12 Anime Mirip Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion berhasil menggabungkan pertempuran mecha, invasi alien, pemerintahan, dan pertanyaan tentang kemanusiaan dan kematian dalam satu anime.

Dampak dari Neon Genesis Evangelion dapat dirasakan di anime lain bahkan media arus utama lain. Anime aslinya memulai debutnya pada tahun 1995 dan sejak saat itu telah memiliki banyak film dan spin-off.

Baca juga: Urutan Menonton Neon Genesis Evangelion

Berikut beberapa rekomendasi anime jika menyukai Neon Genesis Evangelion:

1. Top wo Norae! Gunbuster!

gunbuster
  • Episode: 6
  • Genre: Action, Drama, Mecha
  • Studio: Gainax

Ini adalah anime karya Hideaki Anno satu dekade sebelum lahirnya Neon Genesis Evangelion.

Tidak seperti kebanyakan anime mecha, Gunbuster memiliki protagonis perempuan sebagai pilot mecha. Gunbuster terjadi pada tahun 2023 ketika karakter utamanya, Noriko, berada di sekolah pelatihan untuk belajar mengemudikan mecha. Ada bahaya mengancam bumi dari invasi makhluk asing dari semesta yang jauh.

Seperti di Neon Genesis Evangelion, karakter utama Gunbuster harus menghadapi masalah internalnya sekaligus tetap mengemudikan mecha dan menyelamatkan Bumi.

2. Serial Experiments Lain

serial experiment lain
  • Episode: 13
  • Genre: Drama, Mystery, Psychological, Sci-Fi
  • Studio: Triangle Staff

Thriller cyberpunk yang cerdas ini tak berputar di sekitar konspirasi korporasi atau cyborg seksi dengan kulit sekeras baja, hanya ada seorang gadis muda yang menemukan garis realitas kabur ketika dia menemukan “Wired”.

Lain dan Evangelion adalah serial anime kompleks. Di keduanya ada kehadiran teknologi yang kuat, yang menggarisbawahi hubungan bermasalah antara keberadaan individu dan arketipe psikologis kolektif dari tatanan simbolik. Anime ini membahas topik-topik seperti diri, tubuh, dan peran seseorang, oleh karenanya Lain dan Eva adalah keajaiban pemikiran eksistensial.

Baca juga: 15 Anime 1990-an Terbaik

3. Ao no 6-gou (Blue Submarine No. 6)

blue submarine no 6
  • Episode: 4
  • Genre: Action, Adventure, Mecha, Sci-fi
  • Studio: Gonzo

Ilmuwan Zorndyke yang dulu terkenal dan dihormati telah melahirkan makhluk hidup baru, yang tumbuh subur di lautan dan hidup untuk menghancurkan manusia. Zorndyke percaya inilah saatnya manusia dibebaskan dari kekuasaan mereka atas bumi.

Nasib umat manusia berada pada Blue Submarine No. 6 dan armada Blue lainnya untuk mengakhiri kegilaan dan kreasi Zorndyke itu.

Baca juga: 15 Anime Jadul yang Pernah Tayang di Trans TV

4. Ergo Proxy

ergo proxy
  • Episode: 23
  • Genre: Mystery, Psychological, Sci-Fi
  • Studio: Manglobe

Keduanya memiliki nuansa apokaliptik, dan perjuangan umat manusia untuk bertahan hidup. Dalam Evangelion ada Angel yang memaksa manusia untuk bertarung, sedangkan di Ergo Proxy ada “Proxy” yang sangat misterius.

Secara keseluruhan keduanya sangat membebani pikiran kita, cocok untuk penikmat serial mindfuck. Kita juga melihat protagonis melalui pertarungan psikologis melawan masa lalu, sekarang dan masa depan mereka.

5. Eureka Seven

eureka seven
  • Episode: 50
  • Genre: Action, Drama, Mecha
  • Studio: Bones

Renton Thurston ingin meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan kelompok paramiliter yang dikenal sebagai Gekkostate. Renton berharap menemukan petualangan, tapi terjebak di antara desakan kakeknya untuk menjadi mekanik seperti dia.

Semuanya berubah ketika benda tak dikenal menabrak garasi Renton: Nirvash typeZERO. Pilotnya adalah seorang gadis muda bernama Eureka, anggota Gekkostate, yang kemudian meminta tune-up untuk Nirvash.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an

Pertemuan ini memicu awal keterlibatan Renton dengan Gekkostate saat ia lepas landas bersama Eureka sebagai co-pilot Nirvash. Renton dan Eureka adalah salah satu kisah romantis favorit saya.

6. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann
  • Episode: 27
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Mecha
  • Studio: Gainax

Dibuat oleh para animator veteran yang dulu ikut menggarap Neon Genesis Evangelion. Mirip dengan Evangelion, ada tema seputar penyelamatan umat manusia, tetapi Gurren Lagann menambahkan sisi komedi. Bisa dibilang Gurren Lagann adalah antitesis dari Evangelion.

Pada pandangan pertama, Gurren Lagann tampak seperti anime mecha standar. Menampilkan seorang remaja laki-laki bernama Simon dan temannya Kamina yang menemukan sebuah mecha antik.

Namun, ceritanya sama sekali tidak standar, sekaligus nyeleneh. Saat keduanya belajar tentang dunia di atas permukaan dan pertempuran yang sedang berlangsung antara manusiamelawan entitas yang tak mereka sangka.

7. Bokura no

bokurano
  • Episode: 24
  • Genre: Drama, Mecha, Psychological, Sci-fi, Seinen
  • Studio: Gonzo

15 bocah, 8 laki-laki dan 7 perempuan, sedang menikmati perkemahan musim panas mereka dan menemukan sebuah gua di tepi laut. Di sana mereka mendapati sebuah ruangan yang penuh dengan komputer, serta seorang pria bernama Kokopelli.

Dia mengaku sedang mengerjakan sebuah game yang melibatkan robot raksasa yang telah dirancang untuk melindungi Bumi dari 15 invasi alien yang berbeda. Kokopelli membujuk semua kecuali seorang untuk menandatangani kontrak yang dia klaim akan menjadi petualangan yang menyenangkan.

Baca juga: 10 Anime Depresif Paling Favorit Menurut Survey Situs Jepang

Namun, segera setelah kontrak ditandatangani, segalanya mulai berubah menjadi lebih gelap. Di Bokurano, anak-anak tadi harus mengemudikan robot raksasa Zearth satu per satu dengan harapan mereka akan memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan semua musuh yang akan datang.

8. Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00
  • Episode: 25 (Season 1), 25 (Season 2)
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Sci-fi
  • Studio: Sunrise

Tentu saja, jika membicarakan anime mecha pasti akan menyebut Gundam. Jika merasa bingung ketika ingin menonton serial Gundam karena linimasanya yang panjang, maka Mobile Suit Gundam 00 ini adalah rekomendasi terbaik.

Baca juga: 10 Anime Gundam Terbaik

Selama bertahun-tahun terjadi peperangan dan perselisihan internal akibat kendali energi surya. Di tengah kekacauan ini, sebuah organisasi paramiliter muncul mengidentifikasi diri sebagai “Celestial Being”. Dengan cita-cita untuk mengakhiri semua peperangan melalui intervensi bersenjata dengan menggunakan Mobile Suit misterius dan berteknologi canggih yang dikenal sebagai Gundam.

Mobile Suit Gundam 00 mengikuti kisah dari Celestial Being. Berfokus pada para Gundam Meisters yaitu Setsuna F. Seiei, Lockon Stratos, Allelujah Haptism, dan Tieria Erde. Keempatnya terjun ke dalam pertempuran dahsyat antara tiga faksi negara adidaya untuk mencapai tujuan mereka mengubah dunia.

Antara Gundam 00 dan Evangelion adalah seri luar biasa yang memiliki karakter hebat, alur cerita hebat, dan keseluruhan konsep mecha.

9. Aldnoah.Zero

aldnoah zero
  • Episode: 12 (S01), 12 (S02)
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Psychological, Sci-Fi
  • Studio: A-1 Pictures

Penemuan hypergate di Bulan memungkinkan umat manusia untuk berteleportasi ke Mars. Mereka yang memilih untuk menetap di sana menemukan teknologi yang jauh lebih maju, yang mereka beri nama Aldnoah. Kemudian orang-orang Mars mendeklarasi perang terhadap mereka yang tetap tinggal di Bumi.

Siswa sekolah menengah Inaho Kaizuka menyaksikan pembunuhan berencana Putri Asseylum Vers Allusia dari Kekaisaran Vers, yang datang ke Bumi dengan harapan memperbaiki hubungan antara kekaisaran dan tanah airnya. Di menghadapi musuh yang tidak dapat diatasi ini, Inaho dan teman-temannya sekarang harus bertarung melawan Kekaisaran Vers untuk menyelesaikan perang.

10. Shingeki no Kyoujin (Attack on Titan)

shingeki no kyoujin attack on titan
  • Episode: 25 (S01), 12 (S02), 22 (S03), Finale Season
  • Genre: Action, Fantasy, Military, Mystery, Drama, Shounen
  • Studio: Wit, MAPPA

Bisa dibilang Attack on Titan adalah genre mecha yang terselebung, dengan robot raksasa yang dianalogikan menjadi senjata biologis humanoid super besar.

Kedua seri berputar di sekitar umat manusia yang mencoba untuk melawan musuh yang begitu kuat sekaligus misterius, dan orang-orang muda dipaksa untuk melawan. Peristiwa tragis adalah kejadian umum di kedua serial anime ini.

11. Darling in the FranXX

darling in the franxx
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Romance, Sci-Fi
  • Studio: A-1 Pictures

Terlepas dari kesamaan yang nyata antara karakter utama dari dua seri ini, pembangunan dunia memiliki kemiripan yang mencolok. Kemanusiaan terus-menerus diserang oleh kekejian makhluk asing, dan untuk mengalahkan mereka, anak-anak dilatih untuk mengemudikan mecha raksasa.

Protagonis memiliki semacam pemeran utama perempuan yang memainkan peran besar dalam kerjasama sekaligus kekacauan mental protagonis kita. Depresi mental memainkan peran besar dalam kasus protagonis.

12. 86 Eighty-six

86 eighty six anime mecha
  • Episode: 11
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Psychological, Sci-Fi
  • Studio: A-1 Pictures

Menurut Republik San Magnolia, perang berkelanjutan mereka melawan Kekaisaran Giadian tidak memakan korban—tapi, ini hanyalah propaganda. Di balik perang ini ada 86, orang-orang yang dipaksa untuk melawan Legiun otonom Kekaisaran di bawah komando dari seorang Handler.

Vladilena Milizé ditugaskan ke skuadron Spearhead untuk menggantikan Handler mereka sebelumnya. Dijauhi oleh rekan-rekannya karena menjadi sesama pendukung 86, dia terus berjuang melawan diskriminasi tidak manusiawi ini. Shinei Nouzen adalah kapten skuadron Spearhead.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *