10 Anime Sedih Memilukan, Cocok Buat yang Pengen Nangis

Banyak sekali anime yang sepertinya dibuat khusus untuk membuat kita menangis tersedu-sedu.

Dari drama yang menyentuh hati tentang romansa masa muda, perasaan tak berbalas, hingga kisah yang lebih serius yang berkaitan dengan masalah seperti kematian, perang, dan penyakit.

Anime telah menemukan banyak cara untuk menghancurkan hati kita dan membuat kita menangis. Jika kamu adalah penggemar cerita menyayat hati yang membuat mata berair, kamu telah datang ke tempat yang tepat.

Saya memiliki sepuluh rekomendasi anime yang bagus ketika Anda membutuhkan tangisan yang baik. Ada banyak anime sedih lainnya yang tak terhitung jumlahnya, tetapi ini adalah pilihan saya.

1. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)

Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Drama, Historical
  • Studio: Ghibli

Grave of the Fireflies adalah salah satu film anime paling memilukan yang sering direkomendasikan.

Berlatar di hari-hari terakhir Perang Dunia II, film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Seita dan adik perempuannya Setsuko, yang hidupnya telah hancur oleh perang yang kejam dan brutal yang membuat mereka tanpa orang tua dan rumah mereka.

Dibiarkan berjuang sendiri di pedesaan Jepang, optimisme muda saudara kandung itu membutakan dalam menghadapi kesulitan yang tak kenal lelah, memberi mereka kekuatan untuk mencoba melawan nasib yang tak terhindarkan.

Grave of the Fireflies adalah film yang sangat menyedihkan, sangat indah, dan sangat menyentuh yang tidak akan membuat siapa pun acuh tak acuh.

2. Clannad

clannad after story
  • Episode: 23 (S01), 24 (S02)
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life, Supranatural
  • Studio: Kyoto Animation

Clannad adalah adaptasi anime dari novel visual Key dengan judul yang sama. Ini mungkin anime sedih paling terkenal yang bakal direkomendasikan para otaku veteran.

Animenya terdiri dari dua musim: Clannad yang lebih banyak komedinya dan kelanjutannya yang jauh lebih menyedihkan, Clannad: After Story. Musim pertama memang tipikal drama sekolah menengah, soal persahabatan dan romansa, bagian kedua adalah pandangan yang jauh lebih serius dan berdampak soal coming of age, dengan penekanan pada pentingnya keluarga.

Baca juga: 12 Anime Coming-of-Age Penuh Gejolak Jiwa dan Rasa

Ini adalah anime langka yang memungkinkan kita untuk benar-benar melihat seluruh kehidupan karakter dimainkan. Bersiaplah, karena Clannad akan mengejutkan. Saat momen itu terjadi pasti akan menghancurkan hati kita dan membuat kita terisak-isak dalam genangan air mata.

3. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second) anime
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Studio: CoMix Wave Films

Film-film Makoto Shinkai dikenal karena visualnya yang sangat indah. Sedangkan hits Your Name, tentu saja film terbaiknya secara keseluruhan yang paling menyentuh kita adalah masih 5 Centimeters Per Second.

Baca juga: 8 Film Anime Karya Makoto Shinkai

Berputar di sekitar dua teman dekat yang terkoyak oleh kehidupan, 5 Centimeters Per Second adalah film tentang tumbuh dan terpisah. Terlepas dari upaya mereka untuk tetap berhubungan, mereka terus menjauh saat mereka menjalani hidup.

Namun, kenangan mereka satu sama lain tetap ada dan mereka terus berharap untuk bertemu sekali lagi, meskipun jarak di antara mereka semakin jauh. Film ini memberikan penggambaran yang realistis tentang perkembangan alami kehidupan, tentang cara orang kadang-kadang cenderung terpisah secara alami.

Judul 5 Centimeters Per Second mengacu pada kecepatan jatuhnya bunga sakura, sebuah metafora puitis.

4. Elfen Lied

elfen leid
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Drama, Horror, Romance, Seinen
  • Studio: Arms

Elfen Lied terkenal karena sangat menyedihkan. Sebagai permulaan, anime ini memiliki adegan pelecehan hewan yang agak mengerikan sejak awal, jadi jika itu adalah sesuatu yang akan menghancurkan hatimu, kamu mungkin ingin menghindari atau mencari panduan yang memberi tahu mana yang harus dilewati.

Baca juga: Rekomendasi 10 Anime di Amazon Prime Video

Serial ini mengikuti seorang gadis muda bernama Lucy yang merupakan ras khusus yang disebut Diclonius. Dia menjadi korban eksperimen ilmiah yang mengerikan dan menyiksa.

Dia akhirnya lolos dengan membunuh semua orang di sekitarnya dan mendapat cedera yang menyebabkan dia memiliki kepribadian ganda. Ini adalah salah satu anime paling kontroversial dan jelas bukan untuk yang lemah hati.

5. Angel Beats!

Angel Beats!
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Comedy, Drama, Supranatural
  • Studio: P.A. Works

Angel Beats! dimulai dengan seorang anak laki-laki bernama Otonosahi bangun hanya untuk menyadari bahwa dia sudah mati.

Beruntung baginya, seorang gadis pembawa senapan bernama Yuri menjelaskan bahwa dia telah tiba di alam baka dan bahwa dia adalah pemimpin dari medan pertempuran yang mengubah nama yang memberontak melawan Tuhan dan melawan malaikat yang memiliki kekuatan gaib.

Angel Beats! sebenarnya anime komedi, sampai saat medan perang berlangsung dan menjalankan berbagai misi melawan Angel, Otonashi mempertanyakan moralitas tindakan mereka.

Akhirnya, sifat sebenarnya dari sekolah akhirat ini terungkap dan Otonashi mulai bekerja dengan sang malaikat untuk menyadari tujuan dari limbo ini. Memungkinkan orang-orang yang telah mengalami trauma dan kesulitan dalam hidup untuk melanjutkan.

Menyaksikan kisah karakter-karakter ini terungkap saat mereka berusaha melepaskan keterikatan mereka pada kehidupan masa lalu mereka adalah air mata yang nyata.

6. Tokyo Magnitude 8.0

Image
  • Episode: 11
  • Genre: Action, Drama
  • Studio: Bones, Kinema Citrus

Ketika gempa berkekuatan 8,0 SR yang terletak 25 km di bawah laut menghantam Tokyo, dua saudara kandung, Mirai dan Yuki, mendapati diri mereka berjuang untuk menghubungi orang tua mereka.

Mereka sedang melacak jalan pulang dari pameran robot di Odaiba. Anak-anak tersebut dibantu oleh seorang ibu tunggal dan kurir sepeda motor, Mari, yang sedang berjalan menuju putri dan ibunya.

Dalam perjalanan panjang dan sulit mereka untuk bersatu kembali dengan keluarga mereka, ketiganya menemukan kenyamanan dan dukungan satu sama lain dan menjadi keluarga dengan cara mereka sendiri.

Tokyo Magnitude 8.0 adalah penggambaran yang mengerikan, pedih dan realistis setelah bencana alam besar, seperti yang terlihat melalui mata tiga karakter yang digambarkan dengan baik. Ini dijamin akan berdampak pada siapa pun.

7. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (Anohana: The Flower We Saw That Day)

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (Anohana: The Flower We Saw That Day)
  • Episode: 11
  • Genre: Drama, Slice of Life, Supranatural
  • Studio: A-1 Pictures

Ingin menangis selama sebelas episode berturut-turut? Ingin mendapatkan kemampuan luar biasa untuk menangis saat mendengar nada pertama dari sebuah lagu? Jika iya, maka coba Anohana.

Anohana adalah anime yang menceritakan tentang sekelompok teman masa kecil, sekarang remaja, yang berusaha untuk mengatasi kehilangan teman mereka Menma, yang meninggal ketika mereka masih kecil.

Lima tahun setelah kematian Menma, kelompok teman-teman telah terpisah, tetapi hantu teman lama mereka mungkin cukup untuk menyatukan mereka sekali lagi. Kelompok itu bersatu kembali sehingga Menma akhirnya dapat mewujudkan keinginannya dan melanjutkan.

Sementara pada saat yang sama memberikan penutupan yang dibutuhkan teman-temannya untuk melanjutkan hidup tanpa dia. Sepanjang cerita, kita melihat bagaimana kematian Menma mempengaruhi masing-masing temannya, karena mereka menerima ketidakmampuan mereka sendiri untuk mengatasi dan mengatasi perasaan bersalah mereka.

Anohana adalah pengalaman emosional dan menguras air mata yang tidak ingin Anda lewatkan.

8. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

your lie in april
  • Episode: 22
  • Genre: Drama, Romance, Music, School
  • Studio: A-1 Pictures

Your Lie in April mengikuti keajaiban piano dan musisi cilik terkenal bernama Kousei Arima, yang kehilangan kemampuan untuk mendengar suara pianonya sendiri setelah kematian ibunya.

Dua tahun kemudian, Kousei bertemu Kaori Miyazono, seorang pemain biola lincah yang membantunya melihat bahwa musik harus dimainkan dengan bebas, dan tidak dengan cara yang ketat dan terstruktur yang diajarkan ibunya kepadanya.

Anime ini membahas kisah pemulihan Kousei saat dia mengetahui bahwa ada lebih banyak musik daripada memukul setiap nada dengan sempurna (dan jatuh cinta dengan Kaori di sepanjang jalan).

Sayangnya, seperti palet warna anime yang cerah, keceriaan Kaori hanya menutupi tragedi yang akan datang. Dibalut dengan soundtrack yang indah dan menyentuh, Your Lie in April adalah kisah yang mendalam dan memilukan yang berhubungan dengan trauma emosional, mengatasi kehilangan, dan bergerak maju. Itu akan membuat siapa pun meneteskan air mata.

9. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Koe no Katachi (A Silent Voice)
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Drama, School, Romance, Slice of Life
  • Studio: Kyoto Animation

A Silent Voice tampaknya tidak ingin kita merasa nyaman. Film anime ini ingin agar kita merasakan apa yang dirasakan karakter di layar dan ia melakukan tugasnya secara menyeluruh.

A Silent Voice adalah tentang seorang gadis tunarungu bernama Shouko yang terus-menerus dilecehkan oleh teman-temannya di sekolah dasar sampai dia harus pindah sekolah beberapa kali.

Baca juga: Rekomendasi 10 Anime dari Studio Kyoto Animation

Ini juga tentang Shouya, anak laki-laki yang menindas Shoko dan yang kemudian menjadi sasaran intimidasi dirinya sendiri ketika dia menyerang teman-temannya.

Di tahun ketiga sekolah menengahnya, Shouya, dihantui oleh kesalahannya dan menyesali tindakan masa lalunya, memutuskan untuk melakukan perjalanan penebusan.

Dia menemukan Shouko lagi dan berusaha menebus kesalahan. A Silent Voice meresahkan dan memilukan, tetapi juga menghangatkan hati dan penuh harapan. Ini akan menempatkan Anda melalui rollercoaster emosi.

10. Violet Evergarden

violet evergarden
  • Episode: 13, 1 Film
  • Genre: Drama, Fantasy, Slice of Life
  • Studio: Kyoto Animation

Violet Evergarden adalah anime yang mendalam dan mengharukan tetapi ada beberapa momen yang pasti akan membuat kamu meraih tisu.

Violet Evergarden, sang karakter utama, dimunculkan secara khusus untuk menjadi senjata yang digunakan untuk melawan musuh. Tetapi ketika perang berakhir, dia harus menemukan tujuan baru untuk hidupnya setelah pulih dari luka-lukanya.

Dia mulai bekerja sebagai Auto Memory Doll, yang merupakan pekerjaan yang membantu menerjemahkan pikiran orang menjadi kata-kata di atas kertas.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *