10 Anime Mirip Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro)

Berlatar pada 1950-an, Satsuki dan Mei pindah ke pedesaan agar lebih dekat dengan ibu mereka, yang dirawat di rumah sakit. Beradaptasi dengan kehidupan pedesaan, Mei bertemu dengan makhluk kecil seperti kelinci di halaman suatu hari. Mengejarnya ke dalam hutan, dia menemukan Totoro, roh hutan mistis segede genderuwo yang berbentuk kucing.

Tak lama, Satsuki juga bertemu Totoro, dan kedua gadis itu tiba-tiba menemukan hidup mereka dipenuhi dengan petualangan magis dan makhluk-makhluk fantastis di hutan.

Bagi yang menyukai My Neighbor Totoro dan tertarik kisah fantasi supranatural sekaligus ada unsur slice of life di dalamnya, berikut sepuluh rekomendasi anime dari saya:

1. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Ghibli
  • Genre: Adventure, Drama, Supernatural

Sen to Chihiro no Kamikakushi atau yang lebih dikenal dengan judul Spirited Away menceritakan kisah petualangan seorang gadis yang terjebak di dunia yang tak dikenal saat dia berusaha menyelamatkan orang tuanya dan usaha untuk kembali ke rumah.

Ketika dalam perjalanan ke rumah baru, Chihiro Ogino yang berusia 10 tahun dan orang tuanya menemukan taman hiburan terlantar. Hal-hal aneh mulai terjadi begitu senja tiba.

Penampakan hantu dan makanan yang mengubah orang tuanya menjadi babi hanyalah permulaan, dan tanpa disadari Chihiro telah menyeberang ke dunia roh.

2. Momo e no Tegami (A Letter to Momo)

Momo e no Tegami (A Letter to Momo)
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Production I.G.
  • Genre: Drama, Supernatural

Momo e no Tegami menceritakan kisah seorang gadis muda saat dia berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan barunya dan dalam pencarian misteri di balik surat misterius dari ayahnya.

Setelah kematian ayahnya yang tak terduga, Momo Miyaura yang berusia 11 tahun meninggalkan Tokyo bersama ibunya dan pindah ke sebuah pulau terpencil. Satu-satunya kenang-kenangan yang dia miliki dari ayahnya adalah surat dengan hanya dua kata di dalamnya.

Momo mencoba menyesuaikan diri dengan bangunan kayu kuno, ladang tanaman yang sunyi, dan kuil terpencil yang misterius. Suatu hari, saat menjelajahi loteng rumah barunya, dia menemukan buku bergambar tentang youkai. Setelah penemuan ini, hal-hal aneh mulai terjadi, dan Momo disambut oleh kedatangan tiga youkai yang merepotkan.

3. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Chizu
  • Genre: Drama, Fantasy, Slice of Life

Dengan balutan kisah fantasi, Wolf Children adalah kisah mengharukan tentang tantangan menjadi ibu tunggal ketika membesarkan dua anaknya yang “berbeda” di dunia modern yang tak kenal ampun.

Hana, seorang mahasiswa pekerja keras, jatuh cinta dengan seorang pria misterius yang ternyata manusia serigala. Meski demikian, cinta Hana tetap kuat, dan keduanya akhirnya memutuskan untuk memulai sebuah keluarga.

Hana melahirkan dua anak yang sehat: Ame, yang lahir saat hujan, dan Yuki, lahir saat salju turun. Keduanya memiliki kemampuan untuk berubah menjadi serigala, sifat yang diwarisi dari ayah mereka. Namun kematian mendadak suaminya menghancurkan hidup Hana.

Stres membesarkan anak-anaknya di kota, sekaligus harus merahasiakan identitas mereka, membuatnya memutuskan untuk pindah ke pedesaan, berharap Ame dan Yuki dapat menjalani kehidupan yang bebas dari penghakiman masyarakat.

4. Miyori no Mori (Miyori’s Forest)

Miyori no Mori
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Nippon Animation
  • Genre: Drama, Fantasy, Slice of Life

Setelah ditinggalkan oleh orang tuanya, Miyori yang berusia 11 tahun menutup hatinya dari seluruh dunia dan menyangkal segala bentuk hubungan manusia. Dia dititipkan pada neneknya yang tinggal di dekat hutan.

Miyori akan berjalan-jalan di hutan ketika dia merasakan rasa kesepian yang kuat di hutan yang sepertinya tidak memiliki apa-apa. Namun, dia segera menemukan hal-hal yang tidak dapat dipercaya dan secara bertahap menyadari bahwa hutan itu lebih dari yang terlihat.

5. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e anime movie
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Brains Base
  • Genre: Drama, Romance, Supernatural

Hotarubi no Mori e adalah kisah persahabatan dan kompromi dari dua orang yang seharusnya tidak pernah bertemu, antara manusia dan youkai, karena hidup mereka terjalin tanpa harapan.

Baca juga: Hotarubi no Mori e: Romansa Lintas Dunia Lain

Hotaru dan Gin, keduanya menghabiskan waktu bersama ketika mereka bisa. Saat Hotaru si bocah perempuan terus tumbuh jadi gadis manis, Gin tak bisa menua, dan karenanya menyadari akan datang suatu hari ketika waktu akan menjadi musuh mereka. Waktu mereka bersama singkat, bermakna, dan akhirnya pahit.

6. Natsume Yuujinchou

natsume yuujinchou anime
  • Episode: 12
  • Studio: Brains Base
  • Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural

Natsume Yuujinchou adalah seri slice of life dan supernatural yang mengikuti Natsume yang berusaha untuk membebaskan roh-roh yang terikat oleh kontrak neneknya.

Takashi Natsume memiliki rahasia aneh dan menakutkan yang melibatkan youkai, atau roh tak kasat mata. Natsume diwarisi Yuujinchou, sebuah buku catatan yang berisi nama-nama roh, dari neneknya.

Karena sekarang menjadi milik Natsume, buku catatan itu mengundang para makhluk-makhluk gaib yang ingin mendapat kebebasan mereka. Natsume bertemu dengan Madara yang memproklamirkan diri sebagai pengawalnya. Madara adalah roh kucing misterius, yang kemudian menamakan dirinya sebagai Nyanko-sensei.

7. Mushishi

mushishi anime ginko
  • Episode: 26
  • Studio: Artland
  • Genre: Drama, Seinen, Slice of Life, Supernatural

Kedua anime berfokus pada interaksi antara roh, manusia dan alam. Kedua anime melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan cara bercerita, karakter, dan bermain dengan emosi kita. Bisa dibilang Mushishi adalah My Neighbor Totoro versi dewasa.

Baca juga: 10 Serial Anime Seinen Pilihan

Mushishi mengikuti Ginko yang bepergian, yang berkeliling dan memperbaiki atau membantu orang-orang dengan masalah yang berkaitan dengan roh Mushi yang magis dan misterius yang hidup berdampingan dengan manusia.

Anime ini bertempo lambat dan menceritakan kisah episodik individu yang dapat berkisar dari yang paling gelap hingga yang paling terang, dan semuanya didukung oleh pemandangan yang menakjubkan dan skor musik yang indah.

8. Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu (A Whisker Away)

Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu (A Whisker Away)
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Colorido
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Supernatural

Miyo Sasaki adalah seorang gadis sekolah menengah yang energik yang berasal dari keluarga broken home. Melihat Kento Hinode sebagai tempat pelampiasan dari semua masalah pribadinya, dia tidak dapat menahan diri ketika mendemonstrasikan cintanya kepada orang yang dia sukai.

Karena Miyo tak bisa menarik perhatian Kento, dia berhasil dengan berinteraksi dengan dalam bentuk kucing putih, setelah mendapat kemampuan misterius.. Tapi Miyo segera menyadari bahwa dia tidak dapat membantu Kento dengan berbagai masalah yang dia dengar dalam bentuk kucingnya dan sekarang terjebak di antara dua pilihan sulit.

9. Hakumei to Mikochi

Hakumei to Mikochi
  • Episode: 12
  • Studio: Lerche
  • Genre: Fantasy, Seinen, Slice of Life

Hakumei to Mikochi menyajikan kehidupan sehari-hari sekaligus fantasi yang menyelimutinya ketika dua karakter utamanya berinteraksi dengan dunia kecil mereka yang tampak seperti dongeng.

Di dunia yang dihuni oleh orang-orang yang tingginya hanya beberapa inci, Hakumei dan Mikochi tinggal bersama di sebuah rumah yang dibangun di atas pohon. Hakumei adalah seorang tukang kayu yang energik dan tomboy, sedangkan Mikochi adalah seorang penjahit yang feminin dan tenang.

Terlepas dari perbedaan mereka, keduanya akrab dan menghabiskan hari-hari mereka bersenang-senang menjalani hidup mereka di hutan. Keduanya menghabiskan waktu mereka untuk bekerja, melakukan petualangan jalan-jalan, dan melakukan perjalanan belanja ke Pasar Tsumiki di tepi laut.

10. Penguin Highway

penguin highway anime
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Colorido
  • Genre: Fantasy, Sci-fi

Penguin Highway mengikuti penelitian Aoyama dan perempuan dewasa yang ditaksirnya tentang asal usul kemunculan penguin yang misterius, serta banyak kesulitan yang dihadapi Aoyama selama penyelidikannya.

Meski masih bocah, Aoyama memiliki pengetahuan cemerlang yang sebanding dengan orang dewasa. Dia naksir dengan seorang perempuan yang lebih tua darinya yang bekerja di sebuah klinik gigi.

Suatu pagi, penguin mulai muncul secara misterius di sekitar tempat tinggal Aoyama. Tidak ada yang tahu dari mana mereka berasal dan bagaimana mereka berhasil sampai di sana. Aoyama bertekad untuk mencari tahu lebih banyak, dan bersama dengan perempuan kecengannya tadi berusaha meneliti misteri penguin ini.

3 pemikiran pada “10 Anime Mirip Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro)”

    • Iya, Mamoru Hosoda yg punya studio dan sering jadi sutradaranya suka dijuluki “penerus Miyazaki”, meski dia sendiri sebenarnya rada bersebrangan sama Ghibli dan Miyazaki.

      Balas

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang.