10 Anime Mirip My Dress-Up Darling, Antara Romcom dan Passion

Sono Bisque Doll wa Koi o Suru atau My Dress-Up Darling adalah serial manga dari penulis perempuan Shinichi Fukuda. Adaptasi serial anime yang digarap oleh Studio CloverWorks ini salah satu yang paling hyped dan memanaskan Winter 2022.

Gojou Wakana suka boneka hina. Dia menghabiskan hari-harinya di rumah mengerjakan patung-patung bergaya tradisional Jepang, tak berusaha mencari teman karena takut kalau hobinya itu jadi sumber penghinaan.

Anehnya, dia terjerumus ke dunia cosplay ketika teman sekelas gadis cantiknya, Marin Kitagawa, belajar tentang keterampilan menjahitnya dan memintanya untuk membantunya dengan hobi cosplay dan otaku.

my dress-up darling anime cloverworks romcom

Nah, bagi yang menyukai anime My Dress-Up Darling, mungkin akan menyukai deretan anime ini juga:

1. Ijiranaide, Nagatoro-san

Ijiranaide, Nagatoro-san anime
  • Episode: 12
  • Studio: Telecom Animation Film

Suatu hari, Senpai mengunjungi perpustakaan sepulang sekolah dan menjadi incaran seorang junior yang super sadis! Nama gadis yang menggoda, menyiksa, dan menggoda Senpai adalah Nagatoro!

Dia menyebalkan sekaligus menggemaskan. Ini menyakitkan, tapi kamu tetap ingin berada di sisinya.

Karakter utama pria sangat pemalu dan canggung saat berada di sekitar pemeran utama ceweknya, sama seperti Gojo.

Nagatoro dan Marin juga menyukai hobi pemeran utama pria dan suka menggodanya menggunakan daya tarik seksual baik disengaja maupun tidak disengaja.

Kedua anime ini juga dipenuhi dengan fanservice.

2. Runway de Waratte (Smile Down the Runway)

Runway de Waratte (Smile Down the Runway)
  • Episode: 12
  • Studio: Ezo’la

Chiyuki Fujito memiliki mimpi: menjadi model Paris Collection. Masalahnya adalah, dia terlalu pendek untuk menjadi model, dan semua orang di sekitarnya mengatakan demikian!

Tapi tidak peduli apa yang mereka katakan, dia tidak akan menyerah. Teman sekelasnya, seorang siswa miskin bernama Ikuto Tsumura, juga memiliki mimpi: menjadi perancang busana.

Suatu hari Chiyuki mengatakan kepadanya bahwa itu “mungkin tidak mungkin” baginya, menyebabkan dia mempertimbangkan untuk menyerah…?!

Ini adalah kisah tentang dua individu yang dengan sepenuh hati mengejar impian mereka terlepas dari semua hal negatif yang datang setelah mereka!

Runway de Waratte sama seperti My Dress-Up Darling dalam hal mengejar passion masing-masing, sekaligus menyinggung soal dunia fashion.

3. Horimiya

horimiya anime
  • Episode: 13
  • Studio: CloverWorks

Kehidupan rahasia adalah satu-satunya kesamaan yang mereka miliki. Di sekolah, Hori adalah kupu-kupu sosial yang prima dan sempurna, tetapi kenyataannya dia adalah orang rumahan yang kurang ajar.

Sementara itu, di bawah fasad yang suram, Miyamura menyembunyikan hati yang lembut, bersama dengan tindikan dan tato.

Dalam sebuah pertemuan kebetulan, mereka berdua mengungkapkan sisi yang belum pernah mereka tunjukkan. Bisakah ini berkembang menjadi sesuatu yang baru?

4. 3D Kanojo: Real Girl

  • Episode: 12
  • Studio: Hoods Entertainment

Hikari Tsutsui tidak pernah populer, satu-satunya teman sejatinya adalah otaku yang lebih buruk dari dia, dan satu-satunya gadis yang dia kenal adalah cewek dua dimensi dari manga dan video gamenya.

Sampai dia dikirim untuk membantu membersihkan kolam sebagai hukuman dan bermitra dengan penduduk sekolah “gadis nakal”, Iroha Igarashi, gadis tiga dimensi yang sangat nyata.

Bandel, cantik, dan dikenal karena perilakunya yang bebas, Iroha dibenci oleh gadis-gadis lain tetapi dicintai oleh para pria. Namun, entah kenapa, dia sepertinya tidak hanya tertarik pada Hikari, tetapi juga mengusulkan agar mereka menjalin hubungan!

Hubungan antara cowok kuper dan cewek gaul di 3D Kanojo sama halnya seperti hubungan Gojo dan Marin di My Dress-Up Darling.

5. Hajimete no Gal

hajimete no gal
  • Episode: 10
  • Studio: NAZ

Junichi Hashiba mendekati akhir sekolah menengah dan masuk ke mode panik. Waktunya di sini tidak berjalan seperti yang diharapkan: dia tidak punya pacar dan lebih buruk lagi!

Putus asa untuk mengalami ‘pertama’ yang besar, teman-temannya menekannya untuk mendekati gyaru, gadis yang modis, bernama Yukana Yame!

Marin Kitagawa di My Dress-Up Darling adalah cewek gyaru juga. Selain itu, kedua anime ini menampilkan beragam fanservice.

Baca juga: 5 Anime Ecchi Berlatar Sekolah Menengah

6. Welcome to the Ballroom

Welcome to the Ballroom anime
  • Episode: 24
  • Studio: Production I.G.

Fujita telah melewati sekolah menengah tanpa tujuan, tidak dapat menemukan teman atau apa pun yang dapat menarik perhatiannya.

Kemudian, suatu hari, dia diserang oleh geng dan diselamatkan oleh seorang pria misterius. Tapi ini bukan master karate; itu adalah instruktur dansa ballroom!

Dengan enggan, Fujita mengikuti beberapa kelas pemula, hanya untuk menemukan inspirasinya: seorang penari remaja ajaib bernama Shizuku.

Ini adalah langkah pertama Fujita ke dunia tari kompetitif beroktan tinggi!

7. Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend

Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend
  • Episode: 13
  • Studio: A-1 Pictures

Kehidupan Tomoyo Aki, seorang otaku sekolah menengah yang bekerja paruh waktu, mulai berubah.

Dengan keberuntungan yang luar biasa, dia menabrak Megumi Kato, gadis paling cantik yang pernah dia lihat. Secara alami, pertemuan itu mengubah hidupnya menjadi arus hubungan yang rumit.

Selain itu, ada Eriri Spencer Sawamura, teman masa kecilnya yang setengah bule yang selalu menghargai hubungannya dengan MC. Kasumigaoka Utaha, seorang jenius sastra terkenal yang dingin dan tenang.

Apa ini? Pengenalan eroge?

Kisah lingkaran doujin kecil, perjalanan studio melalui wilayah comiket yang sulit dan seterusnya, mirip seperti yang dilalui Marin dan Gojo di My Dress-Up Darling.

8. Tonikaku Kawaii (Fly Me to the Moon)

  • Episode: 12
  • Studio: Seven Arcs

Cerita mengikuti protagonis yang namanya ditulis dengan karakter untuk “Hoshizora” (“Langit Berbintang” dalam bahasa Jepang), tetapi namanya diucapkan sebagai “Nasa”. Pada hari ujian masuk SMA-nya, NASA bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Tsukasa.

Kedua protagonis cewek disukai dan sangat imut. Jadi jika kamu ingin menonton anime yang memiliki rom-com yang bagus dan menyenangkan yang dapat dengan mudah membuat kamu diabetes, ini rekomendasi terbaik.

9. Blue Period

  • Episode: 12
  • Studio: Seven Arcs

Yatora yang rajin belajar meninggalkan kehidupan belajar yang kering dan perilaku yang baik di belakang untuk gairah baru: melukis.

Blue Period dan My Dress-Up Darling sama-sama berfokus pada siswa sekolah menengah atas yang menyukai seni sambil mengeksplorasi proses dan penciptaan seni tersebut, serta hubungan antar karakter.

10. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

wotakoi anime
  • Episode: 12
  • Studio: A-1 Pictures

Komedi romantis tentang orang-orang yang hidup untuk hobi mereka. Karakter menarik dengan chemistry yang hebat, dengan Wotakoi yang lebih dewasa dibandingkan dengan anime romcom lainnya.

Wotakoi sama seperti My Dress-Up Darling dalam membahas beragam trivia dan wawasan soal budaya otaku.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *