, ketika kematian dan mutilasi biasa terjadi. Penduduk Hole adalah ampas masyarakat dan subjek uji para pengguna sihir yang hidup terpisah darinya. Penduduk terus diuji atau dibunuh oleh penyihir ini.

Di Hole ada Kaiman, seorang pria dengan kepala dikutuk menjadi seperti kadal, tetapi dengan kekebalan terhadap sihir. Dia menghabiskan waktunya untuk memburu para pengguna sihir ini, terutama penyihir yang telah mengubah kepalanya, sekaligus mendapatkan kembali ingatannya.

10. Gleipnir

gleipnir suichi claire
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Supranatural, Fantasy, Seinen
  • Studio: Pine Jam

Gleipnir mengikuti seorang siswa sekolah menengah medioker yang tinggal di kota kecil yang membosankan, yang kemudian secara mengejutkan dirinya bisa bertranformasi jadi monster berbentuk boneka maskot.

Adalah Shuichi Kagaya yang hidupnya makin terbalik setelah memutuskan menolong gadis cantik dari kebakaran.

Demi menyelamatkannya, Shuichi menggunakan kemampuan yang berusaha disembunyikannya, ia memutuskan jadi monsternya, jadi sesosok boneka maskot berbulu berkepala anjing besar dengan revolver besar dan ritsleting besar di punggungnya.

Setelahnya, gadis yang diselamatkan itu, yang bernama Claire Aoki dan ternyata adik kelasnya, tahu soal rahasia kelam Suichi ini.

Tinggalkan komentar