Rekomendasi 10 Anime Mirip Log Horizon

Dalam sekejap mata, tiga puluh ribu gamer Jepang yang kebingungan harus hidup dalam dunia MMORPG yang populer, Elder Tales, setelah adanya update, dan mereka tak dapat keluar.

Di antara mereka adalah Shiroe, seorang mahasiswa yang sulit bergaul, tapi seorang gamer veteran. Shiroe harus mengeksplorasi batas-batas realitas barunya. Belajar untuk hidup di dunia baru ini, memimpin orang lain dan bernegosiasi dengan NPC yang merupakan “penduduk asli”, untuk membawa stabilitas ke kota virtual Akihabara.

log horizon

Shiroe bergabung dengan temannya Naotsugu yang seorang tanker dan Akatsuki sang assasins mungil. Berawal dari grup mungil itu, teman dan jaringan Shiroe terus berkembang.

Log Horizon merupakan sebuah kisah fantasi, petualangan, dan politik, yang mengeksplorasi elemen-elemen video game melalui mata ahli strategi yang berusaha memanfaatkan situasi yang membingungkan.

Jika menyukai serial anime Log Horizon, berikut adalah berbagai anime yang menyerupainya, baik dari premis ceritanya atau dari protagonis utamanya yang ahli strategi:

1. Overlord

overlord anime
  • Episode: 13 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Magic
  • Studio: Madhouse

Sama seperti Shiroe, protagonis Overlord juga seorang penyihir yang kuat sekaligus ahli strategi, yang harus beradaptasi dalam dunia barunya.

Momonga, yang merupakan master dari dark guild Ainz Ooal Gown, memutuskan untuk menghabiskan waktunya dalam game karena server akan ditutup selamanya. Yang mengejutkan, Momonga tidak bisa keluar dari game dan NPC tampaknya mengembangkan kepribadian mereka sendiri.

Dihadapkan dengan situasi yang tidak normal ini, Momonga memerintahkan para pelayannya yang setia untuk membantunya menyelidiki dan mengendalikan dunia baru ini.

2. Hai to Gensou no Grimgar (Grimgar: Ashes and Illusions)

Hai to Gensou no Grimgar (Grimgar: Ashes and Illusions) anime
  • Episode: 12 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
  • Studio: A-1 Pictures

Ketika semua kandidat yang lebih kuat bergabung, mereka yang tertinggal harus membuat party bersama untuk bertahan hidup. Dipimpin Manato yang merupakan priest karismatik, Haruhiro thief yang kebanyakan mikir, Yume pemburu yang ceria, Shihoru penyihir pemalu, Mogzo seorang pejuang yang baik hati dan Ranta seorang dark knight yang banyak omong.

Dilempar ke negeri asing dengan ingatan kabur, mereka tak diberi pilihan lain selain menerima satu-satunya pekerjaan di dunia seperti game ini, untuk melenyapkan apa pun yang mengancam perdamaian di dunia baru mereka, Grimgar.

Meskipun mirip seperti dalam game, kalau sudah mati tidak bisa cara untuk menghidupkan lagi. Sekarang terserah pada kelompok petarung amatir ini untuk bertahan hidup bersama di dunia ketika hidup dan mati hanya dipisahkan oleh garis tipis.

3. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou anime
  • Episode: 13 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Harem, Fantasy, Game
  • Studio: asread., White Fox

Kehidupan biasa seorang otaku bernama Hajime Nagumo berubah ketika dia dan teman-teman sekelasnya masuk ke dunia fantasi dan ditugaskan untuk menyelamatkan umat manusia.

Jika teman-teman sekelasnya mendapat kemampuan yang berguna dalam pertempuran, Hajime hanya mendapatkan keterampilan transmutasi yang lemah dan tidak memiliki kekuatan ofensif.

Selama ekspedisi di Great Orcus Labyrinth, Hajime dikhianati oleh salah satu teman sekelasnya, yang menjatuhkannya ke dasar jurang. Putus asa untuk hidup dan kembali ke rumah suatu hari, dia bertemu dengan vampir yang dipenjara, yang juga berusaha melarikan diri dari labirin.

Karena tertarik padanya, Yue dan beberapa orang lainnya di sepanjang jalan menemani Hajime dalam perjalanannya untuk menemukan jalan pulang, sambil terus berubah dari biasa menjadi yang terkuat di dunia.

4. Shoukoku no Altair (Altair: A Record of Battles)

Shoukoku no Altair (Altair: A Record of Battles)
  • Episode: 24 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Historical
  • Studio: MAPPA

Meski bukan isekai video game, protagonis Shoukoku no Altair merupakan seorang ahli strategi seperti Shiroe dengan misi menjaga perdamaian dan stabilitas wilayahnya.

Terinspirasi dari Kekhalifahan Utsmaniyah Turki, Shoukoku no Altair berfokus pada Tughril Mahmut. Mahmut adalah pasha muda yang bertugas di Divan of the Türkiye Stratocracy, sementara peperangan sedang membayangi negaranya karena ancaman Kekaisaran yang agresif.

Dengan perpecahan Divan antara penghasut perang dan pasifis, Mahmut memulai pencariannya untuk menjaga perdamaian dengan cara apa pun. Saat ia menemukan dirinya lebih dalam dalam perpolitik, musuh baru dan sekutu muncul.

5. Tate no Yuusha no Nariagari (The Rising of the Shield Hero)

Tate no Yuusha no Nariagari (The Rising of the Shield Hero)
  • Episode: 25 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
  • Studio: Kinema Citrus

Empat Pahlawan Kardinal adalah sekelompok orang biasa dari Jepang modern yang dipanggil ke kerajaan Melromarc untuk menjadi penyelamatnya. Keempat pahlawan masing-masing diberikan pedang, tombak, busur, dan perisai untuk menaklukkan Gelombang.

Naofumi Iwatani, seorang otaku, dikutuk dengan nasib menjadi “Shield Hero”. Karena senjatanya cuma perisai, Naofumi diremehkan dan diejek oleh sesama pahlawan dan orang-orang kerajaan karena kemampuan ofensif yang lemah dan kepribadiannya loyo.

Naofumi berangkat dengan satu-satunya orang yang mau berlatih bersamanya, Malty Melromarc. Namun Naofumi dikhianati dan dituduh macam-macam sehingga dibenci oleh orang-orang Melromarc. Dengan rasa sakit hati, Naofumi memulai perjalanannya untuk memperkuat dirinya dan reputasinya.

Naofumi membeli budak manusia setengah rubah bernama Raphtalia untuk menemaninya dalam perjalanannya. Saat Gelombang mendekati kerajaan, Naofumi dan Raphtalia harus berjuang untuk kelangsungan hidup kerajaan dan melindungi orang-orang Melromarc dari masa depan naas mereka.

6. Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri anime
  • Episode: 24 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Studio: A-1 Pictures

Perwira JSDF (Japan Self-Defence Force) yang juga seorang otaku bernama Youji Itami, sedang dalam perjalanan untuk menghadiri konvensi doujin di Ginza, Tokyo ketika sebuah portal misterius berbentuk gerbang besar tiba-tiba muncul.

Dari gerbang ini, makhluk gaib dan prajurit yang mengenakan baju besi abad pertengahan muncul, menyerbu kota, membunuh dan menghancurkan segala sesuatu. Dengan tindakan cepat, Youji menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin sementara anggota JSDF lainnya mengarahkan upaya mereka untuk menghentikan invasi.

Tiga bulan setelah serangan itu, Youji ditugaskan memimpin tim pengintaian khusus, sebagai bagian dari gugus tugas JSDF, yang akan dikirim ke dunia di luar gerbang.

Mereka harus melakukan perjalanan ke dunia yang tidak dikenal ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka hadapi dan berusaha berteman dengan penduduk setempat dengan harapan dapat menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran yang berkuasa.

7. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

code geass anime
  • Episode: 24 (Season 1), 24 (Season 2)
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Sci-fi
  • Studio: Sunrise

Kekaisaran Suci Britannia memantapkan dirinya sebagai negara militer yang dominan, dimulai dengan penaklukan Jepang. Berganti nama menjadi Area 11 setelah kekalahannya yang cepat, Jepang telah melihat perlawanan yang signifikan terhadap para tiran ini dalam upaya untuk mendapatkan kembali kemerdekaannya.

Lelouch Lamperouge, seorang siswa Inggris, terjebak dalam baku tembak antara pasukan bersenjata Britannia dan pemberontak Area 11. Dia mampu melarikan diri berkat kemunculan seorang gadis misterius bernama C.C., yang menganugerahkan kepadanya Geass, “Kekuatan Raja.”

Menyadari potensi besar dari “kekuatan kepatuhan mutlak” yang baru ditemukannya, Lelouch memulai perjalanan berbahaya sebagai teroris bertopeng yang dikenal sebagai Zero, memimpin serangan tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalas dendamnya.

8. Akatsuki no Yona (Yona of the Dawn)

Akatsuki no Yona (Yona of the Dawn) anime
  • Episode: 24 (Season 1), 24 (Season 2)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Romance
  • Studio: Pierrot

Putri Yona menjalani kehidupan yang mewah dan mudah, sepenuhnya terlindung dari masalah Kerajaan Kouka yang tampaknya damai. Namun, pembunuhan mendadak raja dan pengkhianatan sepupu tercintanya Su-won menempatkan hidup Yona dalam bahaya besar.

Dipaksa untuk melarikan diri hanya dengan Son Hak, yang merupakan teman masa kecil dan pengawalnya, putri yang naif segera menemukan bahwa Kouka bukanlah tempat yang indah seperti yang dia bayangkan. Kemiskinan, perselisihan, dan korupsi merajalela, membuat merebut kembali takhta tidak lebih dari angan-angan mengingat keadaan kerajaan saat ini.

Akatsuki no Yona mengikuti Putri Yona dalam petualangan dewasa saat dia menghadapi kenyataan pahit kerajaannya. Dengan hanya seorang legenda misterius untuk membimbingnya, Yona harus menemukan cara untuk mengembalikan Kouka ke kejayaannya saat dikejar tanpa henti oleh pasukan Raja Kouka yang baru.

9. Berserk: The Golden Arc

Berserk: The Golden Arc anime
  • Episode: 3 Film
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural, Seinen
  • Studio: Studio 4°C

Di Kerajaan Midland, seorang tentara bayaran bernama Guts mengembara di negeri itu, lebih memilih kehidupan konflik daripada kehidupan damai. Guts adalah kekuatan tak terbendung yang mengatasi setiap lawan, memegang pedang yang lebih besar dari dirinya sendiri.

Baca juga: Kentaro Miura, Berserk dan Warisan Fantasi Berserak

Suatu hari, Griffith, pemimpin misterius dari kelompok tentara bayaran Taka no Dan atau Band of the Hawk, menyaksikan kecakapan bertempur Guts dan mengundangnya untuk bergabung dengan skuadronnya. Menolak tawaran itu, Guts menantang Griffith untuk berduel dan karena dikalahkan Guts dipaksa untuk bergabung.

Sekarang, Guts harus bertarung bersama Griffith dan krunya untuk membantu Midland mengalahkan Empire of Chuder. Namun, Griffith tampaknya menyimpan motif tersembunyi, menginginkan sesuatu yang jauh lebih besar dari sekadar menyelesaikan perang.

10. Sword Art Online

sword art online
  • Episode: 24 (Season 1)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
  • Studio: A-1 Pictures

Pada tahun 2022, realitas virtual telah berkembang pesat, dan MMORPG yang disebut Sword Art Online diluncurkan. Dengan bantuan konsol teknologi NerveGear, para pemain dapat mengontrol avatar mereka di dalam game menggunakan pikiran mereka sendiri.

Kazuto Kirigaya, dengan julukan Kirito, bersama sepuluh ribu pemain lainnya masuk ke dunia abad pertengahan fantasi Aincrad yang indah dan rumit. Namun, surga itu beralih jadi neraka; pembuat game telah menjebak mereka di dunia itu, tidak bisa log off dari permainan sampai mereka menyelesaikan seratus level game.

Kirito kemudian bertemu Asuna Yuuki, dan dari sini lah petualangan dimulai. Jika belum menontonnya saya rekomendasikan untuk segera mengikuti serial anime isekai video game ini, bisa baca dulu Urutan Menonton Sword Art Online.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *