10 Anime Mirip Gintama

Selama bertahun-tahun, kru Yorojura telah melakukan segala hal, menyelamatkan alam semesta, melawan hantu, perang berebut makanan, dan terjebak di toilet karena kehabisan tisu. Meski perjalanan Gintama mungkin sudah berakhir, tawa dan keseruan tak harus berhenti.

Memulai debutnya pada tahun 2003, manga shonen Gintama dari Hideaki Sorachi bertahan hingga 2019. Sebuah adaptasi anime garapan studio Sunrise diluncurkan sejak tahun 2006, menghasilkan banyak musim dengan total lebih dari 350 episode. Bisa dibilang Gintama telah meninggalkan jejaknya, dan serial ini harus ditonton oleh penggemar komedi dan aksi.

Meski ada berbagi kesamaan dengan banyak serial lainnya, terutama shonen, Gintama masih merupakan anime dengan sedikit yang sejenis. Namun, ada anime lain yang menyentuh beberapa elemen yang sama.

1. Rurouni Kenshin (Samurai X)

samurai x rurouni kenshin anime

Idealnya, Rurouni Kenshin kudu ditonton sebelum Gintama, ini karena mencakup banyak referensi dan konteks periode sejarah Jepang. Bisa dibilang, Gintama mungkin juga menjadi parodi langsung dari Kenshin.

Baik Gintama dan Rurouni Kenshin fokus pada kehidupan seorang samurai dan bagaimana dia mencoba untuk membuat jalannya di era baru setelah Restorasi Meiji di Periode Edo.

Bagaimanapun, anime klasik 1990-an ini telah bertahan dalam ujian waktu dengan cukup baik, berkat karakternya yang kuat, pertarungan yang indah, dan humor yang cerdas.

Rurouni Kenshin masih dianggap serial samurai paling terkenal sepanjang masa, reputasi yang diperoleh sepenuhnya. Film live-action Rurouni Kenshin juga fantastis dan memberikan kesimpulan yang memuaskan untuk cerita karena anime tidak sepenuhnya mengadaptasi manga.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Rurouni Kenshin

2. Arakawa Under the Bridge

one punch man anime overpower

Humor serupa yang absurd, hampir semua karakter tidak normal, dan keduanya sangat lucu.

Berfokus pada Kou Ichinomiya, putra seorang pengusaha kaya, yang diselamatkan Nino yang tinggal di bawah jembatan. Mengaku berasal dari Venus, Nino hanya menginginkan satu hal: jatuh cinta.

Karena merasa berhutang nyawa, Kou bersikeras untuk membayarnya kembali. Jadi Nino meminta Kou untuk menjadi pacarnya, memaksanya untuk pindah dan memulai hidup baru di bawah jembatan.

Arakawa Under the Bridge yang digarap studio Shaft ini memotret interaksi Kou dengan orang-orang aneh yang hidup di bawah jembatan itu.

Sugita Tomokazu yang merupakan seiyuu Gintoki menjadi salah satu karakter di sini, serta ada beberapa yang lainnya.

3. JoJo’s Bizzare Adventure

JoJo's Bizzare Adventure anime

Kedua serial ini memiliki beberapa skenario paling konyol yang pernah saya lihat di anime, dan mereka dapat melakukan komedi dan reaksinya dengan cara terbaik. Selain itu, keduanya seri panjang dengan banyak bagian dan banyak aksi.

Antara Gintama dan JoJo’s Bizzare Adventure memiliki latar sejarah dengan elemen fantasi dan sci-fi.

Jojo berlatar berbagai periode waktu mulai dari Inggris Victoria dan memiliki banyak karakter dengan kekuatan mistik.

Jika Gintama memiliki banyak referensi tentang sejarah Jepang dari periode Edo serta budaya pop dan otaku lainnya, maka JoJo juga penuh dengan referensi budaya, terutama pada musik.

Salah satu karakter utama Joseph Joester disuarakan oleh Sugita, yang juga membintangi Gin. Gintama juga sering juga memparodikan JoJo.

Baca juga: Urutan Nonton Anime JoJo’s Bizarre Adventure

4. Space Dandy

Space Dandy anime

Gintama memiliki dua mode: serius dan lucu. Yang pertama memprioritaskan kesinambungan naratif, aksi, pembangunan dunia, dan drama. Yang terakhir sebagian besar terdiri dari cerita episodik yang memotret Edo dalam berbagai situasi konyol dan aneh. Space Dandy melakukan hal yang hampir sama, dengan yang terakhir dibawa secara ekstrim.

Episode anime sci-fi seperti cerita mitos, yang tidak harus mematuhi konvensi yang telah ditentukan sebelumnya, hanya berpegang teguh pada sifat karakter inti Space Dandy. Hal-hal menjadi semakin aneh dengan cara terbaik.

5. Beelzebub

Beelzebub

Mencakup hanya sebagian kecil dari manga Ryuhei Tamura, anime Beelzebub adalah komedi shonen ringan tentang seorang berandalan yang ditugaskan untuk merawat bayi raja iblis. Secara alami, kesenangan terjadi.

Seperti Gintama, bab-bab awal Beelzebub dikhususkan hampir seluruhnya untuk humor, karena manga dan anime mendorong mereka yang tangguh ke dalam situasi yang menggemaskan dan lucu. Anime berakhir sebelum manga mulai mendorong aksi ke garis depan, tetapi pertunjukannya mendapatkan humor yang tepat.

6. Sket Dance

Sket Dance

Sket Dance pada dasarnya adalah Gintama yang berlatar sekolah menengah. Kru Yorozura dari Gintama bahkan muncul di Sket Dance untuk crossover.

Brigade SKET mengambil pekerjaan apa pun yang mungkin ditugaskan oleh badan siswa, meskipun tiga anggota klub jarang melakukan banyak hal.

Sket Dance bekerja sebagai parodi anime shonen, juga komedi yang berdiri sendiri tentang tiga karakter serius yang sering menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang mereka perbaiki.

7. Kekkai Sensen

anime kekkai sensen

Antara Kekkai Sensen dan Gintama berlatar dalam tempat realistis yang kemudian dikombinasikan dengan elemen alien dan supernatural, dan dibangun di sekitar karakter aneh dan penuh warna.

Dalam Kekkai Sensen, lubang ke dunia lain tiba-tiba terbuka di New York, mengakibatkan kota itu hancur dan dibangun ulang menjadi Hellsalem’s Lot. Di sini manusia dan makhluk supernatural hidup berdampingan dalam keseharian.

Seperti Gintama, Kekkai Sensen tak terlalu fokus pada plot, dan keduanya lebih bergantung pada beragam karakternya.

Protagonis utama Leonardo Watch disuarakan oleh Daisuke Sakaguchi, yang merupakan seiyuu dari Kenpachi.

8. The Disastrous Life Of Saiki K.

anime gintama shinpachi gintoki kagura

Bersama Gintama, serial The Disastrous Life of Saiki K garapan J.C. Staff ini berada dalam barisan teratas anime komedi terbaik.

Kusuo Saiki adalah seorang pemilik kekuatan supranatural yang sangat kuat, yang dapat melakukan hampir semua hal. Putus asa untuk tidak diperhatikan, Saiki berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi tidak spektakuler.

Sayangnya, Saiki tampaknya secara alami malah menarik orang-orang yang aneh dan spektakuler lainnya.

Dipecah menjadi sketsa pendek, The Disastrous Life of Saiki K. memiliki daftar karakter yang mengesankan yang hampir menyaingi karakter dalam Gintama. Humornya juga sangat berfokus pada karakter.

9. Golden Kamuy

golden kamuy anime

Golden Kamuy berpusat di sekitar kelompok orang yang mencoba memperoleh emas tersembunyi, perlombaan yang melibatkan veteran perang Saichi Sugimoto dan seorang gadis Ainu, serta belasan karakter unik lainnya.

Menggabungkan karakter sejarah, Golden Kamuy berdarah, intens, dan sangat lucu.

Memang bukan rekomendasi yang valid untuk orang yang mencari sesuatu yang mirip dengan sketsa Gintama yang episodik, tapi Golden Kamuy sangat cocok untuk mereka yang menyukai arc aksi anime shonen, meski sebenarnya ini adalah serial seinen.

Di sini juga ada sosok Hijikata Toshiro yang sadis dan badass.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Golden Kamuy

10. One Punch Man

One Punch Man

Ke mana harus melangkah jika semua impian kamu telah terpenuhi? Itulah pertanyaan yang dihadapi kedua seri. Mereka tidak memiliki plot yang serius, hanya kehidupan sehari-hari seorang pria yang mencoba menjalani hidupnya.

Terkadang ada pertempuran dan momen lucu. Sangat gampang untuk merekomendasikan Gintama dan One Punch Man kepada orang-orang yang mencari anime lucu untuk ditonton untuk menambahkan bumbu dalam hidup mereka.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

2 Comments

  1. Jadi penasaran sama yang nomor 2 (Arakawa).

    Saya sulit cocok sama art di Jojo entah kenapa, padahal orang-orang bilang itu bagus. Terus Beelzebub dan OPM cuma sanggup 5 episode awal, habis itu mandek. Soalnya ngerasa protagonisnya overpower, jadi kayak kurang sreg. Haha.

    Kekkai Sensen dan Saiki udah nonton sampai kelar. Kalau Saiki dari segi komedi termasuk mirip. Tapi saya enggak kepikiran sama sekali yang Kekkai ini mirip Gintama. Palingan cuma keinget pengisi suaranya ada yang sama kayak Hijikata.

    Di tulisan anime samurai yang tadi saya baca juga beberapa pengisi suaranya banyak yang sama ya, khususnya seiyuu Hijikata itu. Di Gintama, Basara, Samurai Champloo.

    • Arakawa Under the Bridge rekomen sih, lawaknya kayak Gintama. Dan kalau lagi ngikutin Monogatari, pasti makin suka ini.

      Kekkai Sensen emang lebih ke latarnya itu yg perpaduan kota real yang diinvasi entitas lain.

      Kazuya Nakai yg jadi seiyuu Hijikata emang ngisi jadi Zapp yang rambut putih itu. Emang banyak meranin karakter yg sebenarnya keren tapi ada sengkleknya. Satu lagi kayak si Zoro yg paling terkenal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *