15 Anime Sepak Bola Terbaik

Permainan olahraga ini adalah yang paling banyak ditonton di dunia, dan popularitasnya tercermin dari banyaknya manga dan anime sepak bola fantastis yang merayakan permainan tersebut.

Setiap pertandingan dihadiri oleh ribuan orang, dan ada banyak lagi yang tak dapat hadir bisa menontonnya di televisi. Sepak bola sangat populer di Jepang dan karena popularitasnya yang luar biasa, banyak mangaka telah memutuskan untuk membuat serial yang ceritanya merayakan olahraga tersebut.

Kisah-kisah ini juga membantu pembaca yang tidak terbiasa dengan sepak bola untuk merasakan olahraga ini. Selama bertahun-tahun, banyak anime telah keluar yang menggabungkan semangat sepak bola.

Nah, berikut beberapa anime sepak bola terbaik yang saya susun dari yang terlama sampai yang terbaru:

1. Captain Tsubasa

captain tsubasa anime
  • Episode: 128, 4 Film
  • Studio: Tsuchida Production

Captain Tsubasa bisa dibilang adalah serial manga dan anime sepak bola paling terkenal. Ditulis oleh Yoichi Takahashi, dan telah beredar sejak 1981, serial ini disebut sebagai salah satu alasan sepak bola Jepang bisa maju seperti hari ini.

Serial ini mengikuti seorang bocah lelaki bernama Tsubasa, yang bermimpi memenangkan Piala Dunia bersama Jepang. Sejak usia dini, Tsubasa memiliki bakat yang cukup untuk mengesankan semua orang di sekitarnya.

Setelah mendapatkan mentor, perjalanan sepak bola Tsubasa pun dimulai, dan ia mulai tampil di pertandingan-pertandingan terbesar. Selama bertahun-tahun, seri ini telah terjual lebih dari 80 juta kopi, menjadikannya salah satu seri manga paling populer di dunia.

Dari Alessandro del Piero sampai Andres Iniesta, banyak pemain besar dunia yang juga mengaku terinspirasi oleh Kapten Tsubasa ini.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Captain Tsubasa

2. Fight! Kickers

Fight! Kickers
  • Episode: 26
  • Studio: Pierrot

Kickers merupakan serial anime tahun 1980-an yang tayang sepantaran dengan Captain Tsubasa. Dulu saya sempat bingung membedakannya, karena jersey klub yang dipakai hampir sama.

Anime sepak bola ini bercerita ketika pemain baru, Daichi Kakeru tiba di sekolah, mereka baru saja menghadapi kekalahan telak lagi. Namun, berkatnya, segalanya akan berubah. Sangat termotivasi, mereka akan mencoba untuk menyingkirkan citra tim pecundang.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Pierrot

3. Aoki Densetsu Shoot!

Aoki Densetsu Shoot! anime sepak bola
  • Episode: 58, 1 Film
  • Studio: Toei Animation

Aoki Densetsu Shoot! atau Legendary Blue Shot!, atau hanya dikenal sebagai Shoot!, adalah anime sepak bola yang mengikuti kisah Toshihiko Tanaka, Kenji Shiraishi, dan Kazuhiro Hiramatsu. Tiga siswa baru sekolah menengah yang telah menjadi teman baik selama tahun-tahun SMP mereka saat bermain sepak bola bersama.

Di sana mereka dikenal sebagai trio emas Kakenishi karena perannya dalam membuat tim sepak bola SMP Kakenishi menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. Setelah SMP, mereka semua memutuskan untuk melanjutkan ke SMA yang sama, SMA Kakegawa, sekolah yang baru didirikan setahun sebelumnya, karena pemain sepak bola bintang mereka, Yoshiharu Kubo, yang mereka idolakan.

Pemuda ini memimpin Kakegawa High Soccer Club ke 8 terbaik di prefektur mereka dalam penampilan pertama mereka dengan tim mahasiswa baru hampir sendirian. Dia menolak tawaran dari sejumlah klub sepak bola profesional asing agar dia bisa tinggal di Kake-High untuk memimpin mereka ke Kejuaraan Sekolah Menengah Seluruh Jepang.

Ketika mereka bertiga mulai bermain sepak bola untuk Kake-High, mereka mengalami kesulitan, romansa, dan kerugian di jalan mereka untuk menjadi tim sepak bola sekolah menengah Jepang terbaik.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Toei Animation

4. Dragon League

Dragon League anime sepak bola dinosaurus
  • Episode: 39
  • Studio: Gallop

Apa jadinya anime sepak bola dengan latar fantasi, kekuatan magis dan beragam dinosaurus berukuran manusia? Inilah Dragon League!

Tokio dan ayahnya Amon pergi ke negara sepak bola Elevenia di mana mereka melihat parade tim sepak bola terkuat di negara itu, Winner. Amon menantang kapten tim Leon ke pertempuran sepak bola, dan ketika Amon kalah, Leon mengubahnya menjadi naga mini.

Tokio melihat pertarungan dan memutuskan untuk menantang Leon agar Amon bisa menjadi manusia lagi. Anime 1990-an ini mengikuti perjalanannya menjadi pemain sepak bola terbaik di Elevenia.

5. Whistle!

Whistle! anime sepak bola
  • Episode: 39
  • Studio: Comet

Whistle! adalah serial manga dan anime sepak bola berperingkat tinggi, yang ditulis oleh Daisuke Higuchi. Serial ini mengikuti Kazamatsuri Shou muda, yang bermimpi menjadi pemain sepak bola profesional.

Hambatan terbesar untuk mimpinya adalah ketidakmampuannya bermain sepak bola di level tinggi. Tetapi ketika dia bergabung dengan SMA Sakura Jousui, dia mulai mengasah kemampuannya. Dukungan dari rekan satu tim dan teman-temannya membantu dia untuk lebih dekat dengan mimpinya.

6. Offside

Offside anime sepak bola
  • Episode: 39
  • Studio: Ashi Productions

Goro Kumagaya adalah penjaga gawang sekolah menengah yang tinggi dan mapan yang ingin masuk ke sekolah menengah Yokonan, yang dianggap termasuk elit dalam hal klub sepak bola. Sayangnya ia gagal dan berakhir di sekolah berperingkat rendah yang berseberangan dengan Yokonan.

Meski begitu, ia bertemu dengan Shingo, Hideki dan Kazuhito Oda yang semuanya adalah pesepakbola terampil di sana dan bersama-sama di klub sepak bola SMA Kawasaki, mereka menantang Yokonan dan sekolah lain yang harus mereka hadapi untuk berkembang dan menjadi juara.

Setiap kemunduran yang mereka hadapi justru akan menjadi peluang untuk perbaikan yang lebih baik; salah satunya adalah ditemukannya bakat alami Goro sebagai striker andalan.

7. Inazuma Eleven

Inazuma Eleven anime sepak bola
  • Episode: 127
  • Studio: OLM

Serial ini mengikuti petualangan klub sepak bola Raimon Middle School. Klub telah mengalami kekacauan untuk waktu yang lama, jadi tanggung jawab untuk memperbaiki situasi berada di pundak Mamoru Endou, yang merupakan kapten saat ini. Namun, dia segera mengetahui bahwa pekerjaan itu akan jauh dari mudah.

Mamoru segera menyadari bahwa dia membutuhkan bantuan untuk memperbaiki klub. Dia menemukan Shuuya Gouenji, pemain sepak bola yang sangat berbakat, yang tidak lagi tertarik bermain. Namun, Mamoru tidak berkecil hati, dan dia mulai bekerja untuk meyakinkan Shuuya untuk bergabung dengan klub.

8. Hungry Heart: Wild Striker

Hungry Heart: Wild Striker
  • Episode: 52
  • Studio: Nippon Animation

Hungry Heart: Wild Striker adalah serial anime sepak bola populer yang didasarkan pada serial manga yang ditulis oleh Yoichi Takahashi.

Mengikuti Kano Kyosuke, yang merupakan siswa sekolah menengah dari Jyoyo Orange High School. Kakak laki-laki Kyosuke adalah pemain sepak bola, yang bermain untuk A.C. Milan. Kakak laki-laki Kyosuke memainkan peran penting dalam hidupnya karena dialah yang mengajari Kyosuke segalanya tentang sepak bola.

Seiring waktu, orang-orang di sekitarnya mulai membandingkan Kyosuke dengan kakak laki-lakinya, yang menyebabkan dia kehilangan minat pada sepak bola. Tapi, setelah bergabung dengan Jyoyo Orange High School, segalanya mulai berubah, dan dia menemukan kecintaannya pada sepak bola sekali lagi.

9. Giant Killing

Giant Killing anime sepak bola
  • Episode: 26
  • Studio: DEEN

Giant Killing didasarkan pada klub sepak bola Jepang yang dikenal sebagai East Tokyo United. Klub ini memiliki kesulitan berkompetisi di liga sepak bola terbaik di negara ini. Meski nyaris terhindar dari degradasi, klub mencoba segalanya untuk memperbaiki kondisi mereka. Akhirnya, mereka memutuskan untuk bereksperimen dengan mendatangkan pelatih baru.

Manajer baru menghadapi tugas besar untuk membawa klub ke jalur yang benar dan bersaing dengan klub lain dengan anggaran yang jauh lebih besar. Selain itu, karena reputasinya sebelumnya, Takeshi dibenci oleh para penggemar klub, membuat pekerjaannya semakin sulit.

10. Area no Kishi (The Knight in the Area)

Area no Kishi (The Knight in the Area) anime sepak bola
  • Episode: 37
  • Studio: Shin-ei Animation

Area no Kishi atau The Knight in the Area menceritakan kisah siswa sekolah menengah dan tinggi saat mereka tumbuh melalui klub sepak bola mereka, bersaing di turnamen nasional, dan berjuang untuk gelar dunia.

Karakter utama Kakeru, kakak laki-lakinya yang disegani Suguru, dan teman masa kecil Nana Mishima, bersama dengan semua rekan satu tim, saingan dari sekolah lain, dan pemain sepak bola kelas dunia di sekitarnya memancarkan cahaya cemerlang mereka sendiri saat mereka menghadapi masa remaja dengan semua kekuatan mereka.

Cerita anime sepak bola ini juga menggabungkan ikatan yang kuat antara Kakeru dan Suguru, cinta keluarga mereka, persahabatan rekan satu tim dan saingan mereka, dan cinta pertama yang sekilas… semuanya bersatu untuk menyalakan gairah di hati semua pemirsa.

11. Detective Conan: The Eleventh Striker

Detective Conan: The Eleventh Striker anime sepak bola
  • Episode: 1 Film
  • Studio: TMS Entertainment

Ya, ini memang bukan murni anime sepak bola, tapi film ke-16 Detective Conan ini menyorot soal kasus yang terjadi dalam liga bola Jepang.

Setelah berinteraksi dengan pemain profesional J-League, Conan dan rekan-rekannya menonton pertandingan besar antara Tokyo Spirits dan Gamba Osaka, hanya untuk mengetahui bahwa sebuah bom telah ditanam di stadion. Sekarang menjadi tanggung jawab Conan untuk menggagalkan rencana pelakunya dan mengungkapkan identitas aslinya.

Baca juga: 25 Film Anime Detective Conan

12. DAYS

DAYS anime sepak bola studio mappa
  • Episode: 24
  • Studio: MAPPA

Days adalah manga sepak bola oleh Tsuyoshi Yasuda yang berfokus pada pertempuran pribadi antara dua anak laki-laki, Tsukushi dan Jin. Tsukushi dianggap tidak berbakat, dan dia diabaikan oleh orang lain di sekitarnya. Di sisi lain, Jin dianggap jenius, yang dianggap mampu mencapai level tertinggi.

Kedua anak laki-laki itu bertemu satu sama lain pada suatu hari yang menentukan, tetapi sedikit yang mereka tahu bahwa takdir mereka akan terhubung satu sama lain.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio MAPPA

13. Farewell, My Dear Cramer

Farewell, My Dear Cramer anime sepak bola perempuan
  • Episode: 13
  • Studio: LINDENFILMS

Sepak bola bukan hanya buat laki-laki, seperti yang disajikan anime yang menyorot klub bola putri ini.

Farewell My Dear Cramer adalah sekuel dari Sayonara Football. Dalam sekuelnya, Sumire Suo dan Midori Soshizaki akhirnya bergabung dengan SMA Warabi Seinan. Keduanya mengambil tanggung jawab untuk memastikan bahwa tim sekolah tampil lebih baik dalam kompetisi.

Tim mendapatkan pelatih baru, Naoko Nomi, yang membantu tim untuk berkembang dan bermain melawan beberapa tim terbaik di negeri ini.

14. Aoashi

Aoashi anime sepak bola
  • Episode: 24
  • Studio: Production I.G.

Ao Ashi adalah serial manga karya Yugo Kobayashi. Manga ini menerima adaptasi anime, yang pertama kali ditayangkan pada April 2022.

Ao Ashi berfokus pada seorang anak laki-laki bernama Ashito Aoi, yang merupakan pemain bintang tim SMP-nya. Tapi suatu hari, dia kehilangan kesabaran, dan akhirnya dikeluarkan dari tim.

Setelah pemecatannya, timnya runtuh dan dia mulai mempertanyakan dirinya sendiri. Beruntung baginya, ia bertemu dengan seorang pelatih, yang melihat potensi dalam dirinya dan mengajaknya datang ke Tokyo untuk mengasah kemampuannya.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Production IG

15. Blue Lock

blue lock anime sepak bola
  • Episode: 24
  • Studio: 8-bit

Salah satu anime sepak bola yang hadi dalam deretan serial anime Fall 2022 ini.

Setelah menyadari bahwa Tim Nasional Jepang sangat membutuhkan perombakan, Asosiasi Sepak Bola memutuskan untuk mengubah keadaan, dan dalam upaya untuk melakukannya, mereka akhirnya mempekerjakan Jinpachi Ego sebagai pelatih.

Pelatih baru percaya bahwa tim nasional membutuhkan striker, yang bisa mencetak banyak gol. Ini mendorongnya untuk membuat fasilitas di mana tiga ratus striker dipaksa untuk bertarung di antara mereka sendiri.

Yoichi Isagi adalah salah satu dari banyak pesaing, yang bergabung dengan Blue Lock dengan harapan meninggalkan kegagalan masa lalunya. Serial ini mengikuti petualangannya saat ia memulai perjalanannya untuk menjadi striker terbaik di dunia.

Blue Lock berpotensi menjadi salah satu manga olahraga terbaik sepanjang masa, dan layak dibaca bagi para penggemar sepak bola, juga manga dan anime.


Nah itu beragam anime sepak bola yang bisa dimasukkan ke daftar tontonan kamu.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Tinggalkan komentar