Panduan Nonton Mobile Suit Gundam: Penjelasan Timeline dan Urutan Cerita

Bingung harus memulai nonton Mobile Suit Gundam dari mana dulu? Simak penjelasan cerita dan timeline franchise mecha legendaris ini.

Mengetahui judul Mobile Suit Gundam mana untuk memulai, dan mencari tahu seri mana yang layak ditonton mungkin bikin kamu bingung. Jadi saya menulis panduan ini dalam upaya untuk memperkenalkan semesta Gundam.

Beberapa di antaranya adalah timeline yang berdiri sendiri sementara yang lain masuk dalam garis waktu Gundam terlama hingga saat ini yang disebut Universal Century, yang telah kuat selama lebih dari 40 tahun.

Karena itu, saya ingin posting ini juga menjadi informasi dengan memberi kamu panduan nonton Gundam untuk setiap garis waktu serta memberikan penjelasan singkat tentang setiap garis waktu yang saat ini ada dalam franchise mecha populer garapan Studio Sunrise ini.

Semoga artikel ini bisa membantu membuat perjalanan kamu tak terlalu membingungkan!

Urutan Mobile Suit Gundam

Berikut ini daftar judul anime Mobile Suit Gundam sejauh ini:

TimelineJudulRilis
Universal CenturyMobile Suit Gundam 00791979
Mobile Suit Zeta Gundam1985
Mobile Suit Gundam ZZ1986
Mobile Suit Gundam Char’s Counterattack1988
Mobile Suit Gundam 0080 War in the Pocket1989
Mobile Suit Gundam F911991
Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory1991
Mobile Suit Victory Gundam1993
Mobile Suit Gundam the 08th MS Team1996
Mobile Suit Gundam MS IGLOO Trilogy2004
Mobile Suit Gundam Unicorn2010
Mobile Suit Gundam Narrative (NT)2018
Mobile Suit Gundam The Origin (2015)2015
Mobile Suit Gundam Thunderbolt2015
Mobile Suit Gundam Twilight Axis2017
Mobile Suit Gundam The Origin Advent of the Red Comet2019
Mobile Suit Gundam Hathaway’s Flash2021
Future CenturyMobile Fighter G Gundam1994
After ColonyMobile Suit Gundam Wing1995
Mobile Suit Gundam Wing: Endless Waltz1998
After WarAfter War Gundam X1996
Correct CenturyTurn A Gundam1999
Cosmic EraMobile Suit Gundam SEED2002
Mobile Suit Gundam SEED Destiny2004
Mobile Suit Gundam SEED Freedom2024
Anno DominiMobile Suit Gundam 002007
Mobile Suit Gundam 00: Awakening of the Trailblazer2010
Advanced GenerationMobile Suit Gundam AGE2011
Regild CenturyMobile Suit Gundam Reconguista in G2014
Post DisasterMobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans2015
Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans – Urdr Hunt2024
Ad StellaMobile Suit Gundam: The Witch From Mercury 2022

Daftar Timeline Gundam dan Judul Anime

Mari masuk ke semua garis waktu Gundam dan seri yang sesuai, setiap urutan menonton Gundam, apa yang layak ditonton dari setiap timeline.

Universal Century

mobile suit gundam universal century anime mecha

Pada tahun 1979, timeline Universal Century dimulai dengan seri Mobile Suit Gundam asli.

Ini adalah garis waktu terpanjang dan paling rumit di multiverse Gundam tanpa pertanyaan, tetapi terlepas dari itu, ini adalah yang paling direkomendasikan sebagai titik awal untuk pemirsa pertama kali.

Secara luas disepakati bahwa cara terbaik untuk menonton Mobile Suit Gundam adalah dalam urutan produksi dan bukan secara kronologis.

  1. Mobile Suit Gundam 0079
  2. Mobile Suit Zeta Gundam
  3. Mobile Suit Gundam ZZ
  4. Mobile Suit Gundam Char’s Counterattack
  5. Mobile Suit Gundam 0080 War in the Pocket
  6. Mobile Suit Gundam F91
  7. Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory
  8. Mobile Suit Victory Gundam
  9. Mobile Suit Gundam The 08th MS Team
  10. Mobile Suit Gundam MS IGLOO Trilogy
  11. Mobile Suit Gundam Unicorn
  12. Mobile Suit Gundam Narrative (NT)
  13. Mobile Suit Gundam The Origin (2015)
  14. Mobile Suit Gundam Thunderbolt
  15. Mobile Suit Gundam Twilight Axis
  16. Mobile Suit Gundam The Origin Advent of the Red Comet
  17. Mobile Suit Gundam Hathaway’s Flash
  18. Mobile Suit Gundam Cucuruz Doan’s Island

Dengan panjang dan kerumitan timeline ini, saya dapat melihat mengapa banyak orang merasa kewalahan untuk mengikuti.

Saya tak terkecuali, tetapi investasi ini sepadan jika kamu tertarik untuk melihat dari mana semuanya dimulai dan bagaimana garis waktu ini membuka jalan untuk seri yang mengikutinya.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap bisa baca di artikel Panduan Nonton Gundam Universal Century.

Future Century

moble suit gundam future century

Future Century adalah bagian dari timeline alternatif Mobile Suit Gundam Universal Century.

Ini adalah divergensi pertama franchise Gundam dari garis waktu UC, dan hanya terdiri dari satu seri, Mobile Fighter G Gundam. Judul yang mengangkat subgenre mecha super robot ketimbang real robot.

Mobile Fighter G Gundam dirilis 15 tahun setelah seri aslinya pada tahun 1994. Dalam upaya untuk mendapatkan audiens baru untuk franchise Gundam, garis waktu yang benar-benar baru dibuat.

Premis dan nada judul ini sangat berbeda dari Universal Century. Di mana seri lain berpusat di sekitar perang besar dan pertarungan mobile suit epik di luar angkasa.

Premis utama Mobile Fighter G Gundam adalah turnamen pertempuran berbasis mecha yang berlangsung setiap 4 tahun. Pemenang turnamen dinyatakan sebagai penguasa ruang, dan ketika waktunya habis, prosesnya berulang.

Ceritanya mengikuti Domon Kasshu, pilot Shining Gundam dari Neo Jepang.

After Colony

Berlatar pada timeli After Colony (AC) tahun 195, Gundam Wing memulai dengan Operasi Meteor, sebuah misi balas dendam melawan The Organization of the Zodiac (OZ), sebuah subkelompok militer dari United Earth Sphere Alliance.

Serial ini mengikuti lima pilot Gundam remaja yang gelisah saat mereka bersatu untuk memperjuangkan tujuan yang sama: Hancurkan OZ dengan segala cara dan ledakkan semuanya dalam prosesnya.

Baca juga: 10 Anime Mecha Terbaik Tahun 1990-an

After War

gundam x after war

After War Gundam X ini berlangsung 15 tahun setelah Perang Antariksa ke-7 dan menceritakan tentang apa yang tersisa dari peradaban.

Sekelompok tentara bayaran yang disebut Vultures, yang memulai misi penyelamatan dan mengangkut barang untuk uang dan perdagangan, berkeliaran di permukaan dengan kapal perang darat yang bersenjata lengkap.

Ceritanya berpusat di sekitar protagonis Garrod Ran, seorang bertahan hidup yang tidak percaya, yang menerima pekerjaan untuk menyelamatkan Newtype Tiffa Adill dari Vultures.

Garrod akhirnya menemukan Gundam X di pabrik yang ditinggalkan dan menggunakan Mobile Suit untuk menyelamatkan Tiffa

Setelah ini, Garrod akhirnya bergabung dengan grup Vultures yang baik, yang berkeliling menyelamatkan Newtypes dari grup yang ingin memanfaatkan mereka.

Serial ini memiliki nada yang muram namun membangkitkan semangat, dan tidak seperti kebanyakan seri dalam franchise Gundam, ini menyoroti akibat perang alih-alih menjatuhkan Anda di tengah-tengahnya.

Correct Century

Turn A Gundam berlatar dalam timeline Correct Century tahun 2345, ketika dua negara antarbintang, Moonrace dan Earthrace, pertempuran untuk supremasi atas beberapa sumber daya yang tersisa di Bumi setelah serangan meteor membuat sebagian besar Bumi tidak dapat dihuni.

Turn A Gundam mengikuti Loran Cehack, seorang bocah lelaki dari Bulan yang terjebak dalam konflik saat dia mencoba menemukan tempatnya di Bumi dan menghentikan teman-temannya untuk menghancurkannya.

Fokus ∀ Gundam lebih pada aspek perang dan bukan pada pertarungan yang mencolok. Ini menimbulkan lebih banyak pertanyaan filosofis daripada kebanyakan seri Gundam lainnya.

Cosmic Era

mobile suit gundam seed anime cosmic era

Timeline Cosmic Era berisi dua seri, Mobile Suit Gundam SEED dan sekuelnya Mobile Suit Gundam SEED Destiny, serta film terbaru Mobile Suit Gundam SEED Freedom.

Dimulai dengan Gundam SEED pada tahun 2002 dan telah menjadi salah satu seri Gundam paling populer hingga saat ini. Serial yang juga banyak menarik minat penonton perempuan lewat drama asmaranya.

Latar dari Gundam SEED adalah Tahun 70 Cosmic Era. Seperti kebanyakan seri Gundam, umat manusia menghuni koloni besar di luar angkasa dan di Bumi.

Ketegangan telah mencapai titik puncaknya antara Coordinator dan Natural. Coordinator adalah manusia super yang dimodifikasi secara genetik yang terutama tinggal di koloni luar angkasa. Sementara Natural adalah manusia biasa yang kebanyakan hidup di Bumi. Ketika kekhawatiran akan Coordinator menyebar, lahir kelompok ekstremis bernama Blue Cosmos.

Kisah Gundam SEED mengikuti Kira Yamato, seorang Coordinator remaja yang tinggal di Bumi. Cerita dimulai ketika koloni yang ditinggali Kira di Heliopolis suatu hari diserang oleh pasukan Z.A.F.T.

Dalam upaya untuk menyelamatkan seorang gadis dalam bahaya, Kira mengemudikan Strike Gundam dan melawan serangan yang dipimpin oleh teman masa kecilnya dan sesama Koordinator, Athrun Zala.

Melihat premis ceritanya, Gundam SEED mengambil banyak inspirasi dari Mobile Suit Gundam asli, sambil memperkenalkan kompleksitas naratifnya sendiri di sepanjang kisahnya.

Sekuel musim selanjutnya adalah SEED Destiny yang masih mengangkat konflik tadi, dan menghadirkan sosok protagonis baru Shinn Asuka.

Setelah dua dekade berlalu, seri ini kembali hadir dengan film SEED Freedom untuk memanjakan nostalgia para fans.

Baca juga: 10 Anime Gundam Terbaik Sepanjang Masa

Anno Domini

Anno Domini (A.D.) adalah dua musim Mobile Suit Gundam 00 dan satu film, Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer.

Timeline ini sebenarnya adalah garis waktu kita saat ini di dunia nyata dan berlatar sekitar 300 tahun ke depan.

Gundam 00 menarik aspek-aspek familiar dari pendahulunya Gundam Wing, sambil memperbarui tema pertunjukan agar lebih relevan di masyarakat saat ini.

Gundam 00 mengikuti grup bernama Celestial Being, yang mengumumkan kepada dunia bahwa mereka akan campur tangan dalam setiap konflik militer sebagai sarana untuk menghentikan semua perang.

Celestial Being terdiri dari lima pilot Gundam yang sangat terampil dari seluruh dunia yang berjuang untuk tujuan bersama, masing-masing karena alasan mereka sendiri.

Gundam 00 melihat lebih dekat cara yang digunakan para pilot ini untuk mencapai tujuan mereka. Pertanyaan yang sebenarnya diajukan adalah “Apakah boleh melawan kekerasan dengan kekerasan dan dapatkah kita benar-benar mencapai perdamaian dengan mengobarkan perang melawan perang itu?”.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an

Advanced Generation

Advanced Generation terdiri dari Mobile Suit Gundam Age, sebuah kolaborasi antara studio Sunrise dan pengembang video game Level 5.

Gundam Age awalnya akan menjadi sebuah game, tetapi Bandai memutuskan untuk mengubahnya menjadi sebuah anime.

Gundam Age terjadi selama satu abad dan mengikuti keluarga pilot Gundam selama “Perang Seratus Tahun”. Setiap arc berfokus pada generasi baru keluarga dan perjalanan mereka selama perang.

Gundam Age dimulai dengan Flit Asuno, yang menggunakan cetak biru dari “AGE Device” untuk membangun Gundam guna menyelamatkan manusia dari penjajah, Unknown Enemy (UE).

Regild Century

Regild Century digunakan oleh Gundam Reconguista in G. Ini terjadi di semesta yang sama dengan garis waktu Universal Century, tapi ribuan tahun kemudian. Berlatar di R.C. 1014.

Setelah Universal Century diakhiri dengan serangkaian perang antariksa yang penuh kekerasan, Bumi dilanda kelaparan dan keruntuhan ekologi.

Orang-orang yang masih hidup di Bumi berkumpul di sekitar area di Amazon, tempat hijau terakhir di planet ini. Mereka memulihkan Capital Tower, sebuah lift ruang angkasa besar dari era UC.

Bellri Zenam adalah seorang pilot sedang menjalani pelatihan oleh Capital Guard. Ia kemudian dipilih oleh G-Self, sebuah Mobile Suit yang tidak diketahui asalnya, dan hanya dapat dioperasikan oleh beberapa orang terpilih.

Jika diperhatikan, desain karakternya seperti pada Eureka Seven karena memang didesain langsung oleh Kenichi Yoshida.

Post Disaster

Mobile Suit Gundam: Iron Blooded Orphans, atau sering disingkat IBO, berlangsung 300 tahun setelah konflik yang dikenal sebagai “Calamity War”.

Serial ini mengikuti tentara anak-anak, Mikazuki Augus dan Orga Itsuka bersama dengan kelompok mereka Tekkaden saat mereka mencoba berjuang untuk dunia yang lebih baik.

Sejak awal, kita diperkenalkan dengan kekuatan lawan, organisasi militer Bumi bernama Gjallarhorn, yang mencoba membunuh Kudelia Aina Bernstein, seorang gadis yang tujuannya adalah membebaskan Chryse dari kekuasaan kekuatan utama Bumi.

Mikazuki dan anggota Tekkaden lainnya bekerja untuk perusahaan keamanan swasta, Chryse Guard Security (CGS), untuk mengawal Kudelia ke Bumi dengan aman.

Saat segalanya tampak kacau, Orga, pemimpin kelompok, menyadari bahwa anak laki-laki itu telah dikhianati dan digunakan sebagai umpan. Karena itu, dia memutuskan ini adalah waktu yang tepat untuk memberontak melawan penindas mereka.

Di tengah pemberontakan, Mikazuki memasuki Gundam Barbatos yang diperbaiki dengan sangat cepat dan melawan Gjallarhorn. Setelah serangan itu, Orga dan anak laki-laki lainnya mengambil alih CGS dan melanjutkan misi pengawalan mereka sebagai kelompok tentara bayaran, Tekkaden.

Baca juga: 12 Anime Mecha 2010-an Terbaik

Ad Stella

gundam the witch from mercury yoasobi shukufuku blessing

Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury adalah judul terbaru dari franchise ini, dan mengikuti seorang siswa pindahan bernama Suletta Mercury, yang menandai pertama kalinya karakter utamanya adalah perempuan.

Agak pemalu dan sederhana, Suletta mengendalikan Gundam Aerial yang baru dikembangkan di planet Merkurius. Berlatar dalam timeline bernama Ad Stella atau AS, tahun 122.


Berbagai anime Gundam terbaik bisa kamu tonton secara gratis dan legal lewat saluran resmi GundamInfo di YouTube.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

One comment

  1. Gundam kebanyakan universe bikin pusing LOL.
    UC masih terbaik menurutku, baik dari segi cerita maupun konsep universe.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *