Urutan Nonton Anime Neon Genesis Evangelion

Dari semua anime mecha yang ada, Neon Genesis Evangelion telah teruji oleh waktu sebagai salah satu yang terbaik.

Evangelion mengeksplorasi tema-tema psikologis, dengan pembacaan ide-ide yang lebih mendalam tentang depresi dan tafsir biblikal Yahudi-Kristiani.

Oleh karenanya, Evangelion yang diciptakan Hideaki Anno ini sering dimasukan ke dalam kategori anime cult, yang berarti karya klasik yang kudu ditonton jika menganggap diri sebagai penggemar anime.

Apa yang Diceritakan Neon Genesis Evangelion?

Evangelion menceritakan kisah singkat dan indah yang melacak trauma psikologis yang dialami Shinji Ikari sebagai sang protagonis utama, serta beberapa pilot remaja yang harus berdiri sebagai pejuang dalam perang yang tidak mungkin dimenangkan oleh manusia.

Ilustrasi Evangelion oleh Yoh Yoshinari.
Ilustrasi Evangelion oleh Yoh Yoshinari.

Mereka diharuskan untuk mengemudikan monster robot raksasa, yang disebut Eva. Musuh umat manusia adalah para alien raksasa yang disebut Angels. Tentu saja, ini adalah peperangan yang akan berakhir kekalahan sejak dari awal.

Pada saat yang sama, protagonis kita Shinji sedang dalam fase pubertas, dan bekerja bersama dua pilot gadis sekolah menengah membuatnya makin tidak fokus. Masalah lainnya, Shinji harus selalu berhadapan dengan ayahnya sendiri.

Kalau Mau Nonton Evangelion, Harus Nonton Dari Mana Dulu?

Evangelion berawal dari sekedar serial anime berjumlah 26 episode yang tayang pada tahun 1996. Namun kemudian ada dua film fitur sebagai tindak lanjut dan kesimpulan yang berbeda.

Lalu muncul pula rangkaian film baru yang “menceritakan kembali” Evangelion yang rilis judul pertamanya pada 2007 dan berakhir pada 2021 ini.

shinji ikari sit depressed chair chitose

Buat kamu yang seorang penggemar anime tapi masih belum melihat serial ini, atau kebingungan harus menonton yang mana dulu, ini merupakan penjelasan sekaligus panduan dari saya.

1. Neon Genesis Evangelion (1995-1996)

Neon Genesis Evangelion

Evangelion terkenal tidak hanya karena kecepatan scattershot, tetapi juga produksi yang buruk yang melahirkannya. Keduanya jelas ketika kita menonton animenya. Namun jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi kualitas dan penceritaan

Evangelion bisa berpindah-pindah dari anime aksi yang tak berbeda dengan Gundam kemudian selanjutnya jadi kajian introspektif tentang kekerasan emosional, masa remaja dan hubungan mereka dengan kesehatan mental.

Dua episode terakhir yang terkenal berat dengan dialog ini juga bisa menjadi kejutan bagi orang-orang yang mengetahui Evangelion dari omongan orang atau meme.

2. Neon Genesis Evangelion: Death & Rebirth (1997)

Neon Genesis Evangelion: Death & Rebirth (1997)

Evangelion sebenarnya sudah tamat dalam 26 episode ini, tapi kemudian karena ketidakpuasan sang penciptanya dan keterkenalan animenya, maka diikuti oleh dua film lain, Death & Rebirth, dan kemudian kesimpulan sinematik yang sangat gelap, menyedihkan dan mengerikan, End of Evangelion.

Meski cuma rekap, Death & Rebirth sangat penting. Ini menceritakan kembali seluruh musim hingga saat-saat terakhir ini, ditambah adegan baru untuk episode 21 hingga 24.

Episode yang dirubah disebut sebagai versi “director’s cut”, dan mereka mengisi celah yang tertinggal oleh edisi siaran asli dari episode-episode ini. Episode 22 versi Death & Rebirth khususnya wajib ditonton, dan harus dilihat sebagai pengganti edisi siaran asli.

3. Neon Genesis Evangelion: The End of Evangelion (1997)

Neon Genesis Evangelion: The End of Evangelion (1997)

Dalam Death & Rebirth ada potongan pertama dari episode 25. Ini juga pada dasarnya adalah bagian pertama dari The End of Evangelion, jadi sebelum menonton film ini tamatkan dulu serial anime 26 episode sekaligus Death & Rebirth.

The End of Evangelion berfungsi sebagai akhir alternatif untuk episode terakhir polarisasi Evangelion.

Dengan Angel terakhir yang harus dikalahkan, Nerv memiliki satu musuh pamungkas lainnya harus dihadapi, sesama manusia di bawah komando Seele.

Ditinggalkan dalam depresi mendalam menjelang akhir seri aslinya, Shinji yang bimbang berjuang dengan ultimatum yang diberikan kepadanya: untuk sepenuhnya menerima keberadaan umat manusia, atau meninggalkan individualitas manusia.

4. Rebuild of Evangelion

Rebuild of Evangelion

Rebuild of Evangelion, yang dikenal di Jepang sebagai Evangelion: New Theatrical Edition, adalah penceritaan kembali serial anime Neon Genesis Evangelion asli.

Diproduksi oleh Studio Khara dan Hideaki Anno menjabat sebagai penulis dan manajer proyeknya, dengan beberapa veteran yang sebelumnya menggarap Evangelion.

Tetralogi film menggunakan tinta dan cat digital, beberapa animasi CG 3D, dan menyediakan adegan, latar, dan karakter baru, dengan kesimpulan yang sama sekali baru di film keempat.

Untuk urutan Rebuild of Evangelion adalah sebagai berikut:

1. Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone (2007)

Film pertama Rebuild of Evangelion hampir sama seperti episode-episode awal dari serial asli Evangelion.

Memperkenalkan ulang Shinji Ikari, NEO Tokyo, NERV, mecha Eva, Angel dan bencana Impact.

2. Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance (2009)

Ketika ancaman ancaman Angel meningkat, kekuatan pertahanan umat manusia didorong ke batasnya, dengan NERV di garis depan perjuangan.

Shinji Ikari dan rekannya Rei Ayanami dibantu oleh dua pilot baru: Asuka Langley Shikinami yang berapi-api dan Mari Illustrious Makinami yang misterius.

Dengan bantuan unit mecha Evangelion mereka, dilengkapi dengan senjata yang sempurna untuk menyerang, empat jiwa muda berjuang mati-matian untuk melindungi orang yang mereka cintai dan mencegah kiamat yang akan datang.

3. Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo (2012)

Empat belas tahun setelah Third Impact, Bumi adalah gurun pasca-apokaliptik, peradaban manusia hancur, dan orang-orang yang Shinji Ikari kenal hampir tidak dapat dikenali.

Terperangkap di dalam Evangelion Unit-01, dia ditemukan dari luar angkasa oleh Asuka Langley Shikinami dan Mari Illustrious Makinami, hanya untuk mendapati dirinya sebagai tawanan WILLE, sebuah faksi militer yang dipimpin oleh mantan walinya Misato Katsuragi.

Dingin dan pahit, mantan sekutunya memandangnya dengan kecurigaan dan menolak untuk mendukungnya saat dia menerima konsekuensi dari tindakannya.

Shinji yang terluka dan bingung diselamatkan dari WILLE oleh Rei Ayanami dan kembali ke markas NERV. Di sana, dia bertemu dan dengan cepat berteman dengan Kaworu Nagisa yang penuh teka-teki, yang memberinya kehangatan dan wawasan tentang keadaan perang NERV dengan para Malaikat.

Tapi jeda singkat Shinji dan Kaworu terletak pada malam pertempuran baru, di mana Shinji menemukan bahwa musuhnya bukan lagi Malaikat tetapi mantan rekan.

Dalam konfrontasi pahit untuk menentukan masa depan dunia ini, Shinji akan belajar secara langsung bahwa masa lalu benar-benar tidak dapat dibatalkan.

4. Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time (2021)

Setelah upaya NERV yang gagal untuk mengambil kembali Spear of Longinus dan melaksanakan Human Instrumentality Project, kehancuran yang disebabkan oleh Fourth Impact sebagian besar telah dihindari.

Dalam keadaan kacau, Shinji Ikari, Asuka Langley Shikinami, dan Rei Ayanami melakukan perjalanan ke Village 3, pemukiman selamat yang bebas dari kehancuran Bumi.

Di sana, Shinji perlahan menerima masa lalunya, mengembangkan kehidupan yang sama sekali berbeda dari hari-harinya sebagai pilot Evangelion.

Sementara itu, Nerv membuat persiapan untuk melanjutkan Proyek Instrumentalitas melalui Dampak baru. Ketika kapal perang udara utama WILLE tiba di desa, Shinji memutuskan untuk naik, percaya bahwa dia dapat membantu dengan mengemudikan Evangelion.

Saat rahasia baru terungkap dan pertempuran antara WILLE dan NERV mendekat, masa depan Bumi tergantung pada keseimbangan. Bisakah Shinji menyelamatkan umat manusia dan seluruh dunia untuk terakhir kalinya?

Baca juga: Penjelasan Ending Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time

Apakah boleh langsung menonton Rebuild Evangelion sebelum menonton Neon Genesis Evangelion yang asli?

Tujuan lain dari Rebuild of Evangelion adalah agar lebih mudah diakses oleh penggemar baru meski belum menonton serial anime dan film aslinya.

Tapi saya sarankan, bagi yang ingin benar-benar menikmati Rebuild of Evangelion, tonton terlebih dahulu Neon Genesis Evangelion dan End of Evangelion terlebih dahulu. Agar kita mengetahui beragam versi ending terjadi.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

4 Comments

  1. Anime mindscrew ini. Gue skip Death & Rebirth karena menurut nggak terlalu pengaruh ya. Movie lebih kompleks dari original version.

    • Death & Rebirth emang buat rekap. Tapi kalau mau nonton bisa pas setengah bagian terakhirnya, soalnya ada adegan baru dan langsung nyambung ke End of Evangelion.

  2. nice info!
    btw kalo mau nonton series lengkapnya dimana ya? di netplik seri lanjutannya cuma ada death sama the end

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *