15 Anime Samurai Terbaik Sepanjang Masa

Sedang mencari rekomendasi anime samurai untuk masuk daftar tontonan kamu?

Dikenal karena pertarungan pedang yang epik dan sangat terampil, serta kode ketat untuk dijalani, cerita samurai telah berkembang biak dalam anime sama seperti di medium lain, memberikan hiburan tanpa akhir selama beberapa generasi terakhir. Selain itu, anime samurai telah memberikan sejarah budaya yang kaya.

Berbagai anime samurai berusaha untuk memberi penghormatan pada warisan, adat istiadat, dan praktik Jepang kuno, sambil juga memberikan sensasi dan aksi dingin yang berdarah untuk dinikmati oleh khalayak seluas mungkin.

Beberapa anime soal samurai juga memunculkan eksperimen, dari gaya cerita dan artstyle yang unik.

Nah, berikut anime samurai terbaik sepanjang masa:

1. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin (Samurai X) anime
Episode94
Tayang1996-2000
StudioGallop, DEEN

Peringkat: 4 dari 5.

Hampir setiap penggemar anime akan setuju bahwa Rurouni Kenshin akan selalu menjadi anime samurai terbaik yang pernah dibuat. Dibuat pada tahun 1996, serial ini sering jadi inspirasi dan membuka jalan bagi subgenre samurai untuk berkembang biak.

Berlatar pada tahun 1878 Jepang saat Restorasi Meiji, ceritanya mengikuti samurai Himura Kenshin yang menggelandang, yang akhirnya tinggal di sekolah seni bela diri dan bersumpah untuk tidak membunuh dengan pedangnya.

Menggunakan pedang terbaliknya, Kenshin kini hanya bertarung untuk membantu yang tidak bersalah, yang mengarah ke pertarungan pedang berdarah demi darah. Sisi emosional dari cerita dan aksi memukau dari permainan pedang dari anime 1990-an ini tidak dapat dikalahkan.

Di Indonesia, Rurouni Kenshin lebih dikenal dengan judul Samurai X, dan protagonisnya sering disebut Battosai si Pembantai, karena pernah tayang di salah satu stasiun TV swasta nasional.

Baca juga: 10 Anime Jadul yang Pernah Tayang di SCTV

2. Samurai 7

Samurai 7 anime
Episode26
Tayang2004
StudioGONZO

Peringkat: 4 dari 5.

Terinspirasi dari film klasik Seven Samurai karya Akira Kurosawa yang diakui secara universal, Samurai 7 adalah anime dengan latar feodal alternatif Jepang.

Sebuah kisah balas dendam yang brutal dan sangat berdarah, cerita ini menyangkut desa yang dieksploitasi yang mempekerjakan sekelompok prajurit samurai untuk menyajikan makanan penutup saja kepada sekelompok bandit yang biadab.

Dengan materi sumber yang sangat baik ditambah dengan karya seni animasi terbaik dan aksi pertempuran yang intens, Samurai 7 menandai perpaduan dari karya klasik dengan kiasan dan prinsip sci-fi yang menciptakan pengalaman yang sama sekali baru untuk dinikmati oleh tiap generasi.

3. Samurai Champloo

Samurai Champloo anime shinichiro watanabe
Episode26
Tayang2004
StudioManglobe

Peringkat: 4 dari 5.

Karena humornya yang gurih, musik hip-hop yang keren, dan karakter yang ceria, Samurai Champloo telah menjadi salah satu anime samurai paling dicintai dalam dua dekade terakhir.

Dari sutradara Shinichiro Watanabe, pencipta Cowboy Beepop, serial ini menentang konvensi samurai dengan menyatukan tiga remaja muda-mudi yang beraneka warna.

Ketika pelayan kedai teh Fuu menyelamatkan dua samurai yang akan dieksekusi, mereka selanjutnya membantu gadis itu dalam pencarian menemukan seorang samurai misterius yang memegang kunci masa lalunya yang samar.

Dengan perpaduan nada yang unik, animasi yang luar biasa, perpaduan kekerasan yang intens dengan humor renyah, Samurai Champloo begitu menghibur.

4. Basilisk: The Kouga Ninja Scrolls

Basilisk: The Kouga Ninja Scrolls anime samurai
Episode24
Tayang2005
StudioGONZO

Peringkat: 4 dari 5.

Berlatar pada tahun 1614 M, Basilisk: The Kouga Ninja Scrolls menceritakan tentang dua faksi ninja yang bertikai, dengan premis cerita seperti Romeo dan Juliet. Masing-masing pihak mendukung salah satu putra shogun Jepang untuk mewarisi gelar tersebut.

Untuk menyelesaikan perselisihan ini, setiap faksi harus menghadapi 10 prajurit ninja dalam pertarungan sampai mati yang penuh ketegangan dan kekerasan mengerikan, serta kekacauan yang tak terduga.

Dipuji karena animasinya yang menakjubkan, konteks sosiopolitik yang menarik, dan peristiwa sejarah yang terjalin, dan romansa yang lembut, The Kouga Ninja Scrolls membawa perseteruan berdarah yang berlangsung lama hingga akhir yang pahit.

5. Gintama

Gintama anime samurai komedi
Episode375
Tayang2006-2020
StudioSunrise

Peringkat: 4.5 dari 5.

Meski memantapkan diri sebagai anime komedi, serial Gintama pada akhirnya akan selalu diakui sebagai salah satu anime samurai unggulan.

Berlatar di era yang sama seperti Samurai X, meski di sini alien berteknologi tinggi yang disebut Amanto telah menginvasi bumi dan mengobarkan pertempuran di tanah para samurai ini. Shogun akhirnya menyerah, dan Edo berubah.

Sakata Gintoko, yang merupakan veteran perang sebelumnya, memilih hidup tenang dan mencari nafkah suka-suka lewat Yorozuya, tempat yang menampung beragam misi dan tugas bayaran.

Dengan karakter yang ditulis dengan luar biasa, serta parodi ekstrim yang mengocok perut menyeimbangkan aksi brutal, Gintama memiliki daya tarik yang luas untuk beresonansi dengan penonton muda dan dewasa. Digarap oleh studio Sunrise membuat animasinya begitu cair.

Umur panjang Gintama menunjukkan popularitasnya, memberikan tingkat hiburan yang konsisten yang hanya dapat bertahan lebih lama dari beberapa seri shonen.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gintama

6. Afro Samurai

Afro Samurai anime
Episode5
Tayang2007
StudioGONZO

Peringkat: 4 dari 5.

Dibuat oleh Takashi Okazaki dan disuarakan oleh Samuel L. Jackson yang legendaris, Afro Samurai adalah bentrokan budaya yang sangat menghibur, yang mengikuti seorang samurai kulit hitam dalam menyelesaikan dendam pribadi di Jepang setelah pembunuhan tanpa ampun ayahnya.

Dalam perpaduan brilian antara aksi samurai futuristik, sci-fi-fantasi, blaxploitation, dan musik hip-hop, cita rasa yang dihasilkan jauh lebih unik daripada kebanyakan anime.

Dengan permainan pedang yang konstan dan pembantaian intens yang ditujukan untuk penonton yang lebih dewasa, Afro Samurai mengenal penontonnya dan menggunakan kesadaran dirinya untuk menangkap imajinasi dengan mengkontradiksikan budaya kulit hitam dengan tradisi Jepang.

7. Shigurui: Death Frenzy

Shigurui: Death Frenzy anime samurai
Episode12
Tayang2007
StudioMadhouse

Peringkat: 4 dari 5.

Meski berdarah, Shigurui: Death Frenzy menghadirkan pertarungan samurai ala turnamen yang luar biasa, yang pasti akan menarik bagi penggemar ilmu pedang epik.

Anime samurai ini juga berfungsi sebagai studi karakter yang menarik yang pas ke dalam sejarah Jepang, dengan cerita yang mengikuti seorang pejuang buta yang melawan pejuang satu tangan sampai mati.

Selama pertempuran sengit mereka, anime mengeksplorasi latar belakang masing-masing karakter, bagaimana kaitannya dengan konteks yang lebih besar dari sejarah samurai Jepang, dan bagaimana mereka menggunakan masa lalu bekas luka mereka untuk menemukan kekuatan untuk berhasil dalam pertempuran.

Mimpi buruk surealis, namun sepenuhnya orisinal, Shigurui yang digarap studio Madhouse sulit dikalahkan.

8. Sengoku Basara: Samurai Kings

sengoku basara
Episode24
Tayang2009-2010
StudioProduction I.G.

Peringkat: 4 dari 5.

Sengoku Basara adalah anime samurai memikat yang memadukan estetika video game dan permainan pedang samurai kuno dengan kekuatan super futuristik, yang menciptakan bentrokan budaya yang benar-benar berkesan dari pertempuran sengit.

Cerita berlatar dalam periode Negara-negara Berperang, di mana Jepang dibiarkan berjuang sendiri dari Raja Iblis.

Untuk melindungi tanah mereka, Jepang mengirimkan Date Masamune dan Yukimura Sanada, prajurit samurai misterius yang memimpin serangan melawan penguasa feodal yang bertekad merebut sebanyak mungkin properti.

Berdasarkan video game Capcom, serial anime garapan Production I.G. ini menggabungkan konvensi multimedia menjadi satu kesatuan baru yang memukau.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Sengoku Basara

9. Kurozuka

Kurozuka anime samurai
Episode12
Tayang2008
StudioMadhouse

Peringkat: 4 dari 5.

Ada banyak anime samurai hebat, tetapi hanya sedikit yang memiliki vampir yang menggunakan katana yang hubungannya berlangsung berabad-abad dari masa lalu hingga masa kini dan seterusnya, seperti yang dilakukan Kurozuka ini.

Sentuhan orisinal pada kisah samurai ikonik ini memasukkan genre dengan elemen sci-fi dan horor, meski tetap mempertahankan elemen cerita romansa.

Elemen supernatural adalah hal yang biasa di anime dengan latar apa pun, tetapi cara Kurozuka mencakup beberapa periode waktu dan membuat perubahan nada dramatis membedakannya dari seri lainnya.

10. Mugen no Junin (Blade of the Immortal)

Mugen no Junin (Blade of the Immortal) anime samurai
Episode13
Tayang2008
StudioBee Train

Peringkat: 4 dari 5.

Ada dua adaptasi anime dari manga asli Mugen no Junin ini, versi tahun 2008 dan 2019 yang lebih baru.

Protagonis seri, Manji, adalah pendekar pedang yang luar biasa yang telah dikutuk dengan keabadian. Dia bersumpah untuk membunuh seribu orang jahat untuk menebus orang baik yang telah dia bunuh, dan agar dia akhirnya menemukan kedamaian dan mati.

Sepanjang jalan, Manji terhubung dengan Rin, seorang gadis muda dengan plot balas dendam pribadinya yang membantunya menghadapi 1.000 prajurit jahat. Dalam kisah persahabatan yang mendalam, Mugen no Junin juga menawarkan karya seni yang paling indah.

11. Saraiya Goyou (House of Five Leaves)

Saraiya Goyou (House of Five Leaves) anime samurai
Episode12
Tayang2010
StudioManglobe

Peringkat: 4 dari 5.

Anime samurai ini layak masuk daftar karena karya seninya yang menakjubkan. Meski ceritanya cukup mirip dengan beberapa cerita lainnya, yang mengikuti Akitsu yang naif tapi berani dan akhirnya belajar bahwa ada lebih banyak hal ketika menjadi seorang samurai daripada sekadar memegang pedang dan terlihat keren.

Namun, karya seninya sangat unik dan indah bikin Saraiya Goyou layak untuk ditonton. Selain itu, meski ceritanya mungkin terdengar berulang tetapi tetap bagus.

12. Katanagatari

Katanagatari anime samurai nisio issin
Episode12
Tayang2010
StudioWhite Fox

Peringkat: 4 dari 5.

Dari Nisio Isin, sang pencipta serial unik Monogatari, Katanagatari pada dasarnya sesuai dengan judulnya, sebuah cerita tentang pedang. Yang nyeleneh adalah protagonisnya Sichika Yasuri yang seorang samurai tapi dengan seni bela diri tanpa pedang.

Shichika hidup dengan tenang di pulau terpencil bersama saudara perempuannya Nanami, sampai suatu hari muncul seorang ahli strategi yang sangat ambisius, Togame.

Togame meminta agar Shichika membantu misinya mengumpulkan dua belas pedang unik, untuk diserahkan ke shogun. Shichika menerima, lebih tertarik pada gadis itu ketimbang politiknya, dan dengan demikian memulai perjalanan.

Dalam perjalanannya mereka harus berhadapan dengan pengguna sengit senjata legendaris ini serta entitas haus kekuasaan lainnya yang berusaha menggagalkan tujuan Togame. Untuk menang melawan musuh-musuh mereka, duo ini harus menjadi tim yang tidak dapat dipatahkan saat mereka terus maju di jalur ketidakpastian dan bahaya.

13. Brave 10

Brave 10 anime samurai
Episode12
Tayang2012
StudioSaki Makura

Peringkat: 4 dari 5.

Brave 10 adalah tentang dua pejuang yang juga memiliki kekuatan super dan saingan dan teman menarik yang mereka temui sepanjang petualangan mereka. Ini adalah perpaduan sempurna antara fantasi yang menyenangkan dan anime samurai yang penuh aksi.

Ada tema besar keseimbangan dalam pertunjukan, tentang apa artinya menjadi baik dan buruk, dan bagaimana tidak ada yang hanya satu atau yang lain. Brave 10 berhasil menyeimbangkan kesenangan, aksi, dan tema yang sangat nyata di anime dengan cara yang hebat.

14. Mushibugyou

Mushibugyou anime samurai
Episode26
Tayang2013
StudioSeven Arcs

Peringkat: 4 dari 5.

Dalam sejarah alternatif Jepang, Mushi, yang merupakan serangga raksasa, mulai menyerang dan pada dasarnya menjatuhkan seluruh negeri. Karena itu, ada prajurit yang dikumpulkan dan dikirim untuk melawan mereka.

Ceritanya mengikuti salah satu samurai, Jinbei Tsukishima. Dia adalah anggota Patroli Kota, dan dialah yang menggantikan ayahnya, yang tidak bisa bertarung lagi.

15. Dororo

dororo anime samurai ufotable
Episode24
Tayang2019
StudioMAPPA, Tezuka Productions

Peringkat: 4 dari 5.

Dororo adalah kisah petualangan fantasi gelap dengan elemen supernatural dan berurusan dengan perjalanan emosional karakternya.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio MAPPA


Nah itu tadi rekomendasi anime samurai terbaik.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dan menarik seputar anime dari Kearipan, bisa ikuti di Google News.

Tinggalkan komentar