Urutan Nonton Anime Soukyuu no Fafner

Soukyuu no Fafner membuat nama yang luar biasa dalam genre mecha, melalui gaya animasi yang tak biasa dan cerita yang tak seperti yang lain dalam kategori tersebut.

Anime mecha ini mengusung tema perang dan kebrutalannya dengan sangat baik, sehingga akan membuat kamu tercengang melihat betapa realistisnya hal-hal tersebut, bahkan dengan robot raksasa dan alien.

Desain karakter Fafner dirancang oleh Hisashi Hirai, sehingga ada kemiripan dengan Mobile Suit Gundam SEED. Studio yang menggarapnya adalah XEBEC, yang sering melahirkan anime mecha lain, kemudian berpindah kepemilikan ke Production I.G.

Cerita ini berfokus pada Tatsumiyajima, pulau tengah di daerah terpencil yang sepi di pulau-pulau Jepang. Tidak banyak yang terjadi di sana, dan anak-anak muda di pulau itu pergi ke sekolah karena mengetahui bahwa hidup mereka kemungkinan besar akan tetap damai dan tidak terganggu.

1. Soukyuu no Fafner (2004)

Soukyuu no Fafner (2004)
  • Episode: 25
  • Tayang: Summer 2004

Tatsumiyajima adalah pulau pusat di tengah gugusan pulau kecil, di daerah terpencil pulau Jepang yang sepi. Tidak banyak yang terjadi di sana, dan anak-anak muda di pulau itu pergi ke sekolah karena mengetahui bahwa hidup mereka kemungkinan besar akan tetap damai dan tidak terganggu. Atau begitulah yang telah diajarkan kepada mereka, tetapi kenyataannya berbeda.

Nasib umat manusia dipertaruhkan, dan Tatsumiyajima adalah garis pertahanan terakhir melawan musuh yang bermusuhan dan tidak dapat dipahami. Di tengah semua itu, berjuang untuk kelangsungan hidup umat manusia, adalah robot raksasa Fafner, naga yang menjaga harta terakhir umat manusia ini.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an Terbaik

2. Soukyuu no Fafner: RIGHT OF LEFT – single program (2005)

Soukyuu no Fafner: RIGHT OF LEFT - single program (2005)
  • Episode: 1
  • Tayang: Winter 2005

Ini adalah cerita prekuel untuk musim sebelumnya.

Yumi Ikoma dan Ryou Masaoka adalah anak-anak yang telah dipilih untuk mengambil bagian dalam misi rahasia, untuk menjadi pilot unit tempur Fafner pertama; kesempatan terakhir untuk bertahan hidup bagi umat manusia.

Musuh itu kejam, tak kenal belas kasihan dan mampu membaca pikiran manusia. Karena itu, detail misi ini dirahasiakan bahkan dari personel yang terlibat. Pilot muda harus menggunakan semua keberanian dan keyakinan mereka untuk bertahan hidup dan menyelesaikan misi mereka atau nasib umat manusia akan dikompromikan.

3. Soukyuu no Fafner: Dead Agressor: Heaven and Earth (2010)

Soukyuu no Fafner: Dead Agressor: Heaven and Earth (2010)
  • Episode: 1
  • Tayang: Fall 2010

Sebuah kekuatan alien yang terlibat kembali perang dengan Pulau Tatsumiya bertahun-tahun setelah Kazuki memimpin tim pilot mecha untuk menghancurkan mereka.

Dalam pertempuran eksplosif atas nasib umat manusia, para pejuang muda mempertaruhkan segalanya untuk menyelamatkan satu-satunya rumah mereka dari asimilasi.

4. Soukyuu no Fafner Exodus (2015)

Soukyuu no Fafner Exodus (2015)
  • Episode: 13
  • Tayang: Winter 2015

Tahun 2150 M. Pertempuran melawan Festum berbasis silikon dari luar angkasa mencapai fase baru. Fragmen Mir Kutub Utara tersebar di seluruh dunia. Akhirnya, mereka mulai bertindak sendiri sebagai Mirs independen.

Sebagian besar membenci umat manusia dan menyerang mereka, tetapi beberapa memilih untuk hidup berdampingan dengan umat manusia. Beberapa dengan cara berpikir yang sama juga ada di dalam ras manusia: mereka yang sama-sama manusia dan Festum. Mereka menambah kekacauan pertempuran dan membawa lebih banyak kebencian.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2010-an Terbaik

5. Soukyuu no Fafner Exodus 2 (2015)

Soukyuu no Fafner Exodus 2 (2015)
  • Episode: 13
  • Tayang: Fall 2015

Musim kedua Soukyuu no Fafner: Exodus.

6. Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond (2019)

Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor - The Beyond (2019)
  • Episode: 3
  • Tayang: Spring 2019

Judul baru dalam franchise Fafner ini dicicil rilisnya, yang pertama ini episode 1-3.

7. Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond Part 2 (2019)

Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor - The Beyond Part 2 (2019)
  • Episode: 3
  • Tayang: Fall 2019

Episode 4-6 dari seri Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond.

8. Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond Part 3 (2020)

Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor - The Beyond Part 3 (2020)
  • Episode: 3
  • Tayang: Fall 2020

Episode 7-9 dari seri Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond.

9. Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond Part 4 (2021)

Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor - The Beyond Part 4
  • Episode: 3
  • Tayang: Fall 2021

Episode 10-12 dari seri Soukyuu no Fafner: Dead Aggressor – The Beyond.

10. Soukyuu no Fafner: BEHIND THE LINE (2023)

Soukyuu no Fafner: BEHIND THE LINE (2023)
  • Episode: 1
  • Tayang: 2023

Diumumkan di Soushi Minashiro Birthday Fes 2021. Awalnya dijanjikan kepada penggemar selama acara ulang tahun 2017, entri mandiri ke seri Soukyuu no Fafner ini disebut akan menjadi “spin-off yang damai”.


Nah, itu tadi urutan nonton anime mecha Soukyuu no Fafner. Jika ada pertanyaan atau ingin diskusi boleh di kolom komentar.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari blog Kearipan ini, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *